0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Kiat Tetap Produktif Saat Puasa Walau Di Rumah

Bulan puasa tidak sebaiknya menghalangimu dalam berkegiatan, walau sambil menahan nafsu serta amarah. Kamu wajib tetap produktif saat puasa walau di rumah aja. Yuk, simak tips gampang semoga tetap produktif berikut ini!

Tips Agar Tetap Produktif Saat Puasa Walau di Rumah

1. Pilih Asupan Sahur dan Berbuka yang Tepat

Agar tetap produktif dikala puasa, kamu mesti mengamati asupan kuliner ketika sahur dan berbuka. Saat sahur, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks (mirip pasta, oat, kentang, dan yang lain), protein, dan buah serta sayur.

Sumber karbohidrat mirip nasi memiliki kandungan gula yang tinggi dan gampang terurai. Sehingga kau akan cepat lemas. Begitu juga dengan minuman manis seperti teh atau kopi dengan gula, sirup, dan yang lain. Air putih yaitu minuman terbaik untuk sahur.

Sedangkan saat berbuka, gres kamu disarankan mengonsumsi masakan dan minuman cantik yang cepat terurai oleh tubuh, salah satunya kurma.

Hindari makanan pedas, bersantan, terlalu asam, maupun berlemak dikala sahur dan berbuka, untuk mempertahankan kadar asam lambung.

2. Berkegiatan Setelah Sahur

Sahur membuatmu berdiri lebih pagi dari umumnya. Manfaatkan kebiasaan ini sebagai waktu opsi untuk berkegiatan. Misalnya ibadah extra , melaksanakan work from home (WFH) atau perjuangan kamu, melakukan pekerjaan rumah, dan lain sebagainya.

Hindari tidur sehabis sahur sebab badan akan sukar melaksanakan metabolisme. Sehingga mampu saja terjadi penumpukan lemak di badan, dan rasa haus serta lapar yang lebih singkat tiba ketika bangkit dari tidur.

Jika merasa letih, kau bisa mengambil waktu istirahat di siang hari.

3. Disiplin Atur Waktu Kerja

Tips tetap produktif ketika puasa untuk kamu yang masih WFH atau menjalankan perjuangan adalah disiplin waktu. Buat agenda kegiatan dan target pembuatan peran yang jelas, dan sesuaikan dengan kemampuan.

Bekerja dikala puasa memang terasa berat untuk sebagian orang. Maka dari itu, kau tetap diperbolehkan mengambil waktu istirahat atau bahkan tidur siang, asalkan tidak terlampau lama.

4. Jangan Lupa Berolahraga Ringan

Puasa bukan jadi argumentasi untukmu mengabaikan keadaan kesehatan, terlebih di tengah pandemi virus corona. Pastikan kau tetap melaksanakan olahraga ringan, seperti berlangsung kaki atau sekadar stretching 15 menit sehari.

Jangan lupa juga untuk berjemur di bawah sinar matahari, untuk meningkatkan imunitas tubuh. Kamu mampu memilih waktu olahraga dikala pagi hari dengan udara yang segar, atau sore hari dikala mendekati waktu berbuka.

Ingat, kesehatan yang tersadar akan membantumu tetap produktif ketika puasa.

5. Perbaiki Jam Tidur

Sadar atau tidak, selama bulan mulia, jam tidur akan menjadi lebih baik dan terencana jika kau disiplin waktu lho. Orang akil balig cukup akal setidaknya membutuhkan waktu tidur sekitar 6 hingga 7 jam per hari. Jika kamu tidur sekitar jam 9 malam dan bangun pukul 3 atau 4 pagi, keperluan tidurmu sudah terpenuhi.

Dengan tidur lebih awal alias tidak begadang dan berdiri pagi, tubuhmu akan lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Tidur yang cukup akan membuatmu lebih berkonsentrasi pada kegiatan yang dijalani. Jadi, manfaatkan momen bulan ampunan ini supaya lebih produktif, ya!

6. Jauhi Hal Negatif

Untuk menjadi pribadi yang produktif, kau juga mesti menghemat kegiatan yang mengakibatkan pikiran negatif. Misalnya, jikalau kau enggak nyaman dengan postingan media sosial yang menurutmu toxic, kamu mampu unfollow atau malah menonaktifkan akun mu sementara.

Fokus pada hal-hal dan acara aktual pastinya membuatmu tetap produktif dikala puasa. Selain itu, ibadah puasa sendiri juga akan lebih tanpa gangguan alasannya adalah terjauh dari pikiran dan langkah-langkah negatif.

(Baca Juga: Biar Makin Hemat, Cek 9 Kartu Kredit Paling Banyak Promo Ini!)

Kegiatan Produktif yang Bisa Dicoba Saat Puasa

Selain bekerja seperti biasa atau WFH maupun sekolah online, selama puasa di rumah aja ini kamu bisa melakukan beberapa acara produktif yang lain. Di antaranya sebagai berikut:

  • Baca Buku Favorit

Daripada sibuk main media sosial tetapi enggak dapetin konten mempesona atau mengedukasi, mendingan baca buku yang bisa meningkatkan pengetahuanmu. Kalau enggak ada stok buku, kamu mampu baca buku online.

  • Coba Resep Masakan Baru

Selama masa karantina saat virus corona merebak, banyak konten media sosial yang memberi resep masak gampang dan lezat. Kamu juga bisa browsing di internet soal resep masakan gres lainnya.

  • Belajar Make Up

Buat kamu yang suka make up atau baru belajar make up, momen puasa di rumah cocok banget nih buat main-main produk tata rias modern.

  • Asah Skill Lain

Bosan dengan acara yang itu-itu aja? Coba deh untuk mengenal dirimu lebih jauh, dan asah skill lain yang bisa saja menjadi kegemaran baru. Misalnya asah skill rancangan grafis dasar, skill menjahit atau crafting, dan lain sebagainya..

  • Ambil Kelas Diskusi Online

Beberapa influencer maupun para andal di bidang tertentu kini banyak menciptakan kelas diskusi online yang terbuka untuk lazim. Coba deh cek akun media umum influencer atau tokoh favoritmu sekarang!

  • Mengganti Dekorasi Atau Mengatur Isi Lemari

Beberes rumah dan kamar juga menjadi opsi baiklah untuk tetap produktif dikala puasa. Coba saja ganti tata letak benda-benda di rumah, atau atur isi lemari supaya makin rapi.

Teknik merapikan barang ala Marie Kondo mampu kau tiru. Cari deh isu lengkapnya dengan browsing internet.

Lengkapi keperluan selama bulan ampunan dengan belanja online yang aman. Manfaatkan banyak sekali promo kartu kredit cicilan ringan yang mampu kamu olok-olokan secara mudah melalui CekAja.com.