0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Kiat Pilih Asuransi Untuk Gadget Kesayanganmu

Siapa bilang asuransi cuma didedikasikan bagi pemberian diri? Ya, asuransi elektro untuk gadget juga tersedia, lho. Buat kau yang masih gundah memilih, simak tips pilih asuransi untuk gadget berikut ini.

tips pilih asuransi untuk gadget

Mengenal Asuransi Elektronik

Asuransi untuk gadget atau yang dikenal dengan nama asuransi elektro adalah salah satu jenis asuransi yang memberi pemberian terhadap kepemilikan barang elektro berteknologi.

Jenis perlengkapan elektronik yang dilindungi beragam, mulai dari ponsel pintar, smart TV, kamera, laptop, segala mesin digital, mesin berat maupun perlengkapan pabrik, peralatan medis canggih, peralatan untuk film, dan masih banyak lagi yang lain.

Sehingga asuransi elektronika bisa dipakai untuk melindungi alat elektronik pribadi maupun industri. Untuk kau yang ingin mengasuransikan gadget, wajib mengenali kiat pilih asuransi untuk gadget. Pahami pula risiko-risiko yang dijaminkan dalam asuransi elektro sebagai pelindung gadget-mu.

Risiko yang dijaminkan asuransi elektro mencakup kerusakan alat elektro akibat petaka, kebakaran, ledakan, sabotase, salah rakit, salah rancang, risiko tak terduga dan tak disengaja, pencurian atau perampokan, dan kerusakan bagian alat elektronik tersebut.

Sedangkan untuk risiko yang tidak dijaminkan yakni kerusakan alat elektronika akibat perang atau pemberontakan, reaksi nuklir atau radioaktif, serta kerusakan akhir kelalaian yang disengaja.

(Baca Juga: Pengertian Lengkap Asuransi Elektronik)

Jenis-jenis Asuransi Elektronik

Ada berbagai macam asuransi elektronika yang mampu nasabah pilih sesuai dengan kebutuhannya, di antaranya sebagai berikut:

  • Asuransi Smartphone

Asuransi Smartphone

Adalah asuransi yang yang melindungi berbagai jenis risiko kerusakan gadget smartphone yang kamu beli. Jenis asuransi ini biasanya menjalin koordinasi dengan lembaga penyuplaikredit ponsel pintar, namun juga mampu dimiliki dengan pengajuan sendiri olehmu.

Jenis risiko yang dijaminkan meliputi risiko kerusakan selama kurun garansi ponsel pintar dari pemasokkredit selama 6 bulan hingga 1 tahun, sumbangan layar ponsel pintar, perlindungan kerusakan akibat kecelakaan, terkena cairan, maupun akhir pencurian, serta risiko kehilangan akibat perampokan yang melibatkan kekerasan.

  • Asuransi Peralatan Elektronik

Asuransi Peralatan Elektronik

Adalah asuransi elektro yang menjaminkan risiko kerugian yang ditimbulkan balasan hal-hal tertentu yang telah tertera dalam polis asuransi. Jenis asuransi ini juga disebut dengan ungkapan bahasa Inggris, yaitu Electronic Equipment Insurance (EEI).

Barang-barang yang bisa diasuransikan dengan asuransi ini yakni barang elektro bertenaga listrik rendah sampai menengah. Seperti laptop, komputer, tablet, alat-alat laboratorium, kamera, alat percetakan, dan gadget yang lain.

Risiko-risiko yang dijaminkan terbilang lazim, sesuai dengan jaminan asuransi elektronik pada umumnya. Seperti risiko kerusakan balasan musibah, salah rakit, sampai kerusakan dan kehilangan akibat pencurian.

  • Asuransi Peralatan Elektronik Industri

Asuransi Peralatan Elektronik Industri

Terakhir, ada asuransi peralatan elektro bertenaga listrik menengah sampai tinggi untuk keperluan industri alias pabrik. Mesin-mesin besar pasti memiliki harga yang tidak murah sehingga perlu diasuransikan.

Untuk itu, derma atas risiko kerusakan fisik perlu dimiliki. Jenis risiko yang dijamin sama dengan jaminan EEI.

Tips Pilih Asuransi Untuk Gadget

Setelah mengetahui lebih dalam soal asuransi elektronik, kini saatnya membicarakan tips pilih asuransi untuk gadget selaku asuransi elektronika untukmu.

1. Pilih Jenis Asuransi Elektronik yang Tepat

Pilih Jenis Asuransi Elektronik yang Tepat

Tips pilih asuransi untuk gadget yang pertama yakni dengan memilih jenis asuransi elektro yang tepat sesuai dengan gadget yang ingin kamu lindungi.

Sebelum memilih asuransi, kau bisa melaksanakan konsultasi apalagi dulu dengan petugas perusahaan asuransi. Hal ini berkhasiat untuk memperdalam pengetahuanmu perihal asuransi elektronika untuk gadget.

Memilih asuransi elektro yang sempurna akan membawamu pada keuntungan. Sebab gadget berkualitas tidak mudah mengalami penurunan harga. Nillai barang yang tersadar ini yang menjadikannya wajib untuk diasuransikan dengan baik.

(Baca Juga: Asuransi Untuk Usaha Rental Kamera)

2. Pertimbangkan Besaran Premi dan Nilai Pertanggungan

Pertimbangkan Besaran Premi

Besaran premi bulanan dan nilai pertanggungan yang didapat tentu menjadi tips pilih asuransi untuk gadget yang paling diperhitungkan calon nasabah.

Dengan menggunakan asuransi elektronik, gadget akan aman dari aneka macam risiko sebab sudah ada jaminan pertanggungan biaya. Sebagai gantinya, kau mesti disiplin mengeluarkan uang premi bulanan.

Nah, hal ini lah yang patut kamu sesuaikan dengan pendapatanmu. Pertimbangkan lebih dulu, apakah kamu sanggup menyisihkan pemasukan bulanan untuk mengeluarkan uang premi?

Kemudian, pikirkan pula nilai pertanggungannya. Setarakah dengan premi yang kau bayarkan setiap bulannya?

3. Bandingkan Dengan Nilai Gadget dan Data di Dalamnya

Bandingkan Dengan Nilai Gadget

Tips pilih asuransi untuk gadget berikutnya yakni membandingkan nilai gadget beserta kepentingan data di dalamnya dengan nilai pertanggungan asuransi elektronik yang ditawarkan. Gadget terbaik memiliki unsur terbaik pula yang harganya di atas rata-rata.

Bayangkan jika gadget kesayanganmu mengalami kerusakan akhir risiko tertentu, kemudian hitung perkiraan biaya perbaikan. Jika kau telah mampu memperkirakannya, cek kesesuaian nilai pertanggungan yang ditawarkan dengan pekiraan harga tersebut.

Nilai gadget dan aset data di dalamnya bahkan mampu dinilai lebih mahal lagi jika kau menyimpan banyak data penting yang bersifat privasi atau berhubungan dengan karya yang mempunyai hak cipta.

4. Tetap Lindungi Data Gadget Dengan Backup

Lindungi Data Gadget

Meskipun tujuan dari memiliki asuransi elektro ialah mengganti ongkos kerugian gadget akibat risiko tertentu, namun ada hal lain yang perlu dipikirkan. Yakni nilai penting dari data-data yang kamu simpan.

Mendapat cover biaya perawatan atas kerusakan maupun penggantian karena pencurian bukan bermakna serta merta membuatmu abai dalam mem-backup data yang dimiliki. Maka dari itu, pastikan untuk berkala melaksanakan backup, ya.

Itulah beberapa tips pilih asuransi untuk gadget kesayanganmu. Mau tahu opsi produk asuransi elektronik yang pas untuk kau? Langsung saja bandingkan di CekAja.com.

Ada banyak produk asuransi elektronika yang hendak dibandingkan berdasarkan faedah, besaran premi, dan tingkat kesesuaian dengan profil diri dan kebutuhanmu. Pilih kini dan kau bisa memiliki asuransi elektronika cuma lewat pengajuan online yang gampang dan cepat.