0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Kiat Menyiapkan Keuangan Untuk Era Pensiun Yang Lebih Bahagia

Siapa sih yang tak mau di masa pensiun nanti, kamu mampu hidup hening dan bahagia, bareng anak dan cucu? Tentunya siapa saja menghendaki hal tersebut. Maka, jikalau kau ingin periode tuamu menggembirakan tanpa beban asumsi, yuk intip tips mempersiapkan keuangan untuk era pensiun, berikut ini.

Tips Mempersiapkan Keuangan untuk Masa Pensiun

Akan tetapi, sebelum kau mengetahui bagaimana kiat menyiapkan keuangan untuk kala pensiun, apa kamu sudah tahu akan mantap pensiun di usia berapa, sampai mengetahui seluk beluk tentang acara pensiun itu sendiri? Yuk simak di sini!

Apa Itu Pensiun?

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia, pensiun itu memiliki arti ‘telah tidak melakukan pekerjaan lagi, alasannya kala tugasnya telah final’. Sehingga, orang yang telah pensiun, umumnya tidak lagi aktif melakukan pekerjaan dan juga tidak mempunyai penghasilan tetap.

Akan namun, setiap karyawan perusahaan swasta maupun negeri, bergotong-royong mempunyai dana tabungan atau dana pensiunan loh, apalagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Misalnya seperti program dana pensiun dari BPJS Ketenagakerjaan.

Di mana dana pinjaman tersebut akan dikumpulkan setiap bulannya, dikala gajimu turun. Adapun dana pensiun juga dibagi menjadi dua jenis, yaitu Dana Pensiun Pemberi kerja (DPPK) dan Dana pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Dana Pensiun Pemberi kerja (DPPK)

DPPK merupakan dana yang dibentuk dan diurus oleh perusahaan masing-masing, untuk memberikan program dana pensiun bagi setiap karyawannya.

(Baca Juga: Deretan Negara Terbaik Untuk Pensiun)

  • Dana pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

Sedangkan DPLK adalah dana yang dibuat oleh bank atau perusahaan-perusahaan asuransi untuk masyarakat luas, baik itu karyawan swasta, negeri, atau pekerja mampu berdiri diatas kaki sendiri.

Selanjutnya, apakah kamu telah tahu akan mengalami kala pensiun di usia berapa? Nah, untuk hal ini lazimnya perusahaan swasta bisa menganjurkan pensiun, kalau kau sudah menginjak usia 55 tahun, namun semua kembali lagi pada kebijakan perusahaan.

Bahkan, setiap perusahaan swasta biasanya memberikan penawaran ke para karyawannya, terkait jenis pensiun yang mau diambil. Jenis pensiun tersebut di antaranya adalah pensiun normal, pensiun dipercepat, pensiun ditunda, dan pensiun cacat.

Tidak cuma itu, ketentuan uang pensiun juga sudah ditetapkan menurut UU No 13/2003 ihwal Ketenagakerjaan Pasal 167 dan Pasal 156 ayat 4. Nah, apa kamu telah mulai damai saat mengetahui ihwal pensiun di atas?

Lantas, bagaimana jika kamu bukanlah seorang PNS atau karyawan yang tidak mempunyai jaminan uang pensiun? Bukankah mesti berupaya sendiri, untuk mendapatkan dana pensiun?

Nah, jikalau kamu telah tahu, kamu bukanlah orang yang mempunyai jaminan dana pensiun, itu artinya kamu wajib mengetahui tips mempersiapkan keuangan untuk era pensiun, dan jangan hanya mengharapkan penghasilan dari anak.

Tips Mempersiapkan Keuangan untuk Masa Pensiun

Berikut ini yakni kiat mempersiapkan keuangan untuk abad pensiun, sedini mungkin, semoga periode tuamu bisa hening dan aman.

1. Targetkan Usia Pensiun

Targetkan Usia Pensiun

Tips mempersiapkan keuangan untuk era pensiun memang lebih baik dilakukan sedini mungkin. Pasalnya, untuk pensiun kau tidak harus menunggu bau tanah terlebih dulu.

Jika dilihat rata-rata usia harapan hidup orang Indonesia yaitu di usia 70 tahunan, sedangkan usia pensiun yang ideal ialah pada usia 55 tahun. Nah, di sini kamu mampu menargetkan sendiri di usia berapa kau mulai pensiun dan mempersiapkannya.

Misalnya, kamu ketika ini berusia 30 tahun, dan sangat ingin pensiun dini di usia 40 tahun. Maka, kau mempunyai waktu selama 10 tahun dalam mempersiapkannya. Sehingga, isilah 10 tahun tersebut dengan hal-hal yang berguna dan menghasilkan.

2. Berinvestasi

Berinvestasi

Tips menyiapkan keuangan untuk periode pensiun yang senang yakni dengan berinvestasi. Investasi mampu menjadi salah satu jalan, untuk memutar dan berbagi hartamu.

Ada berbagai macam investasi yang mampu kamu kembangkan. Mulai dari bermain saham, barang, properti, logam mulia, sampai reksa dana.

Berinvestasi juga mempunyai keunggulan, alasannya adalah nilainya akan terus berkembang, sehingga bisa dijadikan tabungan dan kau akan menerima laba, yang bisa dikumpulkan untuk periode tua nanti.

3. Mempunyai Asuransi Kesehatan atau Jiwa

Mempunyai Asuransi Kesehatan atau Jiwa

Tips selanjutnya adalah mempunyai asuransi kesehatan maupun jiwa. Karena, dengan memiliki asuransi kesehatan atau jiwa, keadaan keuanganmu tidak akan terpecah fokusnya, dikala kamu membutuhkan dana untuk berobat.

Terlebih, di masa bau tanah nanti kamu akan memperoleh banyak risiko penyakit yang mungkin akan menyerangmu. Nah, di sini asuransi kesehatan atau jiwa, mampu membantu untuk menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan.

Terlebih, biaya pengobatan dan perawatan rumah sakit, setiap tahunnya senantiasa mengalami kenaikan sampai 10 persen. Itu artinya, biaya rumah sakit akan semakin mahal.

Nah, tabungan mu untuk kala pensiun pun tidak akan terusik. Bahkan, kau juga tidak akan menyibukkan orang lain, misalnya keluarga hingga kerabat, dikala kamu jatuh sakit.

4. Memiliki Tabungan Khusus untuk Dana Pensiun

Memiliki Tabungan Khusus untuk Dana Pensiun

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tips merencanakan keuangan untuk era pensiun mampu dikerjakan dengan menabung. Kamu mampu menabung ke lembaga keuangan seperti bank, atau perusahaan asuransi yang menawarkan produk tabungan dana pensiun.

Untuk sistem menabungnya yakni seperti biasa, yaitu dana disetor bulanan dan dana akan dikunci dalam jangka waktu tertentu sesuai janji. Biasanya, rentang waktu simpanan dana pensiun mulai dari 10 sampai 20 tahun.

Ketika simpanan sudah terkumpul dan sudah saatnya cair, kamu bisa menggunakan dana tersebut untuk kebutuhanmu di periode tua nanti.

(Baca Juga: 5 Jenis Usaha yang Menjanjikan di Hari Tua)

5. Jangan Malas Menabung dan Tidak Boros

Menabung

Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang lalu, di mana untuk merasakan periode tua yang senang, kau mesti bekerja keras terlebih dulu di kurun muda. Di tips mempersiapkan keuangan untuk abad pensiun yang terakhir ini, kamu diusulkan untuk tekun menabung dan tidak boros.

Pasalnya, hal tersebut mampu sangat mempengaruhi kiat sebelumnya. Karena percuma bukan, jikalau kau telah punya wadah simpanan, tetapi tidak rajin menabung dan boros?

Memang, selagi muda kamu mampu melakukan apa saja yang kamu harapkan, seperti belanja, makan di luar dan lain-lain. Namun, semua mesti ada porsinya, dan kau jangan sampai meninggalkan kewajibanmu untuk menabung.

Agar tidak lupa, lebih baik kamu buat metode menabungmu menjadi auto debet. Sehingga, tabungan secara otomatis terpotong dari rekening kau setiap bulannya. Kaprikornus tidak ada kata lupa lagi deh.

Nah, itu dia beberapa isu terkait pensiun dan tips menyiapkan keuangan untuk masa pensiun, yang lebih senang. Bagaimana? Makara terpesona untuk pensiun dini dan berinvestasi?

Buat kau yang sedang cari-cari isu terkait investasi hingga asuransi apa yang cocok, CekAja.com mampu jadi fasilitas termudah loh. CekAja.com menyediakan banyak produk investasi sampai produk asuransi, yang bisa diadaptasi dengan keinginanmu.

Di CekAja.com juga, kau mampu dengan mudah mengajukan produk investasi maupun asuransi kesehatan terbaik. Makara, tunggu apa lagi? Segera datangi situs CekAja.com kini juga!