0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Kiat Menghemat Pengeluaran Di Kala Krisis Keuangan

Di kurun pandemi corona ini, telah semestinya kau meminimalisir pengeluaran. Apalagi setelah mengetahui bahwa banyak orang yang kehilangan pendapatannya karena bisnis merugi. Sehingga kau perlu mengatur finansial untuk jangka panjang dengan cara mengikuti kiat mengurangi pengeluaran di kala krisis keuangan.

Tips Menghemat Pengeluaran Dimasa Krisis Keuangan

Tidak hanya mengancam kesehatan saja, nyatanya pandemi corona juga menjadi momok menakutkan bagi perekonomian dunia. Bagaimana tidak? Seperti dilansir dari News Detik, Dana Moneter Internasional, IMF mengatakan bahwa dikala ini dunia mungkin tengah menghadapi krisis terburuk akhir lockdown yang berlaku.

Sehingga aktivitas ekonomi nyaris macet total dan besar kemungkinannya mengalami resesi semenjak Depresi Besar atau tertekan ekonomi dunia yang berjalan sekitar 10 tahun.

Namun apapun yang terjadi nanti, sudah sepatutnya kau mencari penyelesaian terbaik agar keadaan finansial tidak bobrok. Ini sebagai pencegahan dini untuk mengurangi segala risiko kerugian.

Nah, kali ini CekAja akan menawarkan gosip menawan khusus untuk kau terkait tips meminimalkan pengeluaran di periode krisis keuangan. Berikut klarifikasi lengkapnya.

(Baca Juga: Cara Menghemat Uang Saat Pandemi, Simak Tips #HematDiRumah)

Tips Menghemat Pengeluaran Di Masa Krisis Keuangan

1. Prioritaskan tagihan utama

Prioritaskan tagihan utama - Tips Menghemat Pengeluaran Dimasa Krisis Keuangan

Tips mengurangi pengeluaran di masa krisis keuangan yang pertama adalah dengan memprioritaskan tagihan bulanan yang memang mesti dibayarkan. Apabila dana yang dimiliki dikala ini hanya cukup untuk membayar satu tagihan, maka gunakanlah untuk mengeluarkan uang tagihan yang sekiranya betul-betul penting.

Misalnya, jika saat ini kamu mempunyai dua tagihan yaitu tagihan listrik dan internet berlangganan, maka dahulukan pembayaran listrik. Karena tagihan ini yaitu sumber utama di dalam rumah yang perannya untuk keberlangsungan hidup bersama.

2. Persiapkan sumber pendapatan perhiasan

Persiapkan sumber pendapatan tambahan - Tips Menghemat Pengeluaran Dimasa Krisis Keuangan

Untuk menyingkir dari krisis keuangan di masa pandemi corona, kamu mampu menyiasatinya dengan mempunyai pendapatan pemanis. Tidak cuma mengandalkan pemasukan utama saja, alasannya adalah di saat ekonomi nasional maupun global tengah merosot, kemungkinan pemutusan hubungan kerja sungguh besar terjadi loh.

Oleh karena itu, cobalah mencari pekerjaan sampingan yang sekiranya bisa menciptakan pendapatan dalam waktu cepat, seperti menjadi freelance. Pekerjaan lepas ini banyak dicari oleh perusahaan besar yang mungkin masih kekurangan karyawan tetapi tak mau menggajinya setiap bulan.

Nah, dengan menjadi seorang freelance pula, berarti kau memiliki jam kerja yang fleksibel dan tak perlu terikat pada satu perusahaan. Selain itu, kamu juga bisa menambah kekerabatan alasannya banyaknya klien yang dimiliki.

Bayangkan saja, jikalau dalam satu minggu kau mengatasi lima klien sekaligus dengan upah masing-masing Rp200 ribu, maka dalam seminggu itu pun kamu berhasil mengumpulkan Rp1 juta.

3. Buat anggaran pengeluaran

Buat anggaran pengeluaran - Tips Menghemat Pengeluaran Dimasa Krisis Keuangan

Membuat budget pengeluaran sangat bermanfaat untuk menolong kamu melakukan tips meminimalkan pengeluaran di era krisis keuangan. Sehingga kau enggak perlu lagi gundah untuk mengutamakan mana tagihan yang penting dan mana yang harus diredam. Kamu bisa menggunakan Google Spreadsheet atau aplikasi khusus mengorganisir keuangan seperti Money Lover, Financius, serta AndroMoney.

(Baca Juga: Cara Menghemat Uang Ala Orang Jepang yang Bikin Kamu Cepat Kaya)

4. Tidak memakai ongkos berlangganan

Tidak menggunakan biaya berlangganan - Tips Menghemat Pengeluaran Dimasa Krisis Keuangan

Semakin berkembangnya zaman, maka akan bertambah banyak layanan terbaru yang dihidangkan untuk menghibur masyarakat, seperti internet ataupun tv berlangganan. Namun di periode krisis keuangan, layanan tersebut justru memberatkan karena tak jarang tagihannya yang mampu mencapai Rp500 ribu.

Maka dari itu, seharusnya hentikan dahulu penggunaan layanan berlangganan sampai kondisi finansial kamu dapat kembali stabil mirip sedia kala. Hitung-hitung, kau dapat berhemat sampai ratusan ribu kalau tidak menggunakannya loh.

Jika merasa jenuh karena tidak mempunyai hiburan lain, kamu bisa menjajal kebiasaan gres yang lebih berguna seperti berguru mengolah makanan atau bermain musik. Mana tahu di abad mendatang, keahlian baru yang kamu miliki itu bisa jadi berkah untuk diri sendiri hingga menghasilkan pundi-pundi rupiah.

5. Berinvestasi

Berinvestasi - Tips Menghemat Pengeluaran Dimasa Krisis Keuangan

Jika masih sulit untuk menabung sendiri, kau mampu mencoba cara yang lebih terbaru seperti berinvestasi. Tips meminimalisir pengeluaran di periode krisis keuangan ini sungguh tepat dilakukan karena kau tak harus melakukan pekerjaan untuk menerima duit. Enggak perlu berinvestasi dengan modal besar, alasannya adalah kau mampu memulainya dengan modal kecil apalagi dahulu.

Beberapa jenis investasi yang bisa kamu lakukan di kurun krisis keuangan ini mirip investasi dollar, investasi emas, investasi reksa dana, dan investasi saham. Nah, sebagai pemula kamu bisa mencoba investasi emas alasannya investasi jenis ini tidak dikenakan bunga atau dividen.

Selain itu, tingkat likuiditasnya yang sungguh tinggi juga menjadi laba, artinya kamu bisa dengan gampang menukarkan emas tersebut menjadi uang tunai kapanpun dan dimanapun yang kau mau.

Nah itulah kelima tips meminimalkan pengeluaran di kurun krisis keuangan. Kalau kamu masih terpesona untuk berinvestasi, maka segera datangi laman CekAja untuk mendapatkan produk tersebut sesuai dengan keperluan kamu.

Yuk, bandingkan produk investasinya sekarang juga dan olok-olokan hanya di CekAja.com!

[widg-inv]