0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Kiat Meminjam Dana Darurat Biar Tidak Menyusahkan

Selama masih berada di kurun pandemi virus Covid-19, semua keadaan masih serba belum pasti, termasuk kondisi perekonomian. Untuk itu, masyarakat yang terkena pengaruh dari pandemi ini banyak yang mengajukan pertolongan dana darurat. Namun sebelum mengajukan, ada baiknya jika penduduk mengetahui apalagi dulu beberapa tips meminjam dana darurat agar tidak menyusahkan diri sendiri nantinya.

Mengetahui Tips Meminjam Dana Darurat Agar Tidak Menyulitkan

Sekilas perihal Dana Darurat

Mungkin di antara kamu masih ada yang belum mengenali perihal dana darurat. Sebab, kata yang satu ini jarang sekali dipakai di golongan penduduk , utamanya milenial.

Maka dari itu, sebelum membicarakan lebih jauh wacana tips meminjam dana darurat supaya tidak menyusahkan, ada baiknya membicarakan terlebih dahulu dana darurat itu sendiri.

Sejatinya, dana darurat ialah suatu dana khusus atau terpisah dan umumnya berbentuk tabungan atau rekening bank, yang nantinya dipakai untuk menutupi biaya dari suasana-situasi tidak disangka-sangka.

Seperti contohnya ketika kau secara datang-tiba diberhentikan dari pekerjaan, pengobatan penyakit yang memerlukan ongkos besar untuk jangka waktu usang, perbaikan rumah dengan ongkos yang mengagetkan dan lain sebagainya.

Apabila suasana-suasana semacam itu terjadi dan kau tidak mempunyai simpanan dana darurat, pasti hal tersebut cuma akan mengganggu keadaan keuangan keluarga.

Oleh alasannya itu, mempunyai darurat sungguh penting. Setidaknya, kau mempunyai budget khusus untuk dana darurat itu sendiri.

(Baca Juga: Simak Cara Mengajukan Pinjaman Darurat)

Fungsi Dana Darurat

Jika di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui sekilas tentang dana darurat, maka di pembahasan kali ini kau akan mengenali fungsi dari dana darurat.

Karena pada dasarnya, dana darurat mempunyai aneka macam fungsi, yang di antaranya akan diulas sebagai berikut.

Memiliki Simpanan Uang

Fungsi dana darurat yang pertama yaitu membuatmu mempunyai simpanan uang. Di mana, simpanan duit ini mampu dipakai untuk keperluan-keperluan penting yang tidak disangka-sangka. Seperti misalnya, kau diberhentikan secara secara tiba-tiba dari pekerjaan atau di PHK.

Jika telah begitu, kamu pasti bingung menimbang-nimbang biaya hidup ke depan dengan sisa duit yang dimiliki. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi apabila kau memiliki dana darurat.

Pasalnya, dengan dana tersebut kamu tetap mampu memenuhi semua kebutuhan dan tagihan selama tidak berpenghasilan.

Terhindar dari Hutang

Fungsi dari dana darurat yang selanjutnya yakni kau mampu terhindar dari hutang. Sebab, orang-orang telah niscaya akan berhutang dikala berada dalam keadaan darurat dan tidak mempunyai tabungan uang lainnya.

Untuk itu, adanya dana darurat dapat menolong menutupi keperluan-keperluan atau tagihan yang meledak.

Menurunkan Tingkat Stres

Memiliki dana darurat nyatanya mampu menurunkan tingkat stres, loh! Hal tersebut dikarenakan, dana darurat mampu menjamin segala kebutuhan secara tiba-tiba dikala finansial sedang berada di ujung “tombak”.

Maka dari itu, mempunyai dana darurat mampu memperbesar rasa yakin diri kepada kondisi finansial yang kau miliki.

Sebab, dengan dana tersebut kamu bisa menyelesaikan dan mengatasi satu persatu insiden yang tidak terduga di hidup ini.

Menghindari Meminjam ke Anggota Keluarga

Fungsi dari dana darurat yang terakhir yaitu menurunkan kemungkinan berhutang atau meminjam ke anggota keluarga. Karena, meminjam uang ke keluarga sejatinya cuma akan menambah persoalan baru apabila kau tidak mampu membayarnya.

Meskipun antar anggota keluarga mesti saling tolong membantu, namun jika berhubungan dengan duit sebaiknya kamu fikirkan dengan matang terlebih dulu.

Dengan begitu, adanya dana darurat dapat membuatmu terhindar dari kondisi atau opsi seperti ini, dan kekerabatan keluarga pun akan tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Tips Meminjam Dana Darurat semoga Tidak Menyulitkan

Sebagian dari kau mungkin berpikir jika meminjam dana darurat itu merupakan suatu jebakan. Pasalnya, cepat atau lambat kamu tetap harus membayar dana yang kamu pinjam tersebut beserta bunga nya. Terlihat sungguh menyulitkan bukan?

Tetapi kau tidak perlu cemas, sebab hal-hal itu sejatinya tidak akan membuatmu kesulitan, jika kamu mengetahui kiat meminjam dana darurat semoga tidak menyulitkan.

Lantas, apa saja kiat tersebut? Berikut CekAja.com akan mengulasnya khusus untuk kau. Simak bersama-sama, yuk!

1. Menghitung Jumlah Pemasukan dan Pengeluaran

Menghitung Jumlah Pemasukan dan Pengeluaran - Mengetahui Tips Meminjam Dana Darurat Agar Tidak Menyulitkan

Tips meminjam dana darurat biar tidak menyulitkan yang pertama ialah mengkalkulasikan jumlah pemasukan dan pengeluaran. Hal ini menjadi hal utama yang perlu kau kerjakan sebelum menetapkan untuk meminjam dana darurat.

Karena ketika kamu sudah memutuskan untuk mengajukan santunan, maka kamu mesti tahu bahwa pengeluaranmu dilarang melebihi pendapatan setiap bulan. Yang mana, pengeluaran tersebut dihentikan lebih dari 30%.

Dengan begitu, ada baiknya jika kau terlebih dahulu mengkalkulasikan jumlah pemasukan dan pengeluaran setiap bulannya, supaya mampu disesuaikan dengan kesanggupan finansial dan jumlah tunjangan dana darurat yang akan kau ajukan.

(Baca Juga: Perlukah Pinjaman Dana Darurat? Ini Dia Alasannya!)

2. Menentukan Jumlah Pinjaman

Menentukan Jumlah Pinjaman - Mengetahui Tips Meminjam Dana Darurat Agar Tidak Menyulitkan

Setelah menjumlah jumlah pemasukan dan pengeluaran, langkah berikutnya yang perlu kau lakukan yakni memilih jumlah tunjangan darurat kau. Di mana, jumlah dukungan ini semestinya disesuaikan dengan kebutuhan.

Lalu, semua kebutuhan tersebut kamu data dan kau hitung berapa total biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya.

Dari total biaya tersebut, pastikan bahwa pengeluaran tidak lebih dari 30% pendapatan yang kamu miliki.

3. Melakukan Perbandingan Produk Pinjaman antar Bank

Melakukan Perbandingan Produk Pinjaman antar Bank - Mengetahui Tips Meminjam Dana Darurat Agar Tidak Menyulitkan

Tips meminjam dana darurat semoga tidak menyusahkan yang ketiga yaitu melakukan perbandingan produk derma antar bank. Hal ini perlu kamu lakukan untuk mengetahui lebih terang ihwal produk tunjangan yang mau kamu usikan, mirip era tenor, besaran bunga dan lain sebagainya.

Terlebih, saat ini sudah berbagai bank dan fintech yang memberikan produk-produk sumbangan.

Sehingga, kau bisa memilih dan memilih jenis pinjaman mana yang cocok dengan keperluan dan kemampuan finansialmu.

4. Mengetahui Sistem Bunga Pinjaman

Mengetahui Sistem Bunga Pinjaman - Mengetahui Tips Meminjam Dana Darurat Agar Tidak Menyulitkan

Tips keempat yang perlu kau kerjakan ialah mengenali metode bunga sumbangan. Pasalnya, setiap bank ataupun fintech niscaya akan memberikan bunga terhadap para penggunanya.

Untuk besaran bunganya sendiri pun berlawanan-beda, sesuai dengan kebijakan dari setiap bank atau fintech tersebut.

Maka dari itu, besaran bunga menjadi hal penting untuk kamu amati. Sebab, lewat besaran bunga, kau bisa melihat citra tentang jumlah dukungan dan juga cicilan yang harus kamu bayarkan setiap bulannya.

5. Menghitung Masa Tenor Pinjaman

Menghitung Masa Tenor Pinjaman - Mengetahui Tips Meminjam Dana Darurat Agar Tidak Menyulitkan

Tips meminjam dana darurat agar tidak menyusahkan yang kelima adalah menjumlah era tenor atau cicilan bantuan. Karena lazimnya , orang-orang akan meminjam sejumlah uang yang cukup besar dengan abad tenor yang panjang.

Hal itu bagi sebagian orang mungkin menjadi pilihan supaya cicilan terasa lebih ringan. Padahal, keputusan untuk mengambil kala tenor yang panjang justru hanya akan memperbesar besar bunga yang harus kau bayarkan.

Karena prinsipnya, kian lama abad tenor dukungan, maka makin besar bunga yang harus dibayarkan. Begitu pula jika semakin pendek kurun tenor tunjangan, maka kian kecil juga bunganya.

Namun, prinsip itu hanya suatu kriteria. Semuanya balik lagi disesuaikan dengan kebutuhan dan kesanggupan finansial.

6. Melakukan Simulasi Pinjaman

Melakukan Simulasi Pinjaman - Mengetahui Tips Meminjam Dana Darurat Agar Tidak Menyulitkan

Di urutan keenam ada simulasi tunjangan, yang menjadi salah satu kiat meminjam dana darurat yang perlu kamu lakukan.

Simulasi ini intinya dikerjakan, untuk memperlihatkan citra atas cicilan yang mesti kau bayarkan setiap bulan, beserta era tenor dan suku bunganya.

Tidak hanya itu, citra cicilan tersebut akan kamu dapatkan dari hasil penghitungan dan penyesuaian antara penghasilan dengan pengeluaranmu setiap bulannya. Sehingga, simulasi suku bunga ini menjadi sungguh penting untuk dijalankan.

7. Memilih Produk Pinjaman Terpercaya

Memilih Produk Pinjaman Terpercaya - Mengetahui Tips Meminjam Dana Darurat Agar Tidak Menyulitkan

Tips meminjam dana darurat agar tidak menyulitkan yang terakhir yakni memilih produk sumbangan yang terpercaya. Hal ini menjadi sungguh penting, sebab menentukan tingkat keselamatan perlindungan, mulai dari data-data pribadi, hingga sistem tunjangan serta pengembalian yang mau dilaksanakan.

Ketika ingin melaksanakan sumbangan dana darurat, tentukan kau memilih produk-produk dari perusahaan fintech yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sehingga, semua aktivitas pinjamanmu terlaksana dengan baik dan sesuai dengan aturan.

Tidak hanya itu, perusahaan-perusahaan fintech yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pun sudah terjamin legalitasnya.

Seperti contohnya CekAja.com, perusahaan financial technology yang menunjukkan banyak sekali macam produk keuangan, salah satunya ialah KTA.

Di mana, produk KTA ini menunjukkan tunjangan dana tunai yang mampu kau peroleh tanpa menggunakan jaminan.

Selain itu, proses pengajuan pinjamannya pun mudah dan cepat. Makara buat kau yang membutuhkan pemberian dana darurat, pribadi saja ejekan KTA lewat CekAja.com.