0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Kerjakan 5 Hal Penting Agar Bisnis Tetap Bertahan Di Masa Pandemi

Merencanakan bisnis dikala pandemi Covid-19 sepertinya menjadi prioritas para pelaku usaha dikala ini. Tak hanya gaya hidup, nyatanya pandemi virus corona Covid-19 juga mempunyai dampak pada perputaran ekonomi berbagai negara, yang menciptakan para pengusaha juga diharuskan untuk berupaya keras semoga mampu tetap bertahan di tengah wabah yang belum ketemu titik terangnya sampai dikala ini.

Lakukan 5 hal ini agar bisnis tetap bertahan di masa pandemi

Bahkan, terhitung sejak awal mula pandemi berhasil masuk ke Indonesia, entah telah berapa banyak perusahaan yang justru terpaksa bangkrut sebab gagal bertahan. Akibatnya, jumlah pengangguran pun makin bertambah.

Oleh sebab itu, supaya bisnis tetap bisa bertahan, para pelaku perjuangan perlu memutar otak dan melakukan sejumlah seni manajemen guna menyesuaikan dengan kondisi yang tengah terjadi.

Nah, maka dari itu di dalam peluang kali ini kita akan membahas perihal 5 hal yang perlu dilakukan ketika menjalani bisnis dikala pandemi Covid-19. Apa sajakah itu?

(Baca Juga: bisnis-modal-kecil-buat-tambah-penghasilan-yang-pas-pasan/”>4 Tips Bisnis Modal Kecil Buat Nambah Penghasilan yang Pas-pasan)

Hal-hal yang Perlu Dilakukan Ketika Menjalani Bisnis Saat Pandemi Covid-19

1. Manfaatkan Peluang dengan Merubah Fokus Bisnis

Manfaatkan Peluang dengan Merubah Fokus Bisnis - Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnis Tetap Bertahan di Masa Pandemi

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika menjalani bisnis ketika pandemi Covid-19 ialah dengan memanfaatkan kesempatan yang ada. Jika perlu, janganlah takut untuk mengganti fokus bisnis kamu dan menyesuaikannya dengan keadaan yang ada ketika ini.

Terdapat beberapa bidang bisnis yang kehilangan konsumen akhir pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) guna menekan penyebaran virus di kelompok penduduk . Nah, kalau bisnis yang tengah kamu jalani termasuk ke dalam salah satu yang terkena efek dari PSBB ini, kau mampu mencari solusi lain supaya roda perekonomian tetap berputar.

Bagaimana caranya? Yaitu dengan menyesuaikan bidang bisnis pada info yang tengah terjadi saat ini. Sebagai contoh, apabila kamu mempunyai bisnis yang bergerak di bidang makanan, maka kamu mampu menyiasatinya dengan menjual bermacam-macam makanan siap masak untuk penduduk yang tak mau ke luar rumah atau menyediakan jasa pesan antar.

Atau jika kau mempunyai bisnis yang justru bergerak di bidang fashion, kamu mampu mulai membuat produk gres masker kain yang fashionable untuk dikenakan di luar rumah.

2. Hadirkan Promo dan Diskon

Hadirkan Promo dan Diskon - Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnis Tetap Bertahan di Masa Pandemi

Karena selama PSBB masyarakat akan lebih menghabiskan waktu untuk berbelanja online dari rumah, kamu mampu mempergunakan peluang satu ini untuk memberikan aneka macam promo dan potongan harga. Dilansir dari tirto.id, penawaran khusus dapat dibuat dalam bentuk potongan harga atau menawarkan paket irit.

Namun disamping itu, promos berupa free ongkir (ongkos kirim) juga dinilai lebih efektif dalam meningkatkan angka pemasaran. Tetapi, tentukan pula bahwa promo dan potongan harga tidak akan menawarkan kerugian pada bisnis kau. Sehingga, diperlukannya perhitungan yang masak sebelum memutuskan untuk menunjukkan potongan harga dan promo.

3. Memaksimalkan Layanan Online

Memaksimalkan Layanan Online - Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnis Tetap Bertahan di Masa Pandemi

Tips yang lain yang bisa kau lakukan saat melakukan bisnis dikala pandemi Covid-19 yaitu dengan mengoptimalkan layanan online, sehingga dapat dimanfaatkan oleh penduduk yang berdiam diri di rumah untuk membeli seluruh kebutuhannya.

Untuk membuat lebih mudah, kamu juga mampu mulai membuat aplikasi atau platform yang gampang diakses oleh pelanggan ataupun bergabung ke berbagai e-commerce untuk memperluas lapak dagangan di dunia maya.

4. Merubah Strategi Pemasaran

Merubah Strategi Pemasaran - Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnis Tetap Bertahan di Masa Pandemi

Apabila selama ini kamu terbiasa melakukan promosi dan penjualan secara konvensional di tempat hiruk pikuk, maka telah saatnya untuk kau beralih ke online marketing untuk memasarkan produk, mirip Google Ads, Facebook, Instagram, dan lain-lain.

Percaya atau tidak, di saat-dikala seperti ini, melakukan digital marketing justru jauh lebih menguntungkan sekaligus mampu memajukan pemasaran produk.

5. Menjual Produk yang Dibutuhkan oleh Masyarakat

Menjual Produk yang Dibutuhkan oleh Masyarakat - Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnis Tetap Bertahan di Masa Pandemi

Hal terakhir yang perlu kau lakukan ketika menjalani bisnis saat pandemi Covid-19 yaitu dengan turut menjual barang-barang yang sekiranya dibutuhkan oleh masyarakat, meskipun bahwasanya tidak berkaitan dengan bidang bisnis yang tengah kau jalani.

Karena, dari sanalah kamu bisa meningkatkan angka pemasaran secara signifikan. Sebagai pola, meskipun kau menjalani bisnis di bidang kuliner cepat saji, kamu juga mampu mengeluarkan produk gres berupa masker, hand sanitizer ataupun disinfectant spray.

Peluang Bisnis dikala Pandemi Covid-19 yang Bisa Mendatangkan keuntungan

·       Produk Kuliner Family Size

Di saat semua orang tengah berdiam diri di rumah, maka produk kuliner family size akan banyak dicari biar masyarakat tidak butuhbolak-balik pergi ke swalayan untuk berbelanja kebutuhan dapur. Nah, potensi satu ini bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan pemasaran bisnis masakan.

Sebagai acuan, kau mampu menjual kopi 1 liter ataupun berbagai frozen food dalam jumlah besar yang mampu di stok di kulkas.

·       Home Leisure Ware

Selama himbauan masyarakat untuk tidak keluar rumah, pemasaran dari produk fashion pun kita merosot. Namun, bukan berarti berdiam diri di rumah kau tidak akan memamerkan busana-busana bagus via Instagram, bukan?

Dikarenakan hal itulah, banyak brand-brand fashion terkemuka yang menjajal untuk mempergunakan keadaan yang tengah terjadi saat ini untuk tetap bertahan di pasaran dengan membuat tren baru, yakni home leisure wear. Walaupun di rumah, busana tetap harus fashionable dong.

Misalnya seperti merk global H&M yang menyelenggarakan kampanye #AtHomeWithHM dan mempromosikan Produk fashion pajama and loose style.

·       ‘Untouchable’ Product

Penyebaran virus corona yang begitu cepat membuat banyak orang menjadi lebih berhati-hati untuk bersinggungan dengan apapun. Dikarenakan hal itulah, contactless lifestyle digadang-gadang menjadi pola hidup gres di kelompok penduduk .

Oleh alasannya adalah itu, brand TOTO mengeluarkan produk sanitary yang memungkinkan setiap penggunanya agar tidak perlu menjamah tombol apapun dikala menggunakan produk sanitary tersebut. Ditambah lagi dengan fitur ultraviolet yang menciptakan penggunanya lebih aman dan terhindar dari bakteri.

(Baca Juga: keuangan-bisnis-dengan-mandiri-cash-management/”>Kelola Keuangan Bisnis dengan Mandiri Cash Management, Efektif dan Banyak Untungnya)

Nah, pandangan baru-ilham bisnis yang baru saja kita diskusikan mungkin bisa kau jadikan selaku inspirasi agar bisnis tetap bertahan di periode pandemi. Saat ini kau sedang membutuhkan dana untuk modal perjuangan? Tak perlu cemas! Segera usikan saja di CekAja.com.