0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Kebanjiran? Penting 6 Tips Merawat Motor Yang Terendam Air

Banjir kembali menyambangi banyak daerah di Jabodetabek. Adanya musibah ini membuat sebagian penduduk terpaksa merelakan barang-barang yang ada di rumahnya terendam banjir. Bahkan, kendaraan pun hampir rusak karena melalui genangan air di jalanan. Ketahui kiat merawat motor pasca banjir di sini!

Tips Merawat Motor yang Terendam Banjir

Nah, kalau kau punya motor yang terkena banjir atau ingin terhindar dari kerusakan karenanya, berikut CekAja berikan 6 tips sederhana yang bisa kamu lakukan secara berkala :

1. Sering basuh motor

Sering cuci motor - Kebanjiran Ini 6 Tips Merawat Motor yang Terendam Air

Bagi sebagian orang mencuci motor itu merupakan acara yang menjengkelkan, terlebih dalam kondisi isu terkini hujan. Tapi jangan salah, sering mencuci motor ternyata bisa menghindari kerusakan akibat banjir. Pasalnya, air hujan mengandung asam yang bisa mempercepat proses korosi. Maka dengan mencucinya, mempunyai arti kau juga membersihkan motor dari penyebab kerusakan tersebut. Perawatan ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah atau kalau tak ingin ribet, kau mampu membawanya ke tempat steam motor.

2. Membersihkan dan mengeringkan kanvas

Membersihkan dan mengeringkan kampas - Kebanjiran Ini 6 Tips Merawat Motor yang Terendam Air

Bahan utama kanvas rem motor ini terbuat dari asbes. Maka, jikalau bagian itu terkena air, kanvas rem akan menggembung dan mengeras saat kering dengan sendirinya. Setelah motor terkena hujan atau terendam banjir, sebaiknya kau injak pedal rem agar kanvas menjadi kering dan tidak keras ketika rem diinjak.

Sama halnya dengan bagian rem cakram, kamu mesti membersihkannya sesudah terkena air banjir atau hujan. Posisi bab ini sangat terbuka dan gampang dimasuki kotoran dan air, maka kalau dibiarkan begitu saja mampu menciptakan rem jadi tidak optimal.

3. Panaskan motor

Panaskan motor - Kebanjiran Ini 6 Tips Merawat Motor yang Terendam Air

Rutin memanaskan mesin yaitu salah satu perawatan yang paling sederhana, tapi besar pengaruhnya. Apalagi ketika motor kamu terkena banjir atau melintas di genangan air. Sebab kalau tidak dipanaskan, mesin otomatis akan kian lembab. Akhirnya, motor pun tak bisa melakukan pekerjaan dengan maksimal dan berurusan. Lakukan cara ini sebelum kau berkendara untuk mengetes metode kelistrikan serta memastikan mesin bisa tetap menyala seperti umumnya.

(Baca Juga: 3 Jenis Asuransi Motor untuk NMAX Kesayanganmu)

4. Ganti oli

Ganti oli - Kebanjiran Ini 6 Tips Merawat Motor yang Terendam Air

Umumnya, bengkel akan eksklusif melaksanakan hal ini terhadap motor yang terendam banjir. Sebab, oli yang sudah tercampur dengan air menjadi berwarna coklat muda atau bubuk-debu. Maka sebelum menggantinya, kau perlu mencampakkan apalagi dulu oli mesin terdahulu.

Agar higienis dan untuk menetralisir endapan sisa air di mesin, kau juga mesti menawarkan beberapa liter solar atau dexlite. Setelah oli lama dibuang, isi solar tersebut ke lubang oli sekitar satu liter. Hidupkan sebentar mesin motor kurang lebih satu menit, lalu matikan dan buang solar tadi lewat baut tap oli. Kamu bisa melakukannya berulang kali, setelah dirasa cukup higienis, gres masukan oli teranyar.

5. Bersihkan throttle body atau karburator

Bersihkan throttle body atau karburator - Kebanjiran Ini 6 Tips Merawat Motor yang Terendam Air

Cara ini sesungguhnya mampu kau kerjakan sendiri di rumah dengan menggunakan cairan cleaner untuk karburator atau injector. Tap semestinya untuk lebih optimal kamu datang aja ke bengkel bengkel yang memiliki kompresor, karena cukup disemprot dengan udara bertekanan.

Untuk membersihkan karburator, sebelumnya kau harus menguras air di mangkuk karburator terlebih dahulu dengan mengendurkan baut buangan bensin. Setelah itu, buka atau lepaskan karburator dari boks filter dan semprotkan cairan cleaner lewat lubang hisap udara.

Beda halnya dengan injeksi, pertama kamu mampu menyemprotkan cairan cleaner ke throttle body dari ruang hisap. Sebelumnya, kita lepas dulu throttle body dari filter udara untuk memudahkan ketika menyemprot. Cairan cleaner ini bisa membersihkan kerak dan kotoran-kotoran yang melekat.

6. Periksa Kabel Kelistrikan

Periksa Kabel Kelistrikan - Kebanjiran Ini 6 Tips Merawat Motor yang Terendam Air

Memeriksa kelistrikan ini sangat urgen. Dan ini sering menjadi dilema bagi motor yang terkena air banjir. Meski tata cara kelistrikan yang kedap air dan sambungan-sambungan kabelnya dirancang supaya tidak kemasukan air, kamu tetap harus teliti dan membersihkannya dari sisa sisa kotoran air banjir.

Kamu mampu membuka setiap kap yang menempel di kotor, mampu membuka sambungan soket-soket dan memeriksa apakah ada sisa air yang menyusup di dalamnya. Bila lembap, cukup bersihkan dengan lap kering sembari disemprot cairan penetran untuk menghilangkan air di lempengan logam. Setelah itu, bersihkan kembali sisa cairan penetran dengan lap kering dan pasang kembali sambungan soketnya.

Demikian tips merawat motor yang terendam air pasca banjir kemarin. Lakukan segera supaya tidak keburu rusak. Agar seluruh perawatannya lebih maksimal dan tak mengganggu keuanganmu, miliki asuransi kendaraan dari CekAja.com.

(Baca Juga: Motor Retro Modern dan Klasik Terbaru 2020, Kawasaki W175 Paling Diincar!)