0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Jurusan Paling Disukai Di Uns Bidang Saintek Dan Soshum

Tidak terasa, beberapa bulan lagi para calon mahasiswa akan masuk ke universitas pilihannya dan melakukan serangkaian acara mahasiswa baru. Nah, bagi kamu yang ingin masuk ke UNS (Universitas Sebelas Maret) dan belum mengetahui jurusan apa yang ingin kau pilih, ada baiknya kau menyimak apalagi dahulu beberapa jurusan paling favorit di UNS bidang Saintek dan Soshum berikut ini.

Jurusan Paling Favorit di UNS bidang Saintek dan Soshum

Jurusan paling Favorit di UNS bidang Saintek dan Soshum

Sebenarnya, ada banyak sekali jurusan paling disukai di UNS bidang Saintek dan Soshum yang mampu kamu jadikan opsi.

Namun, pada potensi kali ini CekAja.com akan mengulas 10 jurusan paling disukai di Universitas Sebelas Maret, yang masing-masing bidangnya terbagi menjadi lima.

(Baca Juga: 10 Jurusan Paling Favorit di Universitas Indonesia Jurusan Saintek dan Soshum)

Jurusan Paling Favorit di UNS bidang Saintek

Seperti yang dimengerti, bidang saintek merupakan bidang yang mempelajari tentang ilmu-ilmu sains dan teknologi.

Apabila masuk ke bidang ini, kau akan mempelajari beberapa bahan seperti matematika, kimia, fisika, biologi, komputer dan lain sebagainya.

Nah, bagi kamu yang ingin masuk ke bidang saintek UNS, yuk simak lima jurusan paling disenangi di UNS bidang saintek yang hendak diulas sebagai berikut.

1. Kedokteran

Kedokteran - Jurusan Paling Favorit di UNS bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: A

Daya Tampung SBMPTN 2020: 115 dingklik

Passing Grade: 50,43%

Jurusan paling disenangi di UNS bidang saintek yang pertama yaitu Kedokteran. Jurusan yang satu ini merupakan jurusan yang sudah mendapatkan akreditasi sempurna, yaitu A sebanyak tiga kali.

Akreditasi tersebut ditemukan pada tahun 2005, 2010, 2016 dan sampai sekarang masih memegang erat legalisasi sempurna tersebut. Maka dari itu, kau tidak perlu cemas apabila masuk ke jurusan ini.

Pasalnya, lulusan dari jurusan kedokteran Universitas Sebelas Maret pun mempunyai prospek kerja yang cukup luas, seperti menjadi dokter di rumah sakit negeri maupun swasta, menjadi peneliti, PNS, kepala rumah sakit sampai menjadi tenaga pengajar mirip dosen.

2. Psikologi

Jurusan Paling Favorit di UNS bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: B

Daya Tampung SBMPTN 2020: 75 dingklik

Passing Grade: 36,27%

Jika masuk ke jurusan Psikologi Universitas Sebelas Maret, kamu akan menerima beberapa bahan wacana psikologi yang akan menambah pengetahuan dan meningkatkan kesanggupan mu.

Beberapa bahan tersebut seperti psikologi kepribadian, psikologi kemajuan, aba-aba etik psikologi, teknik konseling, kesehatan mental, psikologi eksperimen, hingga materi tentang administrasi organisasi pun akan kau peroleh.

Dari bahan-bahan tersebut, diperlukan agar para lulusan dari jurusan paling disenangi di UNS bidang saintek yang satu ini mempunyai skill yang mumpuni dan bisa berkompetisi dengan lulusan psikologi dari universitas yang lain di dunia kerja.

3. Ilmu Teknologi Pangan

Ilmu Teknologi Pangan - Jurusan Paling Favorit di UNS bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: A

Daya Tampung SBMPTN 2020: 50 bangku

Passing Grade: 36,4%

Ilmu Teknologi Pangan nyatanya masuk menjadi bagian dari jurusan paling favorit di UNS bidang saintek. Bagaimana tidak, pasalnya bila masuk ke jurusan yang satu ini kamu akan belajar perihal bagaimana cara menciptakan kuliner yang memperhatikan faktor-faktor kesehatan.

Di mana, kau perlu memperhatikan nilai gizi dari masakan yang dibuat, lalu keamanan pangan, nutrisi masakan, sampai proses pengemasannya.

Tidak cuma itu, di jurusan ini pun kau akan mencar ilmu perihal rancangan mesin pembuatan pangan.

Dengan begitu, ilmu dan wawasan yang kau dapatkan pun sangat banyak. Sebab, kau tidak hanya konsentrasi pada makanannya saja, namun juga akan berguru tentang teknologi yang dipakai.

4. Agroteknologi

Agroteknologi - Jurusan Paling Favorit di UNS bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: A

Daya Tampung SBMPTN 2020: 90 bangku

Passing Grade: 28,80%

Jurusan paling disenangi di UNS bidang saintek yang keempat adalah Agroteknologi. Sesuai dengan namanya, jurusan ini akan membuatmu banyak berguru wacana penguasaan teknologi dalam bikinan pertanian, yang pastinya tetap memperhatikan kualitas dan efisiensi dari penggunaan teknologi tersebut.

Sebab, wawasan ihwal penguasaan teknologi dalam buatan pertanian sungguh diharapkan di periode industri mirip ketika ini.

Sehingga, kalau kau masuk ke jurusan Agroteknologi Universitas Sebelas Maret dan menguasai pengetahuan tersebut, maka kau dipastikan siap bersaing dan bisa membantu sektor pertanian Indonesia dengan menciptakan produk-produk unggulan.

5. Farmasi

Farmasi - Jurusan Paling Favorit di UNS bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: B

Daya Tampung SBMPTN 2020: 30 kursi

Passing Grade: –

Jurusan terakhir ada Farmasi yang menjadi jurusan paling disukai di UNS bidang saintek. Jurusan Farmasi rasanya menjadi jurusan yang tak lekang oleh waktu, alasannya adalah keberadaannya selalu dibutuhkan.

Hal tersebut bisa kau lihat dari harapan kerja untuk lulusan jurusan Farmasi yang sungguh luas, di antaranya kamu bisa melakukan pekerjaan di forum pemerintah, kemudian menjadi peneliti, bekerja di rumah sakit, laboratorium klinik, apotek, sampai menjadi seorang usahawan.

Jurusan Paling Favorit di UNS bidang Soshum

Jika masuk ke bidang soshum Universitas Sebelas Maret, nantinya kau akan banyak mempelajari ilmu-ilmu sosial dan humaniora secara dalam. Terlebih, universitas ini mempunyai banyak sekali jurusan yang bisa kau jadikan opsi.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulas lima jurusan paling disenangi di UNS bidang soshum khusus untuk kamu sebagai berikut.

6. Pendidikan Guru SD

Pendidikan Guru Sekolah Dasar - Jurusan Paling Favorit di UNS bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: A

Daya Tampung SBMPTN 2020: 80 bangku

Passing Grade: 24,47%

Untuk jurusan paling disenangi di UNS bidang soshum sendiri yang pertama yakni Pendidikan Guru SD. Jurusan yang satu ini sangat sesuai untuk kau yang nantinya ingin melakukan pekerjaan sebagai tenaga pendidik tingkat Sekolah Dasar (Sekolah Dasar).

Hal tersebut dikarenakan, jurusan ini mempunyai tekad untuk menjadi suatu lembaga penghasil dan pengembangan tenaga pendidikan di Sekolah Dasar yang profesional, mempunyai karakter besar lengan berkuasa dan juga cerdas.

Oleh karena itu, bila masuk ke jurusan ini kau akan mempelajari beberapa materi seperti psychology umum, strategi belajar mengajar, pengembangan inovasi kurikulum, inovasi pembelajaran, studi masyarakat Indonesia dan lain sebagainya.

7. Manajemen

Manajemen - Jurusan Paling Favorit di UNS bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: A

Daya Tampung SBMPTN 2020: 70 dingklik

Passing Grade: 32,70%

Selanjutnya ada jurusan Manajemen yang masuk sebagai jurusan paling favorit di UNS bidang soshum. Hal tersebut dikarenakan jurusan Manajemen menjadi jurusan yang mau selalu diharapkan di dunia kerja.

Terlebih, kesempatan kerja dari jurusan ini sendiri cukup luas. Kamu mampu bekerja selaku management trainee di sebuah organisasi, teller, personal banking officer, account officer, marketing executive, PNS, konsultan bisnis hingga menjadi seorang pebisnis.

Oleh alasannya adalah itu, dikala masuk ke jurusan Manajemen di Universitas Sebelas Maret, kamu akan langsung dihidangkan beberapa materi seperti akuntansi pengantar, analisis berita keuangan, penyusunan rencana pajak, perilaku organisasi, administrasi, pengauditan berbasis komputer dan lain sebagainya.

8. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi - Jurusan Paling Favorit di UNS bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: A

Daya Tampung SBMPTN 2020: 50 dingklik

Passing Grade: 38,87%

Tidak heran bila Ilmu Komunikasi menjadi jurusan paling disukai di UNS bidang soshum. Pasalnya, jurusan ini sungguh diincar oleh para calon mahasiswa yang nantinya ingin melakukan pekerjaan di industri media.

Tidak cuma itu, jurusan ini juga mempunyai empat konsentrasi yang mampu kamu pilih sesuai minat dan talenta mu. Empat konsentrasi tersebut, di antaranya yaitu public relations, advertising, video serta radio.

Adanya fokus tersebut, juga mampu menolong mu dalam mengembangkan kemampuan yang kau miliki secara fokus.

Sehingga, nantinya kamu dapat menjadi insan yang memiliki kompetensi dan bisa berkompetisi di industri media.

9. Akuntansi

Akuntansi - Jurusan Paling Favorit di UNS bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: A

Daya Tampung SBMPTN 2020: 70 dingklik

Passing Grade: 30,67%

Di posisi kesembilan ada Akuntansi, yang juga menjadi jurusan paling favorit di UNS bidang soshum.

Sejatinya, jurusan Akuntansi di Universitas Sebelas Maret memiliki kelebihan dari jurusan Akuntansi di universitas yang lain.

Beberapa kelebihan tersebut di antaranya ialah jurusan ini menjalin Kerjasama dengan Danny Darussalam Tax Center (DDTC) yang merupakan konsultan pajak ternama dan terkemuka di Indonesia.

Tidak cuma itu, jurusan ini juga banyak menghasilkan lulusan-lulusan yang bergelut di akuntansi sektor publik, mirip melakukan pekerjaan di instansi pemerintah baik kawasan maupun sentra.

Terlebih, jurusan ini juga menjamin mahasiswanya untuk memiliki kemampuan dasar SI dan TI yang manis, dengan menguasai serta memiliki sertifikat software SAP.

Dengan begitu, lulusan dari jurusan Akuntansi Universitas Sebelas Maret dijamin mampu bersaing di dunia kerja.

10. Ilmu Hukum

Ilmu Hukum - Jurusan Paling Favorit di UNS bidang Saintek dan Soshum

Akreditasi: A

Daya Tampung SBMPTN 2020: 225 dingklik

Passing Grade: 35,07%

Jurusan paling favorit di UNS bidang soshum yang terakhir yaitu Ilmu Hukum. Seperti yang diketahui, di semester simpulan perkuliahan akan ada mata kuliah magang yang mengharuskan mu untuk magang di perusahaan maupun instansi.

Tujuannya telah jelas, ialah semoga kamu mampu mendapatkan pengalaman bekerja dan ilmu-ilmu gres yang tidak kau dapatkan di perkuliahan.

Ketika masa magang itu tiba, biasanya mahasiswa akan pusing alasannya kesusahan mencari dan menerima lokasi magang.

Tetapi, rasa sakit kepala tersebut tidak akan kau rasakan terlalu besar kalau masuk ke jurusan Ilmu Hukum Universitas Sebelas Maret.

Sebab, jurusan ini melakukan pekerjaan sama dengan beberapa perusahaan sepeti Bank BNI 46, PT. Taspen, Bank Mandiri, LotteMart, PT. Angkasa Pura I, Telkomsel, Departemen Keuangan, Pemda Wonogiri dan Klaten, Pemerintah Kota Surakarta dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Universitas Sriwijaya Bidang Saintek Dan Soshum)

Persiapan Merantau

Jika kamu sudah mantap ingin berkuliah di Universitas Sebelas Maret dan telah memutuskan jurusan apa yang ingin kamu tekuni, sekarang saatnya bagi kau untuk mengetahui beberapa hal yang perlu disediakan sebelum merantau, terutama bagi kau yang tinggal di luar kota Surakarta.

Untuk itu, pada peluang kali ini CekAja.com telah merangkum beberapa antisipasi merantau yang di antaranya yakni selaku berikut.

  • Mencari isu perihal lingkungan di universitas yang kamu tuju dan kota daerah mu merantau
  • Mencari daerah tinggal yang lokasinya tidak jauh dari kampus, baik kost ataupun rumah kontrakan
  • Memiliki mental yang kuat
  • Memiliki kesanggupan menyesuaikan diri dengan kebudayaan dan kebiasaan gres
  • Memiliki kesanggupan mengelola keuangan yang bagus
  • Bersikap fleksibel, ramah dan terbuka dengan orang-orang gres, tetapi tetap hati-hati
  • Tidak mudah mengalah
  • Ada baiknya bila kau mempunyai saudara atau sobat di kota rantau
  • Dan lain sebagainya.

Nah, beberapa hal tersebut bisa mulai kau kerjakan satu persatu sejak dini, untuk digunakan selaku bekal dikala merantau.

Namun, dari semua persiapan yang telah dipaparkan di atas, bahwasanya ada satu hal lagi yang sangat utama dan penting untuk disediakan, adalah biaya kuliah dan biaya hidup.

Sudah menjadi belakang layar lazim rasanya, jika membicarakan ongkos kuliah dan merantau cukup besar melampaui ongkos kuliah di kota sendiri.

Sebab, keluarga mu tidak cuma mengeluarkan uang untuk membayar biaya semester mu saja, namun juga biaya hidup sehari-hari mu.

Maka dari itu, menabung sejak dini menjadi salah satu langkah yang mampu kau kerjakan untuk memenuhi keperluan hidup di kota rantau.

Namun, bila ongkos yang kau miliki masih jauh dari kata cukup, kamu bisa mengajukan tunjangan dana tunai atau KTA melalui CekAja.com.

Di mana, selaku financial technology yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), CekAja.com pasti akan memperlihatkan mu pelay