0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Jurusan Paling Disukai Di Universitas Lambung Mangkurat Bidang Saintek Dan Soshum

Universitas Lambung Mangkurat yaitu perguruan tinggi negeri tertua di Kalimantan Selatan. Universitas ini memiliki sebelas fakultas dengan bermacam jurusan yang mampu diseleksi baik ketika SNMPTN maupun SBMPTN. Nah bagi kamu yang dalam waktu dekat akan berkuliah, yuk cari tahu lebih dalam tentang jurusan paling disukai di Universitas Lambung Mangkurat bidang Saintek dan Soshum.

Jurusan Paling Favorit di Universitas Lambung Mangkurat Bidang Saintek dan Soshum

Sekilas Informasi Mengenai Universitas Lambung Mangkurat

Didirikan pada 21 September 1958, Universitas Lambung Mangkurat menjadi satu-satunya sekolah tinggi tinggi tertua di Kalimantan. Lokasinya berada di Jalan Brigjen H. Hasan Basri, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Sebelum mempunyai 12 fakultas dengan masing-masing jurusan paling favorit di bidang Saintek dan Soshum, Universitas Lambung Mangkurat awalnya cuma menawarkan empat fakultas, yakni Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, serta Fakultas Sosial dan Politik, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 1960.

Selang beberapa tahun lalu, terjadi pergantian nama fakultas, di mana Fakultas Sosial dan Politik diubah menjadi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (ISIP), sekaligus penambahan beberapa fakultas gres seperti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas MIPA, Fakultas Perikanan dan Kelautan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, serta Fakultas Teknik.

Jalur Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Lambung Mangkurat

Selain lewat SNMPTN dan SBMPTN, bahwasanya kamu masih bisa mengikuti satu lagi jalur seleksi mandiri yang diadakan oleh Universitas Lambung Mangkurat, ialah UTAMA ULM. Jalur seleksi ini memakai sistem cobaan tulis bagi para kandidat mahasiswa.

Untuk mampu mengikuti UTAMA ULM, kamu mesti memenuhi beberapa persyaratan yang diminta, mirip:

  • Seorang Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Indonesia Keturunan Asing yang dibuktikan dengan Surat Bukti Kewarganegaraan.
  • Menyertakan ijazah SMA/MA/Sekolah Menengah kejuruan atau surat informasi lulus sekolah.
  • Sehat jasmani dan rohani, berkelakukan baik, serta tidak terlibat dalam tindak kriminalitas mirip pengguna ataupun pengedar narkoba.
  • Tidak buta warna untuk kelompok eksakta.

Setelah menyanggupi syarat yang diberlakukan, maka kau mampu melanjutkan proses registrasi sesuai mekanisme yang ada pada laman resmi Universitas Lambung Mangkurat. Jangan lupa untuk menyiapkan materi mencar ilmu sesuai dengan program studi yang diseleksi.

Untuk bidang Saintek, UTAMA ULM menyuguhkan beberapa materi yang hendak diujikan pada seleksi penerimaan kandidat mahasiswa gres ini, seperti TKPA, Kimia, Biologi, Fisika, Matematika, dan Bahasa Inggris.

Sementara untuk bidang Soshum dan Campuran, kau akan mengerjakan beberapa bahan, mulai dari TKPA, IPS Terpadu (Bidang Soshum), IPA Terpadu (Bidang Saintek), Matematika Dasar, hingga Bahasa Inggris.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Universitas Negeri Yogyakarta Bidang Saintek dan Soshum)

Jurusan Paling Favorit di Universitas Lambung Mangkurat Bidang Saintek dan Soshum

Gimana, udah enggak sabar untuk mengetahui apa saja jurusan paling favorit di Universitas Lambung Mangkurat bidang Saintek dan Soshum? Nah, perlu dikenali jika daftar jurusan favorit ini didasari atas jumlah peminat pada 2019 dan masing-masing akreditasinya.

1. Pendidikan Dokter

Pendidikan Dokter - Jurusan Paling Favorit di Universitas Lambung Mangkurat Bidang Saintek dan Soshum

  • Akreditasi: B
  • Peminat 2019: 1.182
  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 56

Jurusan paling favorit di Universitas Lambung Mangkurat bidang Saintek yang pertama adalah Pendidikan Dokter. Jurusan ini dianggap yang paling populer diantara seluruh acara studi baik untuk bidang Saintek maupun Soshum, dengan total peminat pada 2019 kemudian sebanyak 1.182 orang. Padahal jika dilihat dari jumlah ketersediaan bangku SBMPTN nya saja tak lebih dari 60 kursi.

Untuk acara S1 sendiri, nantinya kamu akan meraih gelar sarjana kedokteran. Namun, tak berhenti disitu saja, jikalau kau ingin menerima gelar dokter, maka setelah lulus wajib mengikuti acara profesi kedokteran untuk menjadikanmu seorang dokter lazim di abad depan.

2. Farmasi

Farmasi - Jurusan Paling Favorit di Universitas Lambung Mangkurat Bidang Saintek dan Soshum

  • Akreditasi: B
  • Peminat 2019: 997
  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 38

Jurusan Farmasi di Universitas Lambung Mangkurat menduduki peringkat kedua sebagai jurusan paling disenangi untuk bidang Saintek pada peminatan 2019 lalu. Jurusan ini masuk dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).

Umumnya, Jurusan Farmasi berkonsentrasi pada obat-obatan, baik yang sifatnya alami maupun sintetis. Di mana beberapa mata kuliah yang akan sering ditemui pada jurusan ini yakni Farmasetika Dasar, Kimia Organik, Kimia Analitik, Biokimia, Anatomi Fisiologi Manusia, dan Analisis Fisikokimia.

3. Kedokteran Gigi

Kedokteran gigi - Jurusan Paling Favorit di Universitas Lambung Mangkurat Bidang Saintek dan Soshum

  • Akreditasi: B
  • Peminat 2019: 713
  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 40

Jurusan paling disenangi di Universitas Lambung Mangkurat bidang Saintek selanjutnya ialah Kedokteran Gigi.

Jurusan ini juga tak kalah tenar dari Pendidikan Dokter, yang mana pada 2019 lalu, total peminat pada Jurusan Kedokteran Gigi menembus angka 713 orang. Padahal daya tampungnya sendiri bahkan tidak lebih dari 50 kursi.

Setelah meraih gelar sarjana kedokteran gigi, kamu wajib mengambil profesi yang juga ditawarkan oleh pihak Universitas Lambung Mangkurat pada Fakultas Kedokteran Gigi. Tujuannya supaya kau dapat mengantongi izin untuk membuka praktik sendiri atau melakukan pekerjaan di rumah sakit.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di UNS Bidang Saintek dan Soshum)

4. Manajemen

Manajemen - Jurusan Paling Favorit di Universitas Lambung Mangkurat Bidang Saintek dan Soshum

  • Akreditasi: B
  • Peminat 2019: 1.015
  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 110

Beralih dari bidang Saintek, berikutnya ada jurusan paling favorit di Universitas Lambung Mangkurat bidang Soshum ialah Manajemen. Pada 2019 kemudian, total peminat pada jurusan ini mencapai 1.015 orang.

Sehingga Jurusan Manajemen menempati peringkat dua di bawah Jurusan Pendidikan Dokter untuk klasifikasi jurusan dengan total peminat terbanyak.

Jurusan Manajemen Universitas Lambung Mangkurat sendiri masuk dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis, yang mana konsentrasi pembelajarannya lebih pada cara mengurus maupun mengendalikan sistem di perusahaan atau organisasi, termasuk juga dalam bidang ekonomi dan bisnis.

5. Ilmu Hukum

Ilmu Hukum - Jurusan Paling Favorit di Universitas Lambung Mangkurat Bidang Saintek dan Soshum

  • Akreditasi: B
  • Peminat 2019: 948
  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 250

Selain Manajemen, ada pula Ilmu Hukum yang termasuk dalam daftar jurusan paling favorit di Universitas Lambung Mangkurat bidang Soshum. Jurusan ini menyediakan lima acara keterampilan di bidang aturan setelah kau menyelesaikan era perkuliahan semester pertama, yakni hukum pidana, aturan tata negara, hukum perdata, aturan ekonomi, dan hukum acara.

Untuk jenjang  S1, umumnya kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah umum di Jurusan Ilmu Hukum seperti Pengantar Ilmu Hukum, Pengantar Hukum Indonesia, Hukum Pidana, Hukum Adat, Hukum Tata Negara, dan Hukum Adat.

Jurusan Ilmu Hukum ini sangat cocok dipilih bagi kau yang memang memiliki impian sebagai jaksa, pengacara, notaris, atau bahkan hakim.

6. Akuntansi

Akuntansi - Jurusan Paling Favorit di Universitas Lambung Mangkurat Bidang Saintek dan Soshum

  • Akreditasi: A
  • Peminat 2019: 698
  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 75

Terakhir, jurusan paling disukai di Universitas Lambung Mangkurat bidang Soshum yaitu Akuntansi. Di sini, Jurusan Akuntansi dibagi menjadi dua program adalah D3 dan S1 dengan masing-masing pengakuan A.

Apabila kau memilih jurusan yang ada dalam Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini, maka bahan kuliah yang mau didapat seperti ilmu tentang pengaturan transaksi keuangan, termasuk pula praktik menciptakan laporan keuangan dan mengevaluasi keuntungan rugi perusahaan.

Siapkan Dana UKT Universitas Lambung Mangkurat dengan CekAja

Itulah tadi bahasan perihal jurusan paling disukai di Universitas Lambung Mangkurat bidang Saintek dan Soshum. Seperti yang kamu tahu, ULM ini tergolong sekolah tinggi tinggi yang menerapkan sistem UKT alias Uang Kuliah Tunggal selaku ongkos pendidikan kuliahnya.

Biaya UKT untuk masing-masing jurusan pun berlainan-beda, mulai dari Rp500 ribu hingga Rp17 juta per semester. Nah mumpung jadwal seleksi SBMPTN belum dibuka, semestinya kamu mulai persiapkan dana pendidikan dari kini.

Apabila kondisi finansial keluarga tak memungkinkan, enggak perlu patah semangat. Karena, masih ada penyelesaian lainnya agar kau tetap bisa berkuliah di Universitas Lambung Mangkurat. Caranya, tentu saja dengan memanfaatkan layanan CekAja.com

Untuk isu lebih rincian mengenai sketsa peminjaman sampai proses pencairan dana, kau bisa pribadi mendatangi laman utama CekAja.com. Yuk, segera saluran lamannya dan lakukan pengajuan pemberian dana pendidikan yang tepat dengan kebutuhanmu!