0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Jurusan Paling Disenangi Di Universitas Tanjungpura Bidang Saintek Dan Soshum

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020, sebentar lagi pendaftarannya akan dibuka, apakah kamu telah merencanakan kampus dan jurusannya untuk diseleksi? Nah, buat kau yang tinggal di daerah Pontianak, Universitas Tanjungpura mungkin bisa dijadikan opsi. Namun sebelum mendaftar, ada baiknya ketahui jurusan paling favorit di Universitas Tanjungpura bidang saintek dan soshum, beserta daya tampung dan passing gradenya.

Jurusan Paling Favorit di Universitas Tanjungpura Bidang Saintek dan Soshum

Sekilas Tentang Universitas Tanjungpura (Untan)

Universitas Tanjungpura atau biasa disebut Untan ini merupakan universitas yang cukup terkenal. Untan terletak di Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Selain itu, universitas ini juga bisa dibilang sudah cukup bau tanah, alasannya telah bangun sejak 20 Mei 1959.

Namun, sebelum menjadi Universitas Tanjungpura, saat pertama kali didirkan, nama universitas ini adalah Universitas Daya Nasional. Di mana universitas Daya Nasional dahulu cuma memiliki dua fakultas, yakni Hukum dan Tata Niaga.

Setelah itu, pada 16 Mei 1963, kampus ini kembali berganti nama, dengan nama Universitas Negeri Pontianak. Namun, pada 14 September 1965, nama kampus ini diubah lagi menjadi Universitas Tanjungpura, hingga sekarang, dan sudah memiliki sembilan fakultas.

Bagaimana, bagi kamu yang tinggal di Pontianak, niscaya sungguh besar hati bukan, mempunyai universitas negeri yang sangat tersohor ini. Tidak hanya kampusnya, jurusan-jurusannya pun sungguh digemari para kandidat mahasiswa, baik dari Kota Pontianak, maupun dari kota-kota lainnya yang ada di Indonesia.

(Baca Juga: Jurusan Terfavorit di Universitas Pattimura Bidang Saintek dan Soshum)

Ketahui Jurusan Favorit, Daya Tampung, Peminat, dan Passing Grade

Perlu kau ketahui juga, bahwa mengetahui jurusan paling disukai di Universitas Tanjungpura bidang saintek dan soshum, adalah sungguh penting. Karena dengan begitu, kau jadi mampu mengetahui seberapa besar persaingan dan peluang kamu untuk mampu lolos seleksi.

Tidak hanya jurusan favorit, mengetahui daya tampung, peminat di tahun sebelumnya dan passing grade juga penting. Nah, daripada ragu dan takut salah pilih jurusan, lebih baik simak rangkumannya berikut ini.

A. Jurusan Paling Favorit di Universitas Tanjungpura Bidang Saintek

1. Farmasi

Farmasi - Jurusan Paling Favorit di Universitas Tanjungpura Bidang Saintek dan Soshum

  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 48
  • Peminat SBMPTN 2019: 897
  • Passing Grade: 38,1%

Jurusan paling disukai di Universitas Tanjungpura bidang saintek yang pertama yaitu jurusan Farmasi. Jurusan yang mau mempelajari ilmu wacana obat-obatan ini, ternyata cukup menarik minat calon mahasiswa.

Selain itu, setelah kamu lulus S1 Farmasi di Untan, kau juga mampu melanjutkan pendidikan profesi, untuk menjadi seorang apoteker.

2. Pendidikan Dokter

Pendidikan Dokter - Jurusan Paling Favorit di Universitas Tanjungpura Bidang Saintek dan Soshum

  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 31
  • Peminat SBMPTN 2019: 700
  • Passing Grade: 42,9%

Masih dalam bidang kesehatan, jurusan paling disenangi di Universitas Tanjungpura bidang saintek selanjutnya yaitu Pendidikan Dokter. Seperti yang diketahui, bahwa jurusan ini memang senantiasa menarik perhatian, dan menjadi jurusan yang didambakan orang renta.

Mau membanggakan orang bau tanah? Yuk, pastikan kau lolos seleksi dan masuk ke jurusan favorit ini!

3. Teknik Informatika

Teknik Informatika - Jurusan Paling Favorit di Universitas Tanjungpura Bidang Saintek dan Soshum

  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 35
  • Peminat SBMPTN 2019: 616
  • Passing Grade: 34,1%

Jika bicara di bidang teknik, jurusan teknik Informatika niscaya senantiasa menjadi jurusan idaman para kandidat mahasiswa. Terlebih jurusan paling favorit di Universitas Tanjungpura bidang saintek ini, diketahui memiliki harapan kerja yang cantik dan luas.

Maka tak heran jika jurusan ini, senantiasa menjadi rebutan, baik di Universitas Tanjungpura, maupun di PTN yang lain, yang ada di Indonesia.

4. Teknik Sipil

Teknik Sipil - Jurusan Paling Favorit di Universitas Tanjungpura Bidang Saintek dan Soshum

  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 69
  • Peminat SBMPTN 2019: 537
  • Passing Grade: 29,1%

Sama halnya dengan Teknik Informatika, Teknik Sipil pun selalu menjadi jurusan paling disenangi di Universitas Tanjungpura bidang saintek, setiap tahunnya. Kaprikornus, pastikan kamu sudah siap dengan berbagai seleksi untuk mampu mengalahkan ratusan orang.

B. Jurusan Paling Favorit di Universitas Tanjungpura Bidang Soshum

1. Manajemen

Manajemen - Jurusan Paling Favorit di Universitas Tanjungpura Bidang Saintek dan Soshum

  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 145
  • Peminat SBMPTN 2019: 1.238
  • Passing Grade: 29,8%

Jurusan paling disukai di Universitas Tanjungpura bidang soshum, yang pertama adalah jurusan Manajemen. Jurusan yang masuk dalam Fakultas Ekonomi ini, menjadi jurusan yang memang memiliki peminat paling banyak, di bidang soshum.

Lihat saja, peminat jurusan ini di SBMPTN 2019 kemudian, yaitu jumlahnya sampai 1.238. Padahal daya tampungnya hanya 145 orang.

2. Akuntansi

Akuntansi - Jurusan Paling Favorit di Universitas Tanjungpura Bidang Saintek dan Soshum

  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 145
  • Peminat SBMPTN 2019: 906
  • Passing Grade: 33,9%

Masih dalam Fakultas Ekonomi, jurusan Akuntansi juga menjadi jurusan paling disukai di Universitas Tanjungpura bidang soshum kedua. Jumlah peminat di SBMPTN 2019 saja, sampai 906 orang.

Terlebih, lulusan jurusan akuntansi juga disebut memang sangat diperlukan di dunia kerja. Maka tak aneh kalau, banyak kandidat mahasiswa yang memilih jurusan ini.

3. Pendidikan Guru SD (PGSD)

Pendidikan Guru Sekolah Dasar - Jurusan Paling Favorit di Universitas Tanjungpura Bidang Saintek dan Soshum

  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 38
  • Peminat SBMPTN 2019: 870
  • Passing Grade: 26,7%

Masuk ke dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, PGSD berhasil menghimpun peminat di SBMPTN 2019 hingga 870. Bagaimana dengan jumlah pendaftar di SBMPTN 2020 ya? Apakah akan lebih banyak lagi?

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Unila Bidang Saintek dan Soshum)

4. Ilmu Hukum

Hukum - Jurusan Paling Favorit di Universitas Tanjungpura Bidang Saintek dan Soshum

  • Daya Tampung SBMPTN 2020: 239
  • Peminat SBMPTN 2019: 868
  • Passing Grade: 30.8%

Nah, buat kamu yang ingin menjadi Hakim, Notaris, Staff Legal, dan lain-lain, jurusan ini cocok untuk kamu pilih. Terlebih, Ilmu Hukum di Universitas Tanjungpura juga menjadi salah satu jurusan paling favorit di bidang soshum berikutnya.

Nah, itu dia beberapa info terkait jurusan paling favorit di Universitas Tanjungpura bidang saintek dan soshum, beserta daya tampung, peminat 2019, dan passing gradenya. Informasi di atas, mungkin bisa sedikit menolong asumsi kau terbuka dalam memilih opsi jurusan.

Selain mempersiapkan pembelajaran untuk seleksi, seharusnya kau juga mesti merencanakan dana pendidikannya. Sehingga, jika nanti kamu lolos seleksi, kamu tidak perlu pusing lagi memikirkan dana pendidikan yang mesti dibayarkan ke kampus.

Terlebih, Untan menggunakan metode pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal), yang wajib dibayarkan mahasiswa tiap semester. Adapun biaya UKT Untan, mulai dari Rp500.000 (termurah), sampai Rp10 juta (paling mahal) per semester.

Nah, mumpung jadwal pendaftaran masih belum dibuka, bagaimana jikalau kamu rencanakan dana pendidikannya mulai dari sekarang? Bagaimana caranya?

Buat kau yang sedang cari-cari dukungan dana pendidikan, manfaatkan secepatnya dana tunai untuk pendidikan, dengan penawaran bunga rendah, syarat mudah, dan proses cepat, hanya di situs CekAja.com.

Demi pendidikan yang lebih tinggi, kurun kau rela menyia-nyiakan peluang ini? Untuk info selengkapnya, yuk kepoin websitenya dan pribadi usikan sumbangan dana pendidikan sesuai kebutuhanmu, hanya di CekAja.com!