0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Jurusan Paling Disenangi Di Universitas Bengkulu Bidang Saintek Dan Soshum

Seleksi SNMPTN sudah resmi diumumkan pada 8 April 2020. Bagi kamu yang belum mujur masuk Universitas Bengkulu lewat jalur tersebut, masih ada SBMPTN yang mampu dibarengi pada permulaan Juli mendatang. Namun sebelum itu, pastikan kamu telah mengetahui apa saja jurusan paling disukai di Universitas Bengkulu bidang Saintek dan Soshum.

Jurusan Paling Favorit di Universitas Bengkulu Bidang Saintek dan Soshum

Perubahan Alur UTBK dan SBMPTN 2020

Nah, sebelum membicarakan lebih dalam seputar jurusan paling favorit di Universitas Bengkulu bidang Saintek dan Soshum, apakah kamu sudah tahu perihal perubahan alur UTBK dan SBMPTN 2020?

Soalnya Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah merilis jadwal dan alur terbaru perihal pelaksanaan UTBK dan SBMPTN 2020, guna menghalangi penyebaran wabah COVID-19 pada ranah pendidikan Indonesia.

Lewat surat edaran Nomor 11/SE.LTMPT/2020 wacana Perubahan Jadwal Pelaksanaan UTBK 2020, setidaknya terdapat lima poin penting yang ditekankan oleh tim pelaksana LTMPT, diantaranya:

  • Materi tes yang diajukan yaitu Tes Potensi Skolastik alias TPS.
  • Setiap penerima hanya diijinkan optimal mengambil 1 kali tes.
  • Pelaksanaan tes dijalankan dalam 4 sesi saban hari.
  • Pendaftaran UTBK dan SBMPTN oleh penerima dilaksanakan satu kali serentak, yang mana penerima mesti menentukan lokasi tes pusat UTBK dan memilih PTN, serta acara studi tujuan.
  • Jadwal kegiatan UTBK SBMPTN 2020 berubah menjadi; registrasi UTBK dan SBMPTN (2-20 Juni), pelaksanaan UTBK (5-12 Juli), pengumuman SBMPTN (25 Juli).

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Unila Bidang Saintek dan Soshum)

Sekilas Informasi Mengenai Universitas Bengkulu

Makara, sudah paham kan mengenai perubahan alur pelaksanaan UTBK dan SBMPTN 2020? Sekarang mari kita bahas mengenai Universitas Bengkulu. Salah satu Perguruan Tinggi Negeri besar di Indonesia ini diresmikan pada 24 April 1982 menurut keputusan Presiden RI Nomor 17 tahun 1982.

Soal pengukuhan, secara institusi Universitas Bengkulu atau lebih terkenal UNIB sudah menerima pengakuan B dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi atau BAN-PT.

Banyak jurusan di universitas ini, khususnya untuk Program Sarjana sudah menjangkau legalisasi A dan B, capaian yang sungguh anggun untuk suatu PTN. Bahkan beberapa jurusan pun, baik bidang Saintek maupun Soshum banyak diincar oleh kandidat mahasiswa pada 2019 lalu.

Kalau kamu kepincut untuk melanjutkan pendidikan di kampus hijau ini, yuk simak deretan jurusan paling disenangi di Universitas Bengkulu bidang Saintek dan Soshum di bawah ini.  

Jurusan Paling Favorit di Universitas Bengkulu Bidang Saintek dan Soshum

Gimana, udah enggak tabah untuk mengetahui jurusan paling favorit di Universitas Bengkulu bidang Saintek dan Soshum? Yuk, eksklusif saja simak ulasannya yang telah dirangkum oleh CekAja menurut tingginya peminat pada 2019, legalisasi, daya tampung SBMPTN 2020, serta passing grade masing-masing jurusan.

Jurusan Paling Favorit di Universitas Bengkulu Bidang Saintek

1. Pendidikan Dokter

  • Akreditasi: B
  • Peminat 2019: 1.136
  • Daya Tampung SBMPTN: 50 bangku
  • Passing Grade: 45,8%

Jurusan paling disenangi di Universitas Bengkulu bidang Saintek yang pertama yaitu Pendidikan Dokter. Jurusan ini pertama kali dibuka pada 2008 dan kini telah mengantongi akreditasi B.

Meski tergolong baru, tetapi Jurusan Pendidikan Dokter ini memiliki sejumlah tenaga pengajar bermutu yang langsung didatangkan dari beberapa universitas terkemuka di Indonesia, salah satunya dari Universitas Diponegoro.

Jurusan ini masuk dalam Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, dimana Universitas Bengkulu menerapkan dua kurikulum pembelajaran, yakni Kurikulum Sarjana Kedokteran dan Kurikulum Profesi Dokter.

2. Teknik Informatika

  • Akreditasi: B
  • Peminat 2019: 502
  • Daya Tampung SBMPTN: 50 bangku
  • Passing Grade: 35,6%

Posisi kedua dalam daftar jurusan paling disenangi di Universitas Bengkulu bidang Saintek ialah Teknik Informatika.

Dengan misi, “Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dalam bidang teknologi dan kerekayasaan sehingga menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing yang kompetitif”, jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik ini, diketahui menggunakan kurikulum yang berpatok pada bidang pikiran sehat dan observasi.

Untuk problem akomodasi, Jurusan Teknik Informatika Universitas Bengkulu setidaknya sudah mempunyai 4 laboratorium guna menunjang proses belajar mengajar, adalah laboratorium cerdas, laboratorium pemrograman, laboratorium pengolahan gambaran, dan laboratorium jaringan.

3. Teknik Sipil  

  • Akreditasi: B
  • Peminat 2019: 496
  • Daya Tampung SBMPTN: 60 kursi
  • Passing Grade: 30,8%

Jurusan paling favorit di Universitas Bengkulu bidang Saintek selanjutnya adalah Teknik Sipil. Jurusan ini juga berada di bawah naungan Fakultas Teknik, yang mana Teknik Sipil mempunyai lima laboratorium terbaik, mulai dari laboratorium struktur, laboratorium transportasi, laboratorium sumberdaya air, laboratorium geoteknik, hingga laboratorium manajemen konstruksi.

Dengan adanya fasilitas pendukung tersebut, maka tak aneh bila proses mencar ilmu mengajar di kampus ini menjadi lebih berkualitas. Sehingga besar kemungkinan bagi kau untuk menjadi lulusan terbaik dan bekerja sesuai dengan bidang yang diimpikan, seperti menjadi insinyur konstruksi, insinyur pemeliharaan bangunan maupun surveyor kontrol bangunan.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di USU Bidang Saintek dan Soshum) 

Jurusan Paling Favorit di Universitas Bengkulu Bidang Soshum

4. Ilmu Hukum

  • Akreditasi: A
  • Peminat 2019: 825
  • Daya Tampung SBMPTN: 225 bangku
  • Passing Grade: 30,8%

Kalau kau lebih terpesona dengan bidang Soshum, maka pilihan pertama yang bisa kamu ambil adalah Jurusan Ilmu Hukum. Jurusan paling disukai di Universitas Bengkulu bidang Soshum ini menempati peringkat kedua di bawah Jurusan Pendidikan Dokter dari semua acara studi yang ditawarkan oleh UNIB.

Bagaimana tidak? Pada SBMPTN 2019 lalu, total peminat pada jurusan ini meraih angka 825 orang. Padahal daya tampung untuk jalur SBMPTN yang ditetapkan oleh pihak Universitas Bengkulu tidak lebih dari 500 kursi.

Di jurusan ini, terdapat tiga peminatan yang mampu dipilih oleh mahasiswa dan mahasiswinya, mirip Program Kekhususan Hukum Perdata dan Ekonomi, Program Kekhususan Sistem Peradilan Pidana dan Pemasyarakatan, serta Program Kekhususan Hukum Administrasi dan Ketatanegaraan.

5. Pendidikan Guru Sekolah Dasar

  • Akreditasi: A
  • Peminat 2019: 816
  • Daya Tampung SBMPTN: 80 dingklik
  • Passing Grade: 29,6%

Suka mengajar bawah umur? Maka cobalah untuk mengambil Jurusan Pendidikan Guru SD di Universitas Bengkulu. Soalnya, jurusan ini termasuk salah satu jurusan paling favorit pada SBMPTN 2019 kemudian loh.

Di bawah naungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Jurusan Pendidikan Guru dan SD ini dikhususkan bagi kandidat mahasiswa yang ingin mendaftar Program Sarjana (S1).

Adapun visi dari jurusan ini sendiri yakni, “Menjadi Lembaga Pendidikan Tenaga Guru SD Kelas ASEAN yang Berkarakter Tahun 2030”.

6. Ilmu Komunikasi

  • Akreditasi: B
  • Peminat 2019: 612
  • Daya Tampung SBMPTN: 50 bangku
  • Passing Grade: 30,6%

Terakhir, jurusan paling disukai di Universitas Bengkulu bidang Soshum ialah Ilmu Komunikasi. Dari jurusan ini kamu bisa melebarkan karir menjadi seorang jurnalis, reporter, bahkan politisi tangguh.

Selain menawarkan Program Sarjana, Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Bengkulu juga memiliki Program Pasca Sarjana buat kamu yang ingin mendapatkan gelar Magister.

Di jurusan ini, kau akan mempelajari berbagai hal yang bekerjasama dengan komunikasi, mirip Pengantar Ilmu Komunikasi, Filsafat Komunikasi, Etika Komunikasi, Sosiologi Komunikasi Massa, dan masih banyak lagi.

Itulah daftar jurusan paling disukai di Universitas Bengkulu bidang Saintek dan Soshum. Makara, mana jurusan yang bakal kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat lebih tinggi?

Miliki Dana Pendidikan dengan Bunga Rendah di CekAja.com

Nah, kepoin daftar jurusan paling disukai di Universitas Bengkulu bidang Saintek dan Soshum kan sudah. Lalu, apakah dana pendidikan telah kamu siapkan? Bila kau mempunyai duduk perkara finansial yang tak memungkinkan untuk kuliah, jangan berkecil hati terlebih menjadi pesimis ya.

Karena masih ada layanan CekAja.com yang siap membantumu untuk mewujudkan keinginan berkuliah di universitas opsi. Enggak perlu takut akan bunga apalagi sistem cicilannya. Sebab CekAja menunjukkan penawaran bunga terendah dengan sistem cicilan ringan.

Enggak yakin? Yuk, eksklusif saja kepoin laman utama CekAja, kerjakan perbandingan terus olok-olokan tunjangan dana yang cocok dengan kebutuhanmu.