0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Jurusan Paling Disenangi Di Institut Teknologi Bandung

Institut Teknologi Bandung lagi-lagi menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri terbaik di tahun 2020, yang masuk ke dalam tiga besar di Indonesia. Sehingga, ITB wajib menjadi salah satu PTN pertimbanganmu, utamanya bagi kau yang ingin masuk jurusan di bidang saintek. Selain itu, penting juga bagi kau untuk mengetahui jurusan paling disukai di Institut Teknologi Bandung, semoga kamu tidak salah pilih jurusan.

Jurusan Paling Favorit di Institute Teknologi Bandung

ITB Ranking 3 di Indonesia dan Rangking 331 di Dunia

ITB sukses menjadi tiga besar, setelah Universitas Indonesia dan Universitas Gadjah Mada, sebagai PTN terbaik 2020, versi UniRank. Bahkan, ITB juga menjangkau urutan ke-331, sebagai universitas terbaik di dunia, berdasarkan laman Top Universities.

Sehingga, ITB telah tidak perlu disangsikan lagi keunggulannya, untuk menjadi PTN usulanpara kandidat mahasiswa, yang menggemari bidang saintek.

Sebelum mencari tahu jurusan paling disukai di Institut Teknologi Bandung, PTN terbaik ini sendiri menunjukkan banyak opsi jurusan di tingkat S1, S2, sampai S3. Setiap jurusan, pastinya memiliki keunggulan masing-masing, mulai dari memiliki kesempatan atau prospek kerja yang elok, memiliki alumni yang sukses, memiliki tata cara pembelajaran yang baik dan lain-lain.

Mengapa Mengetahui Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Bandung Itu Penting?

Dengan mengetahui jurusan terfavorit di Institut Teknologi Bandung, kau jadi bisa mengetahui tolak ukur dari suatu jurusan. Sehingga, kau mampu mempertimbangkan jurusan-jurusan tersebut, yang diseimbangkan dengan kemampuan kamu dalam berkompetisi, memperebutkan kesempatan yang ada.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di USU Bidang Saintek dan Soshum)

Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Bandung

Menurut hasil seleksi yang dijalankan di setiap tahunnya, peminat masing-masing jurusan di ITB, selalu berubah-ubah. Lantas, apa saja jurusan paling favorit di Institut Teknologi Bandung tahun 2020 ini? Yuk simak rangkumannya berikut ini.

1. Teknik Informatika – STEI

Teknik Informatika - STEI - Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Bandung

  • Daya Tampung: 182
  • Peminat 2019: 1,478
  • Passing Grade: 65,7%

Jurusan paling disukai di Institut Teknologi Bandung yang pertama yakni Teknik Informatika. Di mana jurusan tersebut, masuk ke dalam Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI), yang juga mempunyai peminat paling banyak pada tahun anutan 2019 lalu.

Teknik Informatika sendiri ialah salah satu jurusan di fakultas teknik, yang mempelajari bagaimana penerapan akal matematika dalam pengelolaan isu, yang mampu mencakup transformasi data atau pembuatan fakta-fakta simbolik, dengan mempergunakan teknologi komputer seoptimal mungkin.

2. Teknik Geofisika – FTTM

Teknik Geofisika - FTTM - Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Bandung

  • Daya Tampung: 121
  • Peminat 2019: 758
  • Passing Grade: 59,8%

Jurusan paling favorit di Institut Teknologi Bandung yang selanjutnya adalah Teknik Geofisika. Jurusan Teknik Geofisika sendiri masuk ke dalam Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM).

Teknik Geofisika juga merupakan bab dari ilmu kebumian, yang menerapkan prinsip-prinsip Fisika, Matematika, dan Geologi. Selain itu, jurusan ini didukung perangkat instrumentasi dan komputasi untuk mengkaji fenomena dan permasalahan yang bekerjasama dengan bumi.

3. Teknik Metalurgi – FTTM

Teknik Metalurgi - FTTM - Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Bandung

  • Daya Tampung: 121
  • Peminat 2019: 758
  • Passing Grade: 59,8%

Sama dengan Teknik Geofisika, jurusan paling disenangi di Institut Teknologi Bandung ialah Teknik Metalurgi ini, juga masuk ke dalam Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM).

Jurusan Teknik Metalurgi sendiri resmi dibuka di ITB, pada bulan Juni 2006. Nah, pada proses pembelajarannya, jurusan ini akan mempelajari mengenai aneka macam hal yang menawan.

Hal-hal menarik tersebut di antaranya yakni mampu memisahkan mineral berharga, dari mineral pengotornya di dalam bijih hasil penambangan, biar siap untuk diekstraksi secara teknis dan hemat.

Tidak cuma itu, para mahasiswa juga akan mengetahui bagaimana proses dari, contohnya pembersihan batubara, pengambilan logam berharga dan memurnikannya menjadi logam murni, misalnya emas, perak, timah, tembaga, aluminium, dan lain sebagainya.

4. Teknik Pertambangan – FTTM

Teknik Pertambangan - FTTM - Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Bandung

  • Daya Tampung: 121
  • Peminat 2019: 758
  • Passing Grade: 59,8%

Teknik Pertambangan juga masuk ke dalam salah satu jurusan paling favorit di Institut Teknologi Bandung. Di mana bidang ilmu ini akan mempelajari proses penambangan mineral berharga dan batubara.

Namun, fokus dari jurusan Teknik Pertambangan sendiri adalah acara eksplorasi, eksploitasi, dan pemrosesan.

5. Teknik Perminyakan – FTTM

Teknik Perminyakan - FTTM - Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Bandung

  • Daya Tampung: 121
  • Peminat 2019: 758
  • Passing Grade: 59,8%

Jurusan, yang masih masuk ke dalam FTTM ini yakni Teknik Perminyakan. Di mana jurusan paling disukai di Institut Teknologi Bandung ini ialah salah satu jurusan di akademi tinggi yang berkonsentrasi kepada tambang minyak, gas, dan geothermal.

Selain itu, para mahasiswa juga akan mempelajari tentang kegiatan pengeboran, eksplorasi, distribusi dan ekonomi migas. Teknik perminyakan sendiri seperti dengan Teknik pertambangan.

Bedanya, Teknik Pertambangan mempelajari bagaimana menambang benda padat seperti logam, batubara atau materi galian lainnya, sementara Teknik Perminyakan, mempelajari bagaimana menambang fluida (cairan dan gas).

6. Teknik Kimia – FTI

Teknik Kimia - FTI - Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Bandung

  • Daya Tampung: 126
  • Peminat 2019: 714
  • Passing Grade: 62,5%

Menjadi salah satu jurusan paling favorit di Institut Teknologi Bandung berturut-turut, Teknik Kimia merupakan cabang ilmu teknik atau rekayasa, yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih memiliki kegunaan, bahkan dapat berbentukbarang jadi maupun barang setengah jadi.

Sangat unik dan menawan untuk dipelajari, ilmu teknik kimia, umumdiaplikasikan utamanya dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam kecil-kecilan maupun dalam skala besar seperti pabrik.

7. Teknik Industri – FTI

Teknik Industri - FTI - Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Bandung

  • Daya Tampung: 126
  • Peminat 2019: 714
  • Passing Grade: 62,5%

Sama seperti Teknik Kimia, jurusan paling disukai di Institut Teknologi Bandung, yang masuk dalam Fakultas Teknologi Industri (FTI) ini adalah Teknik industri.

Teknik Industri sendiri merupakan sebuah ilmu atau teknik yang mencakup bidang desain, perbaikan, dan pemasangan dari metode integral yang terdiri dari insan, bahan-bahan, isu, peralatan dan energi.

8. Teknik Fisika – FTI

Teknik Fisika - FTI - Jurusan Paling Favorit di Institut Teknologi Bandung

  • Daya Tampung: 126
  • Peminat 2019: 714
  • Passing Grade: 62,5%

Masih masuk dalam FTI, Teknik Fisika juga termasuk dalam jurusan terfavorit di Institut Teknologi Bandung. Jurusan ini yaitu jurusan yang mempelajari ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari aneka macam bidang aplikasi ilmu dasar, ilmu terapan dan pemanfaatan teknologi.

Para lulusan jurusan ini, atau biasa disebut Insinyur teknik fisika ITB, diharapkan memiliki basis matematika, fisika, kimia yang berpengaruh serta ilmu perekayasaan yang menonjol sebab bidang pekerjaannya yang cakupannya sangat luas dimulai dari industri hulu hingga hilir.

(Baca Juga: Simak Arti dan Pengertian Lengkap Outsourcing, Sebelum Melamar Kerja)

Nah itu lah beberapa gosip terkait jurusan paling disukai di Institut Teknologi Bandung. Semoga dengan membaca artikel ini, kau para calon mahasiswa, bisa mempertimbangkan penyeleksian jurusan dengan baik.

Selain mempersiapkan opsi jurusan, pastinya penting bagi kamu dalam memperisapkan dana pendidikannya. Jika kamu masih mempunyai dilema dalam finansial, tidak perlu berkecil hati dan malas untuk memperjuangkan impianmu, untuk masuk ITB.

Demi pendidikan, umumnya apapun akan diperjuangkan. Nah, untuk soal modal dana pendidikan, kau mampu loh mendapatkannya dengan mudah, yaitu dengan cara mengajukan santunan dana pendidikan melalui CekAja.com.

Yuk, kepoin websitenya, dan pribadi usikan pertolongan sesuai dengan kebutuhanmu. Karena akan ada banyak penawaran menarik terkait sumbangan dana pendidikan, hanya di CekAja.com!