0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Jenis Pupuk Organik Terbaik Untuk Bercocok Tanam Di Rumah

Pupuk menjadi bagian penting dalam kesuksesan bercocok tanam. Salah satu jenis pupuk yang banyak dipakai saat ini adalah pupuk organik. Nah, bila kau ingin mencoba berkebun, seharusnya pahami dahulu jenis-jenis pupuk organik terbaik agar hasil tanaman menjadi lebih berkualitas.

Jenis Pupuk Organik Terbaik untuk Bercocok Tanam di Rumah

Perbedaan Pupuk Organik dan Pupuk Kimia

Semakin kesini penduduk semakin perduli akan lingkungan dan beralih ke penggunaan pupuk organik. Meskipun bantu-membantu, masih ada beberapa diantara kita yang memakai pupuk kimia. Kandungan nutrisi yang lebih lengkap mengakibatkan pupuk organik unggul daripada pupuk kimia.

Tidak cuma itu saja, berikut sederet perbedaan antara pupuk organik dan pupuk kimia:

  • Tanaman perlu waktu usang untuk menyerap nutrisi dari pupuk organik. Sebaliknya, kandungan nutrisi pada pupuk kimia mampu eksklusif terserap oleh tanaman.
  • Pupuk organik membuat struktur tanah menjadi subur tidak seperti pupuk kimia yang justru menghancurkan kesuburan tanah.
  • Pupuk organik memiliki imbas reaksi yang lebih lamban pada tumbuhan, berbanding terbalik dari pupuk kimia yang mana efek reaksinya cepat pada tumbuhan.
  • Pupuk organik cocok digunakan untuk jangka panjang tidak mirip pupuk kimia.
  • Pupuk organik bisa membuat organisme tanah meningkat dengan baik, berlainan halnya dengan pupuk kimia yang justru mematikan organisme tanah.

Cara Memilih Pupuk Organik Terbaik

Sebelum memakai salah satu dari jenis pupuk organik terbaik, secara lazim kau mesti cari tahu dulu bagaimana cara menentukan pupuk organik yang cantik supaya nantinya hasil flora menjadi lebih bermutu.

Berikut kiat memilih pupuk organik terbaik:

  • Pilih pupuk yang bermutu tinggi

Apapun jenis pupuk organik yang bakal dipakai setidaknya pilih pupuk dengan kualitas yang baik. Cari tahu apa saja kandungan yang ada pada pupuk tersebut, karena nantinya penggunaan pupuk akan kuat pada berkembang kembang tumbuhan.

  • Cari tahu info mengenai pupuk

Kebanyakan orang yang berbelanja pupuk sungguh jarang sekali mengajukan pertanyaan kepada pemilik toko perihal komposisi sampai faedah dari penggunaan pupuk tersebut. Alhasil saat dipakai, kemajuan dari tumbuhan pun menjadi berlainan tidak sesuai dengan ekspketasinya.

Memang sih hampir semua jenis pupuk organik terbaik itu aman. Tapi jikalau sembarangan memilihnya dan tidak sesuai dengan jenis tumbuhan yang ditanam, justru bakal menawarkan hasil yang berlawanan.

Sebab, tiap jenis pupuk organik mempunyai kandungan nutrisi dan komposisi yang berlawanan-beda pula.

  • Pilih pupuk yang telah mengantongi sertifikat

Cara terakhir dalam menentukan jenis pupuk organik terbaik ialah dengan melihat sertifikasi dari pupuk tersebut. Artinya, jenis pupuk yang bagus yakni pupuk yang sudah teruji dan mengantongi akta dari Departemen Pertanian.

Karena suatu pupuk organik mampu dikatakan berkualias jika sudah lolos uji kelayakan dari para ahlinya.

(Baca Juga: 2 Cara Membuat Pupuk Organik)

5 Jenis Pupuk Organik Terbaik

Makara, sudahkah kamu menentukan mana pupuk organik yang bakal dipakai? Atau masih bingung perihal jenis-jenis dari pupuk organik sendiri?

Kalau begitu, yuk simak kembali pembahasan berikut ini tentang jenis-jenis dari pupuk organik.

1. Pupuk Hijau

 

Pupuk Hijau

 

Pupuk organik terbaik yang pertama yaitu pupuk hijau. Pupuk jenis ini berasal dari pelapukan tumbuhan, umumnya berupa sisa tanaman panen atau tumbuhan yang sengaja ditanam, untuk nantinya diambil bab hijaunya saja.

Secara umum, nyaris semua jenis tanaman bisa dimasak menjadi pupuk hijau. Namun lebih dianjurkan untuk menggunakan tanaman yang kaya akan kandungan humus tinggi, kandungan nitrogen di atas 2,5 persen, kandungan polifenol kurang dari 4 persen, dan kandungan lignin tidak melampaui 15 persen.

Dengan karakteristik seperti itu, tumbuhan ini akan sungguh mudah terurai dalam tanah, di mana komponen nitrogennya pun lebih gampang diserap.

Beberapa jenis tumbuhan yang umum digunakan untuk menciptakan pupuk hijau terbaik yakni kacang hijau, kacang panjang, kacang kedelai, lamtoro, kaliandra, gamal, bunguk, kacang tunggak, dan tanaman azolla.

Keunggulan Pupuk Hijau:

  • Memperbaiki struktur fisik maupun bilogi tanah.
  • Mencegah terjadinya erosi tanah.
  • Tidak memerlukan banyak materi untuk menjadikannya.

Kerugian Pupuk Hijau:

  • Bisa bermetamorfosis gulma.
  • Kemungkinan menghadirkan hama pada tanaman.
  • Memerlukan perawatan ekstra.

2. Pupuk Kandang

Pupuk kandang

Seperti namanya, jenis pupuk organik terbaik ini berasal dari kotoran binatang ternak seperti sapi, ayam, dan kambing. Proses pembuatannya yang simple menciptakan pupuk sangkar banyak digunakan selaku dasar tumbuhan. Apalagi seperti yang kita tahu, seluruh bahan untuk membuat pupuk sangkar ini termasuk mudah didapat.

Terdapat dua jenis pupuk sangkar jikalau dilihat dari bentuknya, yakni pupuk kandang padat dan pupuk sangkar cair. Pupuk padat didapat dari feses binatang unggas, sementara pupuk padat cair berasal dari air kencing hewan tersebut.

Sama halnya dengan pupuk organik yang lain, pupuk kandang juga melewati proses pengomposan guna menguraikan bahan-materi organik yang ada pada kotoran hewan tersebut. Sehingga ketika sudah berkembang menjadi pupuk organik, jenis ini dapat terserap dengan mudah ke dalam tanah.

Keunggulan Pupuk Kandang:

  • Memperbaiki struktur fisik tanah.
  • Memicu terjadinya kegiatan biologi pada tanah.
  • Membantu kemajuan hidup mikroorganisme tanah.

Kerugian Pupuk Kandang:

  • Proses penyerapannya tidak mengecewakan lama.
  • Kadar unsur hara lebih sedikit dibandingkan dengan pupuk kimia.
  • Memerlukan banyak kotoran binatang jikalau ingin mengimbangi kinerja pupuk kimia.

3. Pupuk Kompos

pupuk kompos

Tidak mirip pupuk sangkar yang proses pembuatannya lebih ringkas, pupuk kompos ini umumnya memerlukan tahapan panjang dalam pembuatannya.

Hal ini alasannya adalah pupuk kompos menggunakan organisme pengurai, mirip mikroorganisme dan makroorganisme. Cara menciptakan pupuk jenis ini ialah dengan memakai bangkai hewan maupun tumbuhan.

Setidaknya terdapat 4 jenis pupuk kompos yang biasa dipakai untuk bercocok tanam. Yang pertama ialah pupuk kompos aerob, ialah pupuk yang melalui tahapan biokimia dengan melibatkan oksigen.

Bahan utama yang dipakai untuk membuat pupuk aerob yaitu adonan sisa tumbuhan dan hewan yang dibentuk dalam waktu sekitar 45 sampai 50 hari.

Kedua, pupuk bokashi yang memakai inokulan dari campuran berbagai jenis mikroorganisme dan mampu mendekomposisi materi organik lebih cepat ketimbang pupuk aerob.

Ketiga, adalah pupuk vermikompos ialah pupuk dengan mempergunakan makroorganisme, seperti cacing tanah untuk proses penguraiannya.

Terakhir, pupuk organik cair yang terbuat dari proses pengomposan berair. Proses ini dilakukan baik dengan sistem aerob maupun anaerob, di mana keduanya sama-sama efektif untuk dipakai pada daun. Dengan catatan, penyemprotan pupuk ini mesti dijalankan sesuai takaran.

Keunggulan Pupuk Kompos:

  • Membuat tanah menjadi gembur.
  • Menguatkan unsur hara terutama pada tanah berpasir.
  • Kapasitas tukar kation dalam tanah menjadi lebih meningkat.

Kerugian Pupuk Kompos:

  • Kandungan komponen haranya tidak mampu ditakar.
  • Membutuhkan pupuk lebih banyak dibandingkan penggunaan pupuk kimia.
  • Berpotensi terserang hama jikalau proses pembuatannya tidak benar.

4. Pupuk Hayati Organik

Pupuk Hayati Organik

Jenis pupuk organik terbaik selanjutnya yaitu pupuk hayati organik. Jenis ini juga umumdisebut pupuk biofertilizer, dengan proses pembuatannya mempergunakan organisme hidup untuk memajukan kesuburan tanah perkebunan.

Menurut Peraturan Menteri Pertanian, salah satu pupuk organik terbaik ini bukan sepenuhnya tergolong pupuk organik, tetapi hanya selaku penyubur atau pembenah tanah.

Akan namun, dalam penerapannya sendiri, pupuk ini biasa dipakai untuk bercocok tanam alasannya adalah fungsinya tidak hanya untuk penyubur tanah, melainkan juga penyuplainutrisi bagi tumbuhan.

Keunggulan Pupuk Hayati Organik:

  • Memperbaiki struktur fisik tanah.
  • Mematikan pertumbuhan benalu pada tanaman.
  • Meningkatkan zat hara pada flora.

Kerugian Pupuk Hayati Organik:

  • Tidak mampu dipakai dalam waktu lama.
  • Populasi mikroba mampu menurun seiring lamanya pemakaian.

(Baca Juga: 7 Tips Budidaya Sayuran Organik)

5. Pupuk Humus

Pupuk Humus

Meskipun humus sering dikaitkan dengan jenis tanah, tetapi bergotong-royong ini yaitu salah satu pupuk organik terbaik yang dikenal paling subur. Tanah humus terbentuk dari pelapukan flora dan kotoran hewan.

Selain itu, pupuk organik terbaik ini juga mampu dibuat dari proses penguraian kuliner, limbah rumah tangga dan limbah pertanian. Ciri-ciri dari tanah humus sendiri yakni memiliki warna gelap seperti cokelat dan kehitaman, teksturnya gembur, bersifat kolodial dan amorfous, serta mempunyai daya serap tinggi.

Keunggulan Pupuk Humus:

  • Menjaga struktur tanah.
  • Memiliki sifat penyerapan yang baik sehingga menyimpan banyak kandungan air tanah.
  • Mampu merusak senyawa beracun secara cepat.

Kerugian Pupuk Humus:

  • Berpotensi ditumbuhi jamur khususnya ketika terjadinya pergeseran suhu.
  • Tingkat porositasnya rendah.
  • Harus dikombinasikan dengan media tanam yang lain.

Gemar Membuat Pupuk Organik? dibikin Bisnis saja!

Nah itu tadi 5 pupuk organik terbaik yang bisa dijadikan pilihan untuk bercocok tanam. Berawal dari hobi ini, kamu mampu lho mulai mencoba membuat sendiri pupuk organik sehingga nantinya dapat dijadikan bisnis yang menjanjikan.

Percaya deh saat kamu menggeluti bisnis ini, keuntungan yang didapat pasti banyak karena ketika ini orang-orang tengah menggemari sistem cocok tanam organik.

Belum punya modal untuk memulai bisnis pupuk organik? Ajukan saja di CekAja.com.

Melalui layanan kami, kau mampu membandingkan dulu produk sumbangan dana tunai yang mampu dipakai sebagai modal perjuangan.

Produk derma ini berupa KTA ataupun dukungan kilat dari bank dan perusahaan fintech ternama. Kaprikornus enggak perlu lagi ragu akan mutu dari produk bantuan yang CekAja mempunyai.

Bunga yang disediakan juga cukup bersaing lho, adalah cuma 0,65 persen saja perbulannya.

Untuk berita lebih lanjut, langsung kanal laman utama CekAja.com dan pilih produk santunan tunai yang cocok pilihan agar bisnis yang digeluti dapat berjalan dengan tanpa gangguan.