0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Jenis Meditasi Untuk Mengembangkan Kekebalan Badan, Ayo Hidup Sehat!

Daya tahan dan kekebalan tubuh menjadi hal yang mesti dijaga, apalagi lagi pada ketika ini di tengah maraknya penyebaran virus korona yang mudah menjangkiti siapapun yang sedang berada dalam keadaan tidak prima.

jenis meditasi untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Selain dengan berolahraga, menjaga contoh makan, berkala mengkonsumsi vitamin C, serta perbanyak minum air putih, ada juga cara lain untuk mempertahankan daya tahan dan kekebalan tubuh agar tetap prima, adalah dengan meditasi.

Banyak penelitian yang menunjukkan faedah meditasi yang salah satunya mampu menjaga daya tahan tubuh, sehingga mampu dicoba oleh siapapun biar kondisi tubuh bisa tersadar tetap prima.

Berikut ini ialah beberapa cara menjaga kekebalan badan melalui proses meditasi:

Meditasi Mindfulness agar badan tetap prima

Meditasi mempunyai manfaat nyata bagi badan dan telah banyak dibuktikan oleh banyak orang, tergolong untuk mempertahankan daya tahan badan.

Bahkan, ada sebuah riset dari Medical Daily yang diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine yang mengambarkan faedah dari meditasi tersebut.

Salah satu jenis meditasi yakni meditasi Mindfulness yang bisa membuat kadar antibodi ataupun protein yang diproduksi oleh sistem kekebalan badan meningkat dikala mendeteksi antigen. Manfaat tersebut mampu dirasakan dalam delapan ahad semenjak pertama kali rutin mempraktekkan meditasi.

Menurut peneliti, mindfulness dapat meningkatkan aktivitas di korteks prefrontal, insula anterior kanan, dan hippocampus kanan. Semua bagian-bab otak tersebut menertibkan emosi, kesadaran, dan mengatur emosi faktual.

Bagian otak tersebut juga bertindak sebagai pusat komando untuk metode kekebalan tubuh. Bagian-bagian otak tersebut akan berfungsi lebih efektif ketika mendapatkan stimulasi. Hal inilah yang memberikan bahwa program pelatihan singkat dalam meditasi memiliki efek positif pada fungsi otak dan kekebalan tubuh.

Cara melakukan meditasi mindfulness

Berdasarkan laman Very Well Mind, meditasi mindfulness ialah teknik meditasi yang melatih kita supaya berfokus pada emosi, anggapan dan sensasi yang kita alami di kurun sekarang. Teknik mindfulness sungguh beraneka ragam. Tetapi secara umum, meditasi mindfulness melibatkan latihan pernapasan, pencitraan mental, kesadaran badan dan anggapan, serta relaksasi otot dan badan.

Meditasi mindfulness bisa kita kerjakan di mana saja, selama kawasan tersebut memiliki situasi yang damai.

Berikut cara melakukan meditasi mindfulness antara lain:

  1. Temukan kawasan yang damai dan nyaman. Duduk di kursi atau di lantai dengan kepala, leher, dan punggung lurus namun tidak kaku. Saat melaksanakan meditasi ini, kita juga diusulkan memakai pakaian yang nyaman sehingga tidak terusik
  2. Cobalah untuk mengesampingkan semua ajaran tentang kurun kemudian dan era depan. Setelah itu, kita fokus pada periode kini
  3. Sadari napas kita. Selaraskan dengan sensasi udara yang bergerak masuk dan keluar dari tubuh dikala bernapas. Rasakan perut yang naik dan turun serta sensasi udara yang memasuki lubang hidung dan keluar dari lisan kita. Perhatikan bagaimana setiap napas yang keluar dan masuk
  4. Perhatikan setiap anggapan yang tiba dan pergi, apakah itu kekhawatiran, cemas, kecemasan, atau cita-cita. Ketika pikiran timbul di anggapan kita, jangan abaikan atau tekan anggapan tersebut. Catat saja, tetap hening, dan gunakan pernapasan media untuk mengontrolnya
  5. Jika kita merasa terbawa fikiran, amati ke mana fikiran pergi, jangan menghakimi, dan kembalikan fokus pikiran ke pernapasan. Ingatlah untuk tidak bersikap keras pada diri sendiri jika hal ini terjadi
  6. Ketika akan menyelesaikan sesi meditasi, duduklah selama satu atau dua menit. Lalu sadari di mana kita berada dan bangunlah secara sedikit demi sedikit

Meditasi dapat dikerjakan dengan membuka atau menutup mata, tergantung kenyamanan dan kemudahan masing-masing untuk konsentrasi.

Namun hindari menyalakan alarm untuk menandai selesainya durasi meditasi. Selain itu, sebaiknya meditasi tidak dilaksanakan hingga dua jam sesudah makan, alasannya adalah proses pencernaan dapat mengganggu prosesnya. Untuk hasil optimal, jadikan meditasi selaku bagian dari kegiatan rutin kau saban hari.

Cara kerja meditasi

Tubuh merespons stres dengan melepaskan hormon epinefrin (adrenalin) dan norepinefrin yang menjadikan detak jantung, fatwa darah, dan tekanan darah meningkat.

Sementara itu, meditasi mampu menurunkan detak jantung kembali. Selain itu, meditasi juga mampu mengatur aliran dan tekanan darah menjadi wajar .

Saat bermeditasi, kau turut berlatih mengesampingkan banyak sekali anggapan negatif, yang bisa menimbulkan hadirnya stres. Hal ini menciptakan fikiran menjadi lebih tenang dari sebelumnya.

Di samping itu, meditasi juga disangka efektif dalam mengaktifkan gelombang gamma di otak yang berperan dalam proses berguru, konsentrasi, ingatan, dan kesadaran. Oleh alasannya itu, meditasi diandalkan mampu menciptakan emosi aktual berupa kebahagiaan.

Teknik dan proses meditasi

Ada banyak jenis dan teknik relaksasi dalam meditasi, seperti yoga, meditasi transendental, Tai Chi, dan Qi gong. Semuanya bertujuan sama, yakni mencapai kedamaian dan ketenangan diri.

Secara lazim, ada dua teknik meditasi yang paling diketahui adalah:

Meditasi konsentrasi

Fokus pada satu suara, bayangan, tarikan napas, atau kata-kata yang diucapkan atau dinyanyikan.

Meditasi kesadaran

Bertujuan semoga pelakunya sadar akan perasaan, fikiran, suara, atau bayangan yang melintas pada pikiran.

Meski berlawanan-beda cara, namun terdapat beberapa komponen yang umumnya ada pada semua jenis meditasi, yakni:

Memfokuskan asumsi

Membebaskan fikiran dari segala hal yang mengganggu konsentrasi dan menjadi sumber penyebab kegalauan dan stres. Pikiran lalu difokuskan pada hal spesifik lain, mirip gerakan bernapas, kata-kata, atau bayangan tertentu dalam fikiran.

Bernapas secara perlahan

Menarik napas dalam-dalam dan perlahan-lahan menggunakan otot diafragma yang melebarkan paru-paru. Pernapasan yang lebih efektif dan lambat dapat menghadirkan lebih banyak oksigen ke dalam paru-paru.

Duduk tenang

Bagi orang yang baru melakukan meditasi, mampu mempraktikannya di kawasan damai yang bebas dari hal-hal yang memiliki potensi menjadi gangguan, mirip dering telepon genggam, suara TV, atau bunyi kendaraan. Setelah sudah biasa melakukannya di kawasan hening, Anda mampu membiasakan diri bermeditasi di waktu dan tempat lain, seperti di tengah keramaian kemacetan, dalam posisi berdiri, maupun berjalan.

Meditasi memajukan kekebalan badan

Meditasi mempunyai manfaat untuk meningkatkan tata cara kekebalan tubuh Jika kau seringkali tertular flu atau pilek, kau perlu mengembangkan sistem kekebalan badan. Caranya antara lain dengan meditasi.

Sebuah studi memperhatikan 149 laki-laki dan perempuan dengan usia rata-rata 59 tahun. Mereka dibagi menjadi tiga kalangan, adalah 51 orang mengikuti acara meditasi, 47 berolahraga lari dan bersepeda, dan sisanya tidak melaksanakan apa-apa.

Setelah 8 minggu, penerima yang mengikuti meditasi mengalami 27 kali tanda-tanda flu atau pilek, orang yang berolahraga mengalami 26 kali, sementara orang yang tidak melaksanakan apa pun mengalami gejala sebanyak 40 kali. Orang yang berolahraga dan bermeditasi juga lebih cepat sembuh dari flu atau pilek, dibanding mereka yang tidak aktif.

Manfaat lain meditasi bagi kesehatan badan

Selain mampu mengembangkan kekebalan tubuh, meditasi juga mempunyai banyak sekali faedah lainnya untuk kesehatan.

Meditasi juga mampu menolong kau menghemat stres. Saat stres muncul, kadar hormon kortisol di dalam tubuh akan berkembangdan badan akan melepaskan materi kimia perangsang peradangan yang disebut sitokin. Sitokin yang dibuat badan ini bisa mengusik tidur, memajukan tekanan darah, membuat stress dan khawatir seiring waktu.

Akibatnya, kau jadi lebih rentan terkena banyak sekali penyakit. Untungnya, keadaan ini mampu dituntaskan dengan meditasi. Sebuah studi yang dijalankan oleh Carnegie Mellon University mengamati 33 pria dan wanita usia 18-30 tahun.

(Baca Juga: Langkah Praktis Perbaiki Postur Tubuh dan Sakit Pinggang)

Mereka diminta untuk melakukan meditasi dan latihan pernapasan dalam 25 menit sehari. Tiga hari lalu, akhirnya sampel air liur mereka menawarkan penurunan kadar kortisol. Mereka juga merasakan kenaikan kesanggupan dalam memecahkan dilema ketika diberi beberapa soal matematika dan menanggapi sebuah puisi.

Selain itu, meditasi juga bisa melawan depresi yang mengakibatkan imun badan menyusut. Meditasi menawarkan ketenangan dan kenyaman sehingga dijadikan terapi untuk melawan stress. Meditasi juga bisa mengontrol rasa khawatir berlebih.

Berbagai faedah meditasi diyakini mampu memberikan ketenangan dan keseimbangan jiwa, sehingga emosi dan kesehatan tubuh stabil secara keseluruhan. Manfaat ini tidak cuma akan terasa sepanjang Anda melaksanakan meditasi, namun akan dapat dirasakan dalam kegiatan sehari-hari.

Meditasi kini banyak digunakan selaku salah satu cara untuk mengatasi gangguan mental maupun fisik, di antaranya:

  1. Kecanduan, seperti kecanduan nikotin, obat-obatan, dan minuman keras.
  2. Depresi, stres, dan kecemasan
  3. Rasa nyeri
  4. Tekanan darah tinggi.

Selain itu, meditasi berperan dalam kesehatan emosional dengan mendatangkan faedah-manfaat berikut:

  1. Meningkatkan kesadaran diri.
  2. Mendukung kemampuan fokus secara umum.
  3. Mengurangi emosi negatif.
  4. Melatih diri untuk mengurus stres dengan menyaksikan dari segi lain.

Penelitian memperoleh bahwa meditasi mungkin mampu menolong seseorang yang menderita penyakit tertentu, mirip asma, kanker, sakit jantung, fibromyalgia, psoriasis, dan gangguan tidur.

Namun, penderita keadaan-kondisi ini seharusnya berkonsultasi apalagi dulu kepada dokter sebelum menjalani meditasi. Hal yang juga perlu dikenang yaitu meditasi bukan tata cara penanganan pengganti obat-obatan, melainkan terapi pendamping dari langkah pengobatan utama.