0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Jangan Galau, Penting Perbedaan Bancassurance Dan Asuransi Biasa

Produk asuransi di Indonesia memang diketahui telah sungguh banyak. Ini dikarenakan seruan dari pelanggan yang juga tinggi. Berarti juga masyarakat telah tahu dan paham pentingnya mempunyai asuransi. Perusahaan asuransi juga semakin berkembang subur di Indonesia. Dengan banyaknya perusahaan asuransi maka persaingan menerima nasabah juga semakin tinggi. Jika kau pernah mendapatkan telepon perihal penawaran produk asuransi atas nama sebuah bank maka itu disebut dengan bancassurance. Wah apalagi itu ya?

perbedaan bancassurance dan asuransi biasa

Istilah bancassurance memang sedikit gila bagi penduduk awam. Padahal prakteknya telah banyak kita peroleh loh. Makara penawaran-penawaran produk asuransi lewat bank inilah yang disebut dengan bancassurance itu. Lalu apa bedanya dengan asuransi biasa? Kalau kamu masing resah dengan definisi bancassurance dan keuntungannya serta perbedaan bancassurance dengan asuransi lazimmaka kau mesti tetap baca tulisan ini hingga habis. Disini kita akan sedikit menawarkan isu tentang apa itu bancassurance dan perbedaan bancassurance dengan asuransi biasa.

Bancassurance

Dengan pembukaan sektor asuransi dan dengan terlalu banyak pemain memasuki dalam industri asuransi saat ini di seluruh dunia, perusahaan asuransi pun diharuskan untuk menciptakan produk-produk yang inovatif, menciptakan lebih banyak kesadaran konsumen wacana produk mereka dan menawarkannya dengan harga yang kompetitif. Pendatang baru di sektor asuransi tidak mengalami kesusahan dalam mencocokkan produk mereka dengan kebutuhan pelanggan dan menawarkannya dengan harga yang dapat diterima oleh konsumen.

Tetapi, asuransi yang bukan ialah produk yang berwujud barang, tetapi asuransi merupakan produk yang membutuhkan konseling dan persuasi pribadi, dan distribusi merupakan tantangan besar bagi perusahaan asuransi. Populasi lebih lanjut yang diasuransikan lebih dari satu miliar yang tersebar di seluruh negeri sudah membuat susukan tradisional perusahaan asuransi lebih mahal. Juga sebab persaingan yang ketat, perusahaan asuransi tidak menikmati keleluasaan mengeluarkan ongkos distribusi yang berat dan menyerahkannya terhadap konsumen dalam bentuk harga tinggi.

Dengan kemajuan ini dan meningkatnya tekanan dalam memerangi persaingan, perusahaan dipaksa untuk menciptakan teknik kreatif untuk menjual produk dan layanan mereka. Pada titik ini, sektor perbankan dengan jangkauannya yang luas dan luas, dianggap sebagai susukan distribusi berpeluang, memiliki kegunaan bagi perusahaan asuransi. Persatuan dua sektor inilah yang dikenal selaku Bancassurance.

Bancassurance ialah konsep gres di sektor jasa keuangan yang memiliki arti memakai akses distribusi bank untuk memasarkan produk asuransi. Filosofi di balik Bancassurance yaitu untuk menggabungkan kemampuan manufaktur budaya pemasaran produk perusahaan asuransi dengan jaringan distribusi dan basis klien bank yang reseptif. Ini yakni fenomena di mana produk asuransi disediakan melalui kanal distribusi layanan perbankan bareng dengan rangkaian lengkap produk dan layanan perbankan dan investasi.

(Baca Juga: Cara Mengurus Polis Asuransi Hilang)

 

Sederhananya, Bancassurance mencoba untuk mengeksploitasi sinergi antara perusahaan asuransi dan bank. Bancassurance bila diambil dengan semangat yang benar dan dipraktekkan dengan benar mampu menjadi win-win solution bagi semua nasabah, bank, perusahaan asuransi, dan pelanggan.

Lingkungan yang kondusif, alasannya adalah banyak hal yang berhubungan dengan pelaksanaan bisnis asuransi oleh bank, meningkatnya penggunaan akses elektro dan otomatisasi, meningkatnya keperluan akan planning pensiun swasta untuk melengkapi pensiun publik, kegalauan untuk menyediakan layanan keuangan total kepada pelanggan, dll.

Secara singkatnya Bancassurance merupakan suatu produk asuransi yang ialah hasil kolaborasi antara pihak bank dengan sebuah perusahaan asuransi. Kemitraan antara bank dan perusahaan asuransi ini diklaim memiliki banyak keuntungan. Baik dari pihak bank maupun pihak perusahaan asuransi itu sendiri. Dari pihak bank akan menerima keuntungan dari pemasaran produk asuransi ini sedangkan bagi pihak asuransi sendiri adalah penambahan konsumen tanpa harus memperbesar distributor lagi alasannya mendapatkan dari nasabah bank.

Lalu apa keuntungan bagi kita sebagai nasabah? Keuntungan yang akan kita dapatkan antara lain kita tidak butuhrepot mencari dan menyeleksi mana perusahaan asuransi yang tepat untuk kita, kita juga menerima dua pelayanan di satu tempat, dan umumnya untuk nasabah yang ikut bancassurance akan mendapatkan akomodasi-kemudahan dalam kredit. Maka dari itu banyak nasabah yang tertarik untuk mengikuti bancassurance ini. Sekarang ini tata cara bancassurance sedang naik daun alasannya keuntungannya yang menjanjikan.

Pada bancassurance lazimnya ada dua versi bisnis yang dipraktekkan ialah:

  • Model terintegrasi (integrated model)

Model terintegrasi dalam bancassurance mempunyai arti semua acara asuransi terintegrasi dengan aktivitas yang dilaksanakan oleh bank. Dalam hal ini bank akan mempunyai pengaruh besar dalam asuransi ini. Bentuknya bisa dengan premi yang harus dibayarkan akan dikumpulkan oleh bank, yang didebet langsung dari rekening simpanan nasabah tersebut. Bahkan manajemen aset juga dikontrol oleh bank.

  • Model tidak terintegrasi (non-integrated versi)

Model selanjutnya yakni versi yang tidak terintegrasi yang tujuannya ada peraturan-peraturan tertentu yang menghalangi dalam penjualan produk asuransi tersebut. Ini disebabkan untuk versi yang tidak terintegrasi produk asuransi ini ahnya mampu dijual oleh penasihat keuangan resmi dari bank yang telah menyanggupi kualifikasi tertentu. Para penasihat ini akan memasarkan produk asuransi secara eksklusif kepada nasabah bank.

Seperti halnya nasabah lain yang berbelanja asuransi, maka kita sebagai nasabah asuransi juga mempunyai hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban sebagai akseptor asuransi akan dijelaskan di bawah ini.

Hak nasabah

Bagi nasabah yang membeli asuransi dengan tata cara bancassurance ini akan menerima hak selaku berikut:

  • Bisa menerima uang pertanggungan
  • Bisa menerima santunan aksesori untuk produk bancassurance tertentu seperti sumbangan terhadap penyakit kritis, rawat inap dan meninggal yang disebabkan alasannya adalah kecelakaan.
  • Bisa menerima isu terkini perihal perubahan serta kemajuan bancassurance.

Kewajiban nasabah

Kewajiban nasabah ini hampir sama dengan keharusan pada asuransi biasa mirip:

  • Membayar premi dengan jumlah yang sudah disepakati secara terencana
  • Memberikan berita terbaru jikalau ada pergeseran data diri serta isu penting yang lain.

Bancassurance di Indonesia sendiri sudah banyak dan pertama kali dikenalkan ke publik oleh Bank Lippo yang berkolaborasi dengan Lippo Life (kini menjadi AIG Life). Setelah itu banyak bermunculan bancassurance lain mirip :

  • BRI dengan BRIngin Life
  • BCA dengan AIA
  • Bank Danamon dengan Manulife
  • Bank Victoria dengan Jiwasraya
  • Bank Mandiri dengan AXA Mandiri Life
  • BNI dengan BNI Life

Lalu bagaimana dengan produk bancassurance ini ya? Produk bancassurance ini masing-masing memiliki fitur dan faedah yang berlainan-beda. Yang pertama produk bancassurance ini mampu menawarkan pemberian untuk pelunasan kredit. Makara bila kita sebagai tertanggung meninggal dunia atau cacat permanen karena sakit / kecelakaan maka hutang akan otomatis dilunasi. Tentunya ini sangat menunjukkan manfaat bagi kita dan keluarga karena tak ada tanggungan kewajiban melunasi sisa hutangnya. Yang kedua yaitu produk berupa simpanan berjangka panjang yang juga memberikan dukungan kepada nasabahnya.

(Baca juga: Asuransi Selebriti Paling Mahal di Dunia)

Jika kita meninggal dunia maka jago waris kita akan menerima sejumlah pinjaman dari produk bancassurance ini. Jumlah nya yaitu kelipatan dari setoran yang telah kita lakukan semasa hidup. Jika kita terkena penyakit kritis kita juga mampu mendapatkan sejumlah duit. Tak cuma itu beberapa bank bahkan menawarkan untuk mampu mengambil duit tunai kapanpun dari simpanan kita. Tapi tetap jumlahnya terbatas ya.

Selain tabungan biasa, bancassurance juga ada yang menunjukkan santunan di era pensiun. Untuk yang versi dana pensiun ini kita akan menabung sampai kala pensiun tiba dan dananya bisa kita ambil. Begitu juga dengan simpanan pendidikan yang bisa memperlihatkan sumbangan kepada nasabahnya. Makara ciri khas dari produk bancassurance ini yaitu produk yang memberikan perlindungan serta memberikan laba investasi.

Asuransi

Asuransi adalah suatu produk yang menawarkan sumbangan terhadap seseorang atas resiko yang mungkin bisa terjadi. Asuransi di Indonesia ada banyak macamnya seperti asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi properti, asuransi kendaraan bermotor hingga asuransi pendidikan. Asuransi ini umumnya ditawarkan oleh seorang biro dari pihak perusahaan asuransi. Agen-biro tersebut juga menjadi penghubung antara nasabah dengan pihak asuransi. Kaprikornus semua aktivitas perjanjian hingga pembelian asuransi semuanya lewat seorang distributor. Jika kita mengalami insiden yang tidak disangka-sangka dan itu tercatat di polis asuransi maka kita mampu mengajukan klaim untuk menerima uang pertanggungan sesuai dengan persetujuanpermulaan.

Perbedaan bancassurance dengan asuransi biasa

Seperti yang telah diketahui bahwa bancassurance ini bukan merupakan jenis asuransi tapi ini adalah metode penawaran. Maka perbedaan bancassurance dan asuransi biasa bisa disebutkan sebagai berikut:

  • Pada bancassurance untuk pembayaran preminya dimudahkan dengan cara melaksanakan autodebet dari rekening tabungan di bank. Jadi setiap bulannya kita tidak perlu cemas telat atau bahkan lupa untuk membayar tagihan preminya. Dengan mengurangi keterlambatan dalam pembayaran polis maka polis menjadi lapse atau non aktif juga mampu disingkirkan.
  • Pada proses penjualannya biasanya akan selalu didampingi oleh pihak bank. Pihak bank besar pasti selalu mempunyai tolok ukur pelayanan yang tinggi maka dari itu biasanya pedagang asuransi juga akan ditentukan untuk memberikan pelayanan dengan standar dari pihak bank semoga nasabah merasa tenteram. Bila pendekatan yang dikerjakan telah tenteram dan baik maka kemungkinan besar nasabah akan berbelanja produk bancassurance.
  • Pada bancassurance nasabah akan mendapatkan manfaat lain dari pihak asuransi maupun dari pihak bank. Mulai dari dana pensiun, pertolongan maut hingga dengan tabungan pendidikan yang bisa menjadi pegangan ketika terjadi hal yang tidak di harapkan.
  • Untuk klaim di produk bancassurance proses pengajuannya sama dengan klaim asuransi biasa. Perbedaan jika asuransi umumkita langsung bermasalah dengan pihak asuransinya sedangkan di produk bancassurance ini kita bisa dibantu oleh pihak bank dalam mengajukan klaimnya.

Nah itu ia informasi mengenai perbedaan bancassurance dan asuransi lazimyang mampu kita beritahukan. Untuk produknya, bancassurance mempunyai produk yang serupa dengan asuransi biasa seperti asuransi jiwa, asuransi unit link, asuransi properti dan asuransi pendidikan. Sedangkan untuk syarat serta ketentuan polisnya nyaris sama dengan asuransi biasa. Begitu juga tentang uang pertanggungan serta kurun asuransinya. Dengan mengenali perbedaan bancassurance dan asuransi umumini semoga bisa menjadi materi pendapatmana yang mau kita pilih. Makara fikirkan baik-baik ya begitu pula dengan kesanggupan finansial kita ya.