0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Identifikasi Si Hitam Ayam Cemani Yang Bagus Nan Eksotis Orisinil Indonesia

Akhir-selesai ini, si hitam Ayam Cemani sepertinya masih menjadi bahan perbincangan penduduk secara luas, utamanya penduduk Indonesia. Bagaimana tidak? Ini pertama kalinya masyarakat dihadapkan dengan fenomena ayam berwarna hitam sepenuhnya, bahkan hingga ke pengecap dan warna daging.

Kenali si hitam ayam cemani

Disebabkan hal itulah, banyak orang yang penasaran ingin melihat secara eksklusif dengan ayam langka satu ini sekaligus mengenai lebih dalam ihwal si hitam Ayam Cemani. Yuk kita simak bahu-membahu.

Sejarah Ayam Cemani

Dilansir dari situs hobiternak.com, Ayam Cemani merupakan salah satu jenis ayam hias dari Indonesia dengan keunikan berwarna hitam pekat pada sekujur tubuhnya. Lebih jelasnya, ayam satu ini berasal dari daerah Desa Kedu, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah dan sudah ada semenjak zaman Kerajaan Majapahit.

Pemilik pertama dari ayam satu ini yakni seorang pertapa sakti bernama Ki Ageng Mangkuhan, yang pada ketika itu beliau gunakan untuk mengobati penyakit seorang anak pejabat kawasan. Semenjak itu, barulah banyak orang yang yakin bahwa ayam berwarna hitam ini mempunyai kesanggupan dalam mengobati berbagai penyakit sehingga dijadikan sebagai salah satu obat alternatif oleh banyak orang.

(Baca Juga: Cara Memelihara Ayam Bangkok Beserta Jenis-jenisnya)

Namun pada ketika itu, ayam cemani masih mempunyai paruh berwarna putih. Setelah berhasil mengobat sang anak, ayam ini pun dikawinkan dengan ayam yang lain yang serupa-sama berwarna hitam, yang mana dari hasil perkawinan itu munculah ayam berwarna hitam pekat dengan paruh yang turut berwarna hitam pula. Oleh karena itu, nama Cemani itu sendiri diambil dari Bahasa Sansekerta yang dapat diartikan sebagai ayam hitam legam.

Mitos Ayam Cemani yang Dipercaya

Banyak orang yang yakin bahwa si hitam ayam cemani merupakan salah satu jenis ayam yang bisa menghadirkan keberuntungan sekaligus serta melancarkan rejeki. Dikarenakan hal itulah, ayam ini memang ditawar dengan harga yang begitu mahal.

Tak hanya itu, ayam berwarna hitam pekat ini nyatanya juga acap kali digunakan sebagai fasilitas sesaji, tumbal pesugihan, dan sesembahan yang lain untuk sebagian masyarakat penganut. Namun, sebab perkembangbiakan ayam Cemani yang tidak semudah ayam pada umumnya, hal ini justru membuat populasi ayam satu ini makin merosot dari waktu ke waktu.

Percaya atau tidak, meskipun ayam Cemani memiliki sekujur tubuh yang berwarna hitam, nyatanya beliau justru menciptakan telur berwarna putih lho. Sungguh mengherankan, bukan? Tak hanya itu, ayam cemani bahkan juga memiliki darah berwarna merah layaknya ayam pada umumnya.

Hanya saja yang membedakan, warna darah si hitam ayam cemani berwarna merah lebih pekat atau lebih tua yang hampir terlihat mirip warna hitam atau merah tua. Sedangkan untuk warna bulu, kulit, kuku, hingga daging dari ayam satu ini sepenuhnya memang berwarna hitam.

Mengapa Telur Ayam Cemani Berwarna Putih?

Setelah kau mendengarkanpembahasan sebelumnya, pasti kamu akan bertanya-tanya, kenapa ayam cemani berwarna hitam sedangkan telurnya berwarna putih? Sebuah observasi menyampaikan bahwa warna hitam pada ayam cemani bergotong-royong mampu terjadi karena keadaan genetik unik yang disebut sebagai fibromelanosis.

Sedangkan telur yang dihasilkan justru tak berlainan dengan telur-telur kebanyakan, adalah berwarna putih tulang atau krem yang disertai dengan bintik-bintik merah muda. Jika kau telusuri lebih lanjut lagi, warna hitam baru akan timbul sesudah embrio ayam cemani timbul. Sangat unik, bukan?

Makara, warna putih pada telur memang disebabkan oleh proses fibromelanosis yang terjadi pada sel ayam ternyata tidak dapat menular pada cangkang telur. Hal tersebut dikarenakan cangkang telur berisikan Kristal kalsium karbonat yang intinya sama di semua jenis ayam.

Khasiat yang Terdapat di dalam Ayam Cemani

Walaupun banyak yang menggunakan si hitam ayam cemani sebagai sesaji untuk aneka macam ritual, tetapi kenyataannya daging dari ayam cemani itu sendiri mempunyai sejumlah khasiat yang sangat bagus bagi tubuh lho, diantaranya adalah:

  • Menghilangkan rasa sakit akibat keseleo
  • Meningkatkan vitalitas untuk pria
  • Meningkatkan stamina
  • Meningkatkan metode kekebalan tubuh
  • Mendukung gizi sepadan untuk kemajuan anak
  • Meningkatkan kesuburan pria remaja
  • Menghilangkan tertekan
  • Menjaga keseimbangan kolesterol
  • Mencegah radang sendi
  • Meningkatkan metabolisme badan

Berapa Harga Ayam Cemani?

Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, dikala ini populasi si hitam ayam cemani makin menurun dari waktu ke waktu sebab seringnya digunakan sebagai sesaji pada aneka macam ritual. Dikarenakan hal itulah, tak aneh bila ayam berwarna hitam pekat ini juga turut dibanderol dengan harga yang relatif mahal.

Tak cuma itu, perkembangbiakan ayam cemani pun cukup terbatas lho, ialah cuma di daerah Indonesia dan Eropa saja. Untuk dikala ini, satu ayam cemani mampu dibanderol dengan harga mencapai Rp40 juta an. Karena harganya yang begitu mahal, ayam cemani juga kerap kali disebut sebagai Ayam Lamborghini dari Indonesia.

(Baca Juga: Cara Mudah Budidaya Ayam Petelur)

Wah, ternyata masih banyak belakang layar dari si hitam ayam cemani yang mungkin masih belum kita ketahui hingga saat ini. Namun, sangat disayangkan bahwa ayam dengan warna yang manis dan eksotis ini mempunyai populasi yang makin menurun dari waktu ke waktu. Kamu tertarik ingin memelihara ayam berwarna hitam pekat satu ini baik itu untuk dibudidaya maupun di pelihara? Yuk segera olok-olokan pemberian saja di CekAja.com.