0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Hindari Barang Palsu, Berikut tips Cek Produk Bpom Secara Online

Cara cek produk BPOM memang sungguh penting untuk dikenali guna melihat keselamatan dan legalitas dari suatu produk. Di tengah pandemi corona yang masih mewabah di hampir seluruh negara di dunia sampai ketika ini, masyarakat memang dihimbau untuk melaksanakan banyak sekali hal dari rumah dan meminimalisir kegiatan di ruang publik apabila tidak terlalu penting.

cara cek produk BPOM

Dengan diberlakukannya kebijakan ini, pasti masyarakat pun menjadi tidak bisa sewaktu-waktu ke luar rumah untuk berbelanja kebutuhan sehari-harinya secara bebas, sehingga banyak orang yang membeli makanan instan atau makanan cepat saji yang mampu di stok dalam jumlah banyak dan menjadi bekal selama karantina di rumah.

Nah, tetapi ternyata berbelanja masakan instan pun harus hati-hati lho, begitu juga dengan kosmetik atau perlengkapan kecantikan apapun. Karena, menentukan masakan dan kosmetik secara asal justru mampu berkemungkinan untuk memperlihatkan efek samping, terutama dalam sisi kesehatan.

Oleh alasannya adalah itu, sebelum membeli barang setiap orang diharuskan untuk mengamati apakah barang tersebut telah teregistrasi di BPOM atau tidak. Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membicarakan ihwal cara cek produk BPOM beserta serba-serbi yang lain yang mungkin perlu kau ketahui. Yuk disimak bersama-sama.

(Baca Juga: Jangan Asal Beli, Ini Ciri dan Bahaya Makeup Palsu)

Apa itu BPOM?

Apa itu BPOM - Hindari Barang Palsu Berikut Cara Cek Produk BPOM Secara Online

Dilansir dari situs koinworks.com, Badan Pengawas Obat dan Makanan atau yang disingkat selaku BPOM merupakan sebuah badan atau forum yang mempunyai kewenangan dalam memantau peredaran produk obat-obatan serta kuliner di Indonesia.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 Pasal 2, BPOM mempunyai tugas memantau obat dan masakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-ajakan. Dalam hal ini, obat dan masakan yang dimaksud ialah berupa obat, materi obat, narkotika, psikotropika, prekursor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan kuliner olahan.

Sistem Pengawasan Obat dan Makanan (SISPOM) yang dijalankan juga cukup efektif dan efisien untuk mendeteksi, memantau, serta menghalangi beredarnya sebuah produk di pasaran. Apa tujuannya? Yaitu agar bisa melindungi keselamatan, kesehatan, dan keselamatan para konsumen yang membeli produk tersebut.

SISPOM memiliki beberapa prinsip dasar sebagaimana yang dilansir dari koinworks.com, yakni:

  • Tindakan pengawalan cepat, tepat, akurat dan profesional.
  • Tindakan dikerjakan menurut atas tingkat risiko dan berbasis bukti-bukti ilmiah.
  • Lingkup pengawasan bersifat menyeluruh, meliputi seluruh siklus proses.
  • Berskala nasional/lintas provinsi dengan jaringan kerja internasional
  • Otoritas yang menunjang penegakan supremasi aturan
  • Memiliki jaringan laboratorium nasional yang kohesif dan kuat yang berkolaborasi dengan jaringan global.
  • Memiliki jaringan metode berita dan mutu produk

(Baca Juga: Tips Memilih Produk Organik Tanpa Bahan Kimia Berbahaya)

Mengapa Harus Memiliki Izin BPOM?

Sebelum mengenali tentang cara cek produk BPOM, maka sepertinya kamu juga perlu mengetahui terlebih dulu wacana argumentasi mengapa setiap produk mesti mempunyai izin BPOM. Nah, tujuan dari diperlukannya izin BPOM untuk sebuah produk yakni guna meyakini pelanggan bahwa produk yang dijual sudah diakui keamanannya.

Untuk memperjelasnya, terdapat beberapa fungsi perizinan BPOM sebagaimana yang dilansir di koinworks.com, adalah:

  • Pengaturan, regulasi, dan standarisasi
  • Lisensi dan akta industri di bidang farmasi menurut SOP yang baik
  • Evaluasi produk sebelum diizinkan untuk beredar
  • Pengujian laboratorium, pemeriksaan sarana buatan dan distribusi, serta penyidikan dan penegakan hukum
  • Pre-audit dan pasca-audit iklan dan penawaran khusus produk
  • Riset terhadap pelaksanaan kebijakan pengawasan obat dan makanan
  • Komunikasi, gosip, dan edukasi publik, tergolong perayaan publik.

Cara Praktis Cek Produk BPOM

Cara cek produk BPOM mampu kau kerjakan dimanapun dan kapanpun hanya dengan bermodalkan gadget dan kanal internet saja. Caranya pun sangatlah mudah, yakni:

  • Buka situs cekbpom
  • Kemudian pilih klasifikasi yang ingin dicari, seperti nama produk, brand, komposisi, dan lain-yang lain.
  • Masukan kata kunci yang diinginkan di kolom yang tersedia sesuai dengan klasifikasi yang telah kau pilih sebelumnya.
  • Setelah itu, seluruh produk yang berhubungan dengan klasifikasi dan keyword akan ditampilkan di layar.

Sangat mudah, bukan? Dengan datangnya BPOM, kamu sudah tidak butuhlagi takut mengkonsumsi masakan ataupun menggunakan sebuah merek kosmetik tertentu. Karena, seluruh produk yang memiliki izin BPOM makan secara otomatis telah lewat proses uji laboratorium sehingga sangat terjamin keamanannya.

Sembari mengisi waktu luang di rumah selama karantina mampu berdiri diatas kaki sendiri, yuk tambah pengetahuan dengan membaca banyak sekali informasi terkini perihal lifestyle, keuangan, hingga kesehatan di CekAja.com.