0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Fitur Foto 3D Di Facebook Hanya Untuk Iphone? Penting tips Penggunaannya

Sebagai salah satu jejaring sosial terbesar dengan pengguna terbanyak, facebook senantiasa mengeluarkan fitur-fitur terbaru untuk mengembangkan experience penggunanya. Dan salah satu fitur yang belum usang beliau keluarkan ialah fitur foto 3D. Namun kabarnya, fitur foto 3D di facebook cuma didedikasikan bagi pengguna iPhone, apakah benar?

foto 3d facebook

Fitur Foto 3D di Facebook

Fitur foto 3D di facebook sejatinya sudah ada dan telah bisa dinikmati oleh penggunanya sejak 2018. Sesuai dengan namanya, fitur ini bisa digunakan pengguna untuk mengunggah foto dalam format tiga dimensi.

Dengan format tersebut, foto yang diunggah pengguna akan terlihat lebih dalam. Pasalnya, jarak yang terdapat pada bagian background (latar belakang) dan foreground (latar depan) akan membuat foto terlihat lebih hidup dan konkret.

Kamu mampu melihat foto tersebut seakan-akan hidup, di mana kamu akan mendapatkan experience layaknya menonton film 3D di bioskop.

Tidak cuma itu, foto 3D juga bisa kamu lihat secara kasat mata atau pun menggunakan perangkat virtual reality (VR).

Namun sayang, fitur ini baru mampu digunakan pada ponsel dengan kamera ganda (dual camera) saja mirip iPhone. Meski begitu, hanya beberapa iPhone yang mampu menggunakan fitur foto 3D di facebook.

Beberapa jenis iPhone tersebut di antaranya, ialah iPhone 7 Plus, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XS dan beberapa iPhone yang lain yang memiliki fitur “Portrait”.

Pasalnya, facebook menggunakan tata cara pemetaan kedalaman (depth maps). Yang mana, sistem tersebut tersimpan di dalam mode “Portrait”.

Dengan adanya fitur foto 3D di facebook, menciptakan foto mu kini terlihat lebih menawan dibandingkan foto konvensional lazimnya .

Lebih dari itu, fitur foto 3D juga menambah ragam format visual di dunia maya, selain foto berekstensi .jpg atau .jpeg, GIF dan video.

(Baca Juga: 5 Cara Download Video dari Facebook Praktis dan Cepat)

Cara Menggunakan Fitur Foto 3D di Facebook

Sebelumnya kau telah mengenali sekilas informasi tentang fitur foto 3D di facebook. Namun, apakah kamu tahu bagaimana cara memakai fitur foto 3D di facebook? Untuk itu, di bawah ini merupakan cara menggunakan fitur foto 3D di facebook. Simak bahu-membahu, yuk!

Membuat Foto 3D dengan Ponsel Mode Portrait

Bagi kamu yang mempunyai Mode Portrait pada kamera ponsel mu, berikut cara menciptakan foto 3D yang mampu kamu lakukan, ialah:

  • Klik kolom Apa yang Anda Pikiran? pada bab atas kabar beranda
  • Klik Buat Postingan di halaman atau klik Tulis Sesuatu di grup
  • Klik Foto/Video
  • Pilih foto dengan Mode Portrait
  • Kemudian kamu akan melihat 3D di bagian kanan bawah foto yang telah menyanggupi syarat Mode Portrait
  • Klik Jadikan 3D di bab kiri atas foto yang telah kau pilih
  • Klik Posting atau Bagikan

Membuat Foto 3D dengan Ponsel tanpa Mode Portrait

Jika sebelumnya kau telah mengenali cara menciptakan foto 3D pada ponsel yang memiliki Mode Portrait, di bawah ini merupakan cara membuat foto 3D untuk ponsel yang tidak memiliki Mode Portrait. Beberapa cara tersebut di antaranya, adalah:

  • Klik kolom Apa yang Anda Pikiran? pada bab atas kabar beranda
  • Klik Buat Postingan di halaman atau klik Tulis Sesuatu di grup
  • Scroll ke bawah lalu klik Foto 3D
  • Tentukan dan pilih foto yang mau kau gunakan
  • Klik Posting atau Bagikan

Nah beberapa cara ialah cara memakai fitur foto 3D di facebook yang mampu kau lakukan dan jadikan bimbingan. Bagaimana, sangat mudah bukan?

Namun kau juga mesti mengetahui, bahwa foto 3D sejatinya tidak mampu di edit. Meskipun kamu berupaya untuk mengeditnya menggunakan beberapa aplikasi editing foto, komputer atau pun facebook itu sendiri, foto mu berkemungkinan tidak dapat dikonversi ke dalam bentuk foto 3D.

Selain itu, kamu juga tidak mampu memposting foto 3D bareng dengan foto-foto lainnya. Karena, foto 3D hanya mampu di posting di satu waktu saja. Terlebih, foto 3D juga belum bisa dimasukkan ke dalam album.

Kamu juga tidak mampu memakai foto 3D yang di posting melalui Halaman, untuk digunakan pada iklan atau pun selaku media penawaran spesial.

Tips Mengambil Foto 3D

Sebelum memakai fitur foto 3D di facebook, ada baiknya bila kau mengenali terlebih dulu apa saja kiat untuk mengambil foto 3D yang manis dan terlihat maksimal.

Untuk itu, di bawah CekAja.com akan mengulas beberapa kiat mengambil foto 3D, yang di antaranya sebagai berikut:

1. Membidik foto dengan Background dan Foreground yang Mumpuni

Tips mengambil foto 3D yang pertama adalah pastikan bahwa kau membidik foto dengan background dan foreground yang mumpuni. Seperti contohnya, kau mengambil foto dengan objek yang sedang berada di antara bunga matahari.

Di mana, bunga matahari tersebut ialah background (latar belakang) dari objek yang di foto tersebut.

2. Memperhatikan Kontras Foto

Setelah mengambil foto yang mumpuni, kamu juga mesti mengamati kontras dari foto itu sendiri. Pasalnya, dengan kontras yang mencolok, foto mu akan tampaklebih menarik dan tingkat kedalamannya pun akan kian baik.

Kamu mampu menyarankan objek foto selaku foreground untuk menggunakan busana dengan warna-warna cerah dan mencolok. Kemudian, untuk background nya sendiri, kamu mampu memakai warna yang lebih gelap, seperti contohnya biru renta, maroon, dan warna-warna gelap yang lain.

3. Hindari Penggunaan Objek Transparan

Tips foto 3D yang terakhir adalah pastikan kau menghindari penggunaan objek dengan warna-warna yang transparan. Seperti contohnya, kamu memakai beling atau pun plastic sebagai objek foto.

Pasalnya, objek yang transparan tidak akan menawarkan kedalaman yang cukup sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, hasil foto 3D mu pun tidak akan maksimal.

Nah, sekarang kau sudah tahu bukan apa itu fitur foto 3D di facebook, cara menggunakannya dan bagaimana kiat mengambil foto 3D yang baik. Namun untuk mampu menggunakan fitur tersebut, kau terlebih dahulu perlu melaksanakan update facebook.

Apabila ponsel yang kamu miliki saat ini kurang kompatibel dan tidak bisa lagi melakukan update sebab memori yang telah full, kamu mungkin perlu mengganti ponsel mu. Namun, pasti kau mesti menyediakan dana yang tidak sedikit.

Tetapi jangan khawatir, karena kamu bisa membelinya menggunakan kartu kredit. Pasalnya, dengan kartu kredit, kau mampu membeli semua kebutuhan dengan gampang. Kamu juga bisa mengajukan kartu kredit di CekAja.com, loh!

Proses dan cara pengajuannya pun sungguh gampang. Terlebih, CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Makara, tunggu apalagi? Yuk, olok-olokan sekarang!