0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Film Bernuansa Idul Fitri Yang Bisa Ditonton Bareng Keluarga

Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran ialah momen yang tepat untuk berkumpul bareng keluarga. Selain itu, idul fitri di Indonesia identik dengan banyak tradisi seperti bermaaf-maafan, berbagi angpao, makan ketupat plus opor ayam, dan makan bermacam kudapan manis kering mirip nastar.

hari film internasional

Bisa dibilang Idul Fitri merupakan hari raya yang paling dinanti oleh umat Muslim di dunia, utamanya di Indonesia. Momen merayakan kemenangan sesudah sebulan berpuasa di bulan bulan ampunan makin indah bareng keluarga besar.

Banyak kegiatan yang pastinya bisa dikerjakan bersama keluarga dikala idul fitri datang. Salah satunya adalah menonton film. Sudah bukan belakang layar jikalau Lebaran datang nyaris seluruh stasiun televisi di Indonesia menayangkan film-film pilihan untuk mampu dirasakan bareng keluarga di rumah.

Beragam genre dihadirkan mulai dari religi, keluarga, percintaan, komedi, horor, sampai animasi menghiasi layar beling selama libur Lebaran.

Momen bareng keluarga dikala Lebaran ditentukan bakal makin semarak dengan kehadiran film-film dengan genre tersebut. Apalagi di tengah pandemi virus Corona yang membuat siapa saja mesti berada #dirumahaja maka menonton film bareng keluarga bisa dijadikan aktivitas utama mengisi libur Idulfitri.

Di segi lain, bukan cuma film-film dengan genre tersebut, melainkan ada pula film bernuansa khusus Idul Fitri yang bisa kamu saksikan bersama dengan keluarga di rumah selama libur Idulfitri. Berikut daftarnya.

1. Mudik Lebaran

Mudik Idulfitri merupakan film karya sutradara Muchyar Syamas yang dirilis pada 2011. Film Mudik Idulfitri dibintangi oleh Irwansyah, Wiwid Gunawan, Ray Sahetapy, Leroy Osmany dan lain-lain.

Film ini berkonsentrasi pada tradisi masyarakat Indonesia menjelang Lebaran datang, yakni mudik ke kampung halaman untuk berjumpa dengan keluarga besar. Dalam Mudik Idulfitri dikisahkan ada 4 keluarga yang melaksanakan tradisi tersebut menjelang Idulfitri.

(Baca juga: bisnis-parcel-lebaran-yuk-dapatkan-modalnya-dari-kredivo/” rel=”bookmark”>Bisnis Parcel Lebaran, Yuk! Dapatkan Modalnya dari Kredivo)

Cerita pertama datang dari Gunadi yang ialah pengganguran selama 3 tahun, namun dipaksa mudik oleh orang tuanya untuk menikahi kekasihnya yang berjulukan Lestari. Kemudian ada juga dongeng dari Keluarga Iskandar yang senantiasa menyelenggarakan open house tiap Idul Fitri tiba.

Berikutnya ada kisah seorang suami bernama Martono yang mesti banting tulang mencari rezeki pemanis guna biaya persalinan istrinya dikala Lebaran. Terakhir ada cerita dari Yustina yang bertekad untuk mampu mudik alasannya adalah sudah 8 tahun tidak pergi ke kampung halaman alasannya harus ikut suaminya.

2. Mencari Hilal

Mencari Hilal merupakan film Indonesia yang tayang pada 2015 silam. Film ini cocok dijadikan tontonan bareng keluarga selama Lebaran karena ceritanya yang sangat menjamah dan hangat.

Mencari Hilal dibintangi oleh aktor kawakan mirip Deddy Sutomo dan Oka Antara. Film ini bercerita tentang upaya Deddy Sutomo selaku pria yang taat beragama sekaligus ayah Oka Antara untuk mencari hilal.

Hal itu dilakukannya sesudah mendengar kabar bahwa sidang isbat untuk mencari hilal memakan ongkos sampai Rp9 miliar.

Kabar itu lantas menciptakan Deddy menetapkan mencari hilal sendiri dan membuktikan bahwa ibadah bukanlah sebuah ajang untuk memperkaya diri.

Hubungan ayah dan anak yang terjalin antara kedua pemain film tersebut sangatlah erat dengan kehidupan sehari-hari sehingga sangat sesuai dijadikan selaku pelajaran dalam membina hubugan ayah-anak.

Selain 2 film bernuansa Idul Fitri di atas ada juga film-film dengan tema religi dan keluarga yang mampu dijadikan tontonan bareng keluarga saat Lebaran. Berikut ini daftarnya.

3. My Name is Khan

My Name is Khan merupakan film Bollywood yang dibintangi oleh Shahrukh Khan dan juga Kajol. Film bernuansa religi dan keluarga ini sangat cocok dijadikan tontonan selama Idulfitri bersama keluarga karena menghadirkan nilai-nilai toleransi, keteguhan, dan juga kejujuran.

Film My Name is Khan bercerita wacana perjuangan seorang laki-laki muslim penderita Asperger Syndrome berjulukan Rizwan Khan yang berusaha berjumpa dengan Presiden Amerika Serikat (AS) guna menawarkan bahwa ia dan putranya bukan seorang teroris.

(Baca juga: 4 Kegiatan yang Bisa Dilakukan ketika Idulfitri jikalau Corona Belum Hilang)

Di dalam film diceritakan bahwa Rizwan Khan menikahi seorang wanita Hindu berjulukan Mandira yang telah memiliki anak laki-laki berjulukan Sameer atau Sam.

Singkat cerita Sam tewas alasannya dikeroyok oleh sobat-teman di sekolahnya. Mandira yang berduka menyalahkan Rizwan Khan atas ajal anak satu-satunya tersebut dan mengatakan bahwa anaknya akan tetap hidup jikalau tidak ada nama “Khan” di belakangnya.

Mandira pun menghalau Rizwan Khan dan dari situ perjalanan Rizwan Khan berkeliling AS untuk berjumpa Presiden AS dimulai. Dalam perjalanannya, Rizwan Khan banyak berjumpa orang yang kemudian membuat namanya terkenal di seluruh AS dan membuatnya berhasil melakukan misinya berjumpa dengan Presiden AS.

4. Emak Ingin Naik Haji

Film religi dan keluarga berikutnya yang bisa dirasakan ketika Idulfitri adalah Emak Ingin Naik Haji. Dibintangi oleh Reza Rahadian, film Emak Ingin Naik Haji sukses menguras air mata siapapun yang menontonnya.

Film ini menceritakan tentang upaya bakti seorang anak untuk menolong ibunya biar bisa melakukan ibadah haji. Reza yang dalam film dikisahkan bekerja serabutan tetap terus berupaya menghimpun rupiah demi rupiah supaya sang ibu bisa berangkat ke Tanah Suci Mekkah.

Keinginan yang berpengaruh ditambah jerih payah dan doa serta keteguhan membuat Reza akibatnya mampu memberangkatkan ibunya haji meskipun di mulanya penuh kesulitan dan juga rintangan.

Itu tadi beberapa nasehat film bernuansa Idulfitri dan religi yang mampu kau tonton bareng keluarga di tengah bulan bulan puasa ini. Menarik bukan?