0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Faedah Buah Kolang-Kaling Untuk Kesehatan, Banyak Khasiatnya!

Pada bulan bulan puasa ini kadang-kadang kita memperoleh buah kolang-kaling dalam aneka macam hidangan untuk berbuka puasa seperti pada kolak dan es buah.

manfaat buah kolang kaling

Teksturnya yang unik dan kenyal menciptakan buah ini cocok untuk melengkapi banyak sekali sajian sehingga bisa menambah kenikmatannya.

Tapi, siapa sangka kolang-kaling juga memiliki faedah untuk kesehatan, bukan hanya sebagai embel-embel sajian saja.

Buah yang berasal dari pohon enau ini memiliki kandungan gizi yang sungguh berfaedah bagi kesehatan badan. Kandungan mineralnya seperti protasium, iron, kalsium mampu menciptakan badan jadi segar dan mampu memperlancar metabolisme tubuh.

Kandungan gelatin serta vitamin A, B dan C-nya diketahui punya efek baik bagi badan manusia. Tingginya kandungan air yang terdapat dalam kolang kaling cukup tinggi, meraih 94 persen sehingga bisa memperlihatkan efek yang menyegarkan.

Kandungan nutrisi kolang-kaling

Kolang-kaling mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, antara lain:

Serat

Kolang-kaling mengandung serat pangan yang larut maupun tidak larut air. Serat dapat melancarkan pencernaan alasannya menolong mendorong pergerakan makanan di dalam usus. Hal ini membuat kolang-kaling baik dimakan untuk menangkal konstipasi atau sembelit dan menghemat kolesterol. Selain itu, serat juga dipercaya dapat “menurunkan risiko terkena” kanker kolorektal.

Kalsium

Dalam setiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium. Kalsium sendiri diperlukan badan untuk mempertahankan kesehatan tulang dan memperkuat tulang. Tidak cuma tulang, bab badan yang lain juga membutuhkan kalsium untuk dapat berfungsi dengan baik contohnya saraf, hati, dan otot. Karena tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh, maka penting untuk mendapatkan asupan kalsium dari kuliner, minuman, atau suplemen perhiasan.

Fosfor

Buah yang kecil dan kenyal ini ternyata juga mengandung fosfor yang baik untuk badan. Setidaknya terdapat 243 mg fosfor di dalam 100 gram kolang-kaling.

Manfaat fosfor sendiri antara lain memperkuat gigi dan tulang, menciptakan RNA dan DNA, memperbaiki dan mempertahankan sel, serta jaringan badan. Fosfor juga diharapkan badan untuk menggerakkan otot, menciptakan energi, dan menyimpannya. Bahkan, fosfor juga mampu menolong badan dalam mempertahankan keteraturan detak jantung dan fungsi saraf insan.

Zat besi

Manfaat kolang-kaling yang lain dipercaya didapat dari zat besi yang terkandung di dalamnya. Zat besi sendiri dapat memperlihatkan faedah untuk tubuh seperti oksigen ke seluruh badan dan membawa karbon dioksida ke luar dari darah, serta untuk mengatasi rasa lelah dan anemia defisiensi zat besi.

Selain itu, kolang-kaling juga mengandung gelatin yang cukup tinggi. “Gelatin” membuat perut lebih mudah kenyang dan meredakan nafsu makan, sehingga cocok bagi orang yang ingin menghemat berat badan. Gelatin juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan tulang dan sendi, sehingga bermanfaat bagi penderita osteoarthritis.

Selain kandungan nutrisi tersebut, kolang-kaling juga mempunyai berfaedah bagi kesehatan tubuh, antara lain:

Melancarkan pencernaan

Kandungan serat kasar di dalam kolang-kaling yang meraih 39% sangat bagus untuk dapat melancarkan pencernaan. Kandungan serat kolang kaling yang tinggi dan kandungan karbohidratnya yang tinggi membuat kolang-kaling lebih usang dikala dicerna di dalam perut sehingga mampu menekan nafsu makan dan menyimpan energi cukup usang.

Serat dari kolang-kaling yang masuk ke dalam badan juga membuat proses pembuangan air besar jadi terstruktur sehingga bisa menangkal kegemukan ataupun obesitas. 

Kolang-kaling lunak paling baik dijadikan sebagai masakan sumber serat sebab jenis kolang-kaling ini mengandung serat sebanyak 14,03%.

Asupan serat yang tinggi akan menolong dalam memperlancar pencernaan. Dengan ini, faedah kolang-kaling berpeluang mengurangi risiko kanker usus, membantu dalam menurunkan kadar kolesterol, dan menghalangi kegemukan.

Selain kadar serat tinggi, kolang-kaling muda juga mengandung pati sebanyak 74,58%. Hal ini membuat kolang-kaling muda cocok dijadikan alternatif untuk kuliner diet alasannya pati akan memberikan rasa kenyang dan meminimalisir nafsu makan.

Mencegah dehidrasi

Manfaat kolang kaling untuk kesehatan juga mampu mengobati sensasi panas dalam perut. Hal ini bersumber dari kandungan airnya yang banyak dapat sehingga sangat ampuh untuk menolong supaya tubuh tetap terhidrasi. Dengan manfaatnya tersebut tidak heran bila kolang kaling menjadi salah satu masakan favorit di bulan mulia. Buah ini bisa dikatakan mampu mengisi kembali mineral dan nutrisi yang hilang.

Sumber energi

Kolang-kaling juga bisa dijadikan selaku sumber energi. Buah ini juga dikenali mengandung karbohidrat selaku salah satu sumber energi untuk badan. Tak heran kalau Anda makan kolang-kaling dalam jumlah yang cukup akan menciptakan kenyang. Cocok untuk siapa pun yang menerapkan acuan diet sehat.

Mengatasi Radang Sendi

Penyakit radang sendi ini mampu menjadikan gejala sakit di bab lutut sehabis Anda berjalan beberapa menit atau disaat menaiki tangga. Kolang-kaling juga mampu dimanfaatkan menjadi obat untuk dapat meredakan radang sendi.

Cukup dengan cara merebus kolang-kaling tanpa menggunakan gula ataupun pewarna atau dijadikan sebagai manisan dengan menggunakan pelengkap gula batu dan daun pandan ataupun jahe.

Konsumsilah sekitar 100-200 gram kolang kaling sebagai kudapan tiap harinya. Kandungan 52,9 % karbohidrat galaktomannannya menunjukkan efek analgesik ataupun pereda sakit sehingga bisa meminimalisir rasa sakit di radang sendi.

Dua observasi di Indonesia memperoleh adanya kaitan yang signifikan antara tingkat nyeri penderita rematik (utamanya jenis osteoartritis) dengan konsumsi kolang-kaling. Ada perbedaan skala nyeri yang dicicipi sebelum mengonsumsi kolang-kaling dan sesudahnya.

Riset di kawasan Kumun, Jambi, nampaknya menguatkan hasil dua observasi sebelumnya. Pemberian kolang-kaling pada lansia penderita osteoartritis berdampak pada penurunan skala nyeri rematik yang dinikmati oleh penderita.

Rata-rata skala nyeri yang dialami penderita osteoartritis sebelum mengonsumsi kolang-kaling adalah 5,62. Setelah mengonsumsi buah ini, rata-rata skala nyeri rematik turun menjadi 3,31.

Diduga, kandungan senyawa galaktomanan dalam kolang-kaling mampu menunjukkan imbas analgesik (antinyeri), antiperadangan, dan mengurangi kaku (spasme) pada sendi, sehingga ganjalan nyeri pada penderita osteoartritis pun dapat berkurang.

Selain itu, kandungan kalsium yang tinggi dalam kolang-kaling juga sangat baik bagi kesehatan tulang dan sendi.

Menjaga keremajaan kulit dan otot

Kolang-kaling diketahui mengandung gelatin yang cukup mudah dicerna oleh badan Anda. Gelatin ini lalu akan diubah menjadi kolagen yang fungsinya untuk mempertahankan keremajaan kulit, otot, tulang, kuku dan rambut.

Menguatkan tulang

Banyak masyarakat sering mengkonsumsi susu selaku salah satu sumber kalsium mereka. Tapi susu juga mengandung kalori yang tinggi, sehingga dikhawatirkan menciptakan bobot badan jadi bertambah. Jika kegemukan terjadi, maka sendi akan semakin sakit, karena tulang Anda tidak berpengaruh lagi atau berat menyangga tubuh.

Mencegah osteoporosis

Di dalam setiap 100 gram kolang kaling mengandung sekitar 91 mg kalsium. Sementara dalam susu sapi murni, setiap 100 gramnya mengandung 125 mg kalsium. Tingginya kandungan kalsium pada kolang kaling ini bisa digunakan sebagai salah sumber kalsium alternatif yang bagus selain susu. Tentu saja hal ini membuat kolang kaling baik untuk menghalangi pengeroposan tulang atau osteoporosis.

(Baca Juga: Inilah Bahan Alami Untuk Membersihkan Paru Paru)

Kolang-kaling bisa dijadikan alternatif sumber kalsium bagi orang yang menderita intoleransi laktosa. Kondisi ini membuat badan penderita tidak bisa melerai laktosa, ialah ialah bentuk gula yang terdapat dalam susu dan produk olahannya.

Kandungan kalsium dalam kolang-kaling tidak jauh berlainan dari kandungan kalsium dalam susu sapi. Dari hasil observasi, tiap 100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium. Angka ini hanya beda sedikit dengan kalsium dalam susu sapi yang berkisar 125 mg per 100 gram.

Obat sakit gatal

Kolang-kaling ternyata juga mampu dipakai selaku obat gatal. Getah dari kolang kaling yang masih belum diproses sangat manjur untuk dipakai sebagai obat penyakit gatal-gatal. Ini ialah manfaat kolang kaling yang jarang dimengerti.

Makanan pembatasan makanan

Menurut sebuah penelitian, dalam 100 gr kolang kaling ini terkandung sekitar 0,69 gram protein, karbohidrat 4,0 gr, kadar bubuk sekitar 1 gram dan serat kasarnya 0,95 gram. Kadar air dalam kolang-kaling juga relatif tinggi, ialah mencapai 94%, sehingga kolang-kaling ini terasa segar dikala Anda konsumsi.

Kadar gelatinnya juga cukup tinggi sehingga punya faedah untuk menolong mempercepat rasa kenyang & mengurangi naf-su makan, sehingga sangat sesuai disantap sebagai jenis kuliner diet sehat.

Sumber vitamin yang baik

Kolang-kaling mempunyai kandungan vitamin yang dibutuhkan badan. Seperti vitamin A, B dan vit C. Vitamin A pastinya terbukti ampuh untuk mampu memperkuat penglihatan ataupun mata. Sedangkan vit B baik untuk kulit dan juga sel-sel yang lain di dalam tubuh. Untuk vitamin C tentu saja telah banyak yang tahu tentang khasiatnya, seperti mencegah sariawan, influenza, mempertahankan badan tetap fit dan sebagainya.

Mencegah Anemia

Selain baik untuk kesehatan kulit, faedah kolang kaling yang lain dapat menghalangi anemia. Hal ini tak lain alasannya adalah kandungan zat besi dalam kolang-kaling merupakan komponen dari hemoglobin, yang berguna menyuplai oksigen ke banyak sekali jaringan tubuh lewat sirkulasi darah. Jika zat besi dalam tubuh tercukupi, maka badan mampu mencegah terjadinya anemia.

Menyehatkan jantung

Siapa sangka khasiat kolang-kaling juga mampu menyehatkan jantung karena seratnya yang tinggi mampu menolong membersihkan pembuluh darah dari kolesterol, yang menyebabkan penyakit arterioclerosis, ini alasannya adalah terhalangnya metode kardiovaskular.

Sebagaimana sudah disebutkan di permulaan, selain sebagai sumber olahan sajian yang juga cocok untuk berbuka puasa, buah ini juga sungguh berfaedah bagi kesehatan badan bila dikonsumsi secara rutin, namun tidak berlebihan.

Itulah beberapa manfaat kolang kaling bagi kesehatanmu. Bagaimana? Jadi terpesona untuk lebih mempertahankan kesehatanmu? Dengan produk asuransi pilihan CekAja.com, kau dapat memilih asuransi kesehatan yang terbaik bagi kau dan keluargamu.