0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Di Rumah Aja Bikin Ekonomis Pengeluaran, Penting Buktinya!

Kondisi susah akhir pandemi Covid-19 telah dicicipi setiap orang. Tak dibantah, hukum pemerintah untuk tinggal di rumah aja mempunyai pengaruh pada banyak hal, khususnya duduk perkara keuangan. Namun, daripada kamu saluran-jalan masuk protes atau mengutuk kondisi, lebih baik mencari cara agar kamu tetap survive, salah satunya dengan mengganti mindset untuk lebih berhemat.

Di Rumah Aja Bikin Hemat Pengeluaran

Memang, dikala ini pengeluaran dan duit menjadi masalah bagi siapa saja. Tapi bila kau jeli, bergotong-royong ada hal yang mampu disyukuri dan ada banyak kesempatan serta kesempatan yang mampu kau kerjakan. Banyak kegiatan yang mampu dilaksanakan dikala kau berada di rumah dan ternyata tanpa disadari justru aktivitas kau itu bisa menciptakan kau lebih hemat.

Kaprikornus, daripada mengeluh mending manfaatkan waktu kau dengan melaksanakan hal-hal produktif di rumah. Mau tahu kegiatan apa saja sih yang bisa berguna serta bikin kau lebih hemat. Berikut klarifikasi dan ulasannya:

1. Masak daripada jajan

Bagi kau yang punya kebiasaan beli masakan di luar, mulai sekarang coba dikurangi. Demi pengeluaran lebih terkontrol dan berhemat selama era paceklik ini. Untuk sekali makan saja plus ongkos kirim, acap kali harus mengeluarkan uang hingga puluhan ribu. Lagipula kamu juga tak tahu bagaimana kuliner tersebut dimasak. Dengan kata lain, belum tentu terjamin gizi serta kebersihannya.

Tapi beda halnya dengan kamu belanja dan mengolah makanan sendiri, kau mampu lebih meminimalkan pengeluaran, terlebih jika kau belanja ke pasar tradisional. Dengan uang Rp50 ribu saja, kau telah bisa dapat beragam bahan makanan mirip 2 ikat sayur seharga Rp5 ribu. Sayur tersebut sangat mungkin diolah untuk dua kali makan. Bahan makanan seperti daging ayam 1 kg juga paling hanya Rp24 ribu. Sisanya, bisa kau belikan untuk bumbu. Lebih hemat, kan?

(Baca Juga: Sayangi Mobilmu! Selama Kebijakan PSBB, Hindari 5 Hal Ini)

2. Bikin minuman kekinian sendiri

Hal lain yang menciptakan di rumah aja lebih ekonomis pengeluaran, ialah dengan bikin minuman sendiri. Dengan materi-materi yang sudah tersedia atau kamu bisa membeli bahan-bahannya. Dengan kau membuatsendiri, kau mampu meminimalisir biaya angkutandan biaya bikinan, alasannya adalah dikerjakan serba sendiri tanpa harus membayar jasa orang lain. Makara tentu saja membuat minuman sendiri di rumah mampu menghemat pengeluaran kau.

Jenis minuman yang bisa kau bikin sendiri ialah mirip es kopi susu atau milkshake. Daripada kamu harus beli di luar atau delivery order, lebih baik membuatsendiri di rumah. Apalagi harga untuk segelas es kopi saja kini ini ada yang sampai Rp20 ribu/gelas. Padahal bila kamu beli materi-bahannya dan bikin sendiri tidak akan sampai membayar sebesar itu. Kamu mampu pilih kopi sachet lazimdan tinggal campur susu dan pakai es. Hanya dengan uang Rp5 ribu saja, kau udah bisa bikin es kopi yang tak kalah enaknya di rumah.

3. Nonton gak perlu ke bioskop

Siapa bilang di rumah aja minim hiburan? Buat yang kegemaran nonton, justru kau punya lebih banyak waktu untuk menonton film atau serial yang mungkin selama ini terpending sebab padatnya kegiatan sehari-hari. Cukup terusan media streaming digital mirip Netflix saja. Dengan langganan mulai Rp50 ribu, kau sudah bisa menikmati banyak sekali tayangan berkualitasnya. Kaprikornus tak perlu nonton di bioskop lagi, deh!

Coba hitung berapa pengeluaranmu ketika dahulu kamu minimal sebulan dua kali nonton ke bioskop. Tiketnya saja bila weekend termurah Rp50 ribu/orang, belum ditambah jajan popcorn dan minuman. Pastinya akan habis lebih dari Rp100 ribu. Kalau di rumah, kau mampu nonton gratis tanpa batas asalkan punya WiFi. Selain itu untuk camilan, tinggal buat sendiri dengan bahan-materi yang mudah didapat dan terjangkau harganya.

4. Bikin kudapan sendiri

Ketimbang jajan di luar mendingan kamu bikin camilan sendiri. Selain rasanya mampu kau sesuaikan dengan selera kau, kamu juga bisa lebih memperhatikan kesehatan dan kehigienisan makanan ringan kau itu. Beda halnya dengan membeli makanan ringan di luar yang belum pasti aman bagi kesehatan serta belum pasti memakai bahan-materi higienis. Mungkin olahan makanan tradisional mampu jadi opsi kudapan kau pada ketika di rumah aja.

Camilan yang bisa kamu olah yang murah meriah ialah diantaranya mirip bakwan, pisang goreng, cireng isi, gehu, molen. Selain materi-bahannya mudah didapatkan, kudapan ini salah satu sajian yang acap kali dikonsumsi oleh orang Indonesia. Misalnya, jika kamu ingin menciptakan bakwan, tinggal menggunakan sayuran dengan ditambah menggunakan tepung terigu.

5. Sayuran dari kebun rumah

Mungkin kau yang mempunyai halaman luas, atau lahan yang masih belum terpakai bisa kau manfaatkan untuk dijadikan kebun. Biasanya lahan kosong ini ada di belakang rumah kau. Kegiatan berkebun ini ialah salah satu kegiatan yang mengasyikan yang perlu kamu coba pada dikala kamu ada di rumah. Ada tanaman-flora yang cepat pertumbuhannya yang mampu kamu tanam dan cepat dipanen.

Lahan kosong atau halaman rumah yang tadinya ditanami bunga bisa kamu alih fungsikan dengan menanam sayuran seperti bayam, cabai atau kamu mampu bikin tanaman hidroponik seperti sawi dan tomat. Daripada kau mesti senantiasa berbelanja di pasar. Tak ada salahnya jika menanam sayuran sendiri di rumah. Dan kalau kau punya bahan makanan di rumah kau tak perlu lagi jauh-jauh ke pasar.

Terbukti, kan di rumah aja bikin hemat? Dalam keadaan serba sulit kini ini memang perlu inisiatif serta ikhtiar. Jika kau mampu menerapkannya 5 cara di atas, percayalah keuanganmu akan kondusif-aman saja hingga kala darurat Covid-19 berkahir.

Keuangan semakin menipis, jangan frustasi dahulu. Masih banyak jalan untuk mencukupi segala kebutuhanmu, meskipun paceklik terus mengancam. Selain terus berusaha mencari duit, ada pertolongan online dari UangTeman yang siap menolong. Caranya, olok-olokan melalui CekAja.com!