0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Dengan Ini, Caraku Ikut Membangun Potensi Yang Ada Dikota Kelahiranku

KNGInfo.com – Membangun potensi kota kelahiran tentu akan memberikan perasaan yang bangga terhadap diri sendiri. Tentu membangun potensi bisa dalam beberapa hal, baik itu melalui hal yang terlihat langsung ataupun hal yang tidak terlihat. Hal terlihat disini maksudnya dengan membangun sebuah tempat wisata dan yang lainnya yang nantinya akan menambah pemasukan daerah. Dan tentu juga membuka lowongan pekerjaan baru bagi warga yang berada diarea tersebut.

Sedangkan hal yang tak terlihat inilah yang sedang saya geluti sudah hampir dua tahun. Maksud tak terlihat disini yakni dengan cara ikut menyebarluaskan potensi-potensi yang ada di wilayah Kabupaten Kuningan. Cara menyebarluaskannya melalui media website ataupun blog (dunia maya). Terlebih lagi memang pengguna internet di Indonesia terus mengalami peningkatan. Tentu ini merupakan hal yang baik membangun potensi melalui penyebaran informasi potensi yang ada di website yang saya miliki.

Website KNGInfo ini memang saya bangun dengan tujuan untuk ikut membangun kota kelahiran saya, yakni Kabupaten Kuningan. Membangun dalam hal menyebarluaskan informasi potensi-potensi yang ada di Kabupaten Kuningan. Baik berupa potensi tempat wisata, hotel, kuliner, transportasi dan berbagai hal lainnya yang terkait dengan Kabupaten Kuningan.

Sebelum membahas lebih lanjut terkait website yang saya bangun ini. Saya sendiri akan menceritakan awal mula saya bisa terjun menjadi seorang blogger ataupun narablog.

 

Awal Mula Terjun dan Mengenal Dunia Blogger

Ceritanya memang cukup unik, jika mengenang bagaimana awal mulanya saya bisa terjun dan mengenal dunia blogger. Ketika itu, tahun 2016 saya sedang bermain dirumah teman saya dan menemukan secarik resi western union dari Google Adsense. Lantas saya bertanya, bro ini kertas beneran dari google ? Lumayan ini $1000 bisa buat jalan-jalan dan makan-makan.

Dia malah tertawa, dan bilang kalau mau saya juga bisa sepertinya. Caranya dengan membuat sebuah blog dan membuat konten yang menarik lantas mendaftarkannya ke Google Adsense. Hanya itu wejangan yang dia berikan kepada saya waktu itu.

Sepulang dari rumah teman saya itu, lantas saya mulai mencari-cari informasi bagaimana membuat sebuah blog dan menghasilkan uang dari blog tersebut. Setelah mendapatkan semua informasi yang saya butuhkan, baik awal mula membangun sebuah blog, cara mengatur meta deskripsi blog dan SEO sebuah blog. Akhirnya saya memutuskan untuk membuat sebuah blog dengan nama RIZALGASPOLcom.

Blog tersebut memang cenderung berisi konten-konten keseharian saya dan kadang membahas hal yang tidak perlu. Setelah berjalan kurang lebih setahun dan menghasilkan lebih dari 500 artikel, namun tak kunjung mendapatkan hasil yang saya inginkan. Seperti halnya hasil yang diperoleh teman saya, akhirnya mindset saya berubah. Tidak mengutamakan pendapatan melalui google adsense, namun lebih kepada memberikan informasi yang bermanfaat kepada khalayak umum.

Ditahun 2017 blog pertama saya yakni RIZALGASPOLcom saya hapus dan tidak diurus lagi. Dan seketika itu, saya berpikir kenapa tidak membuat blog atau website yang membahas kota kelahiran saya. Toh informasi mengenai Kabupaten Kuningan saya yakin akan banyak yang mencarinya. Terutama warga kuningannya sendiri, baik itu perihal tempat wisata, kuliner, jadwal samsat keliling dan hal lainnya.

Pada akhirnya, tepat tanggal 2 Juni 2017 saya secara resmi meluncurkan website KNGInfocom. Website ini saya isi mengenai informasi seputar tempat wisata, kuliner, hotel, kependudukan, transportasi, hotel dan hal lainnya seputar kabupaten kuningan. Terkadang saya juga menulis mengenai acara ataupun undangan pihak lain kepada website KNGInfo untuk melakukan peliputan.

Awal berdirinya KNGInfo ini ibarat sebuah mimpi bagi saya sendiri. Bagaimana tidak, beberapa bulan pertama website yang saya bangun ini terlihat sepi. Jika dilihat dari statistik kunjungan dari laman dashboard wordpress ataupun google analytics. Namun hal tersebut tidak membuat saya patah arang, karena saya yakin keberlangsungan website ini kedepannya akan semakin cerah.

Terlebih lagi memang pengguna internet dikabupaten kuninganpun cukup banyak. Bukan tak mungkin akan banyak yang menggali informasi terkait kabupaten kuningan melalui smartphone yang dimilikinya.

Kini usia dari website KNGInfo sudah hampir menginjak 2 tahun. Banyak suka duka yang saya alami ketika membangun dan mengembangkan website saya ini. Hal ini saya lakukan guna ikut memberikan sumbangsih kepada kota kelahiran saya yakni Kabupaten Kuningan. Melalui media yang berbeda yakni dengan selalu menyajikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Kuningan dan sekitarnya di website ini.

Hal yang paling saya ingat tentu dengan semakin banyaknya masyarakat kabupaten kuningan dan sekitarnya yang mengetahui keberadaan website saya ini. Saya sendiri selain eksis di website KNGInfo ini, akun media sosial KNGInfo juga banyak yang sudah mengetahui dan mengaksesnya. Seperti media sosial Instagram, Facebook ataupun Twitter yang seolah menjadi jembatan sillaturrahmi bagi masyarakat Kabupaten Kuningan. Yang memiliki tagline “Hirup Akur Sauyunan”.

Tentu hal tersebut saya anggap sebagai apresiasi terhadap kehadiran dari website KNGInfo ini. Terlebih lagi saat ini, semakin banyak yang mengenal website KNGInfo dan memasang sticker KNGInfo dibeberapa kendaraan bermotor. Bahkan selain sudah bertebaran sticker, banyak masyarakat Kabupaten Kuningan yang bertanya melalui sosial media KNGINFO perihal t-shirt dan hal lainnya yang berbau KNGINFO.

Tentu saja itu menjadi kebanggan tersendiri bagi saya, meskipun memang semua itu butuh proses dan juga planning terlebih dahulu. Karena memang membuat sebuah t-shirt dan lainnya membutuhkan modal terlebih dahulu agar kedepannya bisa berjalan dengan baik.

Bangga Menjadi Narablog Di Era Digital

Jika ada yang bertanya kepada saya, perihal bangga tidaknya menjadi seorang Narablog ? Jelas akan langsung saya jawab sangat bangga sekali. Meskipun memang pada awal saya terjun ke dunia blogger ini tidak seserius seperti saat ini. Tapi seiring berjalannya waktu, justru menjadi seorang narablog memberikan kesan tersendiri bagi saya. Diluar dari pendapatan yang saya dapatkan didalam menjadi seorang narablog.

Saat ini, konten yang sudah tercipta sejak berdirinya website KNGInfo ini sudah lebih dari 700 konten. Yang terdiri dari beberapa kategori baik itu kategori tempat wisata, hotel, transportasi, kuliner dan kategori lainnya. Itu semua saya sendiri yang menulis, karena memang saya mengembangkan website ini seorang diri. Dan akan terus saya lakukan jika memang saya sendiri merasa masih mampu untuk terus memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat kabupaten kuningan dan sekitarnya melalui website ini.

Di era digital seperti saat ini, jelas penyebaran informasi didunia maya begitu cepat. Baik itu informasi yang sesuai fakta ataupun selebaran informasi hoax (tidak benar) yang akhir-akhir ini sering terjadi. Peran kita sebagai narablog diera digital ini tentu sangat vital. Kita harus bisa menyebarluaskan berbagai macam informasi yang sifatnya fakta dan kita juga harus bisa memerangi beberapa berita ataupun informasi yang sifatnya hoax. Yang bersifat memecah belah masyarakat.

Saya sendiri ingin sekali terus memberikan informasi yang terupdate terutama informasi seputar Kabupaten Kuningan. Disamping itu, saya juga ingin ikut andil dalam hal memerangi berbagai macam berita ataupun informasi yang sifatnya hoax (bohong). Yang disebarluaskan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan hanya ingin memecah belah bangsa indonesia.

Oleh karena itu, saya akan selalu mengajak rekan-rekan narablog ataupun blogger untuk terus ikut terlibat dalam penyebaran informasi yang bermanfaat. Jangan mau ikut-ikutan menyebarkan beberapa informasi ataupun berita bohong hanya karena tergiur dengan iming-iming imbalan yang ditawarkan. Maaf, karena menurut saya pribadi perihal rezeki kita tidak perlu khawatir toh sudah ada yang mengaturnya. Kita tinggal menjalaninya saja dan melakukan hal terbaik dalam hidup kita.

Resolusi Yang Akan Saya Lakukan Terhadap KNGINFO di Tahun 2019

Berbicara perihal resolusi ataupun perubahan apa yang akan saya lakukan untuk KNGINFO. Banyak sekali keinginan saya yang tentu ingin saya wujudkan. Yang pertama tentu saya ingin mendirikan sebuah CV, dimana nanti kantornya akan saya bangun berdekatan dengan rumah saya sendiri. Nantinya CV tersebut akan bergerak dibidang internet marketing.

Tapi tidak melupakan tujuan awal berdirinya website ini yakni untuk memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat kabupaten kuningan dan sekitarnya. Meskipun memang terlihat nyeleneh, tapi saya yakni jika dibangun menjadi sebuah CV, KNGINFO ini kedepannya akan semakin maju dan berkembang.

Jika sudah demikian, maka mau tidak mau saya harus merekrut beberapa orang untuk bekerja dengan saya. Bekerja memajukan CV KNGINFO menjadi lebih baik lagi, terutama dalam hal memberikan informasi-informasi yang bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Kuningan dan sekitarnya.

Selain membuat KNGINFO menjadi sebuah CV, resolusi lainnya yang ingin saya capai tentu memiliki banyak klien yang akan bekerjasama dengan KNGINFO. Kerjasamanya bisa berbagai macam, baik kerjasama dalam hal penyelenggaraan event sebagai media partner, kerjasama iklan ataupun kerjasama lainnya.

Setelah itu, langkah selanjutnya tentu saja dengan terus menerus dan berupaya keras memberikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Kuningan dan sekitarnya. Karena bagaimanapun, kesan informasi yang bermanfaat inilah yang justru nantinya akan membuat visitor website KNGINFO akan kembali lagi dan betah berlama-lama berada dihalaman website ini.

Saya sendiri selalu berdoa, semoga resolusi yang saya inginkan untuk keberlangsungan website KNGINFO ini bisa sesegera mungkin tercapai. Mungkin saya akan menjadi orang yang sangat bahagia jika resolusi tersebut bisa benar-benar tercapai ditahun 2019 ini.

Sebagai penutup dalam tulisan saya kali ini, mari kita ikut membangun potensi daerah kelahiran kita. Tidak perlu yang terlihat, justru yang tak terlihat akan membuat masyarakat bertanya-tanya. Siapa yang membantu menyebarluaskan informasi-informasi yang bermanfaat tentang Kabupaten Kuningan (bagi saya) dan sekitarnya. Selain itu kita juga harus berbangga diri menjadi seorang narablog diera digital ini. Karena dengan ikut menyebarluaskan informasi-informasi bermanfaat sama halnya kita sudah menjadi orang yang baik. Itu menurut versi saya sendiri tentunya.

Jika saya sendiri saja bisa mengembangkan dan terus menerus memberikan informasi yang bermanfaat. Tentu anda juga bisa seperti saya atau mungkin bisa lebih dari apa yang saya berikan terhadap penyebaran informasi yang bermanfaat bagi kota kelahiran saya.

Saya yakin, jika semua narablog ikut berperan aktif dalam penyebaran informasi yang bermanfaat. Bukan tak mungkin informasi-informasi yang disebarluaskan dengan tujuan memecah belah kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia. Perlahan akan dikalahkan dengan ribuan konten positif yang kita sebarluaskan dimasing-masing blog ataupun website yang kita miliki.