0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Dapatkah Virus Corona Menular Ke Kucing Atau Anjing?

Dapatkah virus corona menular ke kucing atau anjing? Pertanyaan mirip itu tentu saja akan sering keluar di dalam benakmu, utamanya yang memiliki hewan peliharaan di rumah.

virus corona ke kucing dan anjing

Merebaknya pandemi corona yang sudah menyebar ke hampir seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia, memang membuat siapapun diharuskan untuk lebih waspada tentang berbagai hal.

Tidak hanya berhati-hati dikala melaksanakan kegiatan di luar rumah, melainkan juga harus waspada ketika melakukan kontak fisik dengan anggota keluarga di rumah.

Nah, hal inilah yang menciptakan banyak orang pemilik binatang peliharaan yang mengajukan pertanyaan, dapatkah virus corona menular ke kucing atau anjing?

Dilansir dari bunyi.com yang mengutip dari Abc News, Departemen Pertanian, Perikanan dan Konservasi (AFCD) di Hongkong mengungkapkan bahwa sampel dari rongga hidung dan ekspresi anjing tidak gampang terinfeksi virus corona Covid-19.

(Baca Juga: Hal yang Harus Dipersiapkan dikala Isolasi Diri di Rumah)

Akan tetapi, gres-baru ini dikabarkan bahwa terdapat seekor anjing yang tertular virus corona yang diidap oleh sang pemilik, yang mana ini juga menjadi kasus pertama yang terjadi semenjak kemunculan dari Covid-19.

Tanpa mengambarkan gejala, anjing ini pun sempat dikarantina sembari lewat banyak sekali rangkaian uji medis sampai memperlihatkan hasil yang valid.

Melihat perkara satu ini, tentu saja banyak diantara kau pemilik binatang peliharaan, khususnya anjing dan kucing, yang mulai cemas.

Maka dari itu, di dalam peluang kali ini kita akan membahas sekaligus menjawab pertanyaan wacana “Dapatkah virus corona menular ke kucing atau anjing?” Yuk disimak gotong royong.

Fakta-fakta Penularan Virus Corona pada Kucing dan Anjing

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan AFCD menyampaikan bahwa untuk ketika ini tidak ada bukti yang besar lengan berkuasa bahwa hewan peliharaan seperti kucing dan anjing bisa terinfeksi oleh virus corona Covid-19.

Hal tersebut dikarenakan, walaupun Covid-19 memang terbukti bisa hidup berjam-jam di permukaan benda mati, namun peneliti belum percaya apakah virus satu ini juga dapat bertahan dengan cara yang sama pada binatang.

Sejauh ini, diungkapkan bahwa anjing dan kucing tidak lebih berisiko mampu menularkan virus corona dibandingan benda mati, mirip gagang pintu, meja kerja, lift, dan lainnya.

Bahkan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat menekankan bahwa penyebaran virus corona pada insan dapat dilakukan lewat tetesan cairan pernapasan orang yang terinfeksi.

Pada dasarnya, virus corona merupakan salah satu virus yang ditemukan pertama kali pada binatang, yang mana virus ini juga terbagi ke dalam empat sub-kelompok utama, adalah Alfa, Beta, Gama, dan Delta. Selama ini, virus Corona yang menular dari hewan ke insan yakni jenis Alfa dan Beta.

Dilansir dari CNN Indonesia yang mengutip dari situs resmi World Small Animal Veterinary Association (WSAVA), binatang peliharan mirip kucing dan anjing memang mampu terinfeksi oleh virus Corona, namun bukanlah virus yang berawal dari Wuhan, Cina.

Mereka dapat tertular oleh virus Corona jenis Alfa. Sementara virus yang datang dari Wuhan merupakan virus jenis Beta.

Jelas kedua hal tersebut berbeda dan tidak ada hubungannya satu sama lain. Virus Corona yang terjadi pada anjing dan kucing tidak mengakibatkan problem pernapasan.

Selain itu, Center for Disease Control and Prevention (CDC) juga mengungkapkan bahwa cara utama penyebaran dari Covid-19 yaitu melalui penularan dari orang ke orang, baik itu melalui kontak akrab, kontak bersahabat, ataupun dari tetesan air liur orang yang terinfeksi.

Dapatkah Virus Corona Menular ke Kucing atau Anjing?

Jadi, dapatkah virus Corona menular ke kucing atau anjing? Masih dikutip dari CNN Indonesia, terdapat beberapa fakta tentang penularan virus corona pada hewan peliharaan yang mungkin perlu kau ketahui, diantaranya ialah:

1. Apakah orang terinfeksi boleh kontak dengan binatang peliharaan?

Jika kau telah aktual terinfeksi oleh virus corona Covid-19, maka alangkah baiknya jika kamu tidak berkontak apalagi dahulu dengan hewan peliharaan.

Beberapa hal yang harus dikesampingkan yakni mengelus, memeluk, mencium, menjilat, sampai membuatkan makanan.

Bahkan CDC itu sendiri mengusulkan bahwa jika memungkinkan, alangkah lebih baiknya kalau kamu meminta tolong pada tetangga atau kerabat untuk menolong dalam mengelola hewan peliharaan selama kau menjalankan kurun perawatan.

2. Jika hewan peliharaan melaksanakan kontak dengan orang terinfeksi, bisakah mereka mengembangkan virus terhadap orang lain?

Hingga saat ini, belum ditemukan adanya bukti yang menerangkan bahwa binatang peliharaan mampu terinfeksi atau berbagi virus corona pada insan.

Meskipun demikian, WHO menyarankan agar kamu tetap mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air ataupun dengan memakai hand sanitizer sehabis melaksanakan kontak dengan binatang peliharaan.

Karena diungkapkan bahwa hal ini mampu melindungi kamu dari sederet basil umum mirip E.coli dan Salmonella yang dapat ditularkan dari hewan ke insan.

3. Apa yang harus kamu kerjakan kalau binatang peliharaan mengambarkan gejala setelah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi virus Corona?

Jadi, dapatkah virus Corona menular ke kucing atau Anjing? Nah, mirip yang telah sempat diterangkan sebelumnya bahwa belum ada bukti berpengaruh yang menerangkan binatang dapat terinfeksi virus Corona.

Namun, jika binatang peliharaan kau pertanda tanda-tanda-tanda-tanda yang mendekati virus, alangkah baiknya apabila langsung diperiksakan ke klinik untuk menentukan.

Dalam menghadapi virus corona Covid-19 yang tengah mewabah saat ini, memang mempertahankan kebersihan merupakan salah satu hal yang wajib untuk dilaksanakan, tergolong ketika sehabis melakukan kontak dengan hewan peliharaan.

(Baca Juga: Cara Membuat Disinfektan Sendiri)

Jika kamu bertanya, dapatkah virus Corona menular ke kucing atau anjing? Jawabannya adalah tidak, alasannya adalah belum ditemukannya hasil penelitian yang kuat perihal hal tersebut.

Meski begitu, jauh lebih baiknya jikalau kamu selalu mencuci tangan dengan sabun setelah melaksanakan kontak dengan hewan peliharaan di rumah.

Ingin melindungi diri dan keluarga tercinta dari virus Corona yang tengah mewabah? Yuk secepatnya ejekan saja asuransi kesehatanmu di CekAja.com.