0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Daftar Universitas Swasta Terbaik Di Jakarta Dan Biaya Masuknya

Memilih universitas swasta sebagai tempat menuntut ilmu bukanlah sebuah hal yang memalukan. Pasalnya, sudah begitu banyak universitas swasta terbaik di Jakarta yang tak kalah unggul ketimbang universitas negeri. Nah, bagi kau yang gres saja lulus Sekolah Menengan Atas, berikut CekAja rangkum gugusan universitas swasta terbaik di Jakarta dan ongkos masuknya.

Daftar Universitas Swasta Terbaik di Jakarta dan Biaya Masuknya

Dilansir dari laman Kompas.com, Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) sudah merilis klasterisasi perguruan tinggi tinggi di Indonesia pada Agustus 2019 lalu. Tujuannya sendiri untuk mendorong sekolah tinggi tinggi Indonesia semakin maju dan masuk dalam jajaran world class university.

Selain itu, berdasarkan Menteri Ristekdikti, Mohammad Nasir, sesudah menginformasikan klasterisasi sekolah tinggi tinggi, pihaknya dapat melaksanakan pemetaan yang memiliki kegunaan untuk menciptakan kebijakan di masing-masing sekolah tinggi tinggi tersebut, semoga mampu mewujudkan suatu sekolah tinggi tinggi yang bermutu.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di Universitas Sam Ratulangi Bidang Saintek dan Soshum)

Indikator Penilaian Pemeringkatan Perguruan Tinggi

Untuk tahun 2019, indikator evaluasi pemeringkatan akademi tinggi berkonsentrasi pada penilaian berbasis output-outcome base, diantaranya yakni:

  • Kinerja Input dengan takaran evaluasi 15 persen: Dosen pendidikan S3, dosen guru besar, jumlah mahasiswa dan dosen, serta jumlah mahasiswa ajaib dan dosen gila.
  • Proses dengan takaran penilaian 25 persen: Akreditasi PT dan prodi, kerja sama universitas, pembelajaran daring, serta kelengkapan laporan dan laporan keuangan.
  • Kinerja output dengan porsi penilaian 25 persen: Kinerja observasi dan mahasiswa, jumlah postingan ilmiah terindeks per dosen, dan jumlah prodi terakreditasi internasional.
  • Outcome dengan takaran evaluasi 35 persen: Jumlah mahasiswa diterima melakukan pekerjaan dalam 6 bulan, kinerja penemuan, jumlah sitasi per dosen, kinerja dedikasi penduduk , serta jumlah paten per dosen.

Dari hasil evaluasi ini, terdapat sejumlah universitas swasta terbaik di Jakarta yang unggul dan banyak diincar oleh kandidat mahasiswa. Dan berikut daftarnya telah dirangkum CekAja beserta ongkos masuk di universitas-universitas swasta tersebut.

Daftar Universitas Swasta Terbaik di Jakarta dan Biaya Masuknya

1. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara - Daftar Universitas Swasta Terbaik di Jakarta dan Biaya Masuknya

Website: https://binus.ac.id/

Biaya Masuk: Mulai dari Rp17 Juta

Biaya Kuliah hingga Akhir Semester: Mulai dari Rp100 Juta

Disebut sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta, Universitas Bina Nusantara atau umumdisebut BINUS ini, masuk dalam jajaran klaster 2 menurut pemeringkatan akademi tinggi 2019 versi Kemenristekdikti.

Universitas yang berlokasi utama di Jalan KH. Syahdan No. 9 Kemanggisan, Palmerah dan Jalan Kebon Jeruk Raya No. 27, Jakarta Barat ini memiliki kredibilitas baik yang diakui secara nasional.

Tak cuma itu, gedung-gedung kampus yang glamor ditambah fasilitasnya memadai menciptakan BINUS disebut sebagai tempatnya orang-orang bergengsi menuntut ilmu. Maka jangan heran, jikalau ongkos masuk yang disajikan kampus ini pun rata-rata diatas Rp100 juta.

Setidaknya terdapat 7 fakultas yang mampu kau pilih untuk acara kuliah satu gelar, mulai dari Fakultas Ekonomi dan Komunikasi, Fakultas Teknik, Fakultas Humaniora, Sekolah Desain, Sekolah Teknik Informatika, Sekolah Sistem Informasi, serta Sekolah Bisnis dan Manajemen.

2. Universitas Nasrani Indonesia Atma Jaya

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - Daftar Universitas Swasta Terbaik di Jakarta dan Biaya Masuknya

Website: https://atmajaya.ac.id/web/

Biaya Masuk: Mulai dari Rp11,5 Juta

Biaya Kuliah sampai Akhir Semester: Mulai dari Rp50,5 Juta

Pada Asia University Rankings 2018, Universitas Nasrani Indonesia Atma Jaya berhasil menempati rangking 351 untuk wilayah Asia Tenggara berdasarkan data Quacquarelli Symonds. Namun menurut data 4icu Uni Rank, universitas swasta terbaik di Jakarta ini menempati ranking ke-90 untuk klasifikasi country rank.

Di Unika Atma Jaya, terdapat 3 acara pendidikan yang mampu kau pilih, di antaranya adalah Program Sarjana, Magister, dan Program Doktor. Ketiganya sendiri dilengkapi fasilitas memadai untuk menunjang masa perkuliahan.

Khusus Program Sarjana, setidaknya ada 8 fakultas opsi dengan tenaga pengajar yang bermutu, mulai dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Imu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi, Fakultas Pendidikan dan Bahasa, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Fakultas Teknobiologi, serta Fakultas Psikologi.

Lokasinya sendiri berada di 3 kawasan, yaitu Kampus Semanggi di Jalan Jenderal Sudirman 51-Jakarta, Kampus Pluit (Fakultas Kedokteran) di Jalan Pluit Raya 2-Jakarta, dan Kampus BSD di Jalan Raya Cisauk-Tangerang.

(Baca Juga: Jurusan Paling Favorit di UNJ Bidang Saintek dan Soshum)

3. Universitas Tarumanagara

Universitas Tarumanagara - Daftar Universitas Swasta Terbaik di Jakarta dan Biaya Masuknya

Website: http://untar.ac.id/

Biaya Masuk: Mulai dari Rp12,4 Juta

Biaya Kuliah hingga Akhir Semester: Mulai dari Rp96 Juta

Tidak cuma dijuluki kampus tertua, nama Universitas Tarumanagara sendiri juga masuk dalam jajaran universitas swasta terbaik di Jakarta versi Kemenristekdikti.

Dengan capaian akreditasi A, universitas yang berada di Jalan Letjen S. Parman No. 1 Jakarta Barat ini setidaknya memiliki 8 fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Fakultas Teknologi Informasi, dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

Selain unggul dari sisi fakultas, UNTAR juga mempunyai segudang prestasi yang dicetak oleh para mahasiswa dan mahasiswinya, beberapa diantaranya seperti Juara 1 Super Rap Battle Kaskus HobbyGround, Juara 2 The 15th Perbanas Marketing Debate Competition 2019, dan Juara 1 Desain Stasiun Ramah Difabel Satu Ruang Annual Competition and Exhibition 2019.

4. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti - Daftar Universitas Swasta Terbaik di Jakarta dan Biaya Masuknya

Website: http://pmbinfo.trisakti.ac.id/

Biaya Masuk: Mulai dari Rp31 Juta

Biaya Kuliah sampai Akhir Semester: Mulai dari Rp135 Juta

Siapa yang tak kenal dengan Universitas Trisakti? Universitas yang pernah menjadi saksi bisu peristiwa 12 Mei 1998 ini diketahui selaku kampus satria reformasi yang sudah mencetak banyak alumni besar di Indonesia, mirip Basuki Tjahaja Purnama, Adhyaksa Dault, dan Yenny Wahid.

Universitas Trisakti merupakan satu-satunya kampus swasta yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia pada 29 November 1965. Berlokasi di Jalan Kyai Tapa No. 1 Grogol, Jakarta Barat, Trisakti menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Jakarta dan ongkos masuknya pun masih tergolong tolok ukur sekitar Rp100 juta lebih untuk lulus sampai 8 semester.

Kampus ini memiliki 9 fakultas yang tersebar di dua gedung berlainan, ialah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan, Fakultas Teknologi Kebumian dan Energi, serta Fakultas Seni Rupa dan Desain.

5. Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana - Daftar Universitas Swasta Terbaik di Jakarta dan Biaya Masuknya

Website: https://www.mercubuana.ac.id/id

Biaya Masuk: Mulai dari Rp6,5 Juta

Biaya Kuliah hingga Akhir Semester: Mulai dari Rp70 Juta

Terakhir, universitas swasta terbaik di Jakarta adalah Universitas Mercu Buana. Lokasi dari universitas ini tersebar di beberapa daerah di Jakarta, seperti tempat Meruya (kampus utama), Menteng (kampus B), Depok (kampus C), dan kampus D terletak di tempat Bekasi.

Menurut pemeringkatan Webometrics 2019, Universitas Mercu Buana menempati peringkat ke-25 dalam daftar 100 sekolah tinggi tinggi terbaik di Indonesia.

Jika kau ingin melanjutkan pendidikan di universitas ini, setidaknya ada 13 jurusan yang bisa kamu pilih. Mulai dari Ilmu Komunikasi, Arsitektur, Psikologi, Manajemen, Akuntansi, Teknik Sipil, Teknik Industri, Teknik Mesin, Sistem Informasi, hingga Teknik Informatika.

Itulah kelima universitas swasta terbaik di Jakarta dan ongkos masuknya. Untuk memperbesar dana pendidikan semoga periode perkuliahanmu mampu dituntaskan hingga semester tamat, kamu mampu mengajukan bantuan dana tunai tanpa agunan alias KTA melalui CekAja.com. Di sini, pengajuannya dijalankan secara online dengan proses cepat dan cicilan ringan serta bunga rendah. Bagaimana menarik bukan?