0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Daftar Stasiun Radio Terbaik Di Jakarta Favorit Milenial, Apa Saja?

Pada dasarnya, daftar stasiun radio terbaik di Jakarta hingga dikala ini sungguh banyak. Hanya saja, sebagian besar orang mungkin cuma mengenali beberapa stasiun radio ternama di Jakarta, mirip Prambors Radio, Bahana FM dan Female Radio.

Padahal, selain radio-radio tersebut, masih ada berbagai stasiun radio terbaik di Jakarta, yang juga menyuguhkan acara-acara mempesona dan unik.

Beberapa di antaranya, yaitu radio-radio dangdut atau ibu dan anak. Namun sayangnya, kedua jenis radio itu lazimnya mempunyai pendengar yang lebih sedikit dibandingkan radio anak muda.

Nah, bertepatan dengan Hari Radio Republik Indonesia, yang diperingati pada hari ini (11/9), CekAja.com akan memperlihatkan beberapa isu terkait radio, beserta daftar stasiun radio terbaik di Jakarta.

Adapun daftar stasiun radio terbaik di Jakarta yang akan diulas nantinya, ialah stasiun radio terkemuka yang menjadi favorit penduduk Indonesia. Penasaran apa saja? Yuk, simak ulasannya tolong-menolong!

Sejarah Lahirnya Radio Republik Indonesia

Dalam rangka memperingati Hari Radio Republik Indonesia, sebaiknya kau mengenali sejarah lahirnya Radio Republik Indonesia apalagi dahulu, sebelum mengetahui daftar stasiun radio terbaik di Jakarta.

Sejatinya, Radio Republik Indonesia atau yang seringkali disebut dengan RRI, ialah radio yang diresmikan pada 11 September 1945, tepatnya yaitu sekitar satu bulan sehabis dihentikannya radio milik pemerintah Jepang, Hoso Kyoku pada 19 Agustus 1945.

Didirikannya RRI pada ketika itu, karena pasca kemerdekaan, Indonesia tidak memiliki media penyebaran gosip apapun. Padahal, dikala itu Indonesia sedang berada dalam suasana yang membingungkan.

Bagaimana tidak, radio-radio mancanegara era itu menawarkan kabar, bahwa pasukan Sekutu akan menduduki daerah Jawa dan Sumatera, sehabis sukses mengalahkan Jepang di Perang Asia Timur Raya, yang ialah bagian dari rangkaian Perang Dunia Kedua.

Karena hal tersebut, risikonya beberapa warga Indonesia yang pada masa penjajahan Jepang pernah bekerja di radio, menyadari bahwa eksistensi dan peran radio sangat penting, utamanya sebagai media berita.

Delapan orang warga Indonesia, yang terdiri dari Abdulrahman Saleh, Soehardi, Soemarmadi, Soetarji Hardjolukita, Adang Kadarusman, Harto, Maladi dan Sudomomarto yang sebelumnya pernah bergabung di Radio Hoso Kyoku pun, mengadakan pertemuan dengan pemerintah Indonesia di Jakarta.

Delapan orang utusan radio tersebut, tiba ke Jakarta dan berkumpul di bekas Gedung Raad van Indie Pejambon pada pukul 17.00 WIB.

Sebagai ketua delegasi, Abdulrahman Saleh di situ menguraikan inti rencana mengapa mereka tiba ke Jakarta dan melaksanakan pertemuan, yang salah satunya yaitu meminta pemerintah Indonesia, untuk memakai radio sebagai alat komunikasi dengan rakyat.

Hal ini dikerjakan, mengingat Sekutu akan mendarat di Jakarta pada simpulan September 1945. Pemilihan radio selaku alat komunikasi pun, alasannya adalah radio memiliki jaringan yang tidak gampang terputus dan lebih cepat.

(Baca Juga: Evolusi Industri Radio)

Dengan meminta pemerintah untuk menggunakan radio selaku alat komunikasi, utusan radio juga menyarankan pemerintah Indonesia semoga meminta izin kepada otoritas Jepang yang ada di Jakarta, untuk memakai perlengkapan Radio Hoso Kyoku.

Namun sayangnya, beberapa petinggi negara merasa keberatan dengan permintaan dan saran yang diberikan delegasi.

Hal tersebut dikarenakan, alat-alat milik Jepang, termasuk perlengkapan Radio Hoso Kyoku telah tercatat sebagai barang inventaris milik Sekutu.

Meski begitu, namun delapan utusan radio tersebut tetap gigih dan bersikukuh, untuk mendirikan radio sebagai alat komunikasi dengan rakyat, dan mengambil jalan tengah.

Tetapi, dari konferensi yang dilaksanakan delapan utusan radio dengan pemerintah Indonesia, ada beberapa keputusan yang disarankan kepada pemerintah, tiga di antaranya yakni:

  • Dibentuknya Persatuan Radio Republik Indonesia, yang mau melanjutkan aktivitas penyiaran di delapan stasiun radio di Jawa
  • Memberikan RRI terhadap Presiden Soekarno, selaku media atau alat komunikasi dengan rakyat
  • Merekomendasikan agar kekerabatan antara pemerintah dan RRI, dikerjakan lewat Abdulrahman Saleh

Ketiga nasehat tersebut pun diterima dan disanggupi oleh pemerintah Indonesia, walaupun tetap ada beberapa hal yang masih diragukan.

Setelah itu, delapan delegasi tersebut kembali melaksanakan rapat di rumah Adang Kadarusman, pada pukul 24.00 WIB.

Pada rapat tersebut, ditemukan keputusan bahwa RRI secara resmi akan didirikan dengan Abdulrahman Saleh selaku pemimpinnya.

Sejak diambilnya keputusan tersebut dan sampai saat ini, radio tidak hanya berfungsi selaku media penyebaran info saja. Lebih dari itu, radio sekarang juga memegang peran selaku media hiburan.

Hal ini terlihat dari, aneka macam macam acara acara dengan format menggembirakan, hadir mengawalpara pendengar. Mulai dari drama radio, info kemudian lintas, hingga pemutaran musik.

Daftar Stasiun Radio Terbaik di Jakarta

Nah, sehabis di pembahasan sebelumnya kamu telah mengenali perihal sejarah lahirnya Radio Republik Indonesia, maka sekarang saatnya kau mengenali daftar stasiun radio terbaik di Jakarta.

Ini dijalankan tidak hanya selaku peringatan Hari Radio Republik Indonesia saja, namun juga untuk menghargai karya dan kreatifitas belum dewasa bangsa.

Lantas, apa saja daftar stasiun radio terbaik di Jakarta tersebut? Di bawah ini CekAja.com telah merangkum tujuh daftar stasiun radio terbaik, khusus untuk kau sebagai berikut.

1. Prambors Radio

Sebagai radio pertama yang masuk ke dalam daftar stasiun radio terbaik di Jakarta, Prambors merupakan kanal radio hits terbesar dengan jangkauan yang meliputi seluruh Indonesia.

Kamu bisa menemukan siaran radio hits yang satu ini di tujuh kota besar di Indonesia, di antaranya ialah Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Medan dan Makassar.

Jika menyaksikan asal mulanya, Prambors sejatinya berawal dari radio sekumpulan anak muda Jakarta, yang terletak di bilangan Jalan Borobudur, Jakarta Pusat.

Namun seiring berjalannya waktu, radio yang berada di frekuensi 102.2 FM ini, alhasil menjajaki industri radio di Indonesia, dengan mendirikan PT. Radio Prambors Broadcasting Service pada 1970.

2. HardRock FM

Menjadi salah satu bagian dari daftar stasiun radio terbaik di Jakarta, HardRock FM menyajikan berbagai genre musik yang dapat dirasakan para pendengarnya.

Hal ini pasti tidak cocok dengan ekspektasi pendengar, yang bila melihat nama stasiun radionya mungkin akan pribadi menebak, bahwa lagu-lagu yang diputar di radio ini ialah lagu-lagu pedoman rock.

Padahal sesungguhnya, lagu yang diputar di HardRock FM sungguh bermacam-macam, mulai dari lagu, pop, jazz, dan genre lainnya yang digemari para pendengar, khususnya anak muda generasi milenial.

Meski berpusat di Jakarta, tetapi radio yang mempunyai frekuensi 87.6 FM ini telah tersebar di beberapa daerah Indonesia, mirip Bandung, Surabaya dan Bali.

3. Gen FM

Buat kau pendengar setia Gen FM, radio ini masuk ke dalam daftar stasiun radio terbaik di Jakarta versi CekAja.com.

Hal tersebut dikarenakan, pada 2011 radio ini pernah mencatat rekor, sebagai susukan radio non-dangdut pertama yang menembus angka 4,1 juta pendengar.

Sejak saat itu, Gen FM terus mengembangkan dan mendatangkan inovasi modern, dalam bentuk acara yang mengasyikkan, di antaranya mirip Semangat Pagi dan Chart Ganas yang berkolaborasi dengan Billboard Indonesia.

Buat kau yang ingin mendengarkan radio dengan slogan “bunyi musik terkini!” ini, kamu bisa pribadi berkunjung ke frekuensi 98.7 FM untuk daerah Jakarta, dan 103.1 untuk daerah Surabaya.

4. Female Radio

Selanjutnya ada Female Radio, yang menjadi bab dari daftar stasiun radio terbaik di Jakarta. Jika dilihat dari namanya, radio ini sudah niscaya ialah radio yang dihadirkan khusus wanita.

Dan menariknya, Female Radio menjadi radio perempuan nomor satu di Indonesia. Karena semenjak berdiri pada 1989, radio ini berusaha untuk memenuhi kebutuhan para pendengarnya, melalui pilihan musik.

Tidak hanya itu, keperluan para pendengarnya juga dipenuhi lewat beragam informasi faktual, mulai dari hiburan, bisnis, ekonomi, pola hidup hingga keluarga.

Terlebih, Female Radio juga pernah menyabet penghargaan Cakram Award 2004 dan 2008 selaku radio terbaik, sebab menghidangkan layanan program On Air dan Off Air berkualitas baik.

5. Bahana FM

Salah satu radio di Jakarta dengan frekuensi 101.8 FM ini, mengklaim dirinya selaku radio yang memperlihatkan hits Indonesia terbaik.

Bagaimana tidak, pasalnya sebagai radio yang masuk ke dalam daftar stasiun radio terbaik di Jakarta ini, senantiasa memutar lagu-lagu pop nusantara terbaik dan hits Indonesia.

Selain itu, Bahana FM juga memiliki acara berjulukan The Bongils. Ini menjadi program yang sungguh menghibur, alasannya Tika Panggabean dan Udjo Permato sebagaipenyiar, akan menemani pagi harimu dengan dialog ceria.

Belum usang ini, Bahana FM mengeluarkan inovasi terbaru, yaitu koordinasi dengan MRT Jakarta, untuk melaksanakan Live Off Air dan Meet and Greet dengan para musisi Indonesia, di dalam stasiun MRT.

6. Trax FM

Daftar stasiun radio terbaik di Jakarta yang keenam yaitu Trax FM. Ya, radio yang mengudara di Jakarta dengan frekuensi 101.4 FM, dan Semarang dengan frekuensi 90.2 FM ini, merupakan radio yang dahulunya populer dengan nama MTV Sky.

Penggunaan nama MTV tersebut dikarenakan, dahulunya radio ini merupakan bab dari merek jualan MTV.

Namun, sejak 2004 stasiun radio ini atau MTV Sky melepaskan diri dari MTV, kemudian bangkit sendiri dengan nama Trax FM, yang aktif beroperasi di bawah naungan manajemen MRA Media Group.

Meski terlahir kembali dengan nama Trax FM, radio ini tetap dikenal dikalangan anak muda Indonesia, alasannya adalah memiliki beberapa program unggulan, seperti Morning Zone dan Kompak Kampus.

7. Jak FM

Stasiun radio terakhir, yang menjadi bab dari daftar stasiun radio terbaik di Jakarta yaitu Jak FM.

Memiliki slogan “Selalu seru!”, radio ini mempunyai acara unggulan yang mengundang beberapa musisi Indonesia, untuk On Air dan melakukan live music.

Sebagai radio modern Jakarta, Jak FM juga mendatangkan acara 90s at 9, yang khusus memutarkan lagu-lagu tahun 90-an.

Dengan begitu, lagu-lagu yang diputar di radio ini bisa didengar oleh siapapun dan dari kalangan manapun, karena tidak terbatas usia.

Selain menghadirkan lagu-lagu yang mampu dirasakan semua golongan dan usia, Jak FM juga berafiliasi dengan Pemda DKI Jakarta, untuk memberikan isu kepada para pendengar terkait insiden terkini, baik itu berita baik maupun bencana alam.

Manfaat Mendengarkan Radio

Selain mengetahui sejarah lahirnya Radio Republik Indonesia dan daftar stasiun radio terbaik di Jakarta, kamu juga perlu mengenali apa saja faedah dari menyimak radio.

Walaupun diketahui dapat memberikan rasa senang, namun manfaat dari mendengarkan radio bantu-membantu masih banyak lagi.

Adapun beberapa manfaat dari menyimak radio yang bisa kamu dapatkan, di antaranya yakni:

  • Melipatgandakan rasa bahagia
  • Meningkatkan kecerdasan
  • Melatih kesabaran
  • Menjauhkan diri dari rasa kesepian
  • Mencegah terjadinya pembajakan lagu

(Baca Juga: Rekomendasi Podcast Indonesia)

Itulah beberapa gosip yang sudah kau pahami terkait radio, mulai dari sejarahnya, daftar stasiun radio terbaik di Jakarta, hingga manfaat dari menyimak radio yang sungguh banyak.

Salah satu manfaat radio yang sangat penting, sesungguhnya yaitu bisa melipatgandakan rasa senang. Karena dengan bahagia, secara tidak sadar tubuh menjadi lebih fit dan terhindar dari banyak sekali jenis penyakit.

Sebab, jika kamu merasa sedih berkepanjangan, maka daya tahan tubuh pun secara tidak pribadi menurun dan rentan terkena penyakit.

Maka dari itu, untuk mencegahnya kamu bisa mulai menyimak radio untuk mengembangkan rasa senang, dan melindungi diri dengan asuransi kesehatan.

Pasalnya, asuransi kesehatan akan menjamin semua biaya pengobatan dan perawatan selama kau sakit. Nah, buat kau yang belum mempunyai asuransi kesehatan, yuk segera usikan lewat CekAja.com.

Sebagai perusahaan financial technology yang sudah terdaftar di OJK, CekAja.com memberikan proses pengajuan yang terjamin aman dan tenteram. Makara, tunggu apalagi? Yuk, olok-olokan sekarang juga!