0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Daftar Kuliner Khas Indonesia Paling Ikonik Dan Kondang Di Mancanegara

Tidak hanya kaya akan kesenian tradisional, negara yang memiliki 34 provinsi ini, juga punya makanan khas Indonesia paling ikonik, bahkan populer hingga ke luar negeri.

Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Dari sekian banyak masakan khas Indonesia, beberapa di antaranya, mungkin telah pernah kamu coba bukan?

Selain lezat, daftar masakan khas Indonesia juga unik-unik, dari sisi rasa, performa, penggunaan bahan-bahan, hingga soal harga.

Pasalnya, makanan juga mampu dijadikan suatu warisan, yang perlu dijaga dan sebagai warga negara Indonesia, kita harus gembira alasannya adalah memiliki makanan khas Indonesia sebanyak ini.

Keberadaannya yang tersebar di seluruh Indonesia, membuat kamu wajib mendatangi tempat yang memiliki makan khas tertentu.

Misalnya, bila mau gudeg kau harus ke Yogyakarta, bila mau pempek kau mesti ke Palembang, dan yang lain.

(Baca Juga: Resep Nasi Kebuli Kambing Praktis)

Kaprikornus, kau bisa sekalian rekreasi masakan sambil keliling Indonesia deh! Namun, kini bisnis kuliner khas Indonesia juga sudah banyak dibuka, di beberapa kota besar, sehingga jika kamu rindu makanan khas di kawasan yang jauh, kamu bisa membelinya dengan mudah.

Daftar Makanan Khas Indonesia

Nah, kira-kira kuliner khas Indonesia apa saja sih, yang paling ikonik, bahkan sampai populer hingga ke luar negeri! Yuk, simak rangkumannya di sini.

1. Gudeg

Gudeg - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Makanan khas Indonesia yang pertama yakni gudeg, yang berasal dari Kota Yogyakarta. Tidak cuma di Yogyakarta dan Indonesia, gudeg juga menjadi masakan yang diminati oleh warga luar negeri.

Bahkan, gudeg juga sudah menjadi makan internasional, sesudah diakui dunia. Gudeg sendiri ialah makanan yang yang dibuat dari nangka muda, yang dimasak dengan santan.

Tidak sebentar, pembuatan gudeg harus dikerjakan hingga berjam-jam, hingga warnanya kecoklatan dan empuk. Biasanya, gudeg disajikan dengan nasi, tahu, ayam goreng, krecek, opor ayam, telur rebus, sampai telur pindang.

Buat kau yang suka gudeg, namun terlalu jauh untuk tiba ke Kota Yogyakarta, kau tetap mampu menikmatinya loh. Karena, kini gudeg disajikan dalam bentuk kemasan, agar lebih mudah dikirim ke seluruh Indonesia, bahkan luar negeri.

2. Pempek

Pempek - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Makanan khas Indonesia yang berikutnya yaitu pempek khas Palembang. Meski banyak pedagang pempek yang tersebar di seluruh Indonesia, namun pempek asli Palembang pastinya lebih enak, yummy dan harganya lebih mahal.

Pempek ialah makan yang yang dibuat dari ikan (umumnya ikan tenggiri atau tongkol), yang digiling halus dan ditambahkan tepung kanji. Tidak cuma itu, materi-bahan pengerjaan pempek juga ditambah beberapa komposisi lain mirip telur, bawang putih, penyedap rasa, dan garam.

Ada banyak sekali macam bentuk pempek yang biasanya disediakan. Untuk cara penyajiannya, pempek biasa disuguhkan dengan kuah gula merah yang pedas, mentimun, dan mie.

3. Rendang

Rendang - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Untuk makanan khas Indonesia yang satu ini, mungkin kau telah pernah mencobanya bukan? Makanan khas Minangkabau ini, merupakan masakan daging yang diolah dalam suhu rendah dalam waktu yang lama.

Rendang dimasak memakai aneka rempah-rempah dan santan. Semua materi, akan dimasukan ke dalam wadah, dimasak dalam waktu berjam-jam, sampai menyisihkan penggalan daging berwarna hitam pekat dan dedak.

Rendang sendiri juga memiliki banyak sekali jenis, ialah ada rendang anggun dan pedas. Rendang juga biasa dihidangkan dengan nasi, ketupat, leman, daun singkok, sambal.

4. Soto Betawi

Soto Betawi - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Seperti namanya, makanan khas Indonesia yaitu soto Betawi ialah makanan yang berasal dari tempat Jakarta. Hampir sama dengan soto Madura dan soto Sulung, soto Betawi pun menggunakan materi jeroan dan daging sapi.

Soto yang mempunyai kuah berwarna putih kekuningan ini, juga biasa disajikan dengan emping, belahan tomat, daun bawang, bawang goreng, kentang rebus dan nasi.

Tidak perlu harus datang ke Jakarta, alasannya adalah kini penjual soto Betawi sudah banyak tersebar. Atau bahkan, kamu ingin membuka warung soto Betawi berikutnya?

5. Pecel

Pecel - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Selanjutnya ada pecel, adalah makanan khas Indonesia yang umum ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pecel sendiri ialah kuliner yang terdiri dari sayuran mirip bayam, kacang panjang, kol, kangkung, labu yang direbus, lalu dihidangkan dengan bumbu sambal kacang.

Makanan ini biasanya terkenal dan paling gampang ditemukan di Kota Yogyakarta dan Surabaya. Selain dengan sambal, pecel juga biasa disajikan dengan nasi, lontong, gorengan.

Namun, sekarang pecel telah sangat gampang didapatkan di berbagai kawasan. Bahkan, alasannya bahannya yang sederhana dan murah, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah, atau menjualnya.

6. Mie Aceh

Mie Aceh - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Makanan khas Indonesia selanjutnya ialah mie Aceh. Seperti namanya, makanan ini memang berasal dari Aceh. Mie Aceh sendiri terdiri dari mie yang tebal berwarna kuning, irisan daging sapi atau kambing, seafood, kuah kental kari.

Namun, mie Aceh juga ternyata berisikan tiga macam, yaitu mie Aceh goreng, tumis, dan kuah. Makara, untuk penyajiannya kamu mampu pilih sesuai selera.

Tidak hanya itu, kau juga mampu makan mie Aceh yang disajikan dengan emping, perasan jeruk purut, bawang merah, sampai bawang goreng.

7. Kerak Telor

Kerak Telor - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Sudah nyaris tak terlihat, kerak telor merupakan kuliner khas Indonesia, yang berasal dari Jakarta. Kerak telor sendiri ialah kuliner yang berisikan beras ketan putih, telur ayam atau bebek, ebi, bawang goreng, serundeng, cabe merah, kencur, jahe, merica, garam, dan gula pasir.

Bukan diolah memakai kompor, kerak telor diolah menggunakan kuali kecil dan bara api. Bahkan, supaya cepat matang, kerak telor diolah terbalik menghadap bara api, bareng kualinya.

Kerak telor biasa didapatkan di daerah wisata di Jakarta, seperti daerah museum, cagar alam, taman rekreasi, di program-acara besar Jakarta, sampai di pusat masakan Jakarta.

8. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Selanjutnya ada ayam Taliwang, yang menjadi masakan khas Indonesia. Berasal dari Lombok, Kampung Karang Taliwang, Kota Mataram, NTB.

Seperti namanya, masakan ini adalah kuliner olahan daging ayam. Apa yang berlawanan dari olahan ayam yang lain? Tentu saja dari materi-materi yang dipakai.

Beberapa materi yang dibutuhkan di antaranya yakni jeruk limau, cabe, bawang merah dan putih, tomat, kencur, gula merah, garam, kaldu.

Semua bumbu dimasak dengan cara ditumis, lalu bumbu dilumurkan ke daging ayam, dan berikutnya dibakar.

9. Betutu

Betutu - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Masih bicara olahan ayam, kuliner khas Indonesia yang memakai materi dasar daging ayam selanjutnya yakni ayam betutu. Betutu sendiri merupakan suatu lauk utama yang terbuat dari ayam atau bebek utuh, yang berisi bumbu.

Makanan tradisional khas Bali ini, dimasak dengan cara dipanggang dalam api sekam. Untuk bumbunya sendiri, berisikan jeruk nipis, daun belimbing, serai, garam, gula merah, daun jeruk, bawang, cabe, kencur, kunyit, jahe, lengkuas, terasi, ketumbar, merica, dan daun pisang untuk memanggang.

10. Soto Mie Bogor

Soto Mie Bogor - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Kalau makanan khas Indonesia yang satu, lazimkita jumpai di Kota Bogor, apa lagi jikalau bukan soto mie Bogor. Soto mie Bogor merupakan sajian mie berkuah kaldu, yang biasa dihidangkan dengan cita rasa gurih dan pedas.

Soto mie Bogor juga berisikan mie lurus kuning, daging sapi, kikil, risol atau kroket, emping, tomat, lobak, bawang goreng, dan disuguhkan dengan nasi putih.

Memiliki rasa yang segar dan khas, bahkan soto mie Bogor telah dikenal di Malaysia dan Singapura.

11. Asinan

Asinan - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Masih di Kota Bogor, Indonesia juga punya kuliner khas asinan, yang ialah masakan embel-embel. Terdiri dari buah dan juga sayuran segar yang diberi sambal pedas, membuat makanan ini sangat cocok untuk yang suka pedas.

Asinan diolah dengan cara pengacaran. Adapun bahan yang diacarkan di antaranya ialah berbagai jenis sayuran seperti tauge, kol, bengkoang, mentimun, serta buah mirip jambu air, kedondong, nanas, hingga ubi.

Asinan juga biasa disuguhkan dengan taburan kacang tanah dan kerupung. Asinan sungguh gampang didapatkan di kawasan rekreasi Kota Bogor, bahkan di Jakarta juga banyak didapatkan.

12. Bubur Manado

Bubur Manado - Daftar Makanan Khas Indonesia Paling Ikonik dan Tenar di Luar Negeri

Bukan sekadar bubur biasa, bubur Man