0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Daftar Atlet Indonesia Yang Seharusnya Bertarung Di Olimpiade Tokyo 2020

Olimpiade Tokyo awalnya direncanakan pada 24 Juli – 9 Agustus mendatang. Namun alasannya adalah situasi dunia yang sedang diterpa pandemi COVID-19, kejuaraan tersebut ditangguhkan sampai tahun depan. Untuk sementara, Indonesia telah mengantongi 8 daftar atlet yang akan berlaga pada Olimpiade Tokyo 2020. Siapa sajakah mereka?

Daftar Atlet Indonesia yang Seharusnya Bertanding di Olimpiade Tokyo 2020

Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda, Beri Keuntungan untuk Atlet Indonesia

Daftar atlet Indonesia yang seharusnya bertarung di Olimpiade Tokyo 2020 memang sudah dipersiapkan semenjak lama. Akan namun, mengingat kondisi dunia akibat pandemi corona yang terus meluas membuat perhelatan kejuaraan tersebut resmi ditunda. Hal ini juga disampaikan secara pribadi oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) melalui situs resmi Olympic.org pada akhir Maret kemudian.

Serupa dengan hal itu, berdasarkan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC), Raja Sapta Oktohari mengatakan, penundaan Olimpiade Tokyo 2020 bisa jadi kesempatan emas bagi para atlet Indonesia untuk menyiapkan latihan sehingga karenanya optimal sesuai cita-cita.

Meski begitu, hingga dikala ini pihak NOC Indonesia belum mampu memastikan hingga berapa usang penundaan Olimpiade bergengsi itu berjalan.

Namun yang pasti, mirip dilansir dari laman Kompas.com, Raja Sapta Oktohari menilai bahwa konsekuensi dari tertundanya Olimpiade Tokyo 2020, ialah budget. Dimana perhitungan penambahan budget belum dimengerti lebih lanjut dan harus dibuat rencana kembali.

Sementara itu, pihak Kemenpora berharap kalau para atlet Indonesia bisa mempergunakan kondisi ini untuk terus berlatih, sambil terus mempertahankan kondisi fisik sesuai dengan protokol olahraga. Mengingat suasana Indonesia yang turut dirundung wabah corona, tak cuma kawasan Jakarta saja.

(Baca Juga: 5 Tips Cegah Corona dari Kiriman Paket)

Rencana IOC Menggelar ‘Olimpiade Tokyo 2020’ di Tahun Depan

Meskipun gelaran olahraga ini bakal dijalankan pada 2021 mendatang, namun pihak IOC dan panitia akan tetap memakai nama Olimpiade Tokyo 2020. Belum diketahui pasti tentang tanggal pelaksanaan pesta olahraga tersebut.

Akan tetapi beredar kabar jikalau Kepala Komisi Koordinasi IOC, John Coates, rencananya bakal menggelar Olimpiade tersebut pada Juli hingga Agustus 2021. Tepatnya diantara dua kejuaraan besar dunia, yaitu kejuaraan tenis Wimbledon dan US Open.

Kabar baiknya lagi, seperti yang dikutip dari laman Antaranews, pihak IOC selaku penyelenggara Olimpiade Tokyo juga telah mengeluarkan revisi terkait metode kualifikasi terbaru. Dimana deadline kualifikasi dijadwalkan selsai pada 29 Juni 2021. Hal ini berlaku sehubungan dengan banyaknya penundaan maupun pembatalan kualifikasi akhir pandemi COVID-19.

Daftar Atlet Indonesia yang Seharusnya Bertanding di Olimpiade Tokyo 2020

Untuk sementara, daftar atlet Indonesia yang seharusnya bertanding di Olimpiade Tokyo 2020 menjadi 8 orang dari jumlah sebelumnya. Mereka mewakili 5 cabang olahraga, mulai dari angkat besi, panahan, bulu tangkis, menembak, sampai atletik.

Sementara itu, atlet-atlet lainnya masih harus berjuang dengan mengikuti babak kualifikasi yang direncanakan sampai Juni 2021 mendatang. Berikut daftar atlet Indonesia yang bakal bertanding di Olimpiade Tokyo 2020.

1. Lalu Muhammad Zohri, Cabang Olahraga Atletik

Lalu Muhammad Zohri yaitu seorang sprinter Indonesia yang lolos limit kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Ia sukses tampil mempesona dengan torehan waktu 10,3 detik pada selesai nomor 100 meter di sabung Seiko GP, Osaka, yang digelar dari 13 Mei-20 Mei 2019.

2. Eko Yuli Irawan, Cabang Olahraga Angkat Besi

Daftar atlet Indonesia yang seharusnya bertarung di Olimpiade Tokyo 2020 selanjutnya adalah Eko Yuli Irawan. Pria kelahiran 24 Juli 1989 itu menjadi salah satu atlet angkat besi yang berhasil melenggang ke Olimpiade Tokyo mendatang, setelah berhasil menempatkan dirinya pada posisi delapan besar dunia.

Laga tersebut bakal menjadi penampilan keempatnya di ajang Olimpiade, dimana ia rencananya akan tampil di kelas 61 kg. Sebelumnya dimengerti, Eko sudah tampil di 3 ajang Olimpiade, adalah Olimpiade Beijing 2008, Olimpiade London 2012, dan Olimpiade Rio 2016.

3. Windy Cantika Aisah, Cabang Olahraga Angkat Besi

Satu lagi atlet angkat besi yang lolos ke Olimpiade Tokyo, siapa lagi bila bukan Windy Cantika Aisah. Lifter putri Indonesia ini sukses menempati posisi ke-6 dalam daftar delapan besar di kelas 49 kg yang rencananya bakal tampil di ajang tersebut.

Gadis belia berusia 17 tahun itu juga pernah mendapatkan medali emas pada kelas 49 kg putri dalam perhelatan SEA Games 2019. Dia bahkan mampu memecahkan rekor dunia junior clean and jerk, serta raihan snatch 86 kg yang membuat Indonesia berhasil memboyong emas kala itu.

4. Riau Ega Agatha, Cabang Olahraga Panahan

Selain meloloskan atlet angkat besi, Indonesia juga akan menenteng pemanah putra, adalah Riau Ega Agatha dalam Olimpiade Tokyo nanti. Dia berhasil menjangkau tiket Olimpiade tersebut usai menunjukkan medali perunggu untuk Indonesia pada gelaran Asian Games 2018 lalu.

5. Diananda Choirunisa, Cabang Olahraga Panahan

Masih dari cabang olahraga panahan, daftar atlet Indonesia yang semestinya bertarung di Olimpiade Tokyo 2020 nanti yaitu Diananda Choirunisa. Perempuan berusia 23 tahun ini dipastikan mendapatkan tiket menuju adu tersebut sesudah meraih medali perak pada Asian Games 2018.

Dia juga bersama dua rekan lainnya, Linda Lestari dan Titik Kusumawardani dikenali tengah berjuang untuk merebut kawasan di Olimpiade Tokyo 2020 dari nomor beregu.

6. Vidya Rafika, Cabang Olahraga Menembak

Sukses membawa pulang dua medali emas pada tabrak SEA Games 2019 di Filipina, Vidya Rafika Rahmatan Toyyiba ditentukan lolos ke Olimpiade Tokyo 2020. Sebelumnya, Vidya pernah tampil mempesona dengan memboyong medali perak pada Southeast Asian Shooting Championship di Vietnam, pada 2016 kemudian.

7. Marcus Fernaldi Gideon, Cabang Olahraga Badminton

Nama Marcus Fernaldi Gideon mungkin sudah enggak ajaib lagi bagi para pecinta olahraga bulu tangkis. Bersama pasangan ganda putranya, Marcus masuk dalam daftar atlet Indonesia yang semestinya bertarung di Olimpiade Tokyo.

Dia dikenali lolos ke Olimpiade tersebut sehabis dipasangkan dengan Kevin Sanjaya dalam klasifikasi ganda putra Indonesia, yang mana mereka menghadapi lawan dari Korea Selatan dalam babak penyisihan Kejuaraan Beregu Asia 2020.

(Baca Juga: Hemat Energi, Corona Bikin Polusi Berkurang di 4 Negara Ini)

8. Kevin Sanjaya, Cabang Olahraga Badminton

Tidak cuma Marcus saja, pasangan ganda putranya dalam cabang olahraga badminton, adalah Kevin Sanjaya juga dipastikan bakal berlenggang dalam Olimpiade Tokyo 2020 mendatang. Dalam turnamen terakhir yang mereka ikuti, pasangan ini berhasil menempati posisi runner-up pada langgar All England Open 2020.

Nah, itulah daftar atlet Indonesia yang semestinya bertarung di Olimpiade Tokyo 2020 nanti. Jumlah tersebut akan terus meningkat seiring dengan pergeseran hukum kualifikasi yang ditetapkan oleh pihak IOC.

Dapatkan gosip lainnya seputar gaya hidup, seni manajemen kelola keuangan, sampai cara memilih produk finansial yang tepat hanya di CekAja.com Di sini juga kau bisa mengajukan pembuatan kartu kredit pertamamu dari beberapa kawan terkemuka kami. Yuk, apply sekarang juga dan nikmati berbagai manfaatnya!