0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Cara Membersihkan Layar Laptop

Bagaimana Cara Membersihkan Layar Laptop? Laptop ialah barang penting yang banyak dipercaya untuk membantu pekerjaan kita.

Tidak jarang, alasannya adalah perannya yang krusial, anda juga memakai laptop dikala anda makan dan minum. Tentu saja, noda dan kotoran apa pun mampu menempel pada laptop tanpa kita sadari.

Salah satu faktor terbaik dari laptop modern yakni fitur layar (monitor) yang jauh lebih gampang dibersihkan ketimbang versi lama.

Namun, mirip versi lama atau gres, layar laptop pastinya mampu sangat kotor sebab sentuhan jari atau noda. Untuk itu, mari kita lihat cara membersihkan layar laptop yang paling tepat di bawah ini.

Cara Membersihkan Layar Laptop

Cara Membersihkan Layar Laptop PC SEcara Benar dan Tanpa Merusak

1. Jangan Sentuh Layar Laptop Secara Langsung

Saat proses pembersihan tamat, hindari menjamah layar laptop Anda secara pribadi. Ini alasannya adalah tangan Anda mampu meninggalkan noda dan sidik jari di layar laptop Anda.

2. Matikan laptop

Sebelum Anda mulai membersihkan laptop Anda, tentu saja Anda harus mematikan laptop Anda apalagi dahulu.

Langkah ini akan mencegah Anda dari kesempatankekurangan pada laptop Anda ketika proses pencucian laptop selesai.

3. Bersihkan Dahulu Tanpa Minyak Kayu Putih

Sebelum melakukan cara membersihkan layar laptop, pertama-tama bersihkan layar laptop Anda dari debu yang ada memakai kain bersih lembut tanpa harus menjatuhkan minyak kayu putih.

Mengapa tanpa minyak? Prinsipnya kurang lebih sama dikala Anda mengepel lantai, di mana Anda harus menyapu lantai yang ingin Anda sapu dahulu.

Tujuannya supaya bubuk yang terkena cairan tidak meninggalkan bekas sesudah dibersihkan dengan cairan pembersih, atau dalam postingan ini mempunyai arti dengan minyak kayu putih.

4. Siapkan Kain Halus

Siapkan kain higienis yang mempunyai serat halus. Anda juga mampu memakai kain mikrofiber yang digunakan untuk membersihkan lensa kacamata dan sebagai alat pembersih layar HP.

Jangan gunakan kain bergairah karena kain ini nantinya mampu meninggalkan goresan di layar laptop Anda. Kertas tisu juga dapat dipakai untuk membersihkan layar laptop. Namun, pilih kertas tisu lunak.

Mengapa penyeleksian serat kain atau kertas tisu penting? Alasannya adalah alasannya layar laptop, yang lazimnya menggunakan teknologi LCD atau LED, yang dibuat dari lapisan yang sungguh halus.

Itu sebabnya, penggunaan kertas tisu atau kain kasar dapat menjadikan ukiran pada permukaan layar dengan gampang.

Selain itu, sebagian besar kain dan jaringan dibentuk untuk membersihkan sejumlah besar kotoran atau abu, dan tidak direkomendasikan untuk membersihkan bubuk pada permukaan yang halus.

5. Jangan menggosok langsung pada layar laptop

Mungkin Anda mengajukan pertanyaan-tanya, mengapa Anda harus meneteskan minyak kayu putih apalagi dulu ke kain lembut, meskipun Anda mampu menggosok minyak kayu putih langsung di layar laptop?

Jangan pernah menjajal menyemprotkan cairan atau menggosok minyak kayu putih pribadi ke layar laptop, walaupun bermaksud untuk membersihkan layar laptop dari noda.

Jika Anda masih melakukannya, itu sebetulnya mampu menciptakan noda lebih sukar dibersihkan.

Selain itu, mengoleskan minyak kayu putih secara langsung ke layar laptop potensial meningkatkan risiko kerusakan pada layar laptop.

Bagaimana bisa seperti itu? Memang Anda bisa melakukannya di layar berteknologi CRT yang terbuat dari beling tebal.

Tapi, benarkah ada laptop yang layarnya memakai teknologi CRT? Tampaknya seiring dengan kemajuan teknologi, hal itu sudah mustahil.

Monitor layar datar di pasaran kali ini menggunakan teknologi LCD (Liquid Crystal Display) atau LED (Liquid Emerald Display), di mana layar terdiri dari lapisan yang yang dibuat dari plastik, kaca, perekat, dan elemen penampilan yang halus dan tipis.

Jika Anda menggunakan minyak kayu putih atau cairan pembersih apa pun dikala membersihkan layar, cairan tersebut mampu mencapai tepi layar.

Cairan dapat masuk ke layar dengan gampang sebab melewati lubang kapiler tersembunyi di layar. Ini dapat menjadikan area kosong di layar laptop Anda.

Meski nantinya cairan akan menguap dan area kosong akan berkurang, tetapi sisa kerusakannya masih belum mampu dihilangkan.

6. Diamkan Dahulu Laptop untuk Sesaat

Setelah layar laptop dibersihkan, biarkan layar laptop terbuka sebentar. Tujuannya adalah untuk mengeringkan layar laptop Anda sebelum Anda menutup layar laptop lagi.

Setelah layar laptop kering, pastikan tidak ada minyak kayu putih yang tersisa.

Jika Anda menutup layar laptop Anda dalam kondisi bahwa layar masih meninggalkan minyak kayu putih, maka laptop Anda mampu rusak dan bisa menjadi salah satu penyebab laptop sungguh-sungguh mati.

Oh ya, selama proses pengeringan, jangan gunakan laptop Anda sampai layar laptop benar-benar kering. Dalam beberapa perkara, biasanya pada layar laptop ada noda keyboard yang timbul di layar laptop Anda.

Noda umumnya cukup sukar dibersihkan dan sering dialami oleh pengguna laptop.

Nah, untuk menangkal bertambah banyak noda timbul, Anda mampu menawarkan kain lembut bersih atau kain penghalang yang dapat memisahkan layar laptop dari keyboard saat layar laptop ditutup.

7. Bersihkan perlahan

Cara Membersihkan Layar Laptop

Oke, sekarang kita memasuki tahap pembersihan. Lap kain dengan lembut di layar laptop Anda. Cobalah sapuan yang Anda kerjakan bergerak dalam satu arah, yaitu dari bawah ke atas.

Pastikan Anda tidak menekan layar laptop Anda saat melakukan proses pembersihan, alasannya langkah-langkah ini mampu mengakibatkan kerusakan pada layar laptop Anda.

Jika Anda tidak hati-hati, Anda dapat merusak LCD laptop Anda.

8. Gunakan Kain Basah dengan Minyak Kayu Putih

Basahi kain lembut yang sudah Anda siapkan dengan minyak kayu putih. Cara membasuhnya adalah dengan menjatuhkan cukup minyak kayu putih di atas kain.

Ingat, jangan basahi semua bab kain yang hendak digunakan nanti dan pastikan kain tidak lagi mempunyai tetesan minyak.

Baca Juga:

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami mengenai Cara Membersihkan Layar Laptop / PC Secara Efektif, agar mampu menolong anda semua.

Terima kasih telah membaca postingan ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang yang lain.