0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Calon Ibu, Mirip Penting 5 Kiat Kondusif Berpuasa Dikala Hamil

Marhaban Yaa Ramadhan! Menjalankan ibadah puasa wajib hukumnya bagi setiap umat Muslim, khusus bagi yang telah akhil baligh. Wajib berarti bila dikerjakan berpahala, sebaliknya jikalau ditinggalkan berdosa. Namun bagi ibu hamil, ada sedikit pengecualian. Mereka berhak memilih boleh tetap berpuasa atau meninggalkannya jika tak bisa.

Tips Aman Berpuasa Saat Hamil

Tapi selaku gantinya, bumil harus membayar fidyah. Fidyah yaitu memberi takaran makan dalam sehari kepada orang miskin (dikali satu hari tak puasa), sesuai dengan standar lingkungan tempatnya tinggal. Misalnya takaran makanmu Rp20 ribu dikali 30 hari, bermakna fidyah yang harus dibayarkan ialah Rp600 ribu.

Kapan Idealnya Ibu Hamil Boleh Puasa?

Untuk ibu hamil yang menentukan berpuasa, bila memang besar lengan berkuasa bahwasanya ibadah ini tak mengganggu kesehatan janin. Namun sebagai catatan, akan lebih baik kalau disesuaikan dengan usia kehamilan per trimester. Melansir Halodoc, era yang rentan bagi ibu hamil yaitu pada trimester permulaan dan terakhir kehamilan.

Pasalnya di awal kehamilan, ibu hamil mengalami morning sickness yang ditandai dengan mual dan muntah berulang. Jika ibu memaksakan berpuasa pada trimester ini, dikhawatirkan terjadi kekurangan cairan tubuh dan kekurangan asupan bagi janin. Sedangkan pada trimester terakhir kehamilan, janin masih terus meningkat menyempurnakan organ penting menjelang periode persalinan. Itu mengapa ibu hamil diusulkan untuk makan secara terencana demi menyanggupi kebutuhan nutrisi badan dan janin.

Lantas, kapan waktu terbaik bagi ibu hamil untuk puasa? Jawabannya adalah trimester kedua kehamilan. Di trimester kedua atau bulan ke-4, bumil sudah nyaman dengan kondisi tubuhnya. Tidak ada lagi morning sickness, sebagian besar organ vital janin pun sudah terbentuk. Meski diperboehkan puasa, bumil tetap perlu memperhatikan asupan gizi harian, baik secara kuantitas dan kualitas.

(Baca Juga: Ibu Hamil Terpapar Corona dari Tukang Sayur)

Ibu Hamil Boleh Puasa, Asal…

Berpuasa dalam kondisi hamil, pastinya berlawanan dengan kondisimu ketika tidak mengandung. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, demi kesehatan ibu dan sang jabang bayi. Simak 5 tips kondusif berpuasa ketika hamil selegkapnya di bawah ini:

1. Konsumsi masakan kaya nutrisi

Konsumsi makanan kaya nutrisi - Calon Ibu Seperti Ini 5 Tips Aman Berpuasa Saat Hamil

Selalu konsumsi kuliner bergizi ketika sahur dan berbuka. Hal ini sungguh penting untuk memadai asupan sehari-hari janin, serta menjaga kesehatan ibu selama beberapa jam puasa. Perbanyak kuliner berprotein tinggi mirip daging, telur, dan susu. Janin amat memerlukan kandungan gizi tersebut untuk perkembangan otaknya. Jangan skip juga mengonsumsi buah dan sayur ya, supaya semua nutrisi yang masuk ke dalam badan semakin lengkap.

2. Perbanyak minum air

Perbanyak minum air - Calon Ibu Seperti Ini 5 Tips Aman Berpuasa Saat Hamil

Normalnya keperluan air minum sekurang-kurangnya8 gelas sehari. Perbanyaklah minum air putih dikala sahur maupun berbuka biar tubuhmu tak merasa kekurangan cairan tubuh di siang harinya. Kamu mampu membaginya dengan 4 gelas dikala sahur dan 4 gelas saat berbuka. Jauhi minuman hambar alasannya mampu meminimalkan kinerja lambung. Kurangi juga minuman elok ketika sahur, semoga badan tak gampang lemas dan lapar selama berpuasa ketika hamil.

3. Hindari kuliner pedas dan berlemak

Hindari makanan pedas dan berlemak - Calon Ibu Seperti Ini 5 Tips Aman Berpuasa Saat Hamil

Selanjutnya, hindari kuliner pedas dan berlemak. Mengapa? Dua jenis masakan ini memberi pengaruh cukup buruk pada keadaan tubuhmu. Makanan pedas mampu mempengaruhi pergeseran hormon, menyebabkan rasa mulas serta menyebabkan rasa mual disertai muntah. Sedangkan kuliner berlemak bisa menurunkan kekebalan badan selama berpuasa. Maka itu, gantilah dengan makanan berserat dan karbohidrat yang mempunyai mutu tinggi.

4. Konsumsi vitamin hamil

Konsumsi vitamin hamil - Calon Ibu Seperti Ini 5 Tips Aman Berpuasa Saat Hamil

Tetaplah konsumsi vitamin hamil dengan berkala . Sebaiknya minum dikala sahur, biar janin bisa menerima asupan tersebut lebih dahulu sebelum kamu berpuasa. Asam folat merupakan salah satu nutrisi terpenting untuk mendukung perkembangan organ tubuh dan otak bayi selama di dalam kandungan. Maka tentukan meski berpuasa, kamu terus mengonsumsi vitamin ini dalam takaran yang sesuai usulan dokter.

(Baca Juga: Tips Agar Ibu Hamil Tetap Sehat di Tengah Wabah Corona)

5. Istirahat cukup

Istirahat cukup - Calon Ibu Seperti Ini 5 Tips Aman Berpuasa Saat Hamil

Saat berpuasa, tentukan bumil juga cukup istirahat. Sempatkan tidur siang di sela-sela waktu work from home (WFH), bila kamu melakukan pekerjaan . Jangan melakukan kegiatan terlalu berat yang bikin tubuhmu capek. Sebab jikalau energi terkuras, kondisimu mampu drop. Jagalah hal tersebut agara kesehatan janin senantiasa optimal selama berpuasa. Hindari pula hal-hal yang bisa menciptakan pikiran tertekan atau stres, semoga kamu dapat mengerjakan ibadah puasa dengan lebih nyaman.

Apabila badan lemas dan merasa tak sanggup untuk terus berpuasa di siang harinya, jangan memaksakan diri untuk melanjutkan. Terlebih kalau kondisi ini diikuti dengan gejala seperti pusing, perut mulas, muntah-muntah, keringat dingin, atau keluar flek. Langsung batalkan semoga kondisimu membaik, kemudian perbanyak istirahat selagi mampu menghabiskan banyak waktu di rumah. Jika nantinya badan sudah kembali stabil, lanjutkan kembali ibadah puasamu di hari lain. Semangat puasanya, bumil!

Selain tips kondusif berpuasa saat hamil di atas, dukung kehamilanmu secara lebih optimal dengan memiliki asuransi kesehatan. Apalagi di tengah pandemi ini, pelayanan rumah sakit yang berkualitas amat diperlukan untuk mendukung kesehatanmu. Apply asuransi kesehatan Cigna melalui CekAja.com, dan rasakan aneka macam manfaatnya.