0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Butuh Uang Cepat? Pilih Gadai Atau Jual Emas Nih?

Emas, menjadi salah satu barang mewah bagi siapa pun. Karena emas mampu menjadi media investasi, terutama emas batangan. Dan bagi perempuan, emas perhiasan yaitu salah satu pemanis yang dianggap mampu mempercantik penampilan mereka.

gadai atau jual emas

Nah bagi para investor berbelanja emas sebagai salah satu dari tiga alasan: nilai jual yang kondusif, kawasan yang kondusif, atau investasi langsung. Manakah alasan terbaik menurutmu? Penelitian menyampaikan bahwa emas ialah memang aset yang memiliki nilai terbaik terhadap kejatuhan pasar saham.

Makara, emas adalah investasi yang mengimbangi kerugian di kelas aset lain. Banyak investor berbelanja emas untuk melakukan lindung nilai terhadap penurunan mata uang, biasanya dolar AS. Ketika mata duit jatuh, itu membuat harga impor dan inflasi yang lebih tinggi. Akibatnya, emas juga menjadi pertahanan terhadap inflasi. Masih ingatkan bagaimana saat Indonesia mengalami krisis moneter tahun 1998, harga emas melambung tinggi, satu satunya aset yang tetap bernilai. Bahkan dalam dunia pegadaian, gadai emas adalah satu yang paling digemari dan paling aman.

Misalnya, harga emas naik dua kali lipat antara tahun 2002 dan 2007, dari USD 347,20 menjadi USD 833,75 per ounce. Itu alasannya adalah nilai dolar yang diukur kepada euro turun 40% selama kala yang sama. Kaprikornus, wajar kalau dikala dolar turun, harga emas turun, dan inilah saat yang sempurna untuk membeli emas. Sedangkan bila ingin mendapatkan untung besar, maka memasarkan emas saat dolar naik dan harga emas naik yaitu cara yang terbaik. Namun perlu dikenang, emas yang bagus dijadikan fasilitas investasi adalah emas batangan, bukan emas pelengkap.

(Baca Juga: Tips Investasi Emas yang Menguntungkan)

Bagi banyak orang mempunyai emas dianggap sebagai suatu investasi. Pemikiran ini telah ada sejak lama. Emas adalah aset yang diperdagangkan secara publik dan mempunyai nilai jual kembali yang tinggi. Seperti halnya saham, nilainya senantiasa berfluktuasi juga. Emas juga diperdagangkan setiap saat di pasar. Penjualan emas juga tidak mengenal demam isu. Karena itu emas diyakini selaku barang berharga yang nilainya stabil hingga kapan pun. Saat kita membutuhkan uang tunai secara tiba-tiba seperti untuk keperluan darurat, emas bisa menjadi penyelamatnya. Tinggal pilih untuk gadai atau jual emas saja. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya.

Tujuan orang-orang membeli emas memang beragam. Ada yang cuma berbelanja untuk kesenangan selaku embel-embel saja, ada yang membeli untuk investasi atau simpanan. Pada jangka panjang ini bisa dibilang sebagai investasi juga loh. Begitu juga ketika darurat. Menjual emas dikala harganya sedang naik juga ialah desain sederhananya dari investasi. Jika harga sedang turun maka kita bisa menggadaikan di Pegadaian atau di Bank-bank Syariah.

Kebutuhan insan memang selalu saja ada yang melenceng dari planning. Entah itu kebutuhan utama, sekunder bahkan tersier. Kebutuhan-kebutuhan ini biasanya bersifat mendadak dan darurat. Misalnya saja datang-datang butuh untuk modal usaha atau alasannya adalah di PHK, bisa juga membayar pengobatan. Uang untuk memenuhi kebutuhan itu akan menjadi sungguh memusingkan jika tidak ada dalam rencana kita. Tapi jikalau kita mempunyai emas selaku ganti dana darurat ini mampu membuatnya lebih gampang. Lalu apakah semestinya yang dilaksanakan pada emas tersebut? Gadai atau jual emas? Pertanyaan ini mungkin mampu dijawab kalau kita tahu apa saja kelebihan dan kelemahan gadai atau jual emas. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Kelebihan Gadai Emas

Jika kau sedang mengalami problem keuangan atau memerlukan dana secara tiba-tiba, dan kamu mempunyai aset berbentukemas, maka kamu mampu dengan mudah menggadaikan emas tersebut. Menggadaikan emas mampu menjadi salah satu penyelesaian untuk mendapatkan uang tunai lebih cepat. Kita mampu menggadaikan emas di Pegadaian atau Pegadaian Syariah. Menggadaikan emas dilaksanakan kalau kita masih belum rela untuk memasarkan emasnya. Kelebihan menggadaikan emas antara lain:

  • Emas yang dimiliki cuma digunakan selaku jaminan ke Pegadaian dan tidak betul-betul menjadi milik Pegadaian. Saat kita bisa mengeluarkan uang hutangnya maka emas yang digunakan selaku jaminan itu bisa diambil dan tetap menjadi milik kita.
  • Untuk proses pencairan dana dengan menggadaikan emas di Pegadaian juga condong lebih singkat dibandingkan tempat lain. Dalam beberapa menit saja dana sudah bisa ditangan kita.
  • Nilai gadai dari emas ini juga lebih tinggi nilainya jikalau ketimbang barang-barang lain yang bisa digadaikan alasannya nilainya yang niscaya di pasaran. Makara jikalau ingin dana yang lebih banyak lebih baik gadaikan emas ketimbang barang yang lain.
  • Menghindari jeratan hutang. Saat butuh dana darurat emas digadaikan selaku jaminannya. Jika tak bisa mengeluarkan uang hutangnya maka emas dijadikan alat pembayarannya.
  • Proses gadai tidak mirip memasarkan emas, jadi tidak membutuhkan surat bukti pembelian emas.

Kekurangan Gadai Emas

Selama ada keunggulan pasti senantiasa ada kekurangan. Berikut kelemahan jikalau kita menggadaikan emas.

  • Emas bila berupa tambahan maka untuk sementara tidak bisa dipakai alasannya berada di tangan Pegadaian
  • Nilai gadai yang didapatkan mungkin tidak setinggi nilai beli emas. Bisa jadi kita menggadaikannya dikala nilai emas turun sehingga nilai gadai yang kita dapatkan juga ikut turun. Biasanya Pegadaian memang memberikan tunjangan dibawah harga taksiran.
  • Emas akan disita dan menjadi milik Pegadaian bila kita tidak mampu mengeluarkan uang sesuai dengan tenggat waktu yang diberikan. Dan pihak Pegadaian akan melakukan lelang secara terbuka untuk emas emas yang tak ditebus oleh pemiliknya.

Saat menggadaikan emas akan lebih baik jikalau kita tahu berat emas dan nilai emas ketika akan digadaikan. Ini akan memberikan kita asumsi jumlah dana yang mampu kita dapatkan. Perlu dikenang bahwa berapa banyak yang hendak kita terima untuk emas juga didasarkan pada seberapa murni emas itu. Karat emas ialah yang mengukur kemurniannya. Emas murni adalah 24 karat dan sungguh lunak sehingga dapat digigit. Jika emas yang kita miliki ialah dalam bentuk aksesori, maka kemungkinan besar akan dicampur dengan logam lain. Pertanyaannya adalah berapa banyak logam lain yang dicampur. Pada sebagian besar emas, apakah itu dalam bentuk suplemen atau batangan memiliki karat yang ditandai pada emas itu . Pada cincin, lazimnya di bagian dalamnya. Seberapa murni emas itu akan memilih nilai emas tersebut jadi ini penting untuk tahu itu.

Hal-hal sebelum menggadai emas

Sebelum menggadaikan emas sebaiknya kita mesti memperhatikan beberapa hal selaku berikut:

  • Buat perhitungan dengan mendetail tentang kondisi keuangan kita, alasannya adalah dengan begitu kita akan lebih paham dan tahu berapa uang yang diperlukan dan untuk apa.
  • Membuat kalkulasi apakah kita bisa mengeluarkan uang biaya gadai dan menebus emas itu pada ketika deadline yang diberikan. Karena jika kita melalui deadline pembayaran, akan ada tambahan ongkos lagi, atau paling parahnya barang gadai kita akan dilelang.
  • Selalu ingat bahwa biaya gadai emas itu tinggi sehingga kita mampu lebih persiapan dan tidak kaget saat menetapkan gadai emas. Biaya admin dan juga biaya gadai harian memang cukup banyak bila diakumulasikan, namun besarnya disesuaikan dengan jumlah tunjangan kita.

Jika kita salah mengkalkulasikan maka akan besar kemungkinannya untuk menerima ongkos-ongkos lainnya yang memberatkan kita. Jadi selalu ingat sesuaikan dengan kondisi finansial kita ya.

Kelebihan Jual Emas

Ketika kita akan menutup kebutuhan kita dengan jual emas memang ada kelebihannya dibanding gadai emas. Apa saja itu? Yuk simak di bawah ini.

  • Harga emas akan menjadi lebih tinggi dan mengikuti harga tolok ukur Antam walaupun masih tetap fluktuatif dan tergantung tempat membelinya. Biasanya toko emas memberi harga buyback sebesar 4% dari harga dikala ini.
  • Proses pencairannya sangat cepat, begitu harga sudah deal maka duit bisa pribadi diterima saat itu juga. Makara ini sungguh mudah dan cepat bila kau memang sedang memerlukan dana cepat.
  • Lokasi untuk memasarkan emas ini juga lebih mudah alasannya adalah bisa dijual di toko emas tempat kita berbelanja emas dahulu atau toko emas besar terdekat kita asalkan semua suratnya lengkap.

Kekurangan Jual Emas

Jika kita memasarkan emas berarti kita tidak lagi memilikinya untuk saat nanti. Jika tujuan kita berbelanja emas untuk tujuan jangka panjang mungkin rencana ini akan terusik atau bahkan gagal. Ini alasannya adalah untuk membeli emas lagi juga akan membutuhkan waktu. Menjual emas ketika harga sedang turun juga mampu merugikan kita. Apalagi jikalau itu secara tiba-tiba dan hanya berselang waktu sebentar pada ketika kita membelinya.

Hal-hal sebelum menjual emas

Sebelum kita jual emas untuk menyanggupi keperluan mendesak kita maka ada 4 hal yang harus kita kerjakan apalagi dahulu adalah:

  • Memantau harga emas dikala ini. Menjual emas memang akan lebih baik ketika harganya sedang tinggi. Tapi kebanyakan saat kebutuhan mendesak menghampiri kita sudah tidak lagi peduli perihal harga emas ketika ini. Maka dari itu ada baiknya kita senantiasa memantau harga emas di pasaran secara terjadwal sehingga ketika kita terpaksa harus memasarkan emas maka kita eksklusif mampu memilih nilainya.
  • Mencari kawasan yang tepat untuk memasarkan kembali. Saat kita pertama kali berbelanja emas semestinya kamu juga telah berpikir dimana bisa menjualnya kembali. Ketika kita membeli emas di ANTAM maka kita bisa menjualnya di gerai ANTAM, butik ANTAM atau pegadaian. Bisa juga memasarkan di toko-toko emas lainnya. Perhatikan harga emas di beberapa toko emas dan bandingkan untuk mendapatkan harga terbaik.
  • Segera siapkan surat-surat atau sertifikat emas. Untuk emas batangan mesti senantiasa ada sertifikatnya. Dengan mempunyai akta ini akan lebih gampang untuk menjualnya kembali loh. Berbeda dengan emas pelengkap yang mampu digadai tanpa surat surat.
  • Sesuaikan jumlah uang yang diperlukan dengan emas yang harus dijual. Emas yang mempunyai berat lebih kecil akan lebih mudah dijual. Maka dari itu perhitungkan berapa keperluan mendesak kita dan sesuaikan emas yang akan kita jual.

Makara bagaimana untuk pemenuhan kebutuhan mendesak apakah pilih gadai atau jual emas? Apapun pilihan kita pasti mesti menyesuaikan dengan kebutuhannya. Jika kita merasa nantinya akan sukar untuk berbelanja emas lagi maka mampu pilih gadai emas saja. Tapi jikalau merasa lebih gampang untuk membeli emas nantinya maka mampu pilih jual emas saja. Kaprikornus apapun keputusannya sebaiknya tetap sesuaikan dengan keperluan kita ya!

Butuh Dana Cepat Tapi Sayang Jual Emas? Pinjam di JULO Aja!

Tidak dipungkiri harga emas akan selalu naik dan cenderung stabil. Oleh alasannya adalah itu, jika kamu memerlukan dana cepat lebih baik pinjam di JULO. Kamu mampu mendapatkan pinjaman dana hingga 15 juta rupiah. Ditambah, kerahasiaan data diri mu akan dijaga. Karena JULO sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, sehingga kamu mampu derma cepat dan pastinya aman.