0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Bolehkah Mobil Adaptasi Diasuransikan? Simak Penjelasannya

Sebagian orang tidak hanya mengakibatkan kendaraan beroda empat selaku alat transportasi eksklusif saja. Tapi juga sekaligus selaku koleksi yang tampilannya sering dimodifikasi. Tetapi, bolehkah kendaraan beroda empat modifikasi diasuransikan? Kamu wajib mendengarkanketentuan yang berlaku pada asuransi kendaraan beroda empat modifikasi.

Bolehkah Mobil Modifikasi Diasuransikan? Simak Penjelasannya

Asuransi Kendaraan Sebagai Pelindung Mobil Kesayangan

Asuransi kendaraan merupakan salah satu jenis asuransi yang menawarkan jaminan pada risiko-risiko kerusakan maupun kehilangan kendaraan bermotor seperti kendaraan beroda empat di kala mendatang.

Membeli asuransi kendaraan sungguh penting, mengingat di zaman kini risiko kerusakan dan kehilangan kendaraan makin besar.

Hal ini disebabkan oleh maraknya tingkat kriminalitas, terjadinya bencana alam, kecelakaan kemudian lintas, dan hal-hal lainnya yang tidak bisa diprediksi di masa depan.

Selain itu, sebagian orang meyakini bahwa kendaraan beroda empat yang dimilikinya ialah benda berguna yang ingin terus dipelihara kondisinya.

Sekalipun mereka tahu bahwa kendaraan biasanya tidak bisa disebut aset investasi, alasannya mengalami penyusutan nilai setiap tahun. Makara, mereka sungguh peduli pada layanan perbaikan bila kendaraannya itu rusak.

Sama mirip barang dagang lainnnya di pasaran, kendaraan mirip mobil dibuat dengan aneka macam level harga dan keunggulan yang berlawanan-beda. Nah, untuk sebagian konsumen yang mempunyai mobil kuno atau super canggih bernilai menakjubkan, mereka biasanya akan lebih peduli dengan mengasuransikan mobilnya.

Terlepas dari beberapa faktor di atas, asuransi mobil memang sungguh penting untuk dimiliki. Kenapa? Sebab, tidak ada yang tahu risiko apa yang hendak terjadi pada mobil kesayanganmu di era mendatang.

Memiliki asuransi kendaraan beroda empat juga seolah membuatmu disiplin menyisakan uang premi bulanan untuk menyiapkan dana kepada risiko tak terduga tersebut.

(Baca Juga: Terhindar Pendurian dengan Asuransi Kendaraan)

Manfaat Asuransi Mobil

Lalu, bolehkah mobil modifikasi diasuransikan? Sebelum mengenali tanggapan dan penjelasannya, simak dahulu manfaat asuransi mobil di bawah ini. Ada beberapa faedah yang memberikanmu derma untuk beberapa risiko, di antaranya selaku berikut:

  • Manfaat penggantian ongkos perbaikan untuk kerusakan. Mulai dari kerusakan ringan hingga berat yang diakibatkan oleh kecelakaan, pencurian, dan lain-lain.
  • Manfaat penggantian kerugian akhir kehilangan atau kerusakan berat yang meraih 75 persen dari bab mobil.
  • Manfaat aksesori berupa pertolongan ganti rugi pada pihak ketiga atau penumpang yang dirugikan akhir kecelakaan.
  • Manfaat pemanis lain, mirip pertolongan akhir aksi kerusuhan, banjir, dan musibah.

Bolehkah Mobil Modifikasi Diasuransikan?

Manfaat Asuransi Mobil dan Bolehkah Mobil Modifikasi Diasuransikan

Asuransi mobil biasanya dibeli oleh nasabah yang gres saja membeli mobil, setidaknya kurang dari satu tahun. Sebelum menerima pengajuan asuransi, pihak perusahaan penyuplaiasuransi akan mengusut kondisi fisik kendaraan beroda empat, serta menyimak jenis kendaraan beroda empat tersebut.

Hal ini penting untuk memilih akad tarif premi yang mau dibayar, beserta nilai uang pertanggungan yang akan didapat nantinya.

Lalu, bolehkah kendaraan beroda empat penyesuaian diasuransikan? Jawabannya, iya, mobil yang dimodifikasi masih mampu menerima pertolongan dari perusahaan yang menyetujui asuransi kendaraan beroda empat penyesuaian.

Tidak semua perusahaan pemasokasuransi mendapatkan pengajuan baru asuransi kendaraan beroda empat modifikasi ataupun pergeseran polis asuransi mobil yang telah berlangsung beberapa waktu. Kalaupun ada yang menerima asuransi kendaraan beroda empat modifikasi, ada beberapa hal yang mesti kau pahami. Berikut penjelasannya!

(Baca Juga: Cara Klaim Asuransi Mobil Tabrakan Beruntun)

1. Laporkan Pada Perusahaan Asuransi

Di sini, kita kategorikan terlebih dulu dua keadaan pemilik kendaraan beroda empat adaptasi. Pertama, mereka yang berbelanja kendaraan beroda empat adaptasi, dan baru saja ingin mengajukan pembelian asuransi kendaraan beroda empat.

Kedua, mereka yang sebelumnya telah memiliki asuransi mobil, lalu sementara waktu lalu melakukan modifikasi kendaraan beroda empat dan ingin memperbarui atau mengganti polis asuransinya.

Sebenarnya, sebagian besar perusahaan asuransi menerima pengajuan baru asuransi kendaraan beroda empat modifikasi maupun pergeseran polis yang sebelumnya sudah berlaku dengan catatan melaporkan unsur-komponen kendaraan beroda empat yang dimodifikasi.

Mobil yang dimodifikasi menggunakan unsur dan aksesoris yang bukan merupakan produk dari suku cadang orisinil. Hal ini mampu saja memberi efek pada penurunan mutu serta keselamatan penggunaan mobil yang bisa berakibat risiko berkendara yang berbahaya.

Jika bab kendaraan beroda empat yang dimodifikasi dinilai tidak membahayakan acara berkendara, maka perusahaan asuransi akan menyepakati pengajuan atau pergeseran polis sebelumnya.

Selain itu, modifikasi mobil juga akan mengganti risiko yang mungkin akan terjadi, mengganti nilai barang (mobil yang diasuransikan), serta mengganti nilai duit pertanggungan yang mau didapat. Maka dari itu, pelaporan dan persetujuan pihak perusahaan asuransi sangat penting dijalankan sesegera mungkin.

2. Jangan Tunggu Lebih dari Seminggu

Menurut aturan yang tertera pada Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor di Indonesia pasal 8, Tertanggung wajib melaporkan pergantian (adaptasi) kendaraannya kepada Penanggung selambat-lambatnya dalam waktu 7 hari.

Makara, jangan mengulur waktu untuk melaporkan adaptasi kendaraan beroda empat selama lebih dari seminggu. Akan lebih baik pula jika kamu berkonsultasi dulu dengan pertugas perusahaan asuransi terkait sebelum melaksanakan modifikasi.

Ingat juga untuk senantiasa menyimpan bukti modifikasi kendaraan beroda empat dnegan menunjukkan nota pembelian aksesoris maupun kartu garansinya.

3. Pahami Ketentuan Penolakan Klaim

Sedangkan menurut Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor di Indonesia Bab II pasal 3, perusahaan asuransi kendaraan beroda empat adaptasi berhak untuk tidak menjamin kerugian atau kerusakan atas beberapa hal berikut ini:

  • Kerusakan peralatan suplemen yang tidak disebutkan di dalam polis
  • Kerusakan ban, velg, dan dop yang tidak dibarengi kerusakan pada bab lain kendaraan beroda empat
  • Kunci maupun bagian lain kendaraan beroda empat yang tidak menempel atau berada di dalam mobil
  • Bagian mobil yang aus sebab pemakaian, sifat kelemahan material sendiri, atau salah dalam menggunakannya

Asuransikan Mobil Lewat CekAja.com

Untuk kau yang ingin berbelanja asuransi yang melindungi kendaraan beroda empat kesayanganmu, sekarang pengajuannya semakin gampang lewat media pembanding produk asuransi seperti CekAja.com.

CekAja.com akan membantumu membandingkan banyak sekali produk asuransi kendaraan yang tepat dengan kebutuhanmu. Jika kau terpesona mengajukan, kau cukup mengisi data diri pada formulir pengajuan asuransi kendaraan online. Proses ini sangat cepat, gampang, dan tidak mengharuskanmu untuk sibuk-sibuk datang ke kantor cabang perusahaan asuransi.

Yuk, miliki asuransi kendaraan kini juga dengan mengajukannya melalui CekAja.com yang terpercaya, karena telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).