0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Belanja Online Tanpa Kartu Kredit? Simak Tips Gampang Berikut Penting!

Saat ini tren belanja melalui marketplace ataupun merchant online mulai marak digemari penduduk . Terlebih pada kondisi social distancing akhir penyebaran virus korona tamat-simpulan ini.

belanja online tanpa kartu kredit

Kemudahan belanja online yang bisa dikerjakan kapanpun dan di manapun juga makin dimudahkan oleh pilihan cara pembayaran, termasuk bisa melalui cicilan.

Cicilan juga bisa dilakukan oleh yang tidak mempunyai kartu kredit.

Karena saat ini sudah banyak layanan untuk belanja online tanpa kartu kredit.

Terlebih lagi, dikala ini banyak e-commerce yang berhubungan dengan perusahaan finansial yang melayani pembayaran pay later, ataupun kredit tanpa menggunakan kartu kredit sebagai alternatif pembayaran masyarakat.

Selain pembayaran cash lewat transfer ATM ataupun pembayaran menggunakan kartu kredit.

Perkembangan produk pembayaran kredit tanpa kartu kredit

Tren sistem pembayaran lewat kredit tanpa menggunakan kartu kredit mulai berkembang dengan salah satu pelopornya ialah Kredivo.

Kredivo sendiri merupakan penyedia jasa pembayaran kredit instan yang menunjukkan fasilitas pembayaran tanpa perlu kartu kredit dengan tenor selama 30 hari tanpa bunga, ataupun mampu juga dicicil selama 3 bulan, 6 bulan, ataupun 12 bulan dengan bunga 2,95% per bulan.

Perkembangan metode pembayaran seperti ini menunjukkan imbas nyata.

Karena bisa mendobrak monopoli sistem pembayaran kredit yang selama ini dikuasai oleh perbankan lewat produk kartu kreditnya.

Dengan adanya persaingan dari perusahaan teknologi finansial (fintech) nonbank tersebut, maka baik perbankan maupun fintech akan terus berupaya berinovasi menawarkan layanan terbaik terhadap nasabahnya.

Produk pembayaran yang dikembangkan fintech saat ini mulai berkembang pesat. Karena menyasar pengguna gadget yang bertambah banyak di Indonesia.

Melalui aplikasi mobile yang mampu diunduh baik di handphone sistem android ataupun ios.

Kelebihan yang ditawarkan oleh produk dari fintech ini yaitu tolok ukur yang lebih ringan dibandingkan dengan standar yang ada pada ketika pembuatan kartu kredit.

Seluruh proses pendaftaran juga mampu dilaksanakan secara online sehingga mudah dan cepat.

Proses persetujuan juga lebih singkat dibanding pada kartu kredit. Karena hanya memerlukan 1 hari saja.

Kredivo selaku Pelopor Jasa Pembayaran Kredit Instan

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, mengatakan ihwal pemasokjasa pembayaran kredit instan tanpa kartu kredit tidak bisa lepas dari Kredivo sebagai pelopor.

Penyedia jasa fintech ini menyediakan dua produk perlindungan online. Yakni pinjaman mini dan perlindungan jumbo.

Dalam pinjaman mini dari Kredivo ini menyediakan pemberian tunai online tanpa agunan/jaminan dengan jangka waktu pendek selama 30 hari.

Ada dua jenis ongkos pada produk ini, ialah biaya bunga 2,95% per bulan atas besaran perlindungan untuk pengguna cicilan atau 4% untuk pengguna pay in 30 days.

Selain itu, jenis ongkos kedua yakni biaya administrasi 6% di muka atas besaran bantuan yang diiris pribadi dari jumlah yang hendak dikirim ke rekening debitur Kredivo.

Sementara pada pertolongan Jumbo menawarkan tunjangan tunai online tanpa agunan/jaminan dengan jangka waktu lebih panjang, adalah 2,95% per bulan atas besaran tunjangan.

Terkait ongkos, juga ada dua jenis biaya pada layanan ini, yaitu bunga 2,95% per bulan atas besaran sumbangan, serta ongkos administrasi 6% di paras atas besaran derma yang dipotong pribadi dari jumlah yang dikirim ke rekening debitur.

Selain itu, seluruh proses pengajuan tunjangan akan diterima oleh peminjam dengan maksimal proses 1 hari kerja.

Selain pertolongan online, pengguna aplikasi Kredivo jgua mampu membeli berbagai barang secara online di merchant-commerce rekanan mirip Lazada, Bukalapak, Shopee, Blibli, JD.id, Tokopedia, dan merchant yang lain dengan memilih tata cara pembayaran melalui Kredivo.

Kamu bisa memilih kemudahan pembayaran dalam 30 hari dengan bunga 0% ataupun sistem cicilan tenor 3,6, dan 12 bulan dengan bunga rendah 2,95% tanpa perlu kartu kredit.

Banner Kredivo

Cara Pendaftaran Kredivo

Dengan menjadi pengguna Kredivo, kau mampu mendapatkan akomodasi pembayaran di merchant online secara cicilan dengan bunga rendah per bulannya. Serta mampu mengajukan derma online.

Untuk bisa menjadi pengguna dari Kredivo, kamu perlu mengunduh aplikasi tersebut apalagi dulu di ponsel pintar mu.

Kemudian, standar lazim untuk mampu mengajukan derma ataupun kredit lewat Kredivo yakni warga negara Indonesia berusia 18 sampai 60 tahun dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, dan Cirebon serta berpenghasilan minimal Rp3 juta per bulan.

Selanjutnya, untuk proses pendaftarannya ialah dengan mengunggah dokumen mirip KTP, foto selfie, bukti daerah tinggal, serta hubungkan akun e-commerce yang telah dipakai bertransaksi, serta upload bukti penghasilan serta foto NPWP atas nama pengguna.

Apabila permintaan pembuatan akun Kredivo-mu disetujui, kamu akan menerima SMS dan email untuk mengaktivasi akunmu.

Aktivasi mampu dijalankan melalui aplikasi atau tautan di dalam email/SMS tersebut.

Untuk mengaktivasi, kamu mesti mengisi arahan OTP yang dikirim via SMS, mengatur PIN Kredivo sejumlah 6 digit, dan menjawab 1 (satu) pertanyaan keselamatan.

(Baca Juga: Mengenal Kredivo, Cara Nyicil Zaman Now dan Segala Kemudahannya)

Apabila aktivasi sukses, kau akan menerima email konfirmasi aktivasi akun dan email perjanjian penggunaan Kredivo dari PrivyID.

Di dalam kesepakatanpenggunaan Kredivo, kau akan mendapatkan foto KTP, data-data dirimu, dan isi kesepakatanyang kamu setujui selaku pengguna Kredivo.

Perjanjian ini akan mempunyai tanda tangan digital-mu dan bersifat mengikat secara hukum dan oleh karena itu memiliki kekuatan aturan.

Kamu bisa mendapatkan limit kredit Rp3 juta untuk pembayaran dalam 30 hari. Serta limit Rp30 juta untuk pembayaran dengan bagan cicilan tenor 3,6, dan 12 bulan.

Setelah mendapatkan limit kredit, kau mampu belanja online tanpa kartu kredit dengan Kredivo di merchant-merchant yang menjadi partner Kredivo.

Merchant yang menjadi partner mencakup marketplace, toko offline, gadget dan elektro, pulsa dan voucher, fashion, peralatan rumah, perlengkapan kantor, jasa, travel dan hotel, lifestyle, kuliner, otomotif dan perkakas, event, dan bisnis.

Kamu bisa menentukan opsi pembayaran dalam 30 hari dengan bebas bunga atau cicilan dengan tenor waktu yang ditetapkan mulai dari 3, 6, dan 12 bulan dengan bunga 2,95%.

Setelah itu, masukkan nomor ponsel yang terdaftar dan PIN Kredivomu, kemudian masukkan kode OTP yang akan diterima lewat SMS untuk mengkonfirmasi pembelian.

Biaya dan bunga dalam Kredivo

Kamu tidak akan dikenakan bunga selama kau melunasi pembayaran dalam 30 hari.

Biaya yang dikenakan untuk pembayaran dalam 30 hari berupa ongkos layanan sebesar 1% dari total nilai transaksi.

Khusus untuk transaksi dengan nilai Rp 100.000 ke bawah, kau akan dikenakan ongkos layanan Rp 1.000. Biaya ini akan tampakselaku “biaya layanan” pada ketika checkout.

Biaya layanan ini berlaku di semua merchant, tetapi tidak akan dikenakan untuk transaksi cicilan, pembelian produk digital di dalam aplikasi Kredivo dan bantuan tunai.

Apabila kamu memilih pembayaran dengan cicilan, maka kamu akan dikenakan bunga sebesar 2.95% per bulannya.

Apabila kamu telat membayar untuk pembayaran apapun ke Kredivo, kamu akan dikenakan bunga keterlambatan 4% per 30 hari.

Biaya keterlambatan 6% per 30 hari dari jumlah tagihan yang melewati jatuh tempo.

Biaya-ongkos ini berlaku untuk keterlambatan pembayaran tagihan dari transaksi yang dikerjakan sesudah tanggal 20 Juni 2019 untuk semua layanan Kredivo.

Transaksi yang dijalankan sebelum tanggal 20 Juni 2019 masih dikenakan bunga keterlambatan 2.95% dan ongkos keterlambatan 3% per 30 hari.

Kredivo tidak mengenakan biaya apapun saat pendaftaran maupun ongkos tahunan.

Cara Meningkatkan Limit Kredit dari Kredivo

Kamu mampu mengajukan permintaan peningkatan limit pribadi di aplikasi Kredivo. Berikut syarat-syarat pengajuan kenaikan limit:

  1. Minimal kau telah 3 bulan menjadi Premium User. Jika belum, kamu dapat upgrade akunmu di aplikasi Kredivo
  2. Status akunmu aktif
  3. Mengunggah foto NPWP atas namamu sendiri
  4. Kamu sudah pernah melakukan transaksi dengan Kredivo dan memiliki riwayat pembayaran yang baik
  5. Tidak ada batas-batas berapa kali kamu mampu mengajukan kenaikan limit. Setelah 3 bulan pengajuan yang pertama, kamu dapat mencoba pengajuan kenaikan limit lagi
  6. Limit maksimum yang mampu kau dapatkan adalah Rp 30.000.000

Jika kamu sudah memenuhi patokan-patokan di atas, berikut ini cara mengajukan peningkatan limit:

  • Klik “Ajukan Kenaikan Limit” di dasbor
  • Klik “Daftar Sekarang”
  • Unggah foto NPWP atas namamu sendiri dan isi informasi pekerjaan kemudian klik “Kirim”
  • Aplikasimu sudah diterima dan silakan menunggu konfirmasi
  • Proses pembayaran tagihan pada setiap transaksi yang telah dikerjakan juga sangat mudah.

Cara pembayaran tagihan tersebut antara lain:

  • Masuk ke aplikasi Kredivo. Klik Transaksi kemudian Bayar. Pilih transaksi yang mau dibayar
  • Lakukan pembayaran di channel VA yang kau pilih. Jika lewat ATM/ebanking, kamu akan melihat jumlah tagihan sama dengan transaksi yang dipilih sebelumnya
  • Apabila kamu tidak melaksanakan langkah ke-1, kau akan melihat total seluruh tagihanmu dikala membayar lewat VA
  • Pengguna BCA dan Permata mampu memasukkan sendiri jumlah yang akan dibayar. Pengguna Mandiri, Indomaret, dan Alfamart harus melakukan langkah ke-1 untuk mengeluarkan uang transaksi tertentu saja
  • Khusus untuk Alfamart, kau hanya mampu melakukan 1 kali pembayaran tagihan per hari
  • Kamu juga mampu membayar tagihan Kredivo melalui Tokopedia. Buka situs atau app Tokopedia, lalu pada laman Pembayaran & Top Up pilih Angsuran Kredit
  • Apabila kamu mendapatkan email pengingat pembayaran dan hanya ingin mengeluarkan uang jumlah yang tertagih di email, kamu mesti melakukan langkah ke-1

Kehadiran aplikasi untuk belanja online tanpa kartu kredit merupakan pilihan yang sungguh menguntungkan penduduk dan mulai banyak digemari, sekaligus menjadi ancaman dari eksistensi produk kartu kredit dari perbankan.