0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Apa Itu Psbb Dan Apa Arti Serta Fungsinya?

Apakah kau tahu apa itu PSBB dan apa fungsinya? Seiring dengan makin gencar-gencarnya seni manajemen pemerintah dalam menangani penyebaran virus corona Covid-19 yang masih mewabah hingga ketika ini, perumpamaan PSBB tampaknya juga telah mulai familiar di pendengaran penduduk Tanah Air.

pengertian psbb

PSBB itu sendiri merupakan abreviasi dari Pembatasan Sosial Berskala Besar yang dianggap bisa mempercepat penanggulangan sekaligus mencegah penyebaran corona yang makin meluas di Indonesia.

Dilansir dari okezone.com, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah menekan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 ihwal PSBB dalam rangka percepatan penanganan coronavirus disease (Covid-19) pada 31 Maret 2020 kemudian.

(Baca Juga: Jakarta Terapkan PSBB, Bakal Ada Jaminan Rp600 ribu Per Bulan)

Sementara itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto juga turut menerbitkan Peraturan Menteri Kesehatan (PMK) Nomor 9 Tahun 2020, yang mengontrol sekaligus merincikan PP Nomor 21 Tahun 2020. PMK tersebut sudah ditetapkan oleh Menkes pada Jumat, 3 April 2020.

Sedangkan untuk penerapan dari PSBB itu sendiri, di Kota Jakarta rencananya akan dimulai efektif pada hari Jumat, 10 April 2020. Lantas bahu-membahu apa itu PSBB dan apa fungsinya? Bagi yang belum tahu, yuk disimak saja penjelasannya berikut ini.

Apa itu PSBB?

Berdasarkan PP Nomor 21 Tahun 2020 Pasal 1, dijelaskan bahwa Pembatasan Sosial Berskala Besar ialah pembatasan aktivitas tertentu dalam sebuah wilayah yang disangka terinfeksi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

PSBB itu sendiri ialah salah satu taktik pemerintah dalam menghalangi kemungkinan penyebaran virus corona, yang mana juga sudah tertuang di dalam aturan PMK Nomor 9 Tahun 2020.

Tertulis pula di dalam aturan PMK Nomor 9 Tahun 2020 pasal 2, bahwa untuk dapat ditetapkan sebagai PSBB, maka sebuah daerah provinsi/kabupaten/kota harus menyanggupi dua standar.

Pertama, ialah jumlah kasus atau maut balasan penyakit berkembangdan menyebar secara signifikan secara cepat ke beberapa daerah.

Sementara kriteria kedua adalah bahwa daerah yang terdapat penyakit juga mempunyai kaitan epidemiologis dengan kejadian serupa yang terdapat di wilayah atau negara lain.

Dari kedua patokan itulah pada nantinya Menkes mampu menentukan apakah wilayah atau kawasan tersebut layak untuk diterapkan PSBB atau tidak.

Namun, para kepala kawasan juga mempunyai hak untuk mengajukan permohonan PSBB yang didasari oleh data kasus Covid-19 yang terjadi di daerahnya masing-masing.

Apabila suatu wilayah telah disetujui oleh Menkes, maka PSBB akan diberlakukan selama abad inkubasi terpanjang, yaitu 14 hari.

Namun, kalau setelah 14 hari tersebut masih terlihat adanya penyebaran, seperti ditemukannya masalah gres, maka masa PSBB akan diperpanjang selama 14 hari kedepan sampai masalah terakhir ditemukan.

Apa Saja yang Dibatasi dalam PSBB?

Dengan diterapkannya PSBB, utamanya di Ibu Kota Jakarta, dibutuhkan hal ini mampu mencegah sekaligus memperlambat penyebaran virus corona di seluruh wilayah di Indonesia.

Berbeda dengan himbauan social distancing, PSBB mampu dikatakan menerapkan peraturan yang jauh lebih ketat untuk masyarakatnya.

Nah, bagi yang belum tahu, terdapat beberapa hal yang dibatasi selama PSBB ini berjalan, diantaranya adalah:

1. Aktivitas di Sekolah dan Tempat Kerja

Aktivitas di Sekolah dan Tempat Kerja - Apa itu PSBB dan Apa Arti serta Fungsinya

Membatasi acara sekolah dan kawasan kerja masuk ke dalam hal yang mesti diamati selama PSBB berlangsung, kecuali kantor atau instansi taktik yang menunjukkan pelayanan ketahanan atau keselamatan, ketertiban biasa , kebutuhan pangan, materi bakar minyak atau gas, kesehatan, perekonomian, keuangan, dan kebutuhan dasar yang lain.

2. Kegiatan Keagamaan

Kegiatan Keagamaan - Apa itu PSBB dan Apa Arti serta Fungsinya

Selanjutnya, masyarakat juga dihimbau untuk sementara waktu tidak melaksanakan aktivitas di luar rumah yang berkemungkinan untuk berkontak dengan sekumpulan orang dalam jumlah banyak.

Selain itu, acara keagamaan juga harus berpedoman pada peraturan perundang-usul serta pemikiran atau persepsi lembaga keagamaan resmi yang diakui oleh pemerintah.

3. Kegiatan di Tempat atau Fasilitas Umum

Kegiatan di Tempat atau Fasilitas Umum - Apa itu PSBB dan Apa Arti serta Fungsinya

Selama PSBB, acara yang diselenggarakan di daerah atau akomodasi biasa mesti dijalankan dalam bentuk pembatasan jumlah orang dan pengaturan jarak atau physical distancing.

Namun, pembatasan ini tidak berlaku untuk swalayan, minimarket, pasar, toko, atau kawasan penjualan obat dan perlengkapan medis, keperluan pangan, barang keperluan pokok, materi bakar minyak dan gas serta energi.

Selain itu, kemudahan pelayanan kesehatan dan daerah acara olahraga juga masuk ke dalam daftar yang dikecualikan.

4. Kegiatan Sosial dan Budaya

Kegiatan Sosial dan Budaya - Apa itu PSBB dan Apa Arti serta Fungsinya

Sama halnya dengan kegiatan di kawasan atau kemudahan biasa , pembatasan acara sosial dan budaya juga mesti diadakan dalam bentuk pelarangan kerumunan orang.

Larangan ini juga berpedoman pada persepsi lembaga budbahasa resmi yang diakui pemerintah dan peraturan perundang-seruan.

5. Operasional Transportasi Umum

Operasional Transportasi Umum - Apa itu PSBB dan Apa Arti serta Fungsinya

Selama kurun PSBB, transportasi biasa masih beroperasi mirip biasa. Hanya saja, pembatasan dilakukan dengan memperhatikan jumlah penumpang yang naik serta menjaga jarak antar penumpang.

Tidak cuma itu, moda angkutanbarang yang beroperasi untuk memenuhi keperluan dasar masyarakat juga dikecualikan.

Fungsi PSBB di Indonesia

Seiring dengan semakin meningkatnya jumlah orang yang terinfeksi virus corona Covid-19 di Indonesia, maka terhitung mulai dari hari Jumat, 10 April 2020, pemerintah mulai memberlakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Kebijakan ini tentu tak dibentuk tanpa adanya alasan yang terperinci. Dilansir dari detik.com, nyatanya terdapat fungsi PSBB yang diperkirakan mampu memperlihatkan efek yang cukup signifikan terhadap penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Achmad Yurianto sebagaijuru bicara pemerintah mengungkapkan bahwa terdapat berbagai fungsi PSBB yang akan kita peroleh sebagai penduduk , diantaranya mirip menghalangi terjadinya perkumpulan orang, baik dalam jumlah kecil hingga jumlah besar, dan menekan penyebaran virus corona itu sendiri di kelompok masyarakat.

(Baca Juga: Daftar Larangan dan Kegiatan yang Boleh Beroperasi Saat PSBB)

Dengan adanya PSBB, diperlukan hal ini mampu melindungi orang-orang dari penularan Covid-19 hingga masalah terakhir.

Namun, pastinya tidak ada kebijakan yang berhasil tanpa adanya koordinasi dari masyarakatnya itu sendiri.

Maka dari itu, dibutuhkan bahwa dengan diberlakukannya PSBB, penduduk juga turut berkontribusi dan menaati pemerintah supaya penyebaran Covid-19 bisa berhenti.

Kaprikornus, kini kamu sudah tahu kan apa itu PSBB dan apa fungsinya? Yuk, update terus isu terbaru tentang virus corona Covid-19 di CekAja.com!