0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Amankah Berenang Dikala Pandemi Covid-19? Ketahui Jawabannya Disini!

Amankah berenang dikala pandemi Covid-19? Pertanyaan mirip itu tentu saja akan ke luar di benakmu selesai-simpulan ini. Meskipun pemerintah telah mulai melonggarkan aktivitas penduduk di periode new normal, namun bukan bermakna kala pandemi telah rampung.

Berenang saat pandemi covid-19

Sebab, jumlah pasien yang terinfeksi justru makin meningkat. Karenanya, penduduk tetap dihimbau untuk tetap berdiam diri di rumah dan mengurangi aktivitas di ruang publik.

Akan tetapi, terlalu lama di rumah bekerjsama juga mampu memiliki efek pada dilema kesehatan alasannya badan yang kurang bergerak, sehingga olahraga tetap dibutuhkan.

Lalu, bagaimana jika kau ingin melaksanakan kegiatan berenang? Apakah virus dapat tertular melalui air?

(Baca Juga: Produk Asli Indonesia yang Membantu Pandemi Covid-19)

Nah, seluruh pertanyaan tersebut bisa berkemungkinan kau peroleh jawabannya disini. Sebab, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas perihal fakta-fakta berenang, ketika pandemi Covid-19 yang pastinya ingin kamu pahami.

Tanpa panjang lebar lagi, yuk kita simak saja pembahasan kali ini mengenai berenang ketika pandemi Covid-19.

Penularan Virus Covid-19 Melalui Air

Penularan Virus Covid-19 Melalui Air

Berdasarkan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dari Amerika mengungkapkan bahwa sejauh ini belum ditemukannya hasil penelitian konkrit yang dapat menerangkan bahwa berenang dikala Pandemi Covid-19 mampu menyebabkan penularan di dalam air.

Karena, umumnya di setiap bak renang sudah dicampuri dengan desinfektan yang digunakan selaku pembersih air, mirip klorin dan bromin, yang turut diketahui mampu membunuh virus.

Akan namun, risiko penularan justru terasa lebih tinggi di bak yang condong berada di ruang publik, seperti danau dan pantai. Pasalnya, dua lokasi tersebut, menjadi salah satu tempat paling berisiko terjadinya kontak langsung, dengan orang lain. Baik itu dikala berada di air, maupun di luar kolam.

Menurut dr. Daniel Pastula, seorang ahli penyakit menular dari UC Health, mengungkapkan bahwa, berenang ketika pandemi Covid-19 riskan tinggi terjadinya penularan alasannya adalah tidak adanya acara jaga jarak antara orang yang berada di lokasi.

Selain itu, risiko penularan paling besar justru bukan saat berada di dalam air, melainkan saat berada di tengah kerumunan saat berada di luar kolam.

Terlebih lagi, orang akan merasa lebih sulit mengenakan masker saat sedang lembap kuyup. Bahkan, dikala ini pemerintah juga telah mulai memperbolehkan bak renang umum untuk dibuka kembali.

Syarat Berenang Saat Pandemi Covid-19?

Syarat Berenang Saat Pandemi Covid-19

Apabila kau tetap ingin melakukan kegiatan berenang dikala pandemi Covid-19, maka terdapat sejumlah syarat yang perlu dipenuhi. Dilansir dari popmama.com, menurut dr Reisa Broto Asmoro, sebagaiAnggota Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Covid-19, beberapa syarat yang mesti dipenuhi saat berenang ketika pandemi Covid-19 ialah:

1. Selalu Cek Aturan dan Standar Kebersihan Kolam Renang

Syarat pertama saat kau ingin berenang dikala pandemi Covid-19 yaitu dengan senantiasa mengevaluasi hukum serta kebersihan kolam renang yang dikunjungi. Reisa mengusulkan bahwa air setidaknya harus dicampuri dengan desinfektan menggunakan klorin dengan kadar 1-10 ppm atau bromin dengan kadar 3-8 ppm, sehingga pH air mencapai 7,2 sampai 8.

Selain itu, area bak renangnya itu sendiri juga wajib dibersihkan memakai desinfektan, mulai dari permukaan bak hingga akomodasi lazim mirip daerah duduk dan kamar ganti.

Tak hanya itu, kau juga mampu menanyakan terhadap pihak kolam renang tentang adakah pengisian form self assessment risiko Covid-19 bagi pengunjung untuk memutuskan keadaan kesehatan.

2. Membawa Perlengkapan Renang Pribadi

Selama berenang dikala pandemi Covid-19, usahakanlah biar kamu tidak menyebarkan peralatan dengan orang lain, termasuk teman dan anggota keluarga, mulai dari baju renang, handuk, perlengkapan mandi, ban, pelampung, hingga kacamata renang.

3. Selalu Menerapkan Protokol Kesehatan

Selama berada di area bak renang, pastikan bahwa kau menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan, mirip mengenakan masker, memakai hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun, serta menenteng tisu disinfektan untuk mengelap permukaan, yang sering tersentuh oleh orang lain.

Memang pantas diakui bahwa mengenakan masker ketika berada di bak renang akan sedikit sukar, khususnya dalam keadaan berair kuyup. Akan tetapi, kamu tetap diharuskan untuk mengenakan masker, bukan dikala berenang, melainkan sebelum dan setelah berenang.

4. Selalu Jaga Jarak

Agar tetap aman selama berenang ketika pandemi Covid-19, usahakan untuk terus bergerak dan tidak menyentuh hadirin bak renang yang lain. Meskipun sedang berada di dalam air, bukan bermakna kau bisa melanggar protokol kesehatan.

Selain itu, usahakan juga untuk tidak duduk berdekatan dengan orang lain saat sedang berada di luar bak. Maka dari itu, untuk mempermudah, pihak bak renang juga dianjurkan untuk menghalangi jumlah pengunjung, agar menjaga jarak bisa menjadi lebih gampang dijalankan oleh para hadirin.

Cara Mencegah Penularan Ketika Berenang Saat Pandemi Covid-19

Berdasarkan syarat berenang ketika pandemi Covid-19 yang gres saja kita bahas, maka mampu ditarik kesimpulan bahwa kita masih melakukan acara berenang tetapi tetap harus mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan. Lalu kira-kira, bagaimana sih cara menangkal penularan itu sendiri?

Dilansir dari situs kompas.com, maka salah satu cara kondusif untuk berenang dikala pandemi Covid-19 yaitu dengan tetap mengamati physical distancing sekaligus mempertahankan kebersihan diri sebaik-baiknya.

Selain itu, setiap pengunjung juga dianjurkan untuk menjinjing tisu dan pembersih tangan desinfektan sendiri serta selalu menggunakan masker, baik itu sebelum berenang maupun sesudah berenang.

Kamu juga direkomendasikan untuk mengunjungi bak renang terdekat dari rumah. Sebab, kamar mandi lazim yang disediakan oleh pihak bak renang, justru berisiko tinggi menjadi media penularan virus. Sehingga, biar lebih kondusif kamu diusulkan untuk membersihkan diri setibanya di rumah.

Persiapkan Proteksi Ekstra dengan Asuransi Kesehatan

Nah, sehabis kau mengenali wacana beberapa aturan kalau ingin berenang di saat pandemi seperti dikala ini, jangan lupa juga bahwa kau bisa menunjukkan derma ekstra dengan asuransi kesehatan lho.

Meskipun sudah melaksanakan sejumlah protokol kesehatan yang dipraktekkan, pasti kita tidak ada yang mampu memprediksi kapan duduk perkara kesehatan dan finansial tiba.

Oleh karena itu, asuransi kesehatan hadir untuk membantumu, dalam memecahkan permasalahan yang dihadapi. Sebab, saat suatu ketika kau mengalami sebuah urusan kesehatan, maka asuransi kesehatan bisa memberikanmu pemberian dari segi finansial.

(Baca Juga: Prosedur Melakukan Swab Test)

Hanya saja, dikala ini sudah berbagai perusahaan asuransi yang menyediakan banyak sekali acara asuransi kesehatan yang bisa dijadikan pilihan, yang kadang kala menciptakan kita galau dalam menentukan.

Namun, bersama CekAja.com, memilih produk asuransi terbaik telah bukan lagi menjadi hambatan.

Sebab, di CekAja.com kau bisa melaksanakan perbandingan tentang perusahaan asuransi manakah yang sekiranya mempunyai acara terbaik dengan premi paling terjangkau.

Jika sudah menemukan yang cocok, kau juga tak perlu tiba ke kantor karena sepenuhnya bisa dikerjakan lewat online. Tanpa membutuhkan persyaratan yang muluk, proses pengajuan juga terbilang cukup cepat lho.

Kaprikornus, tunggu apa lagi? Yuk secepatnya ejekan asuransi kesehatanmu hanya di CekAja.com dan nikmatilah segudang manfaatnya.