0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

Ada Potensi Perjuangan Masker Bahan Kain Di Tengah Pandemi Corona

Masker sudah jadi komoditas yang langka di tengah pandemi corona. Kalaupun ada, harganya melambung tinggi berulang kali lipat. Gak heran di setiap apotek dan toko-toko kesehatan, masker dibatasi untuk mencegah masyarakat memborong dan dijual kembali dengan harga tinggi.

Ada Peluang Usaha Masker Kain di Tengah Pandemi Corona

Namun, ada kabar baik. Di tengah kelangkaan masker medis yang memiliki filter pencegah virus, beberapa ahli menyarankan biar masyarakat mencari masker alternatif yang terbuat dari bahan kain.

Kabar ini pasti menjadi peluang bagi siapapun yang ingin mendapat penghasilan perhiasan di tengah situasi ekonomi yang cukup susah balasan pandemi corona ini. Bagaimana caranya? Kuy simak.

Peluang Usaha Masker Kain

Nampaknya, kesempatan bisnis masker berbahan kain yang menjadi alternatif di tengah kelangkaan masker macam Sensi atau N95 ini cukup menjanjikan.

Di beberapa akun media sosial dan marketplace, sudah banyak yang sudah memasarkan masker kain baik yang terbuat dari kain Oxford atau katun minyak dan materi kain lainnya.

Di beberapa pusat konveksi pun telah banyak produsen beralih memproduksi masker kain karena ajakan yang cukup besar.

Seorang mitra, produsen konveksi dari Majalaya Kabupaten Bandung sekarang sudah banyak memproduksi masker kain untuk dipasarkan ke beberapa tempat.

Peluang ini bukan hanya milik produsen, namun cukup menjanjikan juga bagi supplier, pengecer hingga dropshipper.

Nah, buat kau yang terpesona menggeluti di bisnis masker kain, kamu mampu coba cari produsen atau supplier yang bisa diajak nego untuk masalah harga. Kuy buruan jangan ketinggalan.

Bisnis ini juga cocok buat kau yang selama ini melakukan pekerjaan di sektor informal dan cukup terpukul karena kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan imbauan #dirumahaja dalam rangka menekan angka penyebaran virus corona (Covid-19).

Aturan Penggunaan Masker Kain

Bagaimanapun juga mutu masker medis jauh lebih baik daripada masker kain.

Hanya, ya itu tadi, sebagai alternatif, gak ada salahnya bila kita memakai masker kain di tengah pandemi corona ini.

Ada beberapa aturan yang harus diperhatikan saat kamu menggunakan masker kain di tengah situasi seperti sekarang ini.

Misalnya, meski menggunakan masker kain, kamu tetap harus menghindari kontak secara pribadi dengan orang yang tampaksedang sakit, batuk atau demam.

Kamu juga semestinya menutup hidung atau ekspresi dengan tangan atau tisu dikala bersin atau batuk saat sedang berdekatan dengan orang lain.

Dan tentunya, bersungguh-sungguh-tekun mencuci masker kain hingga higienis.

Cara Membuat Masker Kain Sendiri

Penelitian dari University of Pittsburgh pada 2006 dinilai efektif ketika para peneliti membuat masker sendiri di tengah kesusahan ketersediaan masker N95.

Pembuatan masker kain memakai bahan kaos katun.

Prosesnya, mulanya kain direbus sekitar 10 menit agar steril. Lalu kain dipotong sesuai ukuran masker pada umumnya dengan menerapkan lapisan dalam dan luar hingga menutupi hidung dan ekspresi.

Alat-alat yang mesti disediakan antara lain kain, gunting, mesin jahit dan kain untuk bahan talinya.

Untuk teknis pembuatan masker kain, mungkin para pelaku konveksi sudah tahu bagaimana cara menjadikannya yang baik dan benar. Bisa juga ditambah kreasi supaya masker lebih artistik.

(Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Masker untuk Perlindungan dari Virus Corona!)

Kata Ahli Soal Masker Kain

Erlina Burhan, Dokter Pakar dari Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI RSUP Persahabatan seperti dilaporkan Kompas.com mengatakan bahwa, masker kain kurang efektif dalam menghalangi penularan virus.

Pasalnya, masker kain gak bisa menahan dikala seseorang batuk atau bersin dan percikannya terkena paras seseorang.

Masker kain juga tidak bisa mem-filter partikel yang masuk sebagaimana halnya masker medis yang mengandung filter tertentu.

Dengan kata lain, bila dipresentasikan masker kain hanya bisa mem-filter sekitar 10 sampai 60 persen partikel yang masuk.

Namun, salah satu influencer di bidang kesehatan, Dokter Tirta Mandira Hudi menuturkan masker kain mampu dipakai masyarakat yang relatif efektif mampu menghalangi laju penyebaran virus corona.

Menurut beliau, saat penduduk kesulitan menerima maker medis N95, masker kain bisa menjadi alternatif daripada ketika masyarakat keluar rumah tidak menggunakan masker sama sekali.

Manfaat lain ketika penduduk menggunakan masker kain adalah masker medis bisa sungguh-sungguh digunakan oleh pekerja medis yang sedang menanggulangi pasien corona.

Wah, ada benarnya juga ya. Ketimbang gak sama sekali menggunakan masker, mending pakai masker kain sebagai alternatif.

Nah, jangan cuma pemakai saja. Ada baiknya kau juga menggeluti untuk bisnis masker kain.

Kalau gak sempat terjun langsung, kau bisa jadi dropshipper yang tetap punya penghasilan meski #dirumahaja. Ya kan?

Kalau permasalahan modal jangan ragu, akses Kredivo. Platformnya bisa kau gunakan juga untuk membeli di situs e-commerce kenamaan lo, tanpa perlu kartu kredit.

Banner Kredivo