0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

9 tips Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh Dan Efektif

Bagi sebagian orang, cara mengatasi makan berlebih kadang kala dianggap sulit. Bagaimana tidak? Berbagai jenis kuliner enak memang sepertinya merupakan godaan paling besar nan menggiurkan. Namun, rasa yang besar untuk ingin melahap seluruhnya justru dapat berimbas menjadi sikap makan berlebih.

cara mengatasi makan berlebih

Dan saat hal tersebut terjadi, maka efek terbesar yang akan dihadapi ialah berat tubuh yang meningkat. Walaupun acap kali dianggap sepele, nyatanya kenaikan berat tubuh tidak mampu dianggap enteng begitu saja. Karena, berat tubuh yang berlebih juga dapat besar lengan berkuasa terhadap kesehatan tubuh.

Hanya saja, melaksanakan beberapa cara mengatasi makan berlebih yang direkomendasikan tidaklah semudah yang kita fikirkan. Diperlukannya tips dan trik khusus biar dapat menawarkan hasil yang optimal. Oleh alasannya itu, di dalam potensi kali ini kita akan membicarakan ihwal beberapa cara menanggulangi makan berlebih beserta info penting lainnya yang mungkin perlu untuk kamu ketahui. Yuk disimak penjelasannya berikut ini.

Cara Mengatasi Makan Berlebih

Dilansir dari aneka macam sumber, terdapat beberapa cara menanggulangi makan berlebih yang dianggap cukup ampuh sehingga bisa kamu coba lakukan, diantaranya yakni:

1. Jangan Pernah Lewatkan Sarapan

Jangan Pernah Lewatkan Sarapan - 9 Cara Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh dan Efektif

Cara menangani makan berlebih yang pertama adalah jangan pernah melewatkan sarapan. Mungkin banyak diantara kamu yang sedang melaksanakan diet sehingga melalaikan sarapan. Padahal, cara tersebut justru salah. Sarapan memberikanmu energi untuk mengawali kegiatan. Ketika kau melupakan sarapan, maka secara otomatis kamu akan merasa lelah dan lapar ketika menjelang siang hari.

Sehingga, saat waktunya makan siang, kau malah seperti “balas dendam” dan menyantap makanan jauh lebih banyak dibanding biasanya, yang disebabkan sebab rasa lapar yang sudah ada sejak pagi. Oleh sebab itu, jangan pernah sekalipun melewatkan sarapan walaupun kau sedang melakukan diet.

Sebaliknya kau bisa mengkonsumsi menu sarapan yang sehat sehingga planning dietmu mampu tetap berlangsung, seperti makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, serat, protein, dan sedikit lemak.

2. Jangan Makan Sambil Melakukan Hal Lain

Jangan Makan Sambil Melakukan Hal Lain - 9 Cara Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh dan Efektif

Cara mengatasi makan berlebih yang kedua yaitu jangan pernah makan sambil melakukan hal lain, mirip menonton tv, membaca, bermain, dan sebagainya. Sebab, saat kamu makan sambil melaksanakan hal lain, maka secara tidak sadar kau justru menjadi semakin sulit menertibkan nafsu makan. Fokus kau terbagi antara makanan dan pekerjaan lainnya yang membuat seseorang memakan kalori lebih banyak dari semestinya.  

Sebagai contohnya di Jepang, pegawai kantor tidak boleh makan sambil bekerja dan mereka diharuskan untuk makan di tempat yang telah ditawarkan pada saat jam istirahat. Karena hal itu, sungguh jarang warga Jepang mengalami obesitas.

3.  Hindari Mengkonsumsi Camilan

Hindari Mengkonsumsi Camilan - 9 Cara Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh dan Efektif

Tidak dapat dibantah bahwa kudapan memang ialah “godaan” terbesar sekaligus memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap peningkatan berat tubuh. Meskipun, menyantap camilan sungguh lezat, khususnya saat kau sedang mengisi waktu luang dengan membaca buku, menonton tv, dan tiduran, ada baiknya jikalau kamu mulai meminimalkan kebiasaan ini.

Apalagi kalau kamu sudah biasa untuk memakan camilan yang condong kurang sehat, seperti gorengan, cokelat, dan sejenisnya. Sebagai gantinya, salah satu cara mengatasi makan berlebih yang cukup ampuh adalah dengan mengganti menu camilan menjadi lebih sehat. Sebut saja seperti buah, serela, granola bar, telur rebus, dan yogurt rendah lemak yang mampu kau jadikan pilihan.

4. Berlatih Mindful-eating

Berlatih Mindful-eating - 9 Cara Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh dan Efektif

Cara mengatasi makan berlebih berikutnya yakni dengan berlatih mindful-eating. Mindful-eating merupakan sebuah sikap ketika seseorang fokus pada makanan yang tengah beliau konsumsi sembari memakai pikiran, emosi, dan perasaan. Dalam arti dikala kamu sedang makan, maka cobalah untuk makan secara perlahan, sedikit demi sedikit, mengunyah sampai halus, dan menikmatinya.

(Baca Juga: Bahaya Diet Sembarangan yang Mempengaruhi Kesehatan)

Selain sangat baik bagi kesehatan, observasi juga menyebutkan bahwa kebiasaan satu ini cukup ampuh untuk menghemat sikap overeating serta mencegah lapar mata. Ketika kau terbiasa dengan mindful-eating, maka tubuh akan mempunyai waktu untuk mengirimkan sinyal kenyang, sehingga kau pun juga akan merasa puas dengan kuliner yang dikonsumsi dengan takaran yang tidak berlebihan pula.

Sebaliknya, makan yang tergesa-gesa justru akan menciptakan pencernaan menjadi melakukan pekerjaan lebih keras lagi dan cenderung akan membuat seseorang merasa selalu lapar.

5. Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Serat - 9 Cara Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh dan Efektif

Cara mengatasi makan berlebih berikutnya yakni dengan memperbanyak konsumsi kuliner tinggi serat. Tidak hanya baik untuk pencernaan, kandungan serat yang terdapat di dalam makanan juga membuat perut menjadi kenyang lebih lama, sehingga secara berbarengan juga akan mengatur nafsu makan kamu.

Beberapa jenis masakan dengan kandungan serat yang tinggi diantaranya yakni kacang-kacangan, gandum, buah, dan sayur. Selain kaya akan serat, kuliner-masakan tersebut juga memiliki nutrisi yang sangat bagus bagi kesehatan badan.

6. Makan dengan Jadwal Teratur

Makan dengan Jadwal Teratur - 9 Cara Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh dan Efektif

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa melalaikan sarapan atau makan malam mampu membantu keberlangsungan pembatasan makanan serta menurunkan berat badan. Padahal, hal tersebut tidaklah benar. Sebab, dengan melupakan waktu makan, rasa lapar yang kau miliki justru menjadi makin berpengaruh. Sehingga akan timbulnya “balas dendam” yang membuat kau akan menyantap makanan lebih banyak dari lazimnya .

Oleh alasannya itu, salah satu cara mengatasi makan berlebih yang bisa kau lakukan ialah untuk tidak pernah melalaikan acara makan, baik itu sarapan, makan siang, dan makan malam. Sebagai gantinya, kau mampu menetralisir kebiasaan ngemil dan mengganti menu kuliner menjadi lebih sehat. Para mahir gizi yang mengungkapkan bahwa makan secara terorganisir sesuai acara akan menolong seseorang untuk merasa kenyang lebih lama dengan metabolisme badan yang berjalan dengan baik.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak Minum Air Putih - 9 Cara Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh dan Efektif

Cara menangani makan berlebih berikutnya yakni dengan memperbanyak minum air putih. Berbagai observasi yang menyatakan bahwa membiasakan diri minum air putih dalam jumlah banyak dinilai cukup ampuh untuk menekan rasa lapar sehingga secara otomatis mampu meminimalkan dorongan seseorang untuk ngemil maupun makan berlebih.

Tak hanya meminimalisir nafsu makan saja, minum air putih juga dianggap bisa menolong dalam menurunkan berat tubuh dan mencegah terjadinya kekurangan cairan tubuh. Maka dari itu, pastikan bahwa kau menyanggupi kebutuhan cairan tubuh setidaknya sebanyak 2 liter atau sekitar 8 gelas per hari.

8. Berolahraga Secara Teratur

Berolahraga Secara Teratur - 9 Cara Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh dan Efektif

Cara menanggulangi makan berlebih selanjutnya yakni dengan melaksanakan olahraga secara teratur. Dengan melakukan kegiatan fisik, nafsu makan mungkin akan mengalami kenaikan. Namun, bila olahraga tersebut justru dilaksanakan secara berkala , maka justru dalam menolong tubuh untuk menahan nafsu makan lho.

Berolahraga secara rutin dipercaya mampu meminimalkan aktivitas bab otak yang mengontrol nafsu makan serta meminimalisir kadar hormon yang menyebabkan rasa lapar itu sendiri.

9. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang Cukup - 9 Cara Mengatasi Makan Berlebih Paling Ampuh dan Efektif

Nah, cara mengatasi makan berlebih yang mau kita bahas terakhir yakni dengan menerima istirahat yang cukup. Tidur selama kurang lebih 7 jam per hari ternyata mampu menghipnotis bikinan hormon leptin dan ghrelin yang mengontrol nafsu makan. Oleh alasannya adalah itu, hormon badan akan melakukan pekerjaan dengan baik dan badan pun lebih mampu dalam menertibkan nafsu makan.

Dampak Buruk Perilaku Makan Berlebih

Selain kamu mesti mengenali wacana cara mengatasi makan berlebih, ada baiknya bila kamu turut mengetahui ihwal beberapa pengaruh jelek dari perilaku makan berlebih itu sendiri. Dilansir dari situs sehatQ, terdapat beberapa imbas negatif yang mampu dihasilkan dari makan berlebih, diantaranya yakni:

  • Peningkatan Berat Badan

Dampak utama yang paling terasa saat kau makan berlebih adalah kenaikan berat tubuh yang signifikan. Sebab, semakin banyak kamu makan maka akan semakin banyak pula lemak yang ditimbun. Ditambah lagi kalau kau banyak menyantap kuliner tinggi kalori dan tidak sehat, seperti kuliner cepat saji dan makanan dengan kandungan gula yang tinggi.

Perlu dimengerti bahwa penumpukan lemak dalam menyebabkan banyak sekali jenis problem kesehatan serta menjadikan datangnya keadaan medis tertentu. Sebagai acuan, bila terdapat lemak yang menumpuk pada organ hati, maka akan terjadinya gagal hati. Sedangkan jikalau terdapat penumpukan lemak di pembuluh darah, maka akan menyebabkan serangan jantung.

  • Risiko Penyakit Kanker

Makan berlebih akan besar lengan berkuasa terhadap peningkatan berat tubuh, yang mana juga memiliki potensi untuk terjadinya obesitas sekaligus mengembangkan risiko terkena kanker. Meskipun belum dimengerti secara pasti hubungan antara banyak makan dan kanker, tetapi dipercaya bahwa makan berlebih dapat mengakibatkan risiko kanker alasannya adalah dapat memancing bikinan estrogen, insulin, atau asam lambung secara berlebih.

  • Menaikan Gula Darah

Makan berlebih mampu meningkatkan gula darah, terutama bila kamu banyak mengkonsumsi kuliner dengan kandungan gula yang tinggi. Padahal, masalah satu ini sama sekali dihentikan dianggap remeh sebab potensial untuk menyebabkan penyakit diabetes.

Apakah Makan Berlebih sama Dengan Binge Eating Disorder?

Setelah mengetahui wacana beberapa cara menanggulangi makan berlebih, mungkin kau akan mengajukan pertanyaan, kira-kira sikap makan berlebih itu sama tidak sih dengan Binge Eating Disorder? Dilansir dari situs halodoc, perilaku makan berlebih dan binge eating disorder ialah dua hal yang berlawanan.

Kebiasaan makan berlebih atau overeating ialah suatu keadaan saat seseorang memakan lebih banyak kalori dibandingkan energi yang dibutuhkan. Biasanya, sikap satu ini disebabkan oleh nafsu makan yang tinggi serta kebiasaan dalam mengkonsumsi asupan makanan yang kurang sehat.

Sementara itu, binge eating disorder ialah sebuah kondisi gangguan contoh makan saat pengidapnya sama sekali tidak mampu menertibkan berapa besar takaran makan yang mereka konsumsi. Dikarenakan ini merupakan gangguan sikap, maka pengidapnya harus menerima perawatan khusus. Sementara itu, sikap makan berlebih justru lebih mampu terselesaikan asalkan orang tersebut memiliki impian besar lengan berkuasa untuk berganti.

(Baca Juga: Makanan untuk Membakar Lemak)

Makara, untuk kamu yang merasa dikala ini sukar mengendalikan nafsu makan, beberapa cara mengatasi makan berlebih yang gres saja kita bahas mungkin bisa kamu coba untuk kerjakan. Sebab, sikap makan berlebih itu sendiri bila tidak secepatnya teratasi maka mampu mengakibatkan dilema kesehatan yang jauh lebih serius lagi, seperti kanker, gagal ginjal, jantung, dan berbagai penyakit berbahaya yang lain.

Nah, selain melaksanakan beberapa cara mengatasi makan berlebih, jangan lupa juga untuk dilindungi dirimu dengan asuransi kesehatan. Mengapa asuransi kesehatan penting? Karena tidak hanya problem kesehatan saja yang tidak mampu kita prediksi, melainkan juga kondisi finansial kita di era yang mau datang.

Padahal seiring berjalannya waktu, ongkos pengobatan dan rumah sakit pun turut mengalami kenaikan. Lalu, apa yang harus dilaksanakan dikala kamu membutuhkan pengobatan tetapi tidak memiliki dana yang cukup untuk membayar? Asuransi kesehatan hadir untuk membantu. Maka dari itu, jikalau saat ini kau belum mem