0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

9 tips Menetralisir Ngilu Di Gigi Secara Alami

Ingin mengetahui ihwal cara menetralisir ngilu di gigi? Pembahasan kali ini mungkin bisa memperlihatkan sedikit tunjangan. Rasa ngilu pada gigi pastinya dapat menyebabkan rasa tidak tenteram yang sekaligus bisa mengganggu kita dalam melaksanakan acara sehari-hari.

Biasa disebabkan oleh hal-hal yang sering kali kita anggap sepele, mirip dikala sedang menyikat gigi ataupun ketika memakan jenis masakan atau minuman tertentu, di beberapa masalah rasa ngilu yang terjadi pada gigi juga tidak mampu diabaikan begitu saja. Karenanya, ganjalan gigi ngilu bila dialami berkepanjangan justru mampu mengakibatkan persoalan yang jauh lebih besar yang pastinya akan terasa semakin mengganggu.

Oleh alasannya itu, bagi kamu yang memiliki gigi sensitif, cara menetralisir ngilu di gigi perlu diketahui. Nah, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas perihal cara menetralisir ngilu di gigi beserta hal-hal lainnya yang sekiranya perlu kau ketahui Yuk disimak bahu-membahu.

Mengapa Gigi Bisa Ngilu?

Sebelum kita membicarakan tentang beberapa cara menetralisir gigi ngilu, ada baiknya jikalau kau turut mengenali wacana penyebab dari gigi ngilu itu sendiri. Pada dasarnya, gigi ngilu dapat terjadi akhir beberapa hal, diantaranya adalah:

Gigi Berlubang

Pada umumnya, gigi berlubang dapat terjadi alasannya adalah adanya penumpukan plak serta karang gigi yang menjadi tempat berkembang biaknya bakteri dan kuman. Tak hanya itu, gigi berlubang juga terkadang disebabkan oleh sisa masakan yang tidak dibersihkan secara benar sehingga turut dijadikan selaku kawasan berkumpulnya basil dan bakteri.

Apabila tidak diobati sesegera mungkin, jelas rasa sakit yang ditimbulkan dari gigi berlubang akan memperlihatkan rasa tidak nyaman bagi penderita, tergolong rasa sakit dan ngilu. Selain itu, gigi berlubang mampu menyebabkan terjadinya bisul sampai menjadikan gigi copot atau tanggal.

Tambalan Gigi yang Rusak

Selanjutnya, ganjalan gigi ngilu yang sering disebabkan oleh tambalan gigi yang rusak atau mulai melonggar. Karena, tambalan gigi yang rusak atau longgar tersebut mampu menciptakan akar gigi menjadi terpapar oleh rangsangan dari luar sehingga memicu timbulnya rasa ngilu pada gigi.

Gigi Sensitif

Kondisi yang tampaknya paling biasa dialami oleh kebanyakan orang ialah gigi sensitif. Salah satu penyebab gigi sensitif adalah karena terjadinya penipisan lapisan pelindung gigi atau enamel gigi yang membuat bab dentin gigi yang berisikan aneka macam saraf gampang terpapar rangsangan tertentu. Akibatnya, gigi menjadi terasa nyeri dan ngilu.

Mengunyah Es Batu

Mungkin telah tidak jarang kamu menemukan orang-orang yang gemar mengunyah es batu. Selain dapat memperlihatkan sensasi tersendiri pada verbal, mengunyah es batu nyatanya juga diketahui ampuh dalam menangani kehilangan cairan tubuh atau rasa pedas pada pengecap. Hanya saja, ternyata melakukan hal ini terlalu sering juga mampu menjadikan dampak buruk di gigi.

(Baca Juga: Rekomendasi Obat Sakit Gigi yang Ampuh)

Mengunyah es batu terlalu sering bisa mengikis enamel gigi secara perlahan, yang mana hal tersebut menciptakan gigi menjadi sangat sensitif kepada zat panas dan hambar yang berefek pada rasa ngilu pada gigi.

Sering Menggertakkan Gigi

Bagi kau yang memiliki kebiasaan menggertakkan gigi terlalu sering, hal ini mampu menjadikan gigi kronis menjadi sensitif yang mampu menjadikan rasa ngilu berkepanjangan. Selain itu, menggertakkan gigi juga bisa menghancurkan enamel serta mengganggu dentin atau lapisan tengah gigi yang terdiri dari tabung berlubang yang mengarah ke saraf.

Stress tingkat tinggi dan kurangnya waktu tidur merupakan beberapa penyebab yang dapat mengembangkan kebiasaan kau dalam menggertakkan gigi. Nah, selain hal-hal yang gres saja kita bahas, bahu-membahu masih begitu banyak hal yang lain yang sekiranya bisa mengakibatkan gigi ngilu.

Cara Menghilangkan Ngilu di Gigi

Setelah membahas ihwal beberapa penyebab gigi ngilu yang paling kerap terjadi, sekarang saatnya kita turut membicarakan perihal cara menghilangkan ngilu di gigi itu sendiri. Dilansir dari aneka macam sumber, terdapat sejumlah cara menetralisir ngilu di gigi yang mungkin mampu kau coba, diantaranya ialah:

1. Air Garam

Cara menetralisir ngilu di gigi yang pertama ialah dengan memakai air garam. Air garam dikenal selaku antiseptik alami yang mampu menolong dalam meredakan peradangan. Tak hanya itu, air garam juga bisa melawan kuman jahat yang merupakan penyebab dari berbagai keluhan, mirip gusi abses dan gigi ngilu.

Untuk mampu menetralisir gigi ngilu dengan air garam, kau cuma perlu berkumur selama 30 detik menggunakan air hangat yang sudah dilarutkan dengan ½ sendok garam. Lakukanlah setidaknya sebanyak dua kali dalam sehari sampai rasa ngilu menghilang dengan sendirinya. Selain mampu melawan basil jahat, nyatanya berkumur dengan air garam juga bisa memajukan kebersihan verbal lho.

2. Bawang Putih

Cara menghilangkan ngilu di gigi yang kedua yakni dengan menggunakan bawang putih. Bahkan semenjak ribuan tahun lamanya, bawang putih memang sudah diketahui mempunyai segudang manfaat yang baik bagi kesehatan. Oleh alasannya itu, jenis umbi satu ini acap kali dijadikan sebagai obat alami untuk mengatasi banyak sekali penyakit, termasuk rasa ngilu pada gigi.

Mengunyah sepotong bawah putih dapat menghasilkan senyawa yang disebut sebagai allicin yang memiliki sifat antimikroba sehingga mampu menolong dalam membunuh bakteri yang menjadi penyebab problem pada mulut, mirip Streptococcus mutan, ialah penumpukan S. mutans di sekeliling area gigi dan gusi yang mampu menyebabkan kerusakan pada gigi dan memperburuk sensitivitas gigi itu sendiri.

Selain kamu mampu mengunyah bawang putih sebagai salah satu cara menetralisir ngilu di gigi, kau juga mampu menghaluskannya sampai berbentuk seperti pasta. Setelah itu, oleskanlah secara pribadi ke gigi yang terasa ngilu tersebut.

3. Daun Jambu Biji

Daun Jambu Biji juga ialah salah satu cara menetralisir ngilu di gigi yang dianggap cukup ampuh. Daun satu ini mengandung ekstrak dengan sifat anti-inflamasi dan antimikroba sehingga dapat menolong dalam mengurangi rasa ngilu pada gigi begitu juga dengan sensitivitas gigi.

Selain itu, daun jambu biji tak cuma mampu merenggangkan ngilu di gigi saja, melainkan juga mampu meredakan sariawan dan gusi yang membesar. Caranya, kau cuma perlu merebus beberapa helai daun jambu biji dan berkumurlah dengan air tersebut.

4. Capsaicin

Mungkin masih banyak yang belum tahu soal ini bahwa ternyata Capsaicin mampu dijadikan sebagai salah satu cara menetralisir ngilu di gigi yang cukup ampuh. Capsaicin ialah senyawa pedas yang mampu kita dapatkan di banyak sekali rempah-rempah penghasil rasa pedas lho, seperti cabai. Senyawa satu ini memiliki sifat analgesik yang memang acap kali digunakan untuk mengobati berbagai permasalahan pada lisan.

Walaupun capsaicin itu sendiri bisa mengakibatkan rasa terbakar pada ekspresi jika dioleskan ke gigi atau gusi, tetapi secara bersamaan justru hal ini mampu menghemat rasa sakit yang kau rasakan lho. Caranya, kamu hanya perlu menyebabkan rempah-rempah yang mengandung capsaicin ini sebagai gel topikal atau obat kumur.

5.  Kunyit

Cara menghilangkan ngilu di gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan kunyit. Kunyit mempunyai senyawa curcumin yang bersifat anti radang, antiseptik, dan antibiotik sehingga diketahui bisa mengobati rasa ngilu pada gigi. Caranya pun sangatlah gampang untuk dilaksanakan, ditambah karena rempah-rempah satu ini paling sering kita peroleh di dapur.

Kamu cuma per menghaluskan 1 ruas jari kunyit dan campurkanlah dengan ½ sendok teh garam dan 1 sendok makan minyak kelapa. Setelah semua bahan tercampur secara tepat, maka kau tinggal oleskan ke gigi dan gusi yang tengah sakit atau ngilu. Lakukan ritual yang sama setidaknya dua kali dalam sehari sampai ngilu pada gigi benar-benar mereda.

6. Bawang Merah

Selain bawang putih, bawang merah ternyata juga merupakan salah satu cara menghilangkan ngilu di gigi yang cukup ampuh lho. Karena, keduanya juga sama-sama mempunyai sifat anti-inflamasi dan antimikroba sehingga mampu melawan patogen oral serta mengobati rasa sakit dan radang di sekeliling gigi secara efektif.

(Baca Juga: Pilihan Asuransi untuk Gigi)

Caranya juga tak jauh berlawanan dengan bawang putih, yakni dengan mengunyah sepotong bawang merah selama beberapa menit. Atau kalau kamu tak besar lengan berkuasa dengan bacin dan rasanya, kau bisa meletakan bawang merah di dekat gigi dan gusi yang terasa ngilu dan biarkanlah selama kurang lebih 10 menit.

7. Teh Hijau

Jika kau memiliki gigi sensitif, maka teh hijau bisa dijadikan sebagai penyelesaian untuk mengatasi ngilu pada gigi, ialah dengan menggunakannya sebagai obat kumur. Buat teh hijau tanpa tambahan apapun dan kumurlah sebanyak dua kali dalam sehari. Tak cuma selaku cara menetralisir ngilu di gigi yang cukup ampuh, berkumur dengan teh hijau juga bisa sekaligus memperkuat dan mengurangi peradangan pada gigi.

Hal tersebut dikarenakan imbas antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang terdapat pada jenis teh satu ini. Selain itu, kamu juga mampu mengatur bakteri serta menurunkan keasaman air liur dan plak gigi.

8. Madu dan Air Hangat

Selain mampu dijadikan sebagai obat batuk, madu dan air hangat juga bisa dijadikan sebagai cara menetralisir ngilu di gigi yang ampuh. Madu dikenal mampu menolong mempercepat penyembuhan serta mengurangi rasa sakit, pembengkakan, dan peradangan pada gigi, utamanya untuk kamu yang mempunyai gigi sensitif.

Caranya yakni dengan mencampurkan 1 sendok madu dan segelas air hangat dan bilaslah lisan menggunakan campuran tersebut. Madu dapat menciptakan hidrogen peroksida yang bertindak selaku antiseptik untuk rasa sakit yang disebabkan oleh sensitivitas. Selain itu, madu juga bisa mengatasi urusan untuk gigi yang terasa ngilu akhir patah.

9. Cengkeh

Cara menghilangkan ngilu di gigi yang terakhir adalah dengan memakai cengkeh. Cengkeh mempunyai kandungan eugenol yang ialah antiseptik alami. Karenanya, jenis rempah satu ini dinilai cukup efektif dalam meminimalisir rasa sakit pada gigi sekaligus meredakan peradangan.

Kamu mampu mengunyah cengkeh atau meletakkannya pada gigi yang terasa ngilu tersebut. Selain itu, kamu juga mampu menggunakan minyak cengkeh untuk menangani rasa ngilu yang terjadi, yakni dengan cara melembutkan cengkeh hingga mengeluarkan minyak.

Setelah itu, oleskanlah pada gigi yang mengalami problem dan diamkanlah selama beberapa menit. Tak hanya itu, minyak cengkeh juga dapat digunakan selaku obat kumur dengan mencampurkannya pada segelas air.

Jadi, itulah beberapa cara menghilangkan ngilu di gigi secara alami yang bisa kau jadikan pilihan. Perlu dikenang bahwa rasa ngilu berkepanjangan yang terjadi pada gigi perlu segera diatasi biar tidak mengakibatkan risiko yang lebih besar lagi.

Maka dari itu, untuk melindungi diri dan keluarga dari aneka macam persoalan kesehatan, yuk segera ajukan asuransi kesehatan. Bahkan saat ini, sudah banyak lho perusahaan asuransi yang memiliki program untuk perawatan gigi dan siap untuk menuntaskan seluruh persoalan kesehatan yang kau alami. Kaprikornus, tunggu apa lagi? Segera ajukan asuransi kesehatanmu hanya di CekAja.com.