0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

9 Situs Download Gambar Gratis Bebas Copyright

Tidak dapat disangkal bahwa situs download gambar gratis tentu saja sangat dicari oleh sebagian besar orang. Bagaimana tidak? Gambar itu sendiri banyak dikaitkan oleh hak cipta atau copyright oleh sang pemilik gambar, sehingga kadang kala gambar yang terdapat di internet bersifat berbayar.

Situs Download Gambar Gratis

Selain itu, menggunakan gambar dari internet untuk keperluan komersial pun menjadi sangat rawan alasannya bekerjasama dengan copyright ini. Padahal, mungkin untuk kamu yang dikala ini sedang mengurus blog ataupun melaksanakan pekerjaan yang berhubungan dengan rancangan, datangnya gambar-gambar sangat diperlukan untuk kelancaran pekerjaan.

Bagi yang belum tahu, copyright atau hak cipta ialah hak pribadi bagi pencipta sebuah karya yang pada nantinya mereka juga turut memiliki hak atas tunjangan izin kalau ada seseorang yang berniat memakai karya tersebut dengan tujuan apapun atau memperbanyak karyanya.

Oleh sebab itu, kalau kamu memakai karya dari orang lain tanpa mendapatkan izin dari mereka, maka sang pemilik karya berhak untuk menenteng perkara ini ke jalur aturan yang terperinci membuat problem menjadi panjang. Karenanya, kau harus waspada dalam mengambil gambar dari internet, bila tidak ingin terjerat masalah wacana hak cipta ini.

(Baca Juga: Situs Penyedia Mockup Gratis)

Namun sekarang, sepertinya kamu sudah tak perlu khawatir alasannya sudah kian banyak situs download gambar gratis yang mampu dijadikan selaku solusi. Apa sajakah itu? Yuk disimak bantu-membantu.

Situs Download Gambar Gratis

Dilansir dari aneka macam sumber, terdapat beberapa situs download gambar gratis yang mampu kamu jadikan pilihan, diantaranya yakni:

1. Flickr

Flickr - 9 Situs Download Gambar Gratis Bebas Copyright

Situs download gambar gratis yang pertama ialah Flick, yakni sebuah situs pemasokgambar yang memperlihatkan lisensi Creative Commons. Creative Commons itu sendiri adalah tata cara yang mengakomodasi seorang fotografer, dalam menunjukkan izin terhadap orang lain untuk menggunakan gambar hasil karyanya, tanpa menghilangkan keterangan dari mana sumber foto tersebut berasal.

Dalam arti, kamu mampu bebas memakai gambar yang terdapat di situs download gambar gratis satu ini selama menyanggupi standar yang berlaku dan telah dicantumkan oleh pemilik media. Namun, pastinya tidak semua gambar bersifat gratis.

2. Freepik

Freepik - 9 Situs Download Gambar Gratis Bebas Copyright

Situs download gambar gratis berikutnya adalah Freepik, yang sepertinya telah cukup populer di kelompok pekerja desain grafis. Dengan dipenuhi oleh terlalu banyak gambar resolusi terbaik, kau bahkan bisa memperoleh gambar dari berbagai format lho.

Mulai dari vector photos, PSD photos, illustrator, dan lain-lain, yang memberikanmu lebih banyak fasilitas. Salah satu keunggulan dari situs download gambar gratis ini yaitu, untuk gambar-gambar yang tersedia bisa kamu rancangan ulang, sehingga sangat cocok dipakai untuk berbagai kebutuhan.

Seperti banner, cover buku, majalah, dan masih banyak lagi. Kamu mampu memakai gambar, baik itu untuk personal use maupun commercial use, tetapi dengan menunjukkan atribut khusus pada gambar yang kamu pakai.

3. Pexels

Pexels - 9 Situs Download Gambar Gratis Bebas Copyright

Situs download gambar gratis selanjutnya yaitu Pexels, dengan lebih dari 15,000 stok gambar resolusi terbaik yang bisa kamu gunakan. Berbeda dengan Freepik, yang mengharuskanmu untuk menunjukkan atribut pada gambar, di Pexels kamu justru tidak membutuhkan hal tersebut.

Kamu bebas memakai seluruh gambar yang ada, baik itu untuk personal use maupun commercial use. Tak cuma itu, kau juga mampu mengunduh gambar dengan aneka macam format yang mampu disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun, di Pexels juga terdapat beberapa aturan tertulis yang mesti dipatuhi oleh setiap pengguna, salah satunya adalah bahwa gambar yang diunduh, dihentikan dijual ulang pada situs photostock manapun.

4. Pixabay

Pixabay - 9 Situs Download Gambar Gratis Bebas Copyright

Pixabay ialah salah satu situs download gambar gratis, yang menawarkan berjuta-juta gambar, yang mampu kamu gunakan dengan bebas hak cipta. Diciptakan oleh para fotografer profesional, terperinci tak perlu disangsikan lagi karya yang mereka ciptakan.

Di Pixabay, kau bisa menggunakan gambar untuk aneka macam keperluan, baik untuk personal use maupun commercial use tanpa harus mencantumkan atribut khusus pada gambar yang kamu unduh.

Tak cuma berupa gambar, di situs download gambar gratis ini juga tersedia illustrator, gambar vector, video, dan sebagainya, sehingga mampu kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Sebelum mengunduh, kamu diharuskan untuk menciptakan akun apalagi dulu, yang mana tentunya juga bersifat gratis. Makara, tak perlu cemas.

5. Stocksnap

Stocksnap - 9 Situs Download Gambar Gratis Bebas Copyright

Selanjutnya ada Stocksnap yang juga merupakan situs download gambar gratis, yang bersifat Creative Commons, sehingga mampu digunakan untuk aneka macam kebutuhan. Dengan mutu gambar yang tak perlu diragukan lagi, kamu mampu memakai gambar tanpa harus mencantumkan atribut khusus lho.

Gambar di Stocksnap selalu di update secara rutin, jadi kamu bisa memperoleh gambar-gambar baru yang indah saban hari. Kamu bahkan juga bisa melakukan pencarian gambar menurut tanggal, trending, views, downloads, dan favorite dari pengguna lainnya.

6. LifeofPix

LifeofPix - 9 Situs Download Gambar Gratis Bebas Copyright

Ketika kau membuka situs lifeofpix, maka kamu bisa dengan terang membaca goresan pena bahwa seluruh gambar yang tersedia di situs download gambar gratis ini memang 100 persen bersifat gratis dan tanpa hak cipta. Dapat dibilang unik karena sang pemilik situs memang sengaja mendonasikan gambar-gambar mereka untuk para pemilik public domain yang yang memang membutuhkan.

Maka dari itu, tak heran apabila kau bisa mendapatkan ribuan gambar gratis dengan sangat mudah. Bahkan, tersedia pula gambar dari aneka macam format lho, sehingga mampu disesuaikan dengan kebutuhan pula.

7. Freestocks

Freestocks - 9 Situs Download Gambar Gratis Bebas Copyright

Freestocks merupakan salah satu situs download gambar gratis yang menyediakan begitu banyak gambar dengan kualitas terbaik. Seluruh gambar yang ada telah memiliki lisensi Creative Commons Zero yang berarti mampu kau pakai untuk banyak sekali kepentingan, baik itu personal use ataupun commercial use.

Hanya saja di situs ini pada umumnya gambar yang tersedia memiliki watermark sehingga membuatmu mesti bekerja dua kali untuk menetralisir watermark tersebut. Jika tidak mau adanya watermark, maka kamu mesti berlangganan dengan mengeluarkan uang sejumlah duit dengan nominal yang telah ditentukan.

8. Gratisography

Gratisography - 9 Situs Download Gambar Gratis Bebas Copyright

Gratisography merupakan suatu situs yang memungkinkanmu untuk mengunduh gambar gratis yang dikehendaki. Berbagai koleksi mampu kamu dapatkan disini, mulai dari gambar verbal paras yang unik, hewan, hingga angle foto menarik yang mampu kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan.

Di situs download gambar gratis satu ini, kau bisa menemukan begitu banyak gambar-gambar baru alasannya adalah foto yang tersedia akan selalu diupdate setiap minggunya. Kamu juga mampu mencari gambar berdasarkan kategori lho, mirip Animals, Nature, Objects, People, dan masih banyak lagi. Untuk menggunakan gambar disini kamu juga tidak membutuhkan atribut khusu.

9. Unsplash

Unsplash - 9 Situs Download Gambar Gratis Bebas Copyright

Unsplash merupakan situs download gambar gratis yang menawarkan begitu banyak gambar mutu tinggi secara gratis. Tak jauh berlawanan dengan situs-situs yang telah kita bahas sebelumnya, disini kau juga bebas menggunakan gambar, baik itu untuk personal use maupun commercial use tanpa perlu mencantumkan atribut.

Selain itu, kamu juga bisa mencari gambar berdasarkan kategori yang tersedia, mulai dari Travel, Nature, Textures & Patterns, dan masih banyak lagi, sehingga bisa diubahsuaikan pula dengan keperluan masing-masing.

Makara, itulah beberapa situs download gambar gratis yang mampu kau jadikan pilihan untuk memenuhi kebutuhanmu akan gambar. Perlu dimengerti bahwa gambar yang terdapat di internet sangatlah bekerjasama dengan copyright atau hak cipta dari sang pemilik karya. Oleh karena itu, janganlah asal mengambil gambar.

(Baca Juga: Tips Download Shutterstock Gratis Tanpa Watermark)

Selain kau mampu mengunduh gambar dari situs-situs di atas, yang memang telah memiliki lisensi Creative Commons, opsi yang lain yang mampu dilaksanakan untuk menerima gambar yang kau kehendaki, yakni dengan membeli gambar tersebut.

Dengan berbelanja gambar, kamu bisa dengan bebas menggunakannya, terlebih gambar tersebut akan digunakan untuk kebutuhan komersial yang bersifat besar. Pilihan gambar berbayar juga lebih banyak, dan bervariasi, dibandingkan dengan download gambar gratis. 

Beli dan Berlangganan di Situs Penyedia Gambar, Bisa Pakai Kartu Kredit

Saat ini, sudah banyak lho situs penyuplaigambar yang menerima kartu kredit, sebagai salah satu tata cara pembayarannya. Memang tak mampu dipungkiri, bahwa datangnya kartu kredit sangatlah menunjukkan kita kemudahan, dalam melaksanakan banyak sekali bentuk transaksi, utamanya transaksi yang bersifat online dan sudah dijalankan oleh banyak orang saat ini.

Belum punya kartu kredit? Tunggu apa lagi! Segera olok-olokan kartu kreditmu cuma di CekAja.com dan nikmatilah segudang keuntungannya.