0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

9 Profesi Yang Patut Diapresiasi Ketika Corona. Apa Saja?

Menjadi garda paling depan dalam melawan virus Covid-19, tenaga medis dikala ini dinilai sebagai profesi yang patut diapresiasi dikala corona. Pasalnya, para tenaga medis tersebut tidak mampu menerapkan Work From Home (WFH) seperti yang dianjurkan pemerintah.

profesi diapresiasi saat corona

WFH sendiri merupakan bab dari social distancing, yang dikeluarkan pemerintah Indonesia untuk melindungi masyarakatnya.

Namun ternyata, kebijakan WFH atau yang dikenal dengan bekerja dari rumah tidak berlaku untuk beberapa profesi.

Hal itu dikarenakan beberapa profesi tersebut tetap mesti bekerja, untuk melindungi dan melayani kebutuhan masyarakat, di tengah pandemi virus Covid-19 ini.

Dan pastinya, beberapa profesi tersebut juga menjadi profesi yang layak diapresiasi saat corona.

9 Profesi yang Patut Diapresiasi dikala Corona

Sebelumnya telah disinggung, jika ada beberapa profesi yang masih mesti bekerja di tengah pandemi virus corona mirip dikala ini.

Beberapa profesi tersebut, di antaranya bekerja untuk melindungi kesehatan atau pun melayani kebutuhan masyarakat.

Namun yang pasti, beberapa profesi tersebut ialah profesi yang layak diapresiasi dikala corona.

Lantas apa saja profesi-profesi tersebut? Yuk, simak ulasan di bawah ini yang sudah CekAja.com rangkum khusus untuk kau.

1. Tenaga Medis

Profesi pertama pastinya diduduki oleh Tenaga Medis. Tidak heran kalau tenaga medis menjadi salah profesi yang pantas diapresiasi dikala corona.

Pasalnya, tenaga medis mempunyai tugas yang sangat penting dan sungguh membantu di tengah merebaknya wabah virus corona.

Para tenaga medis, rela menghabiskan waktunya untuk menolong proses penyembuhan para pasien yang terinfeksi virus corona dan orang-orang yang diindikasi terinfeksi virus tersebut.

Selain itu, para tenaga medis juga siap mengambil resiko kalau sewaktu-waktu terinfeksi virus corona dari pasien yang mereka rawat.

Meskipun tenaga medis tersebut sudah diberi alat pelindung diri (APD) lengkap, tetapi kemungkinan tertular virus corona tidak dapat dikesampingkan.

Hal tersebut dapat dilihat dari beberapa kejadian yang menimpa tenaga medis, baik di Indonesia maupun Wuhan, yang ialah kawasan permulaan menyebarnya virus corona.

Salah satunya kau mampu melihat insiden yang paling banyak terjadi, ialah sejumlah tenaga medis juga tertular virus corona, sesudah merawat pasien corona.

2. Kurir atau Petugas Pengantar Barang

Profesi yang patut diapresiasi saat corona berikutnya yaitu kurir atau petugas pengantar barang. Pasalnya, para kurir tersebut memiliki tanggung jawab untuk mengantarkan paket ke beberapa lokasi.

Karena profesinya tersebut, maka peluang kurir untuk terinfeksi virus corona kian besar. Sebab, dalam mengirim paket para kurir tersebut mesti berjumpa dengan banyak orang yang kondisi kesehatannya tidak dikenali, apakah orang tersebut dalam keadaan sehat atau sakit.

Oleh alasannya itu, kurir atau petugas pengantar barang menjadi salah satu profesi yang pantas diapresiasi dikala corona.

(Baca Juga: Asuransi yang Tepat Untuk Pekerja Medis di Kala Corona)

3. Polisi dan Tentara

Profesi yang layak diapresiasi ketika corona yang ketiga adalah polisi dan tentara. Dua profesi ini memang dituntut untuk bertugas keluar rumah mempertahankan keselamatan negara, kota dan rakyatnya.

Meski begitu, polisi dan serdadu tetap diberi alat santunan diri (APD) untuk melindungi diri dari jerawat virus corona.

Hal tersebut dikarenakan polisi dan tentara tetap harus bergantian dengan rekan yang lain, untuk tetap menjaga dan memutuskan bahwa semuanya kondusif.

4. Pegawai Bank

Profesi yang patut diapresiasi dikala corona yang keempat yakni pegawai bank. Profesi yang satu ini sama mirip profesi yang lain yang tidak bisa menerapkan sistem work from home atau melakukan pekerjaan dari rumah.

Para pegawai bank, tetap diharuskan masuk untuk mengatur dan mengurus keuangan mu. Tentu saja, acara tersebut tidak mampu dilaksanakan di rumah.

Selain itu, para pegawai bank tersebut juga sungguh rentan untuk terinfeksi virus corona. Mereka akan banyak bertatap muka pribadi dan memegang duit yang diterima oleh customer.

Seperti yang diketahui, duit merupakan salah satu media yang mampu menularkan virus corona. Sebab, sampai sekarang telah ada pegawai bank yang terinfeksi virus corona di Indonesia.

5. Petugas Swalayan

Profesi yang patut diapresiasi ketika corona yang kelima yaitu Petugas Swalayan. Para petugas tersebut tetap mesti masuk dan bekerja mirip biasa, supaya mampu melayani keperluan konsumen yang datang dan secara tidak pribadi menjaga kestabilan perekonomian Indonesia.

Tingginya intensitas bertatap wajah pribadi dengan customer dan memegang barang-barang, membuat para petugas supermarket tersebut sangat rentan terinfeksi virus corona.

Meski sebagian besar swalayan telah memakai termometer tembak untuk memeriksa suhu tubuh setiap pengunjung, tetapi hal tersebut tidak menjamin semua pengunjung yang tiba berada dalam keadaan yang sehat, dan tidak terinfeksi virus corona.

6. Petugas Transportasi Umum

Profesi keenam yang perlu diapresiasi ketika corona adalah petugas transportasi biasa , mirip masinis kereta api, sopir Transjakarta dan lain sebagainya.

Hal tersebut dikarenakan, para petugas tetap mesti melakukan pekerjaan dengan jadwal yang telah ditentukan, untuk tetap bisa melayani penumpang.

Maka dari itu, kemungkinan untuk terpapar dan terinfeksi virus corona cukup besar. Terlebih, mereka tidak diberikan alat pelindung diri untuk melindungi diri dari nanah virus corona.

Namun, para petugas tersebut mampu menggunakan masker dan menyediakan hand sanitizer untuk melindungi diri.

7. Ojek Online

Profesi yang ketujuh yaitu ojek online. Menjadi salah satu pekerjaan informal, para ojek online memang diharuskan untuk berafiliasi langsung dengan banyak orang sebagai penumpangnya.

Hal tersebut pasti sungguh membuka lebar peluang bagi para driver untuk terinfeksi virus corona. Pasalnya, tidak ada yang tahu apakah penumpang tersebut berada dalam keadaan yang sehat atau sedang dalam kondisi sakit.

Bisa saja penumpang tersebut telah terinfeksi virus corona, namun dia tidak menyadarinya dan melakukan karantina.

Dengan begitu, kau sudah ditentukan berisiko terinfeksi virus corona dari penumpang tersebut.

Beberapa peristiwa semacam itu pun saat ini sudah banyak terjadi. Di mana, beberapa pengemudi didapatkan positif virus corona atau gres ODP (Orang Dalam Pengawasan).

Maka dari itu, profesi ojek online ini menjadi salah satu profesi yang patut diapresiasi dikala corona.

8. Security

Profesi selanjutnya yakni Security. Sebagai petugas yang mempertahankan keamanan sebuah gedung atau toko beserta orang-orang di dalamnya, security tetap diharuskan untuk masuk bekerja di tengah wabah virus corona seperti dikala ini.

Namun dalam proses tugasnya, security juga sudah dibekali dengan alat pelindung diri (APD), yang tentu saja fungsinya untuk melindungi diri dari nanah virus corona.

Sebab, mampu saja beberapa hadirin terlihat sehat dan bugar, tetapi bergotong-royong mereka sudah terinfeksi virus corona dan menjadi carrier untuk orang-orang disekitarnya.

9. Cleaning Service dan Petugas Kebersihan

Cleaning service dan petugas kebersihan masuk ke dalam salah satu profesi yang pantas diapresiasi ketika corona. Pasalnya, para pekerja di bidang ini tetap mesti masuk seperti biasa, untuk membersihkan kota atau pun kantor-kantor yang masih aktif bekerja.

Oleh karena itu, para pekerja tersebut sangat rentan terinfeksi virus corona. Sebab, dia masih berjumpa dengan banyak orang dan terpapar abu yang telah tercemar oleh virus corona.

Terlebih selama melaksanakan kewajibannya, mereka tidak mengeluh sedikit pun. Oleh sebab itu, cleaning service dan petugas kebersihan perlu menerima apresiasi di tengah wabah corona saat ini.

Nah, beberapa profesi yang layak diapresiasi saat corona sudah kamu ketahui di atas. Melihat tanggung jawab dan tuntutan untuk tetap bekerja ke luar rumah beberapa profesi tersebut, membuat kita kian bersyukur alasannya memiliki peluang untuk bekerja dari rumah.

Dengan begitu, kita bisa melindungi diri dan menjaga kesehatan badan dengan mengkonsumsi kuliner yang sehat serta istirahat yang cukup. Sehingga, imunitas tubuh semakin meningkat.

Namun, bagi beberapa pekerja tersebut rasanya perlu perjuangan tambahan untuk menjaga kesehatan dan melindungi diri dari virus corona. Salah satu cara yang mampu kamu kerjakan untuk melindungi diri yakni dengan memakai asuransi kesehatan.

Kamu tidak perlu cemas bila belum mempunyai asuransi kesehatan. Sebab, kini kamu mampu mengajukannya dengan gampang dan proses yang cepat cuma di CekAja.com. Kaprikornus, tunggu apalagi? Langsung usikan sekarang, yuk!