0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

9 Pengobatan Jamur Kuping, Ampuh Usir Penyakit Kronis

Jamur kuping telah diketahui sejak usang sebagai sajian enak yang bisa diolah dengan banyak sekali cara. Tak hanya itu, ada pula beberapa faedah jamur kuping untuk kesehatan badan. Buat kau yang belum tahu, simak informasi detailnya berikut ini!

9 Manfaat Jamur Kuping, Ampuh Usir Penyakit Kronis

Tumbuhan yang masuk kategori fungi dengan nama latin Auricularia auricula ini memiliki warna hitam atau coklat bau tanah. Tekstur jamur telinga cukup kenyal, dengan diameter 2 sampai 15 cm.

Jamur telinga bisa dimasak dengan ditumis, digoreng hingga crispy, atau dibuat sup yang yummy. Ini ia faedah jamur telinga untuk kesehatan yang bisa kau dapat jika mengonsumsinya.

1. Menstabilkan Berat Badan

Kalau kamu telah mencoba banyak sekali tata cara diet namun masih gagal, coba deh untuk mengonsumsi jamur kuping ini.

Sebab, faedah jamur kuping mempunyai serat yang tinggi, sehingga tepat untuk menjadi sajian pembatasan makanan kamu. Dan, kuliner dengan serat yang tinggi dapat membuatmu kenyang lebih lama. Jamur ini juga memiliki kalori dan lemak yang rendah.

Dalam secangkir jamur kuping terkandung 19,6 gram serat. Kandungan ini menyanggupi setengah dari total kebutuhan serat harian untuk badan. Karena laki-laki cukup umur butuh 38 gram serat per hari, sedangkan perempuan dewasa perlu 30 hingga 32 gram.

2. Ampuh Menangkal Racun

Dalam lendir jamur telinga , terdapat khasiat untuk menangkal racun. Mulai dari racun nabati, residu pestisida, bahkan racun yang bentuknya logam berat mirip merkuri dan kadmium bisa dibasmi oleh jamur ini. Hal ini dikarenakan dalam manfaat jamur telinga terdapat kandungan trace mineral germanium yang bisa berfungsi selaku antivirus.

Serat beta glucan yang ada di jamur kuping juga mendukung tumbuhnya kuman baik atau probiotik yang ada dalam badan kita. Sehingga, sangat bagus untuk sistem pencernaan dan meningkatkan imun badan.

Fungsinya sebagai penetral racun juga mampu memperkecil resiko kerusakan pada hati yang berasal dari overdosis acetaminophen. Makara, tak heran kalau bangsa Tionghoa sudah menggunakan manfaat jamur telinga sebagai penawar racun semenjak ratusan tahun lalu.

(Baca Juga: Budidaya Jamur Tiram Putih Modal Kecil, Hasil Menjanjikan)

3. Melancarkan Peredaran Darah

Sebuah studi yang dipublikasikan di Thrombosis and Haemostasis menyebutkan bila salah satu faedah jamur telinga adalah mengandung adenosin yang mampu menghalangi pembekuan darah. Ini mampu berakibat peredaran darah yang tanpa gangguan deh!

Satu gram jamur kuping berisi 154 mcg adenosin bisa menstabilkan agregasi trombosit yang berfungsi memperlihatkan tingkat kemampuan darah untuk menggumpal.

4. Mengobati Penyakit Ambeien

Kita sudah saling mengetahui jika faedah jamur kuping baik untuk melancarkan sirkulasi darah, serta sungguh anggun untuk sistem pencernaan. Maka dari itu, jamur telinga juga mampu menolong meredakan penyakit ambeien atau wasir.

Kandungan serat yang tinggi menolong melancarkan siklus buang air besar. Serta peredaran darah yang tanpa hambatan akan menetralisir rasa perih dan kemungkinan terjadinya pendarahan di anus.

5. Menurunkan Kolesterol

Manfaat jamur kuping selaku pelancar peredaran darah di atas juga masih berkaitan dengan fungsinya selaku penurun kolesterol. Seperti yang kita pahami, kolesterol tinggi menimbulkan timbulnya banyak sekali penyakit berbahaya.

Jamur telinga mempunyai pengaruh sangat bagus untuk menurunkan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat dengan super signifikan. Selanjutnya, jamur ini mampu meningkatkan kadar kolesterol baik atau high-density lipoprotein (HDL) di dalam badan.

(Baca Juga: Cara Membersihkan Sayuran yang Benar Saat Pandemi Corona)

6. Mengatasi Masalah Jantung

Menurut World Health Organization (WHO), penyakit jantung koroner menjadi pembunuh nomor satu di dunia.

Penyebab penyakit yang mematikan ini yaitu level kolesterol dan tekanan darah tinggi, sampai pembekuan darah.

Manfaat jamur kuping yang melancarkan peredaran darah tentu akan menolong menghemat risiko penyakit jantung. Seperti kerusakan arteri, serangan jantung, stroke, bahkan penyakit komplikasi.

7. Mencegah Kekurangan Darah

Selain mengandung serat yang tinggi, dalam satu mangkuk jamur kuping juga memiliki zat besi sebesar 1,7 mg. Mineral yang satu ini diharapkan tubuh untuk menciptakan sel darah merah dan protein yang berfungsi selaku pengangkut oksigen dari paru-paru ke semua jaringan tubuh.

Kalau kau kekurangan zat besi, kau akan mengalami anemia atau kekurangan darah. Penyakit ini umumnya ditandai dengan badan yang cepat lemah, letih, dan lesu serta sakit kepala.

Maka dari itu, jamur telinga mampu jadi kunci penangkal anemia. Zat besi dalam jamur ini juga mampu membantu wanita menghadapi sindrom pra haid atau PMS.

8. Mencegah Alzheimer

Jamur telinga kaya akan antioksidan dan protein. Nah, kedua zat ini sudah ditemukan berfaedah untuk mencegah penurunan penyakit degeneratif mirip Alzheimer dan demensia. Dua penyakit ini yaitu suatu kondisi dimana seseorang, terutama yang telah lanjut usia, jadi sulit mengingat dan berpikir.

Sebuah studi pada tahun 2013 menunjukkan jika kamu mengonsumsi jamur ini, kamu mampu melindungi otak dari serangan kedua penyakit tersebut. Kamu mampu merebus jamur kuping untuk memaksimalkan fungsi antioksidannya.

Nutrisi yang terdapat dalam jamur kuping juga mampu memperlambat tumbuhnya enzim beta site yang mampu membebaskan beta-amyloid peptida, senyawa yang memiliki balasan buruk pada otak kita. Nah, biar terhindar dari kepikunan di hari tua nanti, konsumsi jamur telinga dari sekarang ya!

9. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Pengobatan kemoterapi pada penderita kanker untuk membunuh sel kanker yang menyerang tubuh. Nah, kabar baik bagi para penderita kanker adalah manfaat jamur kuping juga membantu penghambatan tumbuhnya sel kanker membelah diri dan berkembang dalam tubuh.

Sebuah riset dari sebuah universitas nasional di Korea Selatan menandakan bahwa ekstrak jamur kuping mampu efektif membunuh sel tumor yang ada di paru-paru, perut, dan tulang.

Antioksidan dalam manfaat jamur kuping berfungsi untuk mencegah keadaan kronis, salah satunya adalah penyakit kanker ini.

Itulah sederet faedah dari jamur telinga yang mampu didapat kalau kau konsumsi. Kini, belanja aneka macam kebutuhan lebih untung dengan memanfaatkan penawaran spesial dari kartu kredit pilihan.

Miliki kartu kredit yang tepat dengan kebutuhanmu secara mudah melalui pengajuan online di CekAja.com kini juga!