0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

9 Kuliner Penghilang Mual Yang Ampuh

Makanan penghilang mual mampu kamu jadikan pilihan untuk mengobati rasa mual yang terasa tidak tenteram. Mual itu sendiri ialah sebuah kondisi ketika seseorang merasa ingin muntah atau memiliki dorongan untuk muntah.

Nah, hal ini seringkali menciptakan tubuh menjadi gusar dan tentunya tidak tenteram, sehingga perlu dikerjakan sesegera mungkin.

Sebenarnya dikala ini, telah aneka macam obat-obatan di apotik yang bisa menolong dalam menanggulangi mual.

Akan namun, bukankah lebih baik kalau dikerjakan secara alami? Yaitu dengan memakan kuliner penghilang mual.

(Baca Juga: Obat Mual untuk Ibu Hamil)

Oleh alasannya itu, di dalam peluang kali ini kita akan membicarakan perihal sejumlah masakan penghilang mual yang bisa kau konsumsi dikala rasa mual tengah melanda. Apa sajakah itu? Yuk disimak tolong-menolong.

Penyebab Mual

Sebenarnya, lumayan banyak rangsangan yang mampu menjadikan rasa mual itu sendiri. Namun umumnya, mual yang turut diikuti dengan muntah diakibatkan oleh hal-hal yang bersifat fisik maupun psikis, misalkan terjadinya gangguan pada otak atau pencernaan bab atas, mirip kerongkongan, lambung, usus, kecil, pankreas, dan kantung empedu.

Nah, beberapa tanda-tanda yang seringkali dikaitkan dengan rasa mual, diantara ialah:

  • Diare
  • Peningkatan Asam Lambung
  • Demam
  • Sakit Kepala
  • Pusing atau Vertigo
  • Efek Samping Obat, seperti Kemoterapi
  • Kehamilan
  • Kembung atau Perut Penuh Gas
  • Terlalu Banyak Minum Alkohol
  • Infeksi
  • Mabuk Laut atau Mabuk Perjalanan
  • Keracunan Makanan
  • Mencium Aroma yang Tidak Sedap
  • Terlalu Banyak Makan
  • Gastritis

Sering mual memang membuat badan terasa tidak nyaman. Oleh alasannya adalah itu, mengonsumsi sejumlah masakan penghilang mual mampu dijadikan sebagai salah satu pengobatan alami yang cukup ampuh.

Makanan Penghilang Mual

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa kuliner penghilang mual yang bisa mengobati rasa mual kau secara alami, yakni ialah sebagaimana berikut ini:

1. Pisang

Makanan penghilang mual yang pertama yakni pisang dengan rasanya yang yummy dan cocok untuk kau jadikan sebagai menu camilan sehat.

Jika kau termasuk salah satu yang mengalami mual atau muntah yang dibarengi dengan kekurangan cairan tubuh, maka obatilah dengan menggunakan buah berwarna kuning ini.

Sebab, pisang diandalkan bisa memulihkan kalium yang sering menyusut akibat muntah atau diare.

Tak cuma itu, dilansir dari Everyday Health, dokter bahkan turut mengusulkan pisang sebagai salah satu jenis makanan yang bisa dimakan bagi siapapun yang belum siap mengunyah kuliner padat akhir mual lho.

2. Lemon

Selanjutnya ada Lemon yang dikenal dengan rasanya yang asam menyegarkan. Seorang jago pembatasan makanan dan nutrisionis di Brigham and Women’s Hospital Boston, Miriam Erick, mengungkapkan bahwa morning sickness yang acap kali dikaitkan dengan mual ternyata juga berhubungan dengan anyir.

Oleh alasannya adalah itu, mencium aroma menyegarkan seperti lemon mampu dijadikan sebagai salah satu solusi.

Selain mampu dimakan secara langsung, meletakan sepotong lemon di tangan dan mencium aromanya yang menenangkan juga dinilai mampu meredakan rasa mual dan muntah di pagi hari.

Kamu bahkan juga bisa mengkonsumsinya dengan cara mengiris lemon dan masukkan ke dalam segelas air hangat untuk menghilangkan rasa mual.

3. Apel

Makanan penghilang mual selanjutnya adalah dengan menyantap apel. Apel merupakan salah satu buah yang kaya akan serat sehingga mampu membantu membersihkan materi kimia yang menjadi biang mual dari saluran pencernaan kamu.

Dilansir dari Everyday Health, serat yang terdapat di dalam buah apel bisa meringankan kinerja saluran pencernaan, sehingga sekaligus dapat meredakan rasa mual yang tengah melanda.

Dalam mengkonsumsinya, pilihlah apel dengan tekstur yang renyah. Apabila kau masih kesusahan untuk mencernanya, kamu bisa mengkonsumsinya dalam bentuk jus apel selaku salah satu solusi.

4. Karbohidrat

Makanan karbohidrat mirip nasi, kentang, dan mi ternyata mampu dijadikan pilihan selaku masakan penghilang mual lho.

Sebab, selain mudah disiapkan, makan ini juga mengandung kalori yang tinggi sehingga bisa menolong dalam menenangkan perut.

Makanan cuek, tak berwarna, dan tak berbau, seringkali mampu lebih mudah ditoleransi. Karena, yang paling kerap mengakibatkan rasa mual yakni makanan dengan aroma yang kuat.

Kamu bisa memakan nasi yang dikukus dan dibarengi dengan taburan bumbu-bumbu ringan. S

ementara itu untuk kentang, kamu bisa mengkonsumsinya dengan cara direbus, kukus, bakar, maupun dihaluskan dengan pemanis sedikit mentega. Untuk mie instan, kau bisa memasaknya dengan menyertakan kaldu dan sedikit saus.

5. Jahe

Makanan penghilang mual berikutnya yakni jahe, yang juga mampu menjadi obat alami untuk ibu hamil. Kamu bisa menambahkan sedikit irisan jahe ke dalam secangkir teh panas.

Jika merasa kurang kenyang, kau juga bisa mengkonsumsinya dengan ditemani oleh camilan ringan mirip biskuit atau roti.

6. Biskuit

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa kuliner bertepung mampu dijadikan selaku salah satu masakan penghilang mual yang cukup ampuh.

Nah, salah satu cara yang mampu kau jadikan solusi adalah dengan menyantap roti atau biskuit. Sebab, kedua masakan ini bisa menyerap kelebihan asam lambung serta menenangkan perut yang mual.

Pilihlah jenis roti atau biskuit yang tidak memiliki aroma yang tajam, semoga tidak makin mual. Selain itu, makanlah secara perlahan semoga tidak menambah beban perut yang sedang bermasalah.

Ibu hamil yang kerap mengalami morning sickness juga mampu mulai menyiapkan biskuit di erat tempat tidurnya.

7. Sereal

Makanan penghilang mual selanjutnya ialah sereal yang sering dijadikan sebagai menu sarapan sehat.

Selain membuat kenyang, sereal ternyata juga bisa menolong dalam menghalau rasa mual yang tiba di pagi hari. Pilihlah produk sereal yang mengandung rendah gula.

Agar lebih menyehatkan, kamu juga mampu mengkombinasikannya dengan serpihan buah segar.

8. Kacang-kacangan

Kekurangan protein ternyata mampu membuat gejala mual terasa lebih parah. Oleh sebab itu, mengkonsumsi kuliner dengan protein sehat rendah lemak bisa dijadikan sebagai salah satu penyelesaian. Jika tidak mempunyai alergi, kau bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi kacang-kacangan.

Sebab, kacang-kacangan ini mampu menjadi sumber energi sekaligus menjadi masakan penghilang mual yang cukup ampuh, utamanya untuk mual yang diakibatkan sebab lapar, kadar gula rendah, dan hamil.

Akan tetapi, hindarilah memakan kacang-kacangan apabila kamu merasa mual justru karena nanah. Pasalnya, makanan kacang mampu menciptakan mual menjadi makin parah.

9. Teh Herbal

Selain lemon, teh herbal mirip daun mint juga bisa menjadi penyelesaian untuk kamu yang sedang mengalami mual.

Karena, aroma mint sungguh menenangkan untuk meredakan mual dan muntah. Disamping itu, kau juga bisa mengkonsumsi kuliner dalam jumlah kecil biar perut tidak terlampau lapar maupun terlalu kenyang.

Ketika hamil, pergantian hormon akan begitu terasa yang melemahkan kecepatan kuliner sampai meraih ke kanal pencernaan.

Karenanya, selain menyantap teh herbal, kau juga perlu minum air setiap sebelum ataupun setelah makan.

Jadi, itulah beberapa makanan penghilang mual yang bisa kamu jadikan sebagai obat alami yang cukup ampuh.

Namun, perlu dikenang bahwa kalau gejala mual yang kau rasakan justru bersifat kontinu dan tak kunjung mereda, salah satu jalan cuma dengan memeriksakan diri ke dokter, guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diharapkan.

(Baca Juga: Penyebab Mual di Jam Kritis Puasa)

Nah, untuk meringankan biaya pengobatan yang mahal, kamu bisa mengatasinya dengan mempunyai asuransi kesehatan.

Pastinya akan menggembirakan apabila kamu cuma perlu fokus untuk sembuh dari penyakit tanpa perlu mencemaskan ongkos, bukan?

Jika masih bingung untuk memilih produk asuransi yang tepat, secepatnya datangi saja CekAja.com.

Sebab, di CekAja.com kau bisa melakukan perbandingan wacana jenis produk asuransi manakah yang sekiranya paling cocok dengan keperluan dan kemampuan kau dalam membayar.

Sudah mendapatkan yang sempurna? Segera klik tombol “Ajukan Sekarang” dan dapatkanlah produk asuransi kesehatan pilihan kau.

Mudah banget kan! Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera datangi CekAja.com dan nikmati segudang faedah dan fasilitasnya.