0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

9 Kiat Tetap Produktif Selama Wfh Ketika Pandemi

Tips tetap produktif selama WFH tampaknya memang perlu diketahui oleh para pekerja. Sebab, merebaknya wabah virus Corona Covid-19 yang sudah menyebar ke nyaris seluruh dunia, termasuk Indonesia, justru membuat sejumlah aturan baru guna menekan penyebaran virus yang begitu cepat, salah satunya yakni dengan working from home (WFH).

Akan tetapi bagi sebagian orang, WFH ini tidak semudah yang kita kira, utamanya dalam hal mempertahankan produktivitas dalam bekerja. 

(Baca Juga: Lagu Penyemangat untuk WFH)

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membicarakan perihal tips tetap produktif selama WFH yang bisa kamu terapkan dan menciptakan suasana melakukan pekerjaan dari rumah menjadi lebih mengasyikkan. 

Tips Tetap Produktif Selama WFH

Dilansir dari aneka macam sumber, berikut sejumlah kiat tetap produktif selama WFH yang perlu dikenali, ialah ialah:

1. Tips Tetap Produktif Selama WFH dengan Menciptakan Ruang Kerja

Kenyamanan memang menjadi salah satu faktor utama penunjang produktivitas dalam bekerja, termasuk bekerja dari rumah. 

Oleh karena itu, selama WFH kamu juga perlu membuat ruang kerja atau working space yang tenteram dan mampu mendukung seluruh aktivitas kau dalam melakukan pekerjaan , mirip meja, bangku, laptop, dan lainnya. 

Usahakan biar ruang kerja atau meja kerja tidak berdekatan dengan kasur. Apabila tidak memungkinkan untuk meletakkan meja, kau juga mampu kok menggunakan meja pendek untuk lesehan.

Jangan lupa juga untuk memperlihatkan sentuhan personalisasi demi kenyamanan ruang kerja, mirip meletakkan tumbuhan kecil di atas meja atau memperbesar aroma therapy

Tak cuma itu, kau juga perlu mempersiapkan ruang kerja yang tidak terlalu sering dilintasi oleh penghuni rumah, supaya mampu lebih berkonsentrasi. 

2. Tips Tetap Produktif Selama WFH dengan Menciptakan Suasana Tenang

Memang tak dapat disangkal bahwa situasi bekerja di rumah sangat berlawanan dengan bekerja di kantor. 

Selain kamu mungkin akan terusik dengan orang rumah yang sering tiba untuk meminta tunjangan, bersiap juga untuk menghadapi bunyi dari lingkungan sekitar, mirip anak-anak yang sedang bermain, kendaraan yang melintas, renovasi bangunan, dan yang lain. 

Lalu, bagaimana supaya bisa menciptakan suasana yang hening untuk berkonsentrasi? Salah satu caranya adalah dengan mendengarkan musik yang menenangkan, mirip suara penderasan, hujan, atau kicauan burung. 

Sebuah studi membuktikan bahwa perpaduan musik lembut yang dikombinasikan dengan suara alam yang menenangkan mampu mengaktifkan bagian otak sehingga bisa menjadi lebih damai. 

Tak hanya itu, hal ini juga mampu membantu dalam mengembangkan fokus serta menurunkan detak jantung dan tekanan darah. 

3. Tips Tetap Produktif Selama WFH dengan Menetapkan Jam Kerja

Walaupun misalkan kantor telah menetapkan jam kerja untuk karyawannya selama WFH, tetapi sering kali seringkali menciptakan kita terlena untuk mengabaikan jam kerja tersebut, sebab dirasa mempunyai waktu yang fleksibel.

Nah, janganlah hal ini justru mengurangi tingkat produktivitas kau selama WFH. Sebab, kamu pun tetap memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan. 

Oleh karena itu, cara menyiasatinya adalah dengan memasang reminder di ponsel yang mampu mengingatkan kamu untuk tetap produktif. 

Kamu boleh bekerja di pagi hari dan tidur siang sebentar sebelum melanjutkan pekerjaan. Hanya saja, pastikan bahwa seluruh sasaran pekerjaan di hari itu bisa kau selesaikan dengan baik. 

Selain memasang reminder untuk tetap berpaku pada jam kerja, kamu juga bisa membuat jadwal untuk conference call sampai membuat plan untuk contoh hidup sehat selama bekerja di rumah. 

4. Tips Tetap Produktif Selama WFH dengan Membuat Rencana Kerja

Setelah kamu memilih jam kerja, maka kiat tetap produktif selama WFH berikutnya yaitu dengan membuat rencana kerja. 

Sebagai teladan, kau menciptakan jadwal mengenai peran-tugas apa saja yang harus dilakukan, dan jangan lupa juga untuk menyertai target-sasaran apa saja yang mesti diraih setiap harinya. 

Kamu juga mampu menertibkan jadwal sesuai tingkat prioritas, sehingga pekerjaan-pekerjaan penting mampu teratasi terlebih dahulu. 

Cara satu ini juga dinilai cukup efektif untuk menangkal terjadinya menangguhkan -nunda pekerjaan. Setelah membuat planning kerja, maka usahakanlah untuk tetap disiplin dalam mengikuti jadwal tersebut, agar ketika tiba waktunya weekend, kau mampu terbebas dari beban pekerjaan yang belum sempat diatasi. 

5. Tips Tetap Produktif Selama WFH dengan Mengenakan Pakaian yang Nyaman

Untuk mengembangkan produktivitas dalam bekerja, usahakan untuk tidak mengenakan baju tidur atau piyama dikala bekerja. 

Sebab, baju tidur itu sendiri ternyata tidak merangsang otak untuk melakukan pekerjaan , sehingga bisa mempengaruhi produktivitas kau. 

Oleh alasannya adalah itu, ada baiknya jikalau kau mengenakan pakaian yang rapi dan tenteram saat telah memasuki working mode, mirip T-shirt dan sweatpants yang mampu menjadi perpaduan yang tepat. 

Kamu hanya perlu menyertakan blazer atau cardigan saat mesti conference call bersama atasan atau klien. 

6. Tips Tetap Produktif Selama WFH dengan Meluangkan Waktu untuk Beristirahat

Produktif dalam bekerja bukan bermakna kamu harus melakukan pekerjaan seharian tanpa adanya waktu istirahat. Sama halnya seperti melakukan pekerjaan di kantor, bekerja di rumah pun juga membutuhkan waktu istirahat. 

Setelah menuntaskan satu target pekerjaan di hari itu, tak ada salahnya kok kalau kamu berhenti sejenak untuk menyegarkan pikiran dan tubuh. 

Kamu mampu memanfaatkannya untuk menyeduh teh atau kopi, makan siang, mengkonsumsi kudapan favorite, atau tidur siang meskipun hanya 10 sampai 20 menit. 

Bila sempat, kau juga bisa menghirup udara secepatnya dengan berjalan-jalan mengelilingi komplek rumah, semoga saat mulai melakukan pekerjaan kembali, asumsi kau menjadi lebih fresh dan tetap produktif. 

7. Tips Tetap Produktif Selama WFH dengan Melakukan Olahraga Ringan

Ketika melakukan pekerjaan di kantor, tanpa disadari tubuh kamu bergerak, mulai dari menaiki transportasi umum untuk ke daerah kerja, berjalan menuju lift atau menaiki tangga, sampai berlangsung ke luar kantor untuk mencari makan siang. 

Akan namun, bekerja dari rumah justru lebih berisiko tubuh tidak banyak bergerak dan mendapatkan olahraga yang cukup. 

Oleh sebab itu, jangan lupa juga untuk selalu meluangkan sedikit waktu untuk berolahraga ringan, mirip jogging atau jalan di sekitar area rumah ataupun bangun dari bangku untuk stretching, biar badan tetap sehat dan bugar dan membuat acara melakukan pekerjaan di rumah menjadi tetap produktif. 

8. Tips Tetap Produktif Selama WFH dengan Menjaga Asupan Makan

Tips tetap produktif selama WFH selanjutnya adalah dengan mempertahankan asupan masakan. Sebab, otak tentu tidak akan mampu diajak berpikir jika tubuh sedang merasa lapar. 

Maka dari itu, walaupun melakukan pekerjaan dari rumah usahakan untuk jangan pernah meninggalkan sarapan dan makan siang. 

Selain itu, jadwalkan pula untuk istirahat makan siang yang wajar, mirip halnya jam istirahat di kantor. 

9. Tips Tetap Produktif Selama WFH dengan Selalu Berpikir Positif

Nah, tips tetap produktif selama WFH yang terakhir akan kita bahas ialah dengan senantiasa berpikir aktual.

Tanpa disadari ternyata, bekerja di rumah justru berpotensi untuk mendatangkan tingkat tertekan yang lebih tinggi. 

Ditambah lagi dengan sasaran dari kantor yang sepertinya makin tinggi dari hari ke hari, yang bisa menghipnotis produktivitas kerja. 

Maka dari itu, salah satu kuncinya adalah untuk tetap berpikir konkret di aneka macam keadaan. Sesekali, tak ada salahnya kok untuk kau melihat segi lain dari situasi yang tengah kamu hadapi sekarang. 

Berpikirlah bahwa di tengah pandemi, kau masih memiliki pekerjaan dan penghasilan dengan bekerja secara nyaman di rumah.

Sementara banyak orang di luar sana yang tak memiliki opsi. Ada yang kehilangan pekerjaan, ada pula yang terpaksa harus ke luar rumah untuk bekerja di tengah ancaman wabah. 

Selain itu, kamu juga mampu mempergunakan waktu istirahat untuk relaksasi dan menghibur diri, seperti memasak, menonton film favorite, atau sekadar membaca buku.

(Baca Juga: 7 Merk Meja Kerja Terbaik untuk WFH)

Kaprikornus, itulah beberapa kiat gampang untuk tetap produktif dikala mesti WFH yang sepertinya perlu untuk kau terapkan. 

Nah, biar bisa membuat suasana kerja yang menggembirakan dan menenangkan, jangan lupa juga untuk melengkapi peralatan yang diperlukan dengan kartu kredit, seperti berbelanja meja dan dingklik kerja gres, tumbuhan kecil, ataupun aroma therapy, untuk membuat aktivitas kerja menjadi lebih produktif. 

Sebab, dikala ini telah banyak lho jenis-jenis kartu kredit yang memperlihatkan banyak sekali promo dan diskon menawan yang mampu menekan pengeluaran.

Jika belum mempunyai kartu kredit, segera usikan saja di CekAja.com. Selain kau mampu mempergunakan fitur perbandingan yang mampu menolong kamu dalam memilih jenis kartu kredit manakah yang paling cocok dengan kebutuhan dan gaya hidup, seluruh pengajuan di CekAja.com juga dapat dilakukan sepenuhnya melalui online lho. 

Sehingga, kamu tak perlu lagi repot menyempatkan waktu ke luar rumah. Sangat gampang dan simpel kan! 

Kaprikornus, tunggu apa lagi? Yuk secepatnya datangi situs CekAja.com dan wujudkan ruang kerja yang tenteram bersama kartu kredit opsi.