0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

9 Kiat Kondusif Saat Makan Di Luar Rumah Dikala Pandemi Covid-19

Mengetahui kiat kondusif saat makan di luar rumah, rasanya sungguh penting di tengah situasi pandemi Covid-19 saat ini. Sebab, hal tersebut dapat membantumu terhindar dari kemungkinan terinfeksi virus tersebut.

Dilonggarkannnya peraturan PSBB oleh pemerintah di beberapa kawasan, bagi sebagian orang kini dijadikan sebagai ajang untuk kembali menikmati situasi luar, sesudah melaksanakan karantina diri di rumah selama beberapa bulan.

Salah satu hal yang dijalankan oleh banyak orang, sejak era PSBB dilonggarkan ialah berkunjung ke kedai makanan favorit. Hanya saja, sebelum berkunjung ke kedai makanan kau harus mengenali terlebih dahulu kiat kondusif saat makan di luar rumah.

Pada dasarnya, tips kondusif dikala makan di luar rumah ada banyak. Namun garis besarnya yaitu kamu mesti menjaga kebersihan dan keselamatan badan, dengan cara menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, kamu juga harus menenteng beberapa peralatan yang dibutuhkan, mirip hand sanitizer, masker, tisu lembap, dan lain sebagainya. Jika sudah begitu, apakah aktivitas makan di luar rumah telah kondusif?

Apakah Aman Makan di Luar Rumah?

Jika berbicara ihwal keamanan makan di luar rumah sesungguhnya belum bisa dikatakan aman. Maka dari itu, mengetahui tips aman saat makan di luar rumah sangat penting.

Sebab, makan di luar rumah bahwasanya sangat berisiko, khususnya bagi orang lanjut usia dan orang-orang yang mempunyai penyakit kronis.

Hal tersebut sesuai dengan yang dikatakan para hebat, bahwa virus Covid-19 bisa sangat berpengaruh pada orang-orang berusia lanjut, adalah 50 tahun ke atas dan pemilik penyakit kronis, seperti diabetes, jantung, dan paru-paru.

(Baca Juga: Penularan Virus Corona Lewat Makanan)

Orang-orang tersebut sangat direkomendasikan untuk lebih banyak beraktivitas di dalam rumah dibandingkan ke luar rumah. Pasalnya, kalau memaksakan diri untuk tetap beraktivitas di luar rumah, risiko yang akan didapat condong lebih besar.

Sebab, orang-orang tersebut mempunyai imunitas badan yang rendah, sehingga akan sungguh rentan terjangkit penyakit. Sementara, untuk orang-orang yang memiliki imunitas tinggi, bila ingin pergi keluar rumah seharusnya pergi seperlunya saja.

Kemudian, orang-orang tersebut juga mesti senantiasa memastikan kebersihan diri, dengan senantiasa mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer, hindari menyentuh area muka dan berkunjung ke daerah yang ramai.

Tips Aman dikala Makan di Luar Rumah

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa mengetahui kiat kondusif saat makan di luar rumah sungguh penting, untuk mempertahankan diri agar terhindar dari abses virus Covid-19.

Tips kondusif dikala makan di luar rumah pun sebetulnya ada banyak, namun pada kesempatan kali ini CekAja.com telah merangkum sembilan tips dan akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Yuk, simak tolong-menolong.

1. Pilih kedai makanan dengan kebersihan dan keselamatan yang ketat

Tips kondusif ketika makan di luar rumah yang pertama yaitu tentukan kamu menentukan kedai makanan yang menjaga kebersihan dan keselamatan dengan ketat.

Karena, di tengah pandemi seperti ketika ini, restoran sungguh penting untuk mengambil langkah preventif, dengan memperketat sistem kebersihan dan keselamatan, semoga kedai makanan tidak menjadi salah satu tempat terjadinya penyebaran virus Covid-19.

Langkah preventif yang semestinya dijalankan oleh setiap kedai makanan, yakni dengan melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum pengunjung masuk ke area kedai makanan.

Setelah itu, pengunjung diwajibkan menggunakan masker, mencuci tangan atau memakai hand sanitizer yang sudah disediakan apalagi dulu dan duduk di daerah yang sudah disediakan.

Namun sayangnya, belum semua restoran menerapkan tindakan preventif semacam itu. Masih banyak kedai makanan yang beroperasi dan mengabaikan protokol kesehatan.

Makanya, sebelum kamu menetapkan ingin makan diluar, tentukan dulu bahwa kedai makanan yang mau dituju sudah menerapkan langkah-langkah preventif sesuai dengan protokol kesehatan.

2. Selalu gunakan masker atau face shield

Penggunaan masker atau face shield menjadi salah satu tips aman makan di luar rumah yang wajib kau lakukan. Pasalnya, masker atau face shield dapat melindungimu dari paparan droplet yang mungkin berisi virus Covid-19, dari orang sekitar yang batuk atau bersin.

Masker dan face shield ini wajib dipakai oleh siapa saja, tidak terkecuali pegawai restoran itu sendiri. Sebab, pegawai kedai makanan juga mampu menjadi pihak yang menularkan virus Covid-19.

Untuk itu, pegawai kedai makanan mesti menggunakan semua peralatan tersebut, termasuk sarung tangan.

3. Membawa perlengkapan makan sendiri

Berikutnya, kamu juga harus membawa perlengkapan sendiri kalau ingin makan di luar rumah. Tips aman ketika makan di luar rumah yang satu ini, penting diperhatikan untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Ketika kau makan di luar rumah, baik di restoran atau penjualkaki lima, kamu tidak bisa menjamin kalau semua peralatan makan yang disediakan kedai makanan atau penjual, bersih dan higienis.

Sehingga, akan lebih baik kalau kamu menjinjing peralatan makan sendiri, untuk menghalangi risiko terjadinya penularan.

4. Memberi jarak antara meja dan bangku pengunjung

Tips kondusif dikala makan di luar rumah yang keempat ialah memastikan bahwa kedai makanan yang kamu pilih sudah memberi jarak antara meja dan dingklik setiap pengunjung.

Seperti yang diketahui, bahwa virus Covid-19 bisa terbang sampai sejauh 1,8 meter atau kurang lebih sekitar enam kaki.

Sehingga, pihak kedai makanan harus memberi jarak antara meja dan dingklik hadirin kurang lebih sejauh 2 meter, untuk memastikan bahwa setiap pengunjungnya kondusif dari kemungkinan terpapar virus Covid-19.

Tetapi, jikalau kau pergi ke kedai makanan yang belum menerapkan physical distancing atau kamu makan di pedagang kaki lima, maka kamu mampu menerapkan sendiri physical distancing dengan memberi jarak antar kawasan duduk kamu dengan pengunjung yang lain. Dengan begitu, maka protokol kesehatan tetap dikerjakan dan kamu tetap aman.

5. Selalu basuh tangan dengan higienis

Selalu mencuci tangan dengan higienis juga menjadi bagian dari kiat aman makan di luar rumah. Sebab, dengan mencuci tangan, virus Covid-19 yang mungkin ada ditanganmu, akan mati dan terbawa dengan air mengalir.

Oleh alasannya itu, kamu mesti tekun mencuci tangan dengan bersih, setidaknya selama 20 menit setiap ingin makan dan sehabis makan.

Namun, jikalau di tempat kau makan tidak ada air higienis atau air mengalir, maka kau bisa memakai hand sanitizer yang kau bawa atau yang ditawarkan.

6. Pilih daerah di luar ruangan (outdoor)

Dibandingkan makan di dalam ruangan restoran, ada baiknya kau memilih makan di halaman luar restoran (outdoor).

CDC atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit juga sudah menawarkan usulan kepada orang-orang, untuk lebih menentukan restoran yang menunjukkan tempat duduk di halaman luar kedai makanan.

Hal tersebut pasalnya sangat memiliki kegunaan, agar setiap orang dapat saling mempertahankan jarak dengan mudah. Tidak cuma itu, ruangan terbuka juga dapat memberikan sirkulasi udara yang baik untuk badan, sehingga risiko seseorang terpapar virus Covid-19 sedikit menyusut. Bagaimana, tips kondusif saat makan di luar rumah yang satu ini sangat memiliki kegunaan, bukan?

7. Hindari dulu tiba ke restoran AYCE

Meski menjadi salah satu kegiatan favorit banyak orang, tetapi makan di kedai makanan All You Can Eat (AYCE) sekarang harus dihindari terlebih dahulu. Karena, kiat aman ketika makan di luar rumah ini mampu menjaga kamu dari kemungkinan terpapar virus Covid-19, dari satu orang ke orang lainnya.

Seperti yang dikenali, tata cara penyuguhan dari kedai makanan AYCE sendiri adalah prasmanan. Yang mana, setiap hadirin akan mengambil makanan yang telah disediakan sendiri, memakai perlengkapan yang dipakai tolong-menolong dengan hadirin yang lain.

Oleh sebab itu, restoran yang mengusung konsep prasmanan mampu menjadi salah satu penyebab penularan virus corona.

8. Membawa pulang masakan yang dibeli

Tips aman saat makan di luar rumah yang kedelapan yakni dengan membawa pulang masakan yang dibeli atau take away. Ini menjadi salah satu cara yang sungguh ampuh untuk menghalangi penularan virus Covid-19, bila kedai makanan tidak menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, untuk betul-betul menjaga kebersihan kuliner, kamu bisa menjinjing daerah makan dan minum sendiri dari rumah. Dengan demikian, kamu mampu meminta pihak kedai makanan untuk menaruh makanan dan minuman yang kamu pesan ke dalam wadah yang kamu berikan.

9. Jangan mendatangi kedai makanan dikala jam sibuk

Tips aman dikala makan di luar rumah yang terakhir yaitu tidak mendatangi restoran ketika jam sibuk, seperti misalnya pada ketika jam makan siang, malam hari dan weekend.

Hal tersebut dikarenakan, dikala kedai makanan sedang ramai kamu tidak bisa mempertahankan jarak setidaknya 2 meter dengan hadirin lainnya.

Terlebih, pemerintah sendiri telah memperlihatkan proposal kepada penduduk , supaya tidak berkunjung terlebih dulu ke kedai makanan yang ramai, guna menghemat penularan.

Namun, jika kau memang ingin berkunjung ke kedai makanan, semestinya kamu datang di waktu-waktu sepi pengunjung, mirip contohnya pagi hari sekitar jam 9-11 siang atau jam 2-4 sore.

(Baca Juga: Makanan Unik Bertema Corona)

Itulah beberapa kiat aman saat makan di luar rumah yang perlu kamu pahami dan terapkan. Semua tips tersebut dapat membantumu mempertahankan diri dari kemungkinan terpapar virus Covid-19.

Pasalnya, virus Covid-19 bisa menyerang semua orang, baik orang yang berusia muda atau bau tanah, orang yang sehat maupun sakit seluruhnya memiliki potensi untuk terinfeksi virus Covid-19.

Namun, bagi orang-orang yang berusia lanjut dan memiliki penyakit kronis, risiko untuk terinfeksi virus Covid-19 akan lebih besar.

Maka dari itu, semua orang wajib untuk mempertahankan kesehatan dan kebersihan diri dengan cara mengikuti protokol kesehatan, biar terhindar dari infeksi virus Covid-19.

Sebab, jika telah terinfeksi, maka kamu harus eksklusif menerima pengobatan dan perawatan khusus, biar tidak menularkannya kembali ke orang lain.

Dan proses pengobatannya pun tidak sebentar. Kamu harus dikarantina hingga semua virus Covid-19 yang ada di dalam badan betul-betul hilang. Bayangkan, berapa besar ongkos yang mesti kamu keluarkan selama pengobatan?

Bisa dibilang kau harus mengeluarkan biaya sampai belasan juta rupiah atau bahkan lebih, selama proses pengobatan berlangsung jika kau tidak menggunakan asuransi kesehatan.

Namun, jikalau kau memiliki asuransi kesehatan, kau tidak perlu lagi khawatir tentang biaya. Sebab, asuransi kesehatan akan menjamin semua ongkos pengobatan dan perawatan selama kau sakit.

Untuk itu, buat kau yang belum mempunyai asuransi kesehatan, kau bisa langsung menjadikannya sejak dini secara online melalui CekAja.com.

Sebagai perusahaan financial technology, CekAja.com menyediakan banyak sekali jenis produk asuransi kesehatan dari perusahaan terkemuka dan terpercaya, yang mampu kau pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, mengajukan asuransi kesehatan di CekAja.com pun mudah, cepat dan kondusif alasannya adalah sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Kalau begitu, tunggu apalagi? Yuk, olok-olokan sekarang!