0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

9 Hacks Mengolah Masakan Yang Berkhasiat Selama Bulan Berkat

Bulan puasa kali ini terasa cukup berlainan dari tahun-tahu sebelumnya. Biasanya kamu mungkin disibukkan dengan aneka macam acara buka bersama di luar rumah sehingga kamu jarang masak sendiri.

tips masak hemat saat psbb

Sekarang kondisinya malah sebaliknya. Kita semua dilarang untuk keluar rumah terlebih buka puasa bersama sahabat-teman. Paling buka bareng bisa dilaksanakan secara virtual.

Karena mesti selalu buka puasa di rumah, akan lebih yummy bila kamu masak makanan untuk sahur dan buka puasa sendiri. Untuk memperbesar kemampuanmu di dapur, ada beberapa life hacks yang bisa kau coba lakukan nih.

Namanya juga hacks pasti akan mempermudah atau jadi penyelesaian dari persoalan yang mungkin terjadi di dapur. Langsung simak aja ya, pasti akan memiliki kegunaan banget nih.

1. Cara supaya tidak menangis dikala mengupas bawang

Cara agar tidak menangis saat mengupas bawang - 9 Hacks Memasak yang Berguna Selama Bulan Puasa

Hari gini masih nangis aja di dapur sebab ngupas bawang. Masalah itu bisa terselesaikan dengan sungguh gampang.

Sebenarnya ada beberapa cara yang mampu kau coba sih biar mata kau tidak pedih meski mesti mengupas banyak bawang. Cara pertama yaitu dengan menggigit roti selama memangkas. Roti yang kamu gigit akan menyerap vapors yang menjadikan mata kamu pedih sampai menangis.

Kalau kau takut akan batal puasa dan males gigit roti dalam waktu yang cukup lama, ada cara lain yang lebih sederhana. Simpanlah bawang selama 15 menit di dalam kulkas sebelum kamu potong-potong.

2. Cara agar kuliner tidak menyerap banyak minyak

Cara agar makanan tidak menyerap banyak minyak - 9 Hacks Memasak yang Berguna Selama Bulan Puasa

Suka kesel ya jikalau menggoreng masakan yang menyerap banyak minyak. Salain boros, pada ketika memakannya jadi kurang tenteram juga sebab ada banyak minyak yang keluar.

(Baca juga: bisnis-kuliner-di-bulan-ramadan/” rel=”bookmark”>Kiat Jitu Tingkatkan Bisnis Kuliner di Bulan bulan ampunan)

Untuk mengatasinya, kamu bisa memasukkan garam ke penggorengan. Cara ini terbukti efektif agar kuliner yang kau goreng menyerap seminimal mungkin minyak.

3. Cara mencampakkan minyak dan lemak berlebih pada makanan

Cara membuang minyak dan lemak berlebih pada makanan - 9 Hacks Memasak yang Berguna Selama Bulan Puasa

Pas lebaran nanti niscaya ada banyak banget masakan yang berminyak dan bersantan. Kalau ngeliat opor atau rendang, biasanya masih ada minyak atau lemaknya tuh di bagian atas.

Kalau kamu mau menghemat minyak tersebut, mampu banget loh. Caranya siapkan beberapa es watu kecil yang dikemas dengan tisu lalu tempelkan di bagian atsa kuliner.

Tisu dan es watu tersebut akan menyerap minyak yang berlebih tersebut. Gunakan tisu yang khusus untuk kuliner ya biar kondusif dan tidak mengandung pewangi bikinan maupun alkohol.

4. Cara mengambil kulit telur yang masuk ke kuning telur

Cara mengambil kulit telur yang masuk ke kuning telur - 9 Hacks Memasak yang Berguna Selama Bulan Puasa

Sesekali kau pasti pernah memecahkan telur dan tanpa sengaja ada kulitnya yang masuk ke bagian kuning telur. Jangan langsung diambil dengan tanganmu ya tetapi gunakan saja kulit telur yang ukurannya lebih besar untuk mengambilnya.

Cara ini jauh lebih mudah, kondusif, dan lebih higienis juga. Kalau kamu ambil pakai tangan, nanti malah bau atau kuningnya pecah padahal kau perlu kuning telurnya tetap utuh.

5. Cara mengupas buah dengan lebih mudah

Cara mengupas buah dengan lebih mudah - 9 Hacks Memasak yang Berguna Selama Bulan Puasa

Lagi bulan mulia begini, wajib banget makan buah atau membuates buah yang segar. Nah, yang mungkin agak repot yakni dikala kamu mesti mengupas beberapa buah.

Jangan malas alasannya adalah sekarang kamu mampu mengupas buah dengan lebih gampang dan cepat dengan satu trik sederhana. Rendam buah yang hendak kau kupas di dalam air es selama 5 menit.

6. Cara menyimpan tomat dan jeruk

Cara menyimpan tomat dan jeruk - 9 Hacks Memasak yang Berguna Selama Bulan Puasa

Tidak semua buah dan sayur akan lebih baka jika disimpan di dalam kulkas. Tomat dan jeruk ternyata justru akan lebih segar dan yummy bila disimpan dalam suhu ruangan.

Suhu yang dingin akan membuat aroma dan rasa tomat serta jeruk jadi berkurang. Mereka juga akan lebih mudah keriput dalam suhu yang dingin.

7. Cara menyaksikan kesejukan telur

Cara melihat kesegaran telur - 9 Hacks Memasak yang Berguna Selama Bulan Puasa

Momen menjengkelkan yang sering terjadi di dapur yakni ketika memecahkan telur dan ternyata telah amis atau nyaris bacin. Baunya pasti tidak lezat dan lebih apes lagi kalau terlanjur tercampur dengan bahan lain, alasannya kau mesti membuang semuanya.

(Baca juga: bisnis-mejanjikan-di-bulan-ramadhan-dan-perkiraan-modal-awanya/” rel=”bookmark”>Cek! 5 Bisnis Mejanjikan di Bulan Ramadan dan Perkiraan Modal Awalnya)

Untuk menyingkir dari hal tersebut, kau bisa cek kondisi telur sebelum memecahkannya. Caranya masukkan telur ke dalam wadah yang sudah diisi air.

Telur yang masih segar dan layak dimasak yaitu telur yang posisinya mengambang. Jika ada telur yang karam, itu artinya telur itu sudah dalam kondisi anyir.

8. Cara membuat roti tetap segar dan tidak tengik

Cara membuat roti tetap segar dan tidak tengik - 9 Hacks Memasak yang Berguna Selama Bulan Puasa

Roti yakni bahan masakan yang cukup mampu diandalkan. Tanpa harus mengolah usang, roti bisa langsung disantap ketika terburu-buru.

Agar menciptakan roti tetap lezat dan tidak ada wangi tengik, kau hanya butuh menaruh daun seledri di dalam bungkusnya. Pastikan daun yang kamu masukkan yaitu daun segar ya.

9. Cara semoga kuning telur tidak menempel ketika diiris

Kalau kamu masak telur rebus dan memotongnya, umumnya akan meninggalkan sisa di bab pisau. Nah, biar penggalan lebih halus dan pisau kau tetap higienis, cuci pisau dengan air masbodoh apalagi dahulu.

Semoga dengan hacks yang telah disebutkan, kamu jadi lebih semangat mengolah masakan. Beberapa masalah klasik yang sering kamu alami saat di dapur, agar juga dapat teratasi dengan trik-trik sederhana tersebut ya. 

Penuhi kebutuhan materi-bahan yang kamu perlukan untuk mengolah makanan di pasar swalayan langganan kau dengan memakai Citi Simplicity+ Card dari Citibank. Kamu bisa menikmati belahan 10 persen biaya bunga setiap kali melaksanakan pembayaran tagihan sempurna waktu.

Miliki Citi Simplicity+ Card sekarang juga, dengan mengajukannya secara online dan gampang melalui CekAja.com.

citi simplicity card