0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

9 Bisnis Masakan Yang Viral Dikala Pandemi Beserta Potensi Bisnisnya

Tahukah kamu, bila ternyata ada beberapa bisnis masakan yang viral dikala pandemi? Ya, meskipun harus menjaga jarak dan banyak meluangkan waktu #dirumahaja, namun enggak menyurutkan minat masyarakat untuk mencoba aneka macam masakan yang hits di kalangan masyarakat.

Bisnis Kuliner Kian Primadona Terutama ketika Pandemi

Saking besarnya imbas media umum, bisnis masakan kian jadi primadona yang menciptakan penduduk terpesona untuk mencoba peruntungannya di bidang tersebut.

Dengan bermodalkan skill mengolah makanan, orang-orang pun semakin hari makin inovatif untuk membuat suatu penemuan pada makanan, sehingga tampakanti-mainstream.

Dari hal ini, kita berguru meskipun pandemi Corona masih memukul Indonesia bahkan telah terhitung enam bulan, bukan memiliki arti penduduk harus mengalah dengan keadaan.

Mereka justru perlahan mencoba bangun dengan aneka macam cara, salah satunya memulai bisnis masakan.

Bisnis yang satu ini memang gak pernah sepi peminat.

Karena selain menjadi kebutuhan bagi yang mengonsumsinya, bisnis kuliner juga tergolong gampang bahkan mampu dimulai meski dengan modal kecil.

Misalnya saja, pada beberapa bisnis kuliner yang trend saat pandemi ini, mulai dari dalgona coffee sampai yang paling terbaru yakni cream cheese garlic bread.

Bisnis tersebut bahu-membahu mampu kau coba di rumah dengan resep yang juga dikreasikan sendiri.

Sehingga, cita rasa yang disuguhkan sungguh-sungguh asli.

Gimana, kesengsem untuk menjajal bisnis kuliner yang trend dikala pandemi ini?

Kalau begitu simak beberapa referensinya berikut ini.

(Baca Juga: bisnis-hari-kemerdekaan/” target=”_blank” rel=”noreferrer noopener”>8 Ide Bisnis di Hari Kemerdekaan)

Deretan Bisnis Kuliner yang Viral saat Pandemi

1. Dalgona coffee

Diawal pandemi, dalgona coffee jadi minuman paling hits tidak hanya di Indonesia saja, namun juga di dunia.

Kopi dengan resep paling mudah ini cuma mengandalkan satu sachet kopi instan dan susu UHT.

Namun, selama proses pembuatannya lah yang dianggap sukar. Karena tak semua orang berhasil menyajikan dalgona coffee yang tepat.

Padahal letak kegagalannya itu sepele, yakni dari cara mengocoknya dengan alat mixer.

Mereka yang tidak mempunyai mixer di rumah, mau enggak mau harus mengocok secara manual, yang justru tidak membuat kopi mengental mirip bentuk asli dari dalgona coffee.

Dari kegagalan itulah, banyak orang yang mulai memanfaatkannya menjadi potensi usaha.

Alhasil, dalgona coffee jadi bisnis kuliner yang trend dikala pandemi, salah satunya di Pamulang.

Pedangang keliling dalgona coffee itu sempat jadi perhatian publik, karena masyarakat yang rela antri panjang untuk mampu menikmati segelas dalgona coffee buatannya.

2. Donat kentang frozen

Tak kalah prospektif dari dalgona coffee, donat kentang frozen juga menjadi bisnis masakan yang booming ketika pandemi.

Camilan sejuta umat ini, memang paling enak disantap di saat senggang atau mampu juga menjadi sahabat kurun menyeruput segelas kopi hitam.

Selain mudah dibuat, donat kentang frozen juga sungguh praktis dan tahan lama. Cukup menyimpannya di dalam kulkas, lalu diolah sewaktu ingin mengonsumsinya saja.

Beberapa orang yang memasarkan donat kentang, biasanya menawarkan aneka topping yang nantinya bisa ditaburkan di atas donat yang telah dibeli oleh pelanggan.

Makara, selain rasa original, konsumen pun bisa mencoba aneka rasa donat kentang yang tak kalah menggugah selera.

3. Cloud bread

Bisnis kuliner yang booming dikala pandemi selanjutnya yakni cloud bread.

Roti yang sempat masuk dalam fyp TikTok ini, punya tekstur yang lembut, empuk sekaligus mengembang bagaikan awan.

Jauh sebelum populer di TikTok, rupanya cloud bread sendiri sudah ada bahkan semenjak tahun 70-an.

Cloud bread pertama kali diperkenalkan oleh Robert Atkins sebagai menu diet rendah karbohidrat.

Metode diet Atkins ini, biasa diterapkan oleh orang yang ingin menurunkan berat badan dengan tidak mengonsumsi masakan tinggi karbohidrat.

Berarti, selain menjadi makanan ringan, cloud bread juga dianggap sebagai hidangan makanana sehat untuk program pembatasan makanan .

Wah, jika begitu sih enggak heran ya bila roti ini pun alhasil dijadikan bisnis kuliner yang trend saat pandemi.

Apalagi nih ya, cara membuat cloud bread juga ternyata sungguh mudah lho.

Hanya dengan putih telur, gula pasir, maizena, sedikit vanilla debu, air jeruk nipis, dan pewarna makanan sesuai selera.

4. Minuman herbal dan jus buah

Tidak hanya memasarkan camilan bagus saja, bisnis masakan yang trend saat pandemi dan bisa kau coba pasarkan secara kecil-kecilan dulu yakni menjual minuman herbal maupun jus buah.

Peluang bisnis ini juga cukup prospektif.

Karena, tingkat keperdulian masyarakat untuk mempertahankan kesehatannya yang kian hari semakin meningkat, apalagi dengan adanya wabah virus Corona.

Minuman herbal yang akan kamu jual mampu dikemas dalam bentuk cair ataupun menjadi minuman herbal sachetan, yang nantinya mampu diseduh sendiri oleh pelanggan.

Sementara untuk jus buah, kau bisa menjualnya secara online dengan kemasan botol atau cup yang mempesona.

Untuk pengantarannya sendiri, gunakan jasa kurir atau bahkan kau lah yang mengantarkannya dengan tata cara pembayaran COD.

5. Dessert box

Beberapa waktu kemudian, Bittersweet by Najla yang ialah produk dessert box kembali ngetrend di Twitter.

Cemilan anggun untuk temani abad #dirumahaja ini memang banyak diminati, bahkan sampai ada beberapa olshop yang khusus menyediakan jastip dessert box tersebut.

Karena memang untuk saat ini, Bittersweet by Najla cuma tersedia di beberapa kota.

Itupun sudah tergolong para resellernya, yakni Bandung, Bogor, Jakarta, Banjarmasin, Cilegon, Surabaya, Samarinda, Semarang, Banyuwangi, Palembang dan Balikpapan.

Nah, dengan bersemangat penduduk yang sungguh besar akan kudapan manis ini, kenapa kau tak coba mengikuti bisnis masakan yang booming ketika pandemi tersebut?

Enggak perlu sungguh-sungguh serupa dengan Bittersweet by Najla.

Cukup kreasikan sendiri dessert box buatanmu dengan aneka rasa yang pastinya bakal dikenal lebih asli.

6. Choco truffle

Kemudahan membuat choco truffle, membuatnya bisnis kuliner yang trend saat pandemi.

Ya, enggak sedikit para pengusaha pemula yang menjajal peruntungannya dengan memasarkan satu porsi choco truffle secara online atau dari rumah ke rumah.

Dengan bermodalkan susu kental anggun dan debu kakao, kamu mampu membuatnya sendiri di rumah dengan varian topping menyesuaikan selera.

Paling lezat lagi jikalau choco truffle ini dijual dalam keadaan dingin. Makara seakan-akan sedang merasakan cokelat beku.

7. Pie susu teflon

Setelah kehadiran dalfona coffee, beberapa bulan kemudian ada lagi kuliner yang trend di TikTok maupun Twitter, yakni pie susu teflon.

Bukan alasannya adalah cita rasa yang disuguhkannya. Lagi-lagi masakan ini ngehits dikalangan warganet, sebab cara membuatnya yang super gampang dan simpel.

Asal mempunyai teflon dan paham timing mengolah masakan yang tepat, pie susu teflon telah bisa dirasakan bersama segelas teh hangat.

Di Indonesia sendiri, pie susu termasuk salah satu kudapan terkenal tepatnya di Bali.

Bahkan di sana, pie susu dijadikan oleh-oleh untuk pelancong yang tengah berkunjung ke Pulau Dewata itu.

Nah, daripada harus jauh-jauh ke Bali, kenapa kau tak coba membuat pie susu sendiri di rumah saja?

Siapa tahu kau bisa membuatkan bisnis kuliner yang viral saat pandemi ini, menjadi ladang perjuangan kamu untuk meraup pundi-pundi Rupiah.

8. Makanan sehat

Bisnis masakan yang booming saat pandemi berikutnya adalah makanan sehat yang kaya kandungan vitamin dan gizi, untuk bantu meningkatkan imun badan.

Makanan ini mampu berupa salad, hummus, ataupun sandwich dengan isian sayur segar.

Enggak perlu takut untuk merugi, karena bisnis makanan sehat ketika ini bisa dikatakan sangat prospektif dan pastinya banyak disukai.

Terlebih oleh mereka yang gemar hidup sehat atau sedang menjalani acara diet.

Kamu mampu memasarkan masakan sehat ini dalam bentuk per satu porsi atau cateringan.

Pastikan sayur dan buah yang kau pakai dalam olahan kuliner ini benar-benar anggun kualitasnya.

Sehingga para pelanggan pun bakal terus ketagihan untuk membeli produk makananmu ini.

9. Cream cheese garlic bread

Bisnis masakan yang trend ketika pandemi selanjutnya yakni cream cheese garlic bread.

Kudapan ringan yang seringnya timbul di berbagai drama Korea ini, secara tiba-tiba trend di golongan media umum netizen Indonesia.

Cream cheese garlic bread sendiri tergolong dalam street food, dengan isian krim keju dan bawang.

Cita rasa yang dihidangkan dalam roti bertekstur padat ini yakni asin dan gurih.

Banyak pengusaha yang menjajakan camilan cream cheese garlic bread ini secara online. Namun ada pula yang menjualnya secara pribadi di aneka macam toko roti terkemuka.

Nah, mumpung masih trend, kau bisa lho coba memasarkan roti ini dengan sentuhan kreasimu sendiri.

Cukup ikuti resep original dari cream cheese garlic bread, kemudian padukan dengan caramu sendiri, maka camilan ala Korea ini bisa kau pasarkan.

(Baca Juga: bisnis-di-tahun-2020/” target=”_blank”>10 Ide Bisnis Terbaik di 2020)

Peluang Usaha Bisnis Kuliner yang Viral ketika Pandemi

Bisnis kuliner memang enggak ada matinya. Apalagi kalau kau menjajal bisnis kuliner yang trend.

Dijamin deh pasti peminatnya eksklusif berkembangtajam.

Namun, jangan bahagia dulu ya!

Karena sesuatu yang viral belum pasti bisa bertahan usang. Buktinya saja pada kue cubit dan es kepal milo.

Dua masakan ini dahulu sempat ngehits di kelompok penduduk . Namun ternyata kepopulerannya tak bisa bertahan lama, seiring dengan datangnya berbagai variasi kuliner yang lebih unik.

Oleh alasannya adalah itu, walaupun kamu coba menekuni bisnis masakan yang tengah trend, ada baiknya jika bisnis tersebut senantiasa memiliki penemuan modern.

Sehingga masyarakat tak cepat bosan dengan sajian kuliner yang itu-itu saja.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan bisnis masakan? Salah satunya pastinya dengan mempunyai modal usaha.

Sebab dengan adanya modal, kau pun bisa turut berinovasi.

Karena sejatinya uang dan inovasi yakni satu kesatuan dalam bisnis yang dijalani.

Selama ada uang, mempunyai arti penemuan yang dijalankan kemungkinan besar bisa dijalani.

Kalau modal yang dipunya belum mencapai kata “cukup”, enggak perlu khawatir.

Karena CekAja.com mampu bantu kamu memenuhi keperluan modal perjuangan dengan pemberian tanpa agunan yang dimiliki.

Lewat CekAja, kamu bisa menerima perlindungan dari mitra bank terbaik yang dimiliki.

Keunggulannya pastinya dari besaran bunga dan sistem cicilan yang ringan, sekaligus sudah mengantongi izin OJK.

Tidak hanya mengajukan saja, kamu juga mampu membandingkan dahulu mana produk KTA yang sekiranya sesuai dengan keperluan dan kemampuan kamu.

Kaprikornus, tunggu apalagi?

Yuk, penuhi modal untuk bisnis kulinermu di CekAja.com dan nikmati aneka macam manfaatnya.