0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

8 tips Simpan Masakan Ketika Mati Listrik Penting Mudah Dan Layak Dicoba

Cara simpan masakan ketika mati listrik mungkin sungguh mudah, apabila masakan tersebut berada di luar kulkas. Namun bagaimana caranya simpan masakan saat mati listrik, saat masakan tersebut berada di dalam kulkas?

Sebagian dari kamu mungkin berpikir itu hal yang biasa dan mudah dijalankan. Tetapi bahu-membahu, cara simpan masakan saat mati listrik, untuk masakan yang ada di dalam kulkas terbilang cukup rumit, loh!

Karena, dikala mati listrik kau tidak tahu kapan listrik akan menyala kembali. Sehingga, kamu harus memastikan bahwa berbagai macam kuliner dan minuman yang ada di dalam kulkas, berada dalam kondisi yang baik-baik saja.

Oleh sebab itu, mengenali cara simpan kuliner saat mati listrik sangat penting. Hal tersebut sungguh berguna, dalam menanggulangi hal-hal yang tidak disangka-sangka semacam ini.

Meskipun, mati listrik tidak senantiasa terjadi kagetan, sebab kerap kali PLN menawarkan berita kalau akan melaksanakan pemadaman listrik di beberapa kawasan, dengan rentang waktu tertentu.

8 Cara Simpan Makanan dikala Mati Listrik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jikalau mengenali cara simpan masakan saat mati listrik itu sangat penting. Dan bergotong-royong, ada banyak cara simpan masakan yang bisa kamu lakukan, saat terjadi pemadaman listrik.

Lantas, apa saja cara simpan makanan dikala mati listrik? Pada pembahasan kali ini, CekAja.com telah merangkum delapan cara simpan masakan dikala mati listrik yang mau diulas secara lengkap khusus untuk kau. Simak bantu-membantu, yuk!

1. Memasukkan semua jenis frozen food ke freezer

Cara simpan masakan ketika mati listrik yang pertama ialah memasukkan semua jenis frozen food ke dalam freezer. Hal itu ditujukan untuk mempertahankan bahan masakan beku tersebut, agar tetap cuek untuk jangka waktu yang usang.

Memasukkan semua jenis frozen food ke dalam freezer pun, sesuai dengan anjuran Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA).

Selain kuliner jenis frozen food yang dimasukkan ke dalam freezer, kau juga harus memasukkan beberapa bahan makanan lainnya seperti daging, susu dan lain sebagainya yang memang harus dimasukkan ke dalam freezer.

(Baca Juga: 7 Jenis Makanan Tahan Lama)

2. Memastikan kulkas tetap tertutup rapat

Berikutnya kau juga harus memutuskan kulkas tetap tertutup rapat. Cara simpan masakan saat mati listrik ini wajib kau kerjakan, semoga suhu hambar di dalam kulkas tetap tersadar dengan baik.

Melansir dari lifestyle.kompas.com, Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA) mengatakan, jikalau pada dikala terjadi pemadaman listrik lemari es tetap tertutup rapat, maka lemari es akan tetap dingin hingga empat jam.

Sementara untuk freezer sendiri, jika tertutup rapat maka suhu dinginnya akan bertahan selama 48 jam. Namun jikalau freezer hanya tertutup setengah, maka suhu dingin tersebut cuma akan bertahan selama 24 jam.

3. Menyiapkan es balok komplemen

Selain dua cara di atas, kamu juga mampu menyiapkan dan memakai es balok perhiasan, sebagai salah satu cara simpan makanan saat mati listrik. Es balok di sini berguna selaku es perhiasan yang akan menjaga suhu freezer supaya tetap stabil.

Tidak cuma itu, es balok juga bisa dipakai untuk memindahkan kuliner dari kulkas, ke dalam freezer. Sebanyak 20 kg es balok, dimengerti mampu menciptakan suhu kulkas menjadi cuek selama 18-24 jam.

Apabila persediaan es balok yang kamu miliki sedikit, kau bisa membeli kantong es, untuk memindahkan es balok ke dalam kantong es perhiasan, kemudian mengisi kembali kotak pembuat es dengan air putih.

Cara simpan kuliner ketika mati listrik yang satu ini mampu kau lakukan, apabila sebelumnya kamu sudah menerima pemberitahuan, jikalau akan ada pemadaman listrik untuk sementara waktu. Dengan begitu, cara ini menjadi salah satu langkah antisipasi yang wajib kamu kerjakan.

4. Menyediakan cooler

Jika kamu memiliki cooler, maka kamu mampu membuatnya selaku wadah alternatif, untuk menyimpan masakan dan bahan lainnya dari kulkas agar tetap dingin. Cara simpan kuliner saat mati listrik yang satu ini, direkomendasikan oleh Palang Merah Nasional AS.

Merek menganjurkan untuk mengemas semua jenis masakan dingin ke dalam cooler. Tentu, maksudnya ialah untuk menjaga kesegaran masakan dingin.

Hanya saja, sebelum memasukkan semua jenis masakan acuh taacuh ke dalam cooler, kau perlu memasukkan sejumlah es balok terlebih dulu baru materi makanannya.

Seperti yang dimengerti, cooler merupakan salah satu barang yang memiliki fungsi mirip kulkas. Sehingga, saat kulkas padam sebab mati listrik, maka cooler bisa dijadikan selaku alat pengganti kulkas yang bisa dipakai.

5. Mengecek suhu kulkas dan freezer

Cara simpan masakan dikala mati listrik yang kelima yaitu memeriksa suhu kulkas dan freezer. Pengecekan suhu ini dikerjakan untuk memutuskan, bahwa suhu kulkas masih berada di bawah empat derajat celcius dan suhu freeze masih berada di bawah -17 derajat celcius.

Apabila suhu kulkas dan freezer sudah di bawah suhu yang seharusnya, maka kamu mesti segera mengeluarkan semua masakan serta materi lainnya dari dalam kulkas dan freezer, kemudian memindahkannya ke cooler.

Kamu mampu mengetahui apakah suhu di dalam kulkas dan freezer berubah, dengan cara menyimpan alat pengukur suhu di dalam kulkas dan freezer. Kamu bisa mendiamkannya selama beberapa ketika, kemudian mengeceknya kembali.

6. Pastikan sayur dan buah disimpan terpisah

Selanjutnya, kau juga perlu memutuskan dan menempatkan sayur dan buah secara terpisah di dalam kulkas. Cara simpan makanan saat mati listrik ini ditujukan, agar sayur tidak mudah tercemar dari gas ethylene yang dihasilkan buah.

Pasalnya, gas ethylene yang berperan selaku hormon pematangan buah ini, mampu menciptakan sayur yang ada didekatkannya menjadi cepat rusak dan busuk.

Apabila sayur sudah anyir, maka bacin bacin tersebut akan menyebar ke seluruh isi kulkas, serta melekat di semua makanan yang ada di dalam kulkas.

Maka dari itu, semenjak dikala ini tentukan kamu menyimpan sayur dan buah di dalam wadah yang berlawanan, meski sedang mati listrik ataupun tidak mati listrik.

Tetapi untuk sayur jenis kecambah, seperti tauge, kamu bisa menyertakan sedikit air pada wadahnya, untuk mempertahankan kesuburan air.

7. Bungkus kuliner dengan aluminium foil

Membungkus masakan dengan aluminium foil juga menjadi salah satu cara siman kuliner saat mati listrik. Karena, bila mati listrik bertahan untuk rentang waktu yang usang, maka cepat atau lambat suhu kulkas akan menjadi panas.

Dengan begitu, maka kondisi beberapa makanan, seperti sayur dan buah perlahan menjadi tidak segar, layu, kering, bahkan menyebabkan amis tidak sedap. Untuk menangani hal tersebut, kau mampu membungkus makanan tersebut dengan aluminium foil apalagi dahulu.

Dengan memakai aluminium foil, maka semua makananmu mampu disimpan lebih usang. Hanya saja, sebelum dikemas menggunakan aluminium foil, kamu perlu mencuci terlebih dulu semua materi makanan, mirip sayur dan buah, kemudian keringkan. Setelah itu, kau baru mampu membungkusnya dengan aluminium foil.

8. Gunakan wadah untuk menyimpan makanan

Cara simpan kuliner dikala mati listrik yang terakhir ialah dengan memakai wadah penyimpan masakan. Sebab, salah satu aspek penyebab kuliner menjadi cepat bacin yaitu kuliner tersebut tidak disimpan sesuai dengan tempatnya.

Oleh karena itu, wadah menjadi salah satu hal utama yang mesti diperhatikan. Jenis wadah yang dipakai pun harus sesuai dengan jenis makanannya.

Untuk materi kuliner mirip daging, ikan, ayam, makanan olahan dan sayuran beku, kamu bisa menggunakan wadah yang tahan beku dan mampu dimasukkan ke dalam freezer.

Sedangkan, untuk materi makanan mirip sayur dan buah segar, kamu bisa menyimpannya di dalam wadah yang memiliki tutup rapat. Namun tentukan, bahwa tutup wadah tersebut memiliki katup atau pengatur sirkulasi udara yang bagus, supaya ajaran udara dapat berjalan tanpa kendala.

Jenis Makanan yang Masih Bisa Dikonsumsi dan Tidak Setelah Mati Listrik

Selain mengenali delapan cara simpan masakan saat mati listrik, kau juga perlu mengenali apa saja jenis masakan yang harus dibuang dan tidak mesti dibuang sesudah mati listrik. Pasalnya, meski disimpan dengan baik, ada beberapa masakan yang tetap menurun kualitasnya.

Sehingga, beberapa masakan tersebut perlu dicek lagi kesegarannya dan dipastikan apakah masih mampu dikonsumsi atau tidak. Lantas, apa saja jenis kuliner yang masih bisa dimakan dan yang semestinya dibuang sehabis mati listrik?

Makanan yang Masih Bisa Dikonsumsi Setelah Mati Listrik

  • Beberapa jenis keju, mirip keju parmesan dan keju roman
  • Buah kalengan, buah segar dan buah kering
  • Butter dan margarine
  • Mentega kacang
  • Minyak zaitun
  • Selai
  • Pie buah
  • Saus sambal, saus tomat, saus BBQ, soy sauce dan hoisin sauce
  • Acar
  • Tortillas
  • Pancake
  • Waffle
  • Mustard
  • Muffin
  • Bagels
  • Sayur mentah yang masih segar
  • Dan lainnya.

Makanan yang Sebaiknya Dibuang Setelah Mati Listrik

  • Biskuit
  • Roti gulung
  • Pasta
  • Salad
  • Adonan kudapan manis
  • Telur dan semua jenis olahan yang mengandung telur
  • Susu
  • Yogurt
  • Buttermilk
  • Susu kedelai
  • Susu kacang
  • Krim asam
  • Sup dan semua jenis masakan berkuah
  • Daging
  • Ayam, belibis dan bahan kuliner dari unggas yang lain
  • Semua jenis ikan
  • Buah-buahan
  • Tahu
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Cara Setop Belanja Mubazir)

Meski sangat disayangkan untuk dibuang, tetapi masakan tersebut juga telah tidak baik untuk dikonsumsi. Sehingga, membuangnya menjadi salah satu opsi terbaik yang bisa kau lakukan, untuk menjaga kesehatan tubuh.

Namun, apabila kau masih sungguh membutuhkan semua bahan kuliner tersebut, jangan cemas. Kamu bisa menemukannya dengan mudah dan membelinya di supermarket, maupun e-commerce yang memasarkan keperluan pangan.

Agar acara belanja menjadi lebih mudah dan hemat, kamu mampu menggunakan kartu kredit selaku sistem pembayarannya.

Seperti yang dikenali, kartu kredit kadang-kadang menawarkan promo belanja menawan untuk para penggunanya, baik dalam bentuk potongan harga, cashback atau rewards point.

Dengan begitu, maka acara belanjamu akan menjadi lebih menggembirakan. Nah, buat kau yang belum mempunyai kartu kredit, kini saatnya kamu mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit khusus belanja, yang mampu kau pilih sesuai keperluan dan kemampuan finansial.

Tidak cuma itu, proses pengajuan kartu kredit di CekAja.com pun gampang, cepat dan aman alasannya telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Makara, kalau begitu tunggu terlebih? Yuk usikan kartu kredit terbaikmu sekarang dan dapatkan semua manfaatnya!