0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

8 tips Menghilangkan Ketombe Termudah

Cara menghilangkan ketombe masih kadang kala dicari oleh mereka yang menderita keadaan seperti itu. Selain menciptakan kulit kepala terasa gatal, ketombe tak ubahnya menjadi sesuatu yang dianggap mengusik tampilan, apalagi kalau meninggalkan bekas di baju yang sedang dipakai.

8 Cara Menghilangkan Ketombe agar Kepala Bebas Gatal dan Gak Ganggu Penampilan

Penyebab Ketombe Membandel di Kulit Kepala

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya ketombe membandel di kulit kepala. Serpihan berwarna putih maupun kuning ini memang sangat mengganggu kegiatan, karena selain mengakibatkan rasa gatal, ketombe juga membuatrasa kepercayaan diri menurun lho.

Bayangkan saja, kalau kamu tengah berada di paras publik, kemudian tanpa sengaja menggaruk kepala dan beberapa bagian ketombe tersebut jatuh ke baju. Bisa-bisa orang lain yang melihat hal ini akan menilai kau sebagai orang yang enggan mempertahankan kebersihan.

Nah, daripada memusingkan insiden setelahnya nih, mendingan kau ketahui dulu beberapa aspek yang menjadi penyebab dari munculnya ketombe di kulit kepala. Berikut penjelasannya.

  • Salah menentukan sampo

Menggunakan sampo yang tidak sesuai dengan keadaan kulit kepala juga mampu menjadi pemicu terjadinya ketombe. Alhasil kau butuh cara menetralisir ketombe yang sempurna supaya keadaan ini tidak lagi dialami kembali.

Jadi ketimbang memperparahnya, lebih baik secepatnya ganti sampo yang kamu gunakan. Sebab, pemakaian sampo yang tidak tepat mampu membuat kulit kepala kering dan jadinya menghasilkan minyak dalam jumlah banyak.

Dari kadar minyak yang berlebih inilah, jamur mampu berkembang dan meningkat biak di kulit kepala.

Lalu lama-kelamaan jamur tersebut mengkonsumsi minyak dan sel kulit mati, yang lalu membuatnya serpihan ketombe.

  • Sedang mengalami frustasi

Tahukah kau, bila salah satu penyebab munculnya ketombe yaitu alasannya adalah frustasi? Selain menciptakan rambut menjadi rontok, depresi yang berlarut-larut juga mampu membuat kamu mengalami ketombe lho.

Kaprikornus, walaupun kamu mencoba segala cara menetralisir ketombe, baik yang alami ataupun memakai sampo, jikalau kau masih dirundung tertekan, bukan tak mungkin jikalau ketombe akan terus dialami.

Maka dari itu, sebisa mungkin cobalah untuk mengatasinya. Entah itu dengan mengembalikan mutu tidur, pergi ke mall atau sekedar bertemu sobat-sahabat, maupun memanjakan diri sendiri dengan pergi ke salon dan kawasan refleksi.

  • Tidak mengikuti proposal akan waktu untuk berkeramas

Penyebab lainnya dari ketombe adalah jarang berkeramas. Untuk itu, kau harus mulai merubah kebiasaan tersebut dengan setidaknya mencuci rambut tiga kali sehari saja. Tak perlu saban hari, alasannya pada umumnya andal dermatologis tidak merekomendasikan hal tersebut alasannya bakal menciptakan kulit kepala iritasi akibat kehilangan minyak alaminya.

(Baca Juga: 5 Cara Mencegah Kerontokan Rambut)

Deretan Cara Menghilangkan Ketombe yang Ampuh

Jadi, sudah tahukan apa saja yang menjadi penyebab ketombe? Nah, kalau begitu kini waktunya kamu pantengin info utama tentang cara menetralisir ketombe. Dihimpun dari banyak sekali sumber, berikut CekAja rangkum caranya. Yuk, simak!

1. Jeruk Nipis dan Madu

Siapa bilang jeruk nipis dan madu cuma baik untuk kesehatan dalam badan saja? Faktanya nih, kedua materi abnormal tersebut juga biasa digunakan selaku cara menghilangkan ketombe secara alami lho.

Jeruk nipis yang mengandung vitamin C ini, dianggap ampuh untuk perawatan rambut, diantaranya menangani kerontokan serta mengurangi kemajuan jamur penyebab ketombe.

Bila dipadukan dengan madu, yang seperti kita tahu manfaatnya untuk merenggangkan iritasi maupun melembabkan kulit kepala, kemungkinan besar perpaduan dua bahan ini mampu membuat jumlah ketombe di kulit kepala menjadi lebih sedikit dari umumnya.

Cara Membuat Ramuan Jeruk Nipis dan Madu:

  • 2 sdm jeruk nipis yang sudah diperas
  • 2 sdm madu
  • Campurkan jeruk nipis dan madu tersebut dalam wadah kecil dan aduk rata
  • Balurkan ke seluruh bab kulit kepala selama 30 menit
  • Biarkan sampai meresap sempurna dan lalu bersihkan

2. Daun Sirsak

Selain buahnya dapat dikonsumsi, ternyata daun sirsak juga bisa menjadi cara menetralisir ketombe lho. Bahkan tidak hanya ketombe saja, daun yang mengandung senyawa acetogenin ini juga sungguh efektif untuk menanggulangi banyak sekali persoalan rambut.

Mulai dari problem rambut gatal akhir alergi, kutu rambut, kerontokan, sampai eksim.

Kandungan senyawa acetogenin yang bersifat sitotoksis (membunuh racun) dari daun sirsak mampu jadi racun yang mematikan bagi jamur dan benalu yang menempel di kulit kepala.

Makanya, jangan heran kalau bahan alami ini juga biasa digunakan untuk mengusir kutu yang sering kali meningkat biak di rambut.

Cara Membuat Ramuan Daun Sirsak:

  • Ambil 5 helai daun sirsak
  • Tumbuk hingga halus dan tambah sedikit air
  • Oleskan ke seluruh bagian kulit kepala dan diamkan paling tidak setengah jam
  • Jika telah, bilas dengan air hingga bersih

3. Lidah Buaya dan Lemon

Cara menghilangkan ketombe selanjutnya yaitu dengan memakai adonan lidah buaya dan lemon. Seperti yang kita tahu, lidah buaya ini tidak cuma umumdimanfaatkan sebagai krim untuk keelokan paras saja, namun juga untuk rambut alasannya kandungan protein, fosfor, kalsium, zat besi, dan vitamin A yang ada di dalamnya.

Kemudian untuk lemon sendiri, kandungannya tidak jauh berlainan dengan jeruk nipis, yaitu vitamin C. Apabila kedua bahan ini dicampurkan bareng , maka mampu dijadikan selaku cara menghilangkan ketombe secara alami, rambut lepek maupun masalah kerontokan.

Cara Membuat Ramuan Lidah Buaya dan Lemon:

  • Siapkan satu gelas perasan air 2 buah lemon berskala sedang
  • Campurkan air lemon tersebut dengan gel pengecap buaya
  • Aduk rata hingga ramuan ini bercampur
  • Oleskan di seluruh kulit kepala dan diamkan sekitar 1 jam
  • Setelah masker alami ini mengering, usahakan untuk membersihkannya dengan air hangat terlebih dulu lalu teruskan dengan air hambar sampai bersih

4. Minyak Kemiri

Selain lidah buaya dan lemon, kau juga bisa menjajal cara menghilangkan ketombe yang satu ini, yaitu memakai minyak kemiri.

Dengan imbas antimikroba dari ekstrak biji kemiri ini diandalkan bisa menghambat kemajuan jamur dan kuman yang menjadi pemicu timbulnya ketombe pada kulit kepala.

Selain membeli minyak kemiri yang telah jadi, bahu-membahu kau pun mampu mengolahnya sendiri di rumah dengan 3 cara, ialah dibakar, diperas, dan disangrai.

Nah, untuk menjadikannya obat menangani ketombe, CekAja bakal membagikan salah satu cara mengola biji kemiri menjadi minyak yaitu dengan cara disangrai.

Cara Membuat Ramuan Minyak Kemiri:

  • Siapkan beberapa biji kemiri yang telah terkupas
  • Sangrai dalam wajan hingga keseluruhan biji kemiri matang
  • Tumbuk biji kemiri yang telah disangrai hingga halus atau bila ingin cepat bisa dengan memblendernya
  • Peras dengan air kalau sudah halus
  • Untuk dijadikan obat ketombe, oleskan minyak kemiri tersebut sebelum keramas, adalah selama 30 menit
  • Bilas dengan air hingga higienis dan teruskan dengan mencuci rambut menggunakan sampo anti ketombe

(Baca Juga: 10 Bahan Alami Penyubur Rambut)

5. Minyak Zaitun dan Lidah Buaya

Berikutnya cara menghilangkan ketombe membandel adalah dengan menggunakan minyak zaitun yang dipadukan bersama pengecap buaya.

Minyak zaitun yang terkenal berguna, selain digunakan untuk tampang ataupun minyak pijat badan, faktanya mampu dipakai untuk mengatasi ketombe akibat jamur yang ada di kulit kepala.

Kandungan antimikrobanya yang ada dalam minyak zaitun dan persis seperti minyak kemiri ini, sungguh efektif untuk ketombe membandel yang ada di kulit kepala.

Apabila dikombinasikan dengan lidah buaya, khasiatnya tak hanya untuk ketombe saja, tetapi juga menutrisi kulit kepala semoga rambut tetap lembut dan terawat.

Cara Membuat Ramuan Minyak Zaitun dan Lidah Buaya:

  • Siapkan 1 sdm minyak zaitun
  • Siapkan 2 sdm gel lidah buaya
  • Campurkan minyak zaitun dan gel lidah buaya tersebut dengan air atau yoghurt seperlunya, aduk hingga merata
  • Oleskan pad seluruh sisi rambut dan biarkan selama 30 menit
  • Bilas dengan air bersih dan gunakan sampo khusus anti ketombe

6. Cuka Apel

Biasanya cuka apel dijadikan sebagai obat alami dalam rangkaian skincare. Akan tetapi baru-gres ini banyak bermunculan teori yang menyebutkan jikalau cuka apel bisa juga selaku cara menghilangkan ketombe.

Menurut salah spesialis dermatologi, sifat antibakteri maupun asam yang terkandung dalam cuka apel mampu menciptakan pH alami kulit kepala tetap sepadan.

Jika digunakan dengan takaran yang tepat, kemungkinan mampu membuat kulit mati di kepala menjadi terkelupas begitupun dengan kotoran yang menempel.

Namun cuka apel ini tidak mampu dipakai secara berlebihan dan kau pun mesti memahami hukum pemakaiannya. Soalnya jikalau melebihi batas wajar , bakal menciptakan rambut menjadi kering sekaligus rusak.

Cara Membuat Ramuan Cuka Apel:

  • Tuangkan cuka apel murni ke dalam botol semprot
  • Tambahkan air dengan dosis 7:3
  • Kocok botol hingga cuka apel dan air tercampur sempurna
  • Semprotkan ke kulit kepala sehabis keramas
  • Bilas kembali dengan air hingga bersih
  • Ulangi cara ini paling tidak 2 kali dalam sepekan

7. Minyak Kelapa dan Baking Soda

Mungkin kau akan sedikit merasa aneh jika mengenali bahwa baking soda dapat dipakai selaku cara menghilangkan ketombe. Sifat antiseptik yang ada dalam baking soda inilah yang konon dianggap efektif untuk membunuh jamur akibat ketombe.

Sebagai obat alami menangani ketombe, kau bisa mengombinasikan baking soda dengan minyak kelapa yang juga dipercaya mengandung vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Cukup dimasak menjadi masker rambut, dua materi alami ini mampu kamu gunakan paling tidak 2 kali dalam seminggu.

Cara Membuat Ramuan Minyak Kelapa dan Baking Soda:

  • Siapkan ½ sdt baking soda
  • Siapkan 1 sdm minyak kelapa
  • Campurkan kedua bahan tersebut dengan 1 sdm madu dan aduk sampai merata
  • Aplikasikan pada seluruh bagian rambut dan biarkan selama 30 menit
  • Bilas dengan air hingga bersih lalu ulangi cara menghilangkan ketombe ini bila masih diperlukan

8. Bawang Merah

Cara menghilangkan ketombe yang terakhir yakni dengan memakai bawang merah. Kandungan vitamin C maupun welirang yang ada pada bawang merah dianggap cukup efektif untuk membasmi jamur dan bakteri penyebab ketombe membandel.

Selain itu, bawang merah juga kerap digunakan oleh orang tua zaman dulu untuk menciptakan rambut bayi menjadi lebat, dengan cara mengusapkan tumbukan bawang merah tersebut ke kepalanya.

Cara Membuat Ramuan Bawang Merah:

  • Sediakan 3 sampai 5 siung bawang merah
  • Kupas dan haluskan dengan cara ditumbuk atau blender
  • Oleskan secara menyeluruh di kulit kepala
  • Diamkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit
  • Bilas dengan air hingga bersih

Jika Ketombe Tak Kunjung Hilang, Kapan Harus ke Dokter?

Kedelapan cara menghilangkan ketombe tersebut mampu kau coba bila gres-gres saja mengalami ketombe. Tapi jikalau kondisi seperti ini tak kunjung terselesaikan bahkan setelah kau memakai sampo dengan kandungan zink pyrithione, tar atau asam salisilat, maka semestinya segeralah periksakan ke dokter.

Supaya nantinya kau bisa menerima penanganan khusus mengenai persoalan tersebut. Karena bisa jadi ketombe yang dialami yakni tanda penyakit dermatitis seborik, parkinson dan eksim.

Selain mengunjungi dokter, kamu juga harus senantiasa menjaga kesehatan apalagi saat ini dunia sedang diterpa pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Ada baiknya lagi kalau kamu memperlihatkan proteksi pelengkap, yaitu dengan asuransi kesehatan dari CekAja.com

Lewat CekAja, kamu mampu membandingkan apalagi dahulu produk asuransi kesehatan dari perusahaan asuransi terbaik yang mungkin paling cocok kebutuhanmu.

Jadi, tunggu apalagi? Segera jalan masuk laman CekAja.com dan usikan asuransi kesehatan untuk mendapatkan pinjaman terlengkap serta perlindungan klaim cepat.