0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

8 tips Menangani Nyeri Haid, Semoga Gak Mengusik Acara

Nyeri haid memang mampu mengusik keseluruhan kegiatan yang dijalankan. Untuk itu, CekAja bakal berbagai gosip mempesona seputar cara mengatasi nyeri haid, biar kamu tetap bisa beraktivitas meski di hari pertama datang bulan.

cara mengatasi nyeri haid

Kram perut atau ungkapan medisnya dysmenorrhea, merupakan sebuah kondisi yang sering dialami oleh wanita sebelum dan saat haid.

Kondisi mirip ini sangat lazim terjadi dan efek yang dialami tiap perempuan pun berlainan-beda.

Ada yang merasa umumsaja, namun ada pula yang mencicipi nyeri bahkan hingga mesti istirahat di rumah.

Sebenarnya keadaan nyeri haid berbentukkram perut ini enggak perlu terlalu dikhawatirkan loh.

CekAja bakal mengembangkan informasinya seputar penyebab, cara menangani nyeri haid hingga asupan gizi yang tepat khusus untuk kau. Kuy, kepoin!

Apa Penyebab Nyeri Haid Pada Wanita?

Sebelum menerapkan cara menanggulangi nyeri haid, setidaknya kamu harus tahu dahulu apa sih penyebab nyeri berbentukkram perut sebelum dan dikala haid.

Kram perut umumnya dapat terjadi karena pergerakan kontraksi akibat proses peluruhan pembuluh darah pada dinding rahim.

Selama haid atau periode ini berjalan, kontraksi dinding rahim lebih kuat dari umumnya.

Sehingga rahim juga bakal menekan pembuluh darah sampai menetapkan ajaran darah yang membawa oksigen ke rahim.

Efeknya, kadar oksigen menjadi lebih rendah dalam rahim dan mengakibatkan jaringan yang terdapat dalam rahim memproduksi zat kimia prostaglandin dalam jumlah berlebih. 

Apabila seorang wanita menciptakan zat prostaglandin dalam jumlah sedikit, kemungkinan tidak akan merasakan nyeri ketika haid.

Karena sejatinya, tiap perempuan itu menghasilkan zat prostaglandin dalam jumlah yang berbeda.

(Baca Juga: 15 Manfaat Kunyit Untuk Tubuh, dari Kesehatan sampai Kecantikan)

8 Cara Mengatasi Nyeri Haid

Biar enggak mengganggu aktivitasmu sehari-hari, terutama pekerja kantoran.

Kamu perlu menerapkan 8 cara mengatasi nyeri haid berikut ini, untuk meminimalkan rasa sakit berupa kram perut disaat hari pertama haid.

1. Perbanyak konsumsi air putih hangat

Perbanyak konsumsi air putih hangat - 8 Cara Mengatasi Nyeri Haid Biar Gak Mengganggu Aktivitas

Mengonsumsi air putih hangat mungkin enggak bakal meminimalkan rasa nyeri pada perut secara instan.

Namun setidaknya, mampu membuat perut tidak kembung lagi, yang umumnya terjadi dan tak jarang memperparah keadaan nyeri perut.

Untuk menjajal cara menanggulangi nyeri haid yang satu ini, kau bisa membawa sebotol air hangat dengan tambahan perasan lemon untuk menggugah selera.

Karena kerap kali dikala haid, mood bakal terus-menerus berubah bahkan dalam hitungan menit.

2. Kompres dengan air hangat

Kompres dengan air hangat - 8 Cara Mengatasi Nyeri Haid Biar Gak Mengganggu Aktivitas

Selanjutnya kau mampu mengompres bagian perut bawah menggunakan air hangat, baik dengan handuk maupun botol.

Cara menangani nyeri haid ini juga cukup efektif untuk meminimalkan rasa nyeri dan ngilu, semoga sekitar perut bagian bawah termasuk otot rahim menjadi lebih rileks.

3. Menggunakan minyak esensial pada bagian perut

Menggunakan minyak esensial pada bagian perut - 8 Cara Mengatasi Nyeri Haid Biar Gak Mengganggu Aktivitas

Seperti dikutip dari Halodoc perihal observasi yang diterbitkan dalam National Center for Biotechnology Information, untuk meredakan nyeri haid mampu memakai minyak esensial yang berisikan cengkeh, lavender, dan kayu cantik.

Lebih lanjut penelitian ini menjelaskan, minyak esensial lebih menawarkan rasa rileks dikala nyeri haid meradang, dibandingkan dengan cuma memakai minyak biasa.

Kalau kamu ingin mencobanya, tambahkan beberapa tetes minyak esensial dengan minyak biasa lalu pijat bab perut.

4. Pijat pada bab perut bawah

Pijat pada bagian perut bawah - 8 Cara Mengatasi Nyeri Haid Biar Gak Mengganggu Aktivitas

Melakukan pijatan lembut dengan minyak esensial ataupun aromaterapi yang lain juga menjadi salah satu cara menanggulangi nyeri haid.

Tujuannya sendiri tak lain untuk melemaskan otot-otot panggul sehingga lebih rileks.

Kamu bisa memijat lembut pada bab perut bawah, dimulai dengan gerakan memutar.

Kemudian, pijat beberapa titik badan lainnya seperti atas mata kaki, diantara jempol dan telunjuk, serta tempurung lutut.

5. Lakukan olahraga ringan

Lakukan olahraga ringan - Cara Mengatasi Nyeri Haid Biar Gak Mengganggu Aktivitas

Saat haid enggak sedikit dari perempuan yang enggan untuk melaksanakan aktivitas apapun.

Tapi bekerjsama, kamu mesti melawan rasa mager itu dengan beraktivitas seperti olahraga ringan.

Lakukan peregangan, jalan kalem, ataupun berlari biar badan memproduksi endorfin, hormon yang mampu meredakan rasa sakit.

6. Akupuntur

Akupuntur - 8 Cara Mengatasi Nyeri Haid Biar Gak Mengganggu Aktivitas

Cara mengatasi nyeri haid yang selanjutnya ialah dengan akupuntur.

Menurut sebuah penelitian, akupuntur menjadi salah satu cara efektif dibandingkan mengonsumsi obat-obatan ketika kram perut terjadi.

Selain untuk menanggulangi nyeri haid, akupuntur juga bisa dilaksanakan guna memperbaiki siklus haid.

7. Konsumsi jamu kunyit asam

Konsumsi jamu kunyit asam - 8 Cara Mengatasi Nyeri Haid Biar Gak Mengganggu Aktivitas

Tidak hanya melakukan pijatan, olahraga ringan, kompres air hangat, maupun akupuntur.

Kalau kamu sedang haid, cobalah meminum jamu kunyit asam. Obat herbal ini dipercaya ampuh untuk menangani rasa nyeri berbentukkram perut.

Sebab, kandungan kurkuminnya bakal menghalangi produksi prostaglandin berlebih yang ada dalam rahim.

Namun perlu diingat pula, bahwa terlalu sering mengkonsumsi jamu kunyit asam berisiko terserang maag dan sakit perut.

Kaprikornus, ada baiknya jamu kunyit asam diminum sesuai batas wajar.

8. Konsumsi obat pereda nyeri

Konsumsi obat pereda nyeri - 8 Cara Mengatasi Nyeri Haid Biar Gak Mengganggu Aktivitas

Cara mengatasi nyeri haid yang terakhir yakni dengan mengonsumsi obat pereda nyeri, salah satunya seperti paracetamol.

Cara ini tidak direkomendasikan untuk dikerjakan setiap dikala kamu mengalami haid.

Hal ini dikarenakan tiap obat pereda nyeri pasti mempunyai imbas samping.

Jika kau ragu, seharusnya berkonsultasi apalagi dahulu pada dokter dan minta usulan yang sempurna, perihal jenis obat pereda nyeri apa yang kondusif untuk dimakan.

(Baca Juga: 6 Tipe Warna Darah dikala Menstruasi)

Makanan untuk Bantu Kurangi Nyeri Haid

Selain menirukan cara menangani nyeri haid di atas, kau juga layak mengimbangi pola makan yang tepat, guna meminimalkan rasa sakit sbelum dan saat haid berlangsung.

Berikut beberapa saran masakan yang tepat untuk disantap ketika haid:

  • Nasi merah
  • Kentang
  • Kacang mete
  • Salmon
  • Kinoa
  • Sup jagung
  • Buncis
  • Bayam
  • Kangkung
  • Brokoli
  • Alpukat
  • Pisang
  • Jeruk

Periksa ke Dokter Jika Nyeri Haid Berlanjut

Bila nyeri haid tidak kunjung membaik dan senantiasa terjadi dengan rasa sakit yang hebat, segeralah periksa ke dokter.

Karena, terdapat beberapa duduk perkara yang disebabkan oleh kram perut berkepanjangan, seperti fibroid rahim dan endometriosis.

Sertakan pula derma tambahan dengan memakai asuransi kesehatan dari CekAja.com.

Yuk, olok-olokan kini juga dan nikmati ragam manfaatnya untuk kesehatanmu.