0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

8 Olahraga Yang Aman Ketika Pandemi Dan Paling Disarankan!

Meski #dirumahaja, melaksanakan olahraga yang aman ketika pandemi, nyatanya tetap harus dikerjakan loh. Karena, badan kita juga butuh bergerak aktif, supaya imun tetap terjaga.

Namun, tidak sebebas seperti biasanya, melakukan olahraga yang aman dikala pandemi, juga perlu dikenali batas-batasnya.

Pasalnya, sekarang kau harus membatasi untuk tidak olahraga di luar, mirip lapangan, jalan, taman, dan yang lain.

Karena, hal tersebut malah akan mengakibatkan kerumunan, dan bisa menjadi salah satu bentuk penyebaran virus Covid-19.

Syarat Olahraga di Luar Ruangan

Nah, agar lebih kondusif, selama pandemi ini ada baiknya kau olahraga di dalam ruangan saja. Ataupun, bila ingin di luar ruangan sekalipun, kau juga mesti mengikuti lima syarat berikut:

  • Mengecek daerah

Pastikan, kamu mengenali wilayah yang akan menjadi tempatmu berolahraga, dan pastinya tidak banyak kerumunan, sampai yang masih akrab dengan rumah.

Misalnya, di halaman rumah sendiri dan di area perumahan. Meski masih bersahabat dengan rumah, protokol kesehatan juga tetap mesti dikerjakan ya!

  • Pastikan kondisi badan dalam keadaan fit

Untuk melaksanakan olahraga yang kondusif saat pandemi, syarat pastinya yakni kondisi tubuh mesti fit, terlebih bila ingin berolahraga di luar ruangan.

Karena, penyebaran virus, mampu terjadi melalui udara, hingga benda-benda sekitar, yang sering disentuh insan.

  • Tetap menjaga jarak

Karena bukan area milik kita, sehingga orang lain bebas berlalu-lalang, kamu tetap harus mempertahankan jarak aman, dengan orang lain.

(Baca Juga: Atasi Obesitas dengan 5 Olahraga Ini)

Misalnya, kamu sedang lelah sehabis jogging di area perumahan, kemudian duduk sebentar di kursi taman. Pastikan, kamu dengan orang lain yang duduk di kursi tersebut, mesti berjauhan.

  • Kenali kemampuan badan

Karena kondisinya sedang pandemi, kau dihentikan terlalu capek. Bukannya tambah sehat, bisa-bisa imunitas kamu malah berdasarkan alasannya tak bisa mengetahui kemampuan tubuh dikala berolahraga.

Jadi, tentukan jenis olahraga yang hendak dikerjakan, mampu diterima dengan baik oleh badan kau, dan direkomendasikan untuk melakukan olahraga yang ringan saja.

  • Olahraga tanpa menyentuh benda apapun

Lakukan olahraga yang aman dikala pandemi, terlebih yang tidak mesti menyentuh benda apapun, yang ada di sekeliling atau di luar ruangan.

Misalnya jogging, senam, yoga, dan yang lain. Agar lebih lengkap jenis olahraga yang dianjurkan dikala pandemi, intip informasi berikut, sesudah ini ya!

Manfaat Olahraga saat Pandemi

Meski #dirumahaja, bukan memiliki arti kamu malas-malasan, mengeluhkan kondisi, hingga bosan hidup. Justru, dengan adanya wabah ini, menyadarkan kita untuk mengamati kesehatan yang lebih, mirip berolahraga.

Yuk, intip apa saja sih faedah olahraga ketika pandemi mirip ini:

  • Melancarkan Sirkulasi Darah
  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
  • Menjaga Imunitas tetap Prima
  • Menjaga Berat Badan tetap Ideal
  • Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
  • Mengurangi Risiko Stroke, Diabetes tipe-1, sampai berbagai macam kanker.

Itu dia sekilas isu terkait apa saja hal yang perlu diperhatikan, saat olahraga di tengah pandemi, sampai manfaatnya.

Olahraga Sambil Peringati Hari Olahraga Nasional

Nah, berhubungan hari ini merupakan hari spesial olahraga, yaitu Hari Olahraga Nasional yang jatuh pada 9 September. Maka, mari sama-sama kita peringati dengan rajin berolahraga.

Terlebih, dikala pandemi mirip ini, kita harus mampu buktikan, bahwa kita mampu melawan Covid-19, dan tingkatkan kesehatan lewat olahraga.

Hari Olahraga Nasional sendiri, sangat mempunyai arti bagi dunia olahraga nasional. Bahkan, perayaan hari besar ini, terjawab pada Keputusan Presiden RI Nomor 67, tahun 1987 perihal Hari Olahraga Nasional.

Tanggal 9 September diseleksi menjadi Hari Olahraga Nasional, sebab di tanggal tersebut momen bersejarah PON pertama diselenggarakan. Yakni pada 9-12 September 1948, di Stadion Solo, jawa Tengah.

Bagaimana telah semangat memperingati Hari Olahraga Nasional, sambil olahraga?Lantas apa saja ya, jenis olahraga yang aman saat pandemi, yang paling direkomendasikan?

Olahraga yang Aman ketika Pandemi

Berikut, jenis olahraga yang aman ketika pandemi, bahkan beberapa diusulkan oleh Gugus Tugas:

1. Yoga

Olahraga yang aman ketika pandemi yang pertama adalah yoga, sebab kamu tidak butuhkeluar rumah, dan cuma memerlukan kawasan yang nyaman.

Yoga sungguh efektif untuk peregangan otot hingga aben lemak. Gerakan yoga juga bisa membuat kamu lebih tenang dan kalem.

Sehingga, segala kecemasan akhir pandemi yang kunjung usai ini, mampu berkurang. Selain itu, yoga juga bermanfaat untuk menjaga metabolisme, sampai memajukan energi.

Kamu mampu melaksanakan yoga di dalam rumah, dengan menggunakan matras khusus yoga, dan bisa mengikuti pelatih yoga, yang videonya banyak tersedia di internet.

2. Senam Aerobik

Jenis olahraga yang kondusif dikala pandemi berikutnya yakni, dengan melakukan senam aerobik.

Selain tidak membutuhkan alat apapun, senam juga mampu dilaksanakan bersama dengan keluarga, supaya olahraga semakin semangat.

Kamu bisa melakukan gerakan seperti zumba, atau gerakan senam pada umumnya, mulai dari kepala sampai kaki.

Gerakan senam juga mampu menciptakan tubuh lebih bugar, berkeringat, sirkulasi darah tanpa gangguan, sampai meredakan frustasi saat pandemi.

Sama mirip yoga, kamu juga mengikuti gerakan senam dari instruktur, yang banyak tersedia di internet, beserta lagu yang bersemangat.

3. Kardio

Buat kamu yang ingin aben lemak paling efektif, olahraga yang aman ketika pandemi mirip kardio, mampu jadi pilihan.

Tidak perlu datang ke tempat gym, kau mampu melaksanakan kardio sendiri di rumah. Biasanya, kardio dilakukan dengan cara treadmill, gowes di sepeda statis, atau dengan dukungan alat kardio yang lain.

Jika, kamu mempunyai alat tersebut di rumah, mungkin akan lebih baik. Namun, jika tidak kau mampu melakukan kardio dengan lompat tali, atau memanfaatkan hal-hal yang ada di rumah.

4. Push-up

Jenis olahraga yang kondusif saat pandemi yang satu ini, juga sungguh simple, ialah push-up.

Hal itu dikarenakan, kau tidak membutuhkan alat bantu apapun, sampai area yang luas.

Olahraga ini bisa membantu memperkuat tubuh, mirip lengan, dada, dan badan bab atas.

Jika kau rutin melakukan push-up saban hari, sekurang-kurangnya10 kali untuk perempuan, dan 30 kali untuk laki-laki, bisa menciptakan tubuh menjadi fit.

5. Menari

Jangan salah, menari juga tergolong olahraga loh, sebab menciptakan tubuh menjadi bergerak aktif.

Nah, buat kamu yang hobi nge-dance, mempesona mampu menjadi salah satu opsi olahraga yang kondusif dikala pandemi, dan juga mengasyikan.

Biasanya, menari juga diiringi dengan lagu-lagu yang bikin semangat. Sehingga, kamu tidak akan merasa letih dalam melakukannya.

Menari mampu menciptakan badan berkeringat, panas, sirkulasi darah lancar, hingga bisa menciptakan tubuh memiliki ketahanan yang baik.

6. Plank

Olahraga yang aman ketika pandemi yang praktis berikutnya, sekaligus mampu dijalankan di rumah dan di mana saja ialah plank.

Tanpa banyak gerakan, plank bisa membuat badanmu lebih tinggi, sampai mampu memajukan definisi otot dan mengurangi sakit punggung.

Cara melaksanakan plank pun sangat gampang, namun kamu harus memiliki kekuatan yang ekstra.

Kamu hanya tinggal memposisikan tubuh dengan kedua tangan dan lutut, yang bertumpu di lantai. Lalu sejajarkan pundak sempurna di atas referensi tangan.

Posisi badan dan tulang belakang mesti lurus, sambil mengangkat kepala. Tahan dalam posisi tersebut selama 1 menit, bila kamu mampu lebih lama, maka lebih baik.

7. Crunch

Apa sih jenis olahraga crunch? Crunch ialah jenis olahraga yang kondusif dikala pandemi, dengan cara berbaring.

Selanjutnya, tekuk lutut, telapak kaki menumpu pada lantai, dengan posisi sejajar dengan lutut.

(Baca Juga: Aplikasi Fitness Terbaik 2020)

Selanjutnya letakan tangan di belakang kepala, ibu jari berada di belakang indera pendengaran, dan jari lainnya bertugas menyanggah kepala.

Setelah itu, angka badan bab atas, sambil mengambil napas setiap mengangkat tubuh.

Ulangi gerakan tersebut selama 10 kali, dan kau mampu rasakan keuntungannya, sebab bisa aben lemak yang efektif.

8. Jogging

Bosan olahraga di rumah? Jangan cemas, kamu mampu kok sekali-kali melaksanakan olahraga di luar rumah.

Nah, untuk olahraga yang aman saat pandemi dan bisa dikerjakan di luar ruangan, kau bisa melaksanakan jogging.

Kamu bisa jogging di area halaman rumah atau perumahan. Namun, kamu harus tetap mematuhi protokol kesehatan.

Seperti pakai masker jika kondisi ramai, jaga jarak, bersungguh-sungguh basuh tangan, dan yang lain.

Imbangi dengan Mengkonsumsi Makanan Sehat Usai Olahraga

Nah, itu dia beberapa anjuran jenis olahraga yang kondusif dikala pandemi. Adapun, setelah berolahraga, seharusnya diimbangi dengan istirahat dan konsumsi masakan bergizi.

Seperti menyantap air putih 2,5 liter per hari, buah dan sayur, protein, atau jikalau mampu konsumsi juga kamu-jamuan, mirip jahe dan kunyit, untuk memperbesar stamina.

Namun, selain menjaga kesehatan badan tetap prima dengan berolahraga, dan mengkonsumsi kuliner sehat, kau juga perlu memiliki asuransi kesehatan.

Terlebih, di periode pandemi seperti ini, badan bugar tak menjamin kamu mampu kebal kepada Covid-19.

Maka dari itu, sebelum telat, segera miliki asuransi kesehatan terbaik, untuk diri sendiri dan juga keluarga.

Dengan begitu, kamu dan keluarga mampu meminimalisir risiko terserang Covid-19, sampai risiko kerugian finansial.

Ajukan Asuransi Kesehatan Terbaik cuma di CekAja.com!

Mau punya asuransi kesehatan terbaik, yang mampu diadaptasi dengan kebutuhan dan juga keadaan finansial kau? Ajukan saja di CekAja.com!

CekAja.com, juga menyediakan banyak produk asuransi kesehatan, dari berbagai perusahaan asuransi kesehatan ternama Indonesia, mirip Cigna, PFI Mega Life, dan Ciputra Life.

Yuk, usikan asuransi kesehatan terbaik pilihanmu, kini juga, cuma di CekAja.com!