0 produk di keranjang belanja Anda
No products in the cart.

8 Minuman Dan Masakan Yang Melemahkan Metode Imun

Minuman dan masakan yang melemahkan metode imun mesti kamu ketahui untuk menjaga kesehatan badan. Di periode pandemi seperti sekarang, seharusnya jangan mengonsumsi kuliner dengan nutrisi tidak sebanding dalam jumlah berlebihan.

Kesehatan yakni hal paling penting yang kita miliki. Dengan kesehatan fisik dan mental yang tersadar, maka seseorang bisa melaksanakan berbagai acara dengan baik.

Selain menjadi pribadi yang produktif, kau juga lebih gampang menikmati segala karunia baik yang kau miliki.

Seperti menikmati jadwal kumpul keluarga, berjumpa teman-sahabat dan orang tercinta, menikmati pekerjaan yang dijalani, menikmati hobi, dan lain sebagainya.

Di era pandemi virus corona tahun 2020 ini, kepedulian akan menjaga kesehatan pasti mesti ditingkatkan.

Penularan virus yang semakin menggila jangan sampai semakin ditambah dengan perilaku tidak menjaga sistem imun tubuh.

Tips Jaga Sistem Imun di Masa Pandemi

Untuk mempertahankan kinerja sistem imun di dalam badan dengan baik di abad pandemi sekaligus era pancaroba ini, setidaknya kau mesti melakukan beberapa hal berikut:

Makan masakan bergizi sepadan

Pastikan kamu mengonsumsi masakan mengandung serat, protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral baik dalam olahan masakan yang sehat.

Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan, serta minimalkan mengonsumsi kuliner berlemak. Hindari makanan yang melemahkan sistem imun.

Olahraga ringan di rumah

Saat kala pandemi, kamu cukup melakukan olahraga ringan di rumah aja. Seperti berlari di tempat, yoga, naik turun tangga, atau sekadar peregangan secara berkala .

Aliran darah yang tanpa hambatan berkat olahraga ringan akan membuat sistem imun lebih besar lengan berkuasa menangkal serangan virus dan kuman penyebab penyakit.

Minum tablet multivitamin

Sudah sepatutnya kamu menimbulkan vitamin sebagai tambahan suplemen. Pilih produk multivitamin dengan kandungan lengkap, semoga metode imun makin tersadar.

Berjemur untuk peroleh Vitamin D

Sedangkan untuk mendapatkan vitamin D selaku sumber penguat imunitas badan, semestinya kamu dapatkan secara alami dengan berjemur di pagi hari.

Asupan vitamin D yang lengkap juga membantu badan mencegah penyakit lebih gampang. Berjemur bisa kamu kerjakan mulai dari 15-20 menit setiap hari.

Tinggalkan kebiasaan buruk

Menjaga tata cara imun tubuh juga bisa didapatkan dengan membiasakan diri untuk meninggalkan kebiasaan buruk.

Seperti bangkit siang, begadang, tidak mengajak badan bergerak dinamis, kurang minum air putih, dan lain sebagainya.

Jika kau peduli dengan kesehatan, segera ubah pola hidup menjadi lebih baik mulai dari sekarang.

Menjaga pikiran tetap positif

Jangan hanya mementingkan kesehatan badan, kesehatan mental juga penting untuk mengembangkan imunitas. Usahakan untuk tetap berpikir konkret, dan merasa bahagia.

Beberapa cara yang bisa kamu kerjakan antara lain dengan meditasi, berdoa atau beribadah, melaksanakan aktivitas yang kau senangi, dan lain sebagainya.

Saat kamu sakit sekalipun, pikiran kasatmata dan mood yang bagus akan mempercepat proses penyembuhan. Makara, jangan disepelekan, ya!

(Baca Juga: 9 Makanan yang Bikin Cepat Lapar)

Makanan yang Melemahkan Sistem Imun

Makanan merupakan unsur penting yang mempengaruhi kinerja baik-buruknya sistem imun di dalam badan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memerhatikan asupan masakan dan minuman yang dimakan di kurun pandemi ini adalah wajib hukumnya.

Ketahui beberapa masakan yang melemahkan sistem imun, dan segera hindari kuliner-kuliner tersebut.

Berikut ini daftar masakan yang melemahkan tata cara imun tubuh manusia:

1. Makanan Kalengan

Makanan yang melemahkan tata cara imun yang pertama yakni kuliner kalengan. Seperti sarden, buah dan sayur kalengan.

Kandungan pengawet dan zat kimia lainnya akan berbahaya bila disantap terlalu sering. Bisa jadi, kandungan zat kimia tersebut berpindah ke masakan yang kamu konsumsi.

Pada orang sakit, anak-anak, dan ibu hamil, kuliner kalengan sudah terperinci menjadi pantangan karena rentan mengakibatkan penyakit atau gangguan kanal pencernaan.

2. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji atau fast food pastinya masuk ke dalam daftar kuliner yang melemahkan sistem imun. Kandungan lemak berlebih dan pengawet di dalamnya berpotensi mengembangkan kadar kolesterol.

Jika kadar kolesterol telah meningkat, maka banyak sekali penyakit akan lebih gampang tiba, dan metode imun akan kesusahan melawannya.

Di zaman sekarang, semua orang bisa memiliki kadar kolesterol jahat. Tanpa mengenal usia, mulai dari anak muda, akil balig cukup akal, terlebih lansia.

Makanan cepat saji seperti burger, ayam goreng, kentang goreng, pizza, mie instan, dan yang lain semestinya dikonsumsi cuma 1-2 kali dalam sebulan.

3. Makanan Tinggi Gula

Konsumsi makanan tinggi gula seperti nasi putih, permen, jelly, donat, dan yang lain terlalu sering juga akan mengakibatkan kadar gula di dalam badan tinggi.

Organ hati yang mengendalikan komposisi gula dalam darah akan bekerja lebih keras, menjadikan sistem imun juga ikut terusik. Akibatnya risiko diabetes menghantuimu.

Seseorang yang menderita diabetes akan mempunyai tata cara imun yang rendah, sehingga rentan terserang penyakit lain yang mengakibatkan komplikasi.

Terkadang, kita sering terlena dikala mengonsumsi masakan elok. Padahal, setiap gigitannya mengandung jumlah gula yang tinggi, menjadikannya sebagai makanan yang melemahkan tata cara imun.

(Baca Juga: 10 Makanan yang Membuat Bau Badan dan Cara Menghilangkannya)

4. Makanan Tinggi Garam

Makanan yang melemahkan tata cara imun yang berikutnya adalah kuliner asin tinggi garam. Garam akan menyulitkan tubuh mencerna lemak.

Sehingga kamu akan lebih gampang mengalami peningkatan berat tubuh, bahkan berisiko menderita obesitas.

Jika sudah begini, kemampuan metode imun dalam mempertahankan kesehatan akan menurun. Membuatmu lebih mudah terserang aneka macam penyakit, sampai memiliki gangguan tingkat kesuburan.

Konsumsi garam yang dianjurkan yakni 5 gram atau setara dengan 1 sendok teh per hari.

5. Daging Merah

Daging merah memang menjadi sumber protein hewani yang baik untuk badan. Tapi kalau dikonsumsi berlebihan dalam rentang waktu yang usang, maka akan membuatnya selaku kuliner yang melemahkan tata cara imun.

Gula alami pada daging merah susah dicerna oleh badan. Daging merah juga akan mengusik kelangsungan pemikiran darah bila dikonsumsi dalam jumlah besar.

6. Minuman Bersoda

Minuman bersoda mempunyai kandungan gula yang tinggi. Hal ini akan menciptakan berat badan gampang bertambah, risiko diabetes meningkat, dan melemahkan tata cara imun dalam menghalangi banyak sekali penyebab penyakit.

7. Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol juga patut kau hindari alasannya menciptakan kinerja sistem imun menurun, serta menghancurkan sel di dalam badan.

Efeknya, tubuhmu akan kesulitan menyerap nutrisi baik dari masakan bergizi lainnya. Alkohol juga mengakibatkan serangan penyakit berbahaya lebih mudah muncul.

8. Minuman Kemasan

Urutan terakhir dalam daftar minuman dan kuliner yang melemahkan metode imun adalah minuman bungkus.

Sebagian dari kamu niscaya suka minum minuman bungkus, alasannya memiliki rasa yang bermacam-macam. Di balik rasa yummy dan menyegarkan itu, ada kandungan pemanis bikinan dan pegawet.

Tidak cuma metode imun yang melemah, sistem pencernaan juga mampu terganggu kalau minuman ini dimakan terlalu sering. Bahkan mampu menjadikan radang usus yang berujung pada operasi.

Itulah beberapa minuman dan makanan yang melemahkan sistem imun. Bagaimanapun juga seluruhnya masih boleh kau konsumsi asalkan dalam jumlah yang terbatas.

Lagi pula, membeli masakan bergizi seperti sayur dan buah segar sekarang semakin gampang bahkan mampu dipesan secara online. Sehingga kau tak perlu pergi ke pusat hiruk pikuk mirip pasar pada periode pandemi begini.

Biar belanja makin untung, gunakan kartu kredit untuk mendapat diskon dan promo di merchant rekanan terbaik.

Tak usah galau memilih kartu kredit cicilan ringan, alasannya adalah kamu bisa menerima rekomendasinya di CekAja. CekAja akan membandingkan aneka macam kartu kredit, dan memilihnya sesuai dengan kebutuhanmu.

Pengajuan kartu kredit lewat CekAja juga dijamin gampang dan cepat. Semua dilakukan serba online, tanpa perlu mengunjungi kantor cabang penyuplaikartu kredit.

Yuk, bandingkan dan ajukan kartu kredit kini juga hanya lewat CekAja!